Implementasi Nilai-Nilai Macca Namalempu’ (Cerdas dan Jujur) Dalam Etika Bisnis Islam Sebagai Upaya Meningkatkan Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Mabello Kab. Bone Sul-Sel)
A. Indra Parawansah/01.17.5050 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai implementasi nilai-nilai macca namalempu’ (cerdas
& jujur) dalam etika bisnis islam sebagai upaya meningkatkan kepuasan pelanggan.
Tujuan dari penelitian ini bentuk nilai-nilai seta implementasi macca namalempu’
(cerdas dan jujur) sebagai upaya meningkatkan kepuasan pelanggan Mabello Kab.
Bone Sul-Sel.
Metode penelitian digunakan adalah penelitian lapangan (Field Research), adapun
pendekatan yang digunakan yaitu psikologis dan sosiologis, dengan teknik
pengumpulan data, wawancara, observasi dan dokumentasi, dan teknik analisis data
dilakukan dengan reduksi data, penyajian data kemudian verification data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1.) Mabello Indonesia, dalam usaha
meningkatkan kepuasan pelanggannya telah merealisasikan nilai-nilai macca na
malempu’. Maka nilai ini telah terimplikasi dari usaha berinovasi tanpa henti,
memikirkan ide-ide baru dan mewujudkannya dalam produk yang berkualitas dan
berdaya saing. Produk-produk dihasilkan diolah dengan mesin berkualitas serta bahan
baku yang halal dan natural. 2.) Implementasi macca na’malempu dalam etika bisnis
Islam dalam usaha meningkatkan kepuasan pelanggan Mabello Indonesia adalah
sebagai berikut, unity (kesatuan) yaitu merealisasikan bahwa tujuan berdagang adalah
untuk meraih surga dan terhindar dari neraka-Nya, memberikan wadah dalam
pemenuhan hak bagi unsur-unsur yang berperan langsung dalam pengembangan
perusahaan, salah satunya adalah reseller Mabello. Ini adalah wujud implementasi
Mabello sebagai khalifah yang memberikan manfaat kepada individu tanpa
mengorbankan individu lain. Equilibrium (keseimbangan) yaitu Mabello berlaku adil
kepada setiap karyawan maupun pelanggannya. Setiap dari mereka diberikan
kesempatan untuk menyampaikan kritik dan sarannya, sehingga saran-saran
perbaikan bisa datang dari siapa saja. Free Will (Kehendak bebas) yaitu Mabello
memberikan kebebasan kepada para karyawan untuk berkarya dan bersinergi demi
majunya perusahaan.
A. Kesimpulan
Berdasarkan uraian penjelasan pada pembahasan sebelumnya, peneliti dapat
menarik kesimpulan secara keseluruhan sebagai berikut:
1. Mabello di Kab. Bone, dalam usaha meningkatkan kepuasan pelanggannya telah
merealisasikan nilai-nilai macca na malempu’. Maka nilai ini telah terimplikasi
dari usaha berinovasi tanpa henti, memikirkan ide-ide baru dan mewujudkannya
dalam produk yang berkualitas dan berdaya saing. Produk-produk dihasilkan
diolah dengan mesin berkualitas serta bahan baku yang halal dan natural.
2. Implementasi macca na’malempu dalam etika bisnis Islam dalam usaha
meningkatkan kepuasan pelanggan Mabello di Kab. Bone adalah sebagai berikut,
unity (kesatuan) yaitu merealisasikan bahwa tujuan berdagang adalah untuk
meraih surga dan terhindar dari neraka-Nya, memberikan wadah dalam
pemenuhan hak bagi unsur-unsur yang berperan langsung dalam pengembangan
perusahaan, salah satunya adalah reseller Mabello. Ini adalah wujud implementasi
Mabello sebagai khalifah yang memberikan manfaat kepada individu tanpa
mengorbankan individu lain. Equilibrium (keseimbangan) yaitu Mabello berlaku
adil kepada setiap karyawan maupun pelanggannya. Setiap dari mereka diberikan
kesempatan untuk menyampaikan kritik dan sarannya, sehingga saran-saran
perbaikan bisa datang dari siapa saja. Free Will (Kehendak bebas) yaitu Mabello
memberikan kebebasan kepada para karyawan untuk berkarya dan bersinergi demi
majunya perusahaan.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian dan kesimpulan diatas, maka peneliti perlu
memberikan saran bagi peneliti selanjutnya. Harapan hasil penelitian ini dapat
digunakan sebagai suatu pengukuran tentang implementasi nilai-nilai macca
namalempu’ (cerdas & jujur) dalam etika bisnis islam sebagai upaya meningkatkan
kepuasan pelanggan. Peneliti ini masih merasa banyak kekurangan yang masih harus
diperbaiki.
C. Implikasi
Berdasarkan dari uraian kesimpulan di atas, maka implikasi penelitian ini
yaitu bagaimana upaya-upaya yang dilakukan reseller Mabello cukup membantu
para konsumen dan semoga dapat mempertahankan prinsip-prinsip etika bisnis Islam
yang sudah sejak awal sudah diterapkan.
