Peran Guru PAI dalam Meningkatkan Pengamalan Beribadah bagi Siswa SMP Negeri 1 Barebbo Kabupaten Bone
Ulpa Reni/02.16.1113 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai Peran Guru PAI dalam Meningkatkan
Pengamalan Beribadah bagi Siswa SMP Negeri 1 Barebbo Kabupaten Bone. Hal
penting yang dikaji dalam skripsi ini yakni untuk mengetahui pengamalan beribadah
siswa SMP Negeri 1 Barebbo. Serta konstribusi guru PAI dalam meningkatkan
pengamalan beribadah bagi siswa SMP Negeri 1 Barebbo.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut di atas, digunakan jenis
penelitian kualitatif (Qualitatif Research) dengan menggunakan pendekatan
paedagogis dan psikologis serta menggunakan teknik pengumpulan data antara lain
observasi, wawancara (interview), dokumentasi. Data yang diperoleh diolah dengan
metode kualitatif, yaitu dengan reduksi data dan display data.
Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa pertama Pengamalan
beribadah bagi siswa SMP Negeri 1 Barebbo dari segi ibadah mahdhah dan ibadah
ghairu mahdhah dapat dikatakan sudah baik walaupun masih ada sebagian kecil
pengamalan beribadah siswa yang mesti harus lebih ditingkatkan lagi. Akan tetapi
dengan kondisi pengamalan beribadah siswa dimana kebanyakan siswa sudah
mengamalkan ibadah dengan baik dan adanya peran guru PAI maka akan
memperbaiki dan lebih meningkatkan lagi siswa yang masih perlu ditingkatkan lagi
pengamalan beribadahnya. Kedua, Konstribusi atau pemberian guru PAI dilakukan
dengan guru berperan sebagai pembimbing, pemimpin, sebagai teladan dan
motivator dalam meningkatkan pengamalan beribadah siswa. Dengan demikian,
peran guru PAI di SMP Negeri 1 Barebbo sebagai pembimbing, pemimpin, sebagai
teladan dan motivator sudah berperan dengan baik dimana ditandainya dengan
meningkatknya pengamalan beribadah siswa.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian yang dikemukakan, maka dapat dikemukakan beberapa
simpulan sebagai berikut:
1. Pengamalan beribadah bagi siswa SMP Negeri 1 Barebbo dari segi ibadah
mahdhah dan ibadah ghairu mahdhah dapat dikatakan sudah baik walaupun
masih harus lebih ditingkatkan lagi. Akan tetapi dengan kondisi pengamalan
beribadah siswa dimana kebanyakan siswa sudah mengamalkan ibadah
dengan baik dan adanya peran guru PAI maka akan memperbaiki dan lebih
meningkatkan lagi siswa yang masih perlu ditingkatkan lagi pengamalan
beribadahnya.
2. Konstribusi atau pemberian guru PAI berperan sebagai pembimbing,
pemimpin, teladan dan motivator dalam meningkatkan pengamalan beribadah
siswa. Dengan demikian, peran guru PAI di SMP Negeri 1 Barebbo sudah
berperan dengan baik karena ditandainya dengan meningkatknya pengamalan
beribadah siswa.
Dari beberapa kesimpulan di atas dapat dipahami bahwa peran guru PAI
dalam meningkatkan pengamalan beribadah bagi siswa SMP Negeri 1 Barebbo
sudah bisa dikatakan baik dimana peran guru PAI di sekolah tersebut sudah
berperan layaknya seorang guru untuk memperbaiki dan meningkatkan jiwa
kiislaman siswa ditandainya dengan meningkatnya pegamalan beribadah siswa
yang baik pula.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka di bawah ini akan
diuraikan saran-saran. Adapun saran-saran penulis dalam pembahasan skripsi ini
adalah sebagai berikut:
1. Diharapkan siswa SMP Negeri 1 Barebbo dapat lebih meningkatkan lagi
pengamalan beribadah mereka dan begitu pun dengan guru PAI agar berperan
dengan sebaik-baiknya supaya dapat lebih meningkatkan pengamalan
beribadah siswa.
2. Setelah penulisan skripsi ini diharapkan mampu memberikan kontribusi
kepada semua pihak (peran guru PAI dalam meningkatkan pengamalan
beribadah siswa).