& jujur) dalam etika bisnis islam sebagai upaya meningkatkan kepuasan pelanggan.
Tujuan dari penelitian ini bentuk nilai-nilai seta implementasi macca namalempu’
(cerdas dan jujur) sebagai upaya meningkatkan kepuasan pelanggan Mabello Kab.
Bone Sul-Sel.
Metode penelitian digunakan adalah penelitian lapangan (Field Research), adapun
pendekatan yang digunakan yaitu psikologis dan sosiologis, dengan teknik
pengumpulan data, wawancara, observasi dan dokumentasi, dan teknik analisis data
dilakukan dengan reduksi data, penyajian data kemudian verification data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1.) Mabello Indonesia, dalam usaha
meningkatkan kepuasan pelanggannya telah merealisasikan nilai-nilai macca na
malempu’. Maka nilai ini telah terimplikasi dari usaha berinovasi tanpa henti,
memikirkan ide-ide baru dan mewujudkannya dalam produk yang berkualitas dan
berdaya saing. Produk-produk dihasilkan diolah dengan mesin berkualitas serta bahan
baku yang halal dan natural. 2.) Implementasi macca na’malempu dalam etika bisnis
Islam dalam usaha meningkatkan kepuasan pelanggan Mabello Indonesia adalah
sebagai berikut, unity (kesatuan) yaitu merealisasikan bahwa tujuan berdagang adalah
untuk meraih surga dan terhindar dari neraka-Nya, memberikan wadah dalam
pemenuhan hak bagi unsur-unsur yang berperan langsung dalam pengembangan
perusahaan, salah satunya adalah reseller Mabello. Ini adalah wujud implementasi
Mabello sebagai khalifah yang memberikan manfaat kepada individu tanpa
mengorbankan individu lain. Equilibrium (keseimbangan) yaitu Mabello berlaku adil
kepada setiap karyawan maupun pelanggannya. Setiap dari mereka diberikan
kesempatan untuk menyampaikan kritik dan sarannya, sehingga saran-saran
perbaikan bisa datang dari siapa saja. Free Will (Kehendak bebas) yaitu Mabello
memberikan kebebasan kepada para karyawan untuk berkarya dan bersinergi demi
majunya perusahaan.
A. Kesimpulan
Berdasarkan uraian penjelasan pada pembahasan sebelumnya, peneliti dapat
menarik kesimpulan secara keseluruhan sebagai berikut:
1. Mabello di Kab. Bone, dalam usaha meningkatkan kepuasan pelanggannya telah
merealisasikan nilai-nilai macca na malempu’. Maka nilai ini telah terimplikasi
dari usaha berinovasi tanpa henti, memikirkan ide-ide baru dan mewujudkannya
dalam produk yang berkualitas dan berdaya saing. Produk-produk dihasilkan
diolah dengan mesin berkualitas serta bahan baku yang halal dan natural.
2. Implementasi macca na’malempu dalam etika bisnis Islam dalam usaha
meningkatkan kepuasan pelanggan Mabello di Kab. Bone adalah sebagai berikut,
unity (kesatuan) yaitu merealisasikan bahwa tujuan berdagang adalah untuk
meraih surga dan terhindar dari neraka-Nya, memberikan wadah dalam
pemenuhan hak bagi unsur-unsur yang berperan langsung dalam pengembangan
perusahaan, salah satunya adalah reseller Mabello. Ini adalah wujud implementasi
Mabello sebagai khalifah yang memberikan manfaat kepada individu tanpa
mengorbankan individu lain. Equilibrium (keseimbangan) yaitu Mabello berlaku
adil kepada setiap karyawan maupun pelanggannya. Setiap dari mereka diberikan
kesempatan untuk menyampaikan kritik dan sarannya, sehingga saran-saran
perbaikan bisa datang dari siapa saja. Free Will (Kehendak bebas) yaitu Mabello
memberikan kebebasan kepada para karyawan untuk berkarya dan bersinergi demi
majunya perusahaan.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian dan kesimpulan diatas, maka peneliti perlu
memberikan saran bagi peneliti selanjutnya. Harapan hasil penelitian ini dapat
digunakan sebagai suatu pengukuran tentang implementasi nilai-nilai macca
namalempu’ (cerdas & jujur) dalam etika bisnis islam sebagai upaya meningkatkan
kepuasan pelanggan. Peneliti ini masih merasa banyak kekurangan yang masih harus
diperbaiki.
C. Implikasi
Berdasarkan dari uraian kesimpulan di atas, maka implikasi penelitian ini
yaitu bagaimana upaya-upaya yang dilakukan reseller Mabello cukup membantu
para konsumen dan semoga dapat mempertahankan prinsip-prinsip etika bisnis Islam
yang sudah sejak awal sudah diterapkan.
Ketersediaan
| SFEBI20210241 | 241/2021 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
241/2021
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2021
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