Pengamalan Beribadah bagi Siswa SMP Negeri 1 Barebbo Kabupaten Bone. Hal
penting yang dikaji dalam skripsi ini yakni untuk mengetahui pengamalan beribadah
siswa SMP Negeri 1 Barebbo. Serta konstribusi guru PAI dalam meningkatkan
pengamalan beribadah bagi siswa SMP Negeri 1 Barebbo.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut di atas, digunakan jenis
penelitian kualitatif (Qualitatif Research) dengan menggunakan pendekatan
paedagogis dan psikologis serta menggunakan teknik pengumpulan data antara lain
observasi, wawancara (interview), dokumentasi. Data yang diperoleh diolah dengan
metode kualitatif, yaitu dengan reduksi data dan display data.
Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa pertama Pengamalan
beribadah bagi siswa SMP Negeri 1 Barebbo dari segi ibadah mahdhah dan ibadah
ghairu mahdhah dapat dikatakan sudah baik walaupun masih ada sebagian kecil
pengamalan beribadah siswa yang mesti harus lebih ditingkatkan lagi. Akan tetapi
dengan kondisi pengamalan beribadah siswa dimana kebanyakan siswa sudah
mengamalkan ibadah dengan baik dan adanya peran guru PAI maka akan
memperbaiki dan lebih meningkatkan lagi siswa yang masih perlu ditingkatkan lagi
pengamalan beribadahnya. Kedua, Konstribusi atau pemberian guru PAI dilakukan
dengan guru berperan sebagai pembimbing, pemimpin, sebagai teladan dan
motivator dalam meningkatkan pengamalan beribadah siswa. Dengan demikian,
peran guru PAI di SMP Negeri 1 Barebbo sebagai pembimbing, pemimpin, sebagai
teladan dan motivator sudah berperan dengan baik dimana ditandainya dengan
meningkatknya pengamalan beribadah siswa.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian yang dikemukakan, maka dapat dikemukakan beberapa
simpulan sebagai berikut:
1. Pengamalan beribadah bagi siswa SMP Negeri 1 Barebbo dari segi ibadah
mahdhah dan ibadah ghairu mahdhah dapat dikatakan sudah baik walaupun
masih harus lebih ditingkatkan lagi. Akan tetapi dengan kondisi pengamalan
beribadah siswa dimana kebanyakan siswa sudah mengamalkan ibadah
dengan baik dan adanya peran guru PAI maka akan memperbaiki dan lebih
meningkatkan lagi siswa yang masih perlu ditingkatkan lagi pengamalan
beribadahnya.
2. Konstribusi atau pemberian guru PAI berperan sebagai pembimbing,
pemimpin, teladan dan motivator dalam meningkatkan pengamalan beribadah
siswa. Dengan demikian, peran guru PAI di SMP Negeri 1 Barebbo sudah
berperan dengan baik karena ditandainya dengan meningkatknya pengamalan
beribadah siswa.
Dari beberapa kesimpulan di atas dapat dipahami bahwa peran guru PAI
dalam meningkatkan pengamalan beribadah bagi siswa SMP Negeri 1 Barebbo
sudah bisa dikatakan baik dimana peran guru PAI di sekolah tersebut sudah
berperan layaknya seorang guru untuk memperbaiki dan meningkatkan jiwa
kiislaman siswa ditandainya dengan meningkatnya pegamalan beribadah siswa
yang baik pula.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka di bawah ini akan
diuraikan saran-saran. Adapun saran-saran penulis dalam pembahasan skripsi ini
adalah sebagai berikut:
1. Diharapkan siswa SMP Negeri 1 Barebbo dapat lebih meningkatkan lagi
pengamalan beribadah mereka dan begitu pun dengan guru PAI agar berperan
dengan sebaik-baiknya supaya dapat lebih meningkatkan pengamalan
beribadah siswa.
2. Setelah penulisan skripsi ini diharapkan mampu memberikan kontribusi
kepada semua pihak (peran guru PAI dalam meningkatkan pengamalan
beribadah siswa).
Ketersediaan
| STAR20200052 | 52/2020 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
52/2020
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2020
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyahh
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
