Strategi Tenaga Administrasi dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan di SMP Negeri 4 Awangpone Kecamatan Awangpone Kabupaten Bone
Sahrah/02.17.3068 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai strategi tenaga administrasi dalam
meningkatkan mutu pelayanan di SMP Negeri 4 Awangpone Kecamatan
Awangpone Kabupaten Bone . Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah
(1) Bagaimana strategi tenaga administrasi dalam pelayanan di SMP Negeri 4
Awangpone Kecamatan Awangpone Kabupaten Bone? (2) Bagaimana kualitas
pelayanan administrasi di SMP Negeri 4 Awangpone Kecamatan Awangpone
Kabupaten Bone? (3) Bagaimana kontribusi tenaga administrasi dalam
meningkatkan mutu layanan di SMP Negeri 4 Awangpone Kecamatan
Awangpone Kabupaten Bone?
Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif melalui
pendekatan manajemen pendidikan, dan pendekatan sistem pelayanan informasi.
Dalam pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan
dokumentasi, kemudian dianalisis dengan tiga tahap yaitu reduksi data, paparan
data, dan simpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, penerapan strategi tenaga
administrasi dalam pelayanan sudah baik, hal ini ditunjukkan pada rapat yang
dipimpin langsung oleh kepala sekolah SMP Negeri 4 Awangpone, untuk
membahas mengenai pembagian tugas sebagai bentuk program kerja tata usaha.
Tenaga administrasi yang ada terdiri dari tiga orang, meliputi kepala urusan tata
usaha yang bertanggungjawab dalam kelancaran urusan administrasi,
kepegawaian, dan bendahara rutin. Operator sekolah menangani data sekolah dan
bagian persuratan. Sedangkan bendahara dana BOS menangani anggaran dana
BOS dan kesiswaan. Akan tetapi terkadang staf tata usaha saling bekerjasama
atau saling membantu. Kualitas pelayanan administrasi secara umum sudah baik,
hal ini ditandai dengan tersedianya fasilitas belajar bagi siswa walaupun masih
terdapat beberapa perlengkapan yang kurang. Tenaga administrasi memiliki
komunikasi yang baik dan melaksanakan tugasnya dengan segera, akurat,
memuaskan serta bersedia melayani apabila ada yang meminta bantuan.
Meskipun terdapat staf tata usaha yang bukan lulusan administrasi tetapi ia
memiliki pengetahuan yang cukup dalam menjalankan tugas yang diberikan.
Tenaga administrasi memegang kontribusi penting dalam pelayanan yaitu
mengelola manajemen sekolah, melayani pendidik, kepala sekolah serta siswa
dan berpengaruh terhadap kelancaran proses belajar-mengajar. Meskipun
terdapat beberapa kendala dalam menjalankan tugas yang di berikan,
administrasi diperlukan dalam usaha guna mencapai tujuan yang diharapkan.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian pada bab hasil penelitian dan pembahasan maka
penulis dapat mengemukakan simpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan
yaitu:
1. Penerapan strategi tenaga administrasi dalam pelayanan sudah baik, hal ini
ditunjukkan pada rapat yang dipimpin langsung oleh kepala sekolah SMP
Negeri 4 Awangpone, untuk membahas mengenai pembagian tugas
sebagai bentuk program kerja tata usaha. Tenaga administrasi yang ada
terdiri dari tiga orang, meliputi kepala urusan tata usaha yang
bertanggungjawab dalam kelancaran urusan administrasi, kepegawaian,
dan bendahara rutin. Operator sekolah menangani data sekolah dan bagian
persuratan. Sedangkan bendahara dana BOS menangani anggaran dana
BOS dan kesiswaan. Akan tetapi terkadang staf tata usaha saling
bekerjasama atau saling membantu dalam mengerjakan tugas dan tentunya
dalam melaksanakan tugas tersebut tidak terlepas dari beberapa kendala
yang dihadapi.
2. Kualitas pelayanan administrasi secara umum sudah baik, hal ini ditandai
dengan tersedianya fasilitas belajar bagi siswa walaupun masih terdapat
beberapa perlengkapan yang kurang. Tenaga administrasi memiliki
komunikasi yang baik dan melaksanakan tugasnya dengan segera, akurat,
memuaskan serta bersedia melayani apabila ada yang meminta bantuan.
Meskipun terdapat staf tata usaha yang bukan lulusan administrasi tetapi ia
memiliki pengetahuan yang cukup dalam menjalankan tugas yang
diberikan.
3. Tenaga administrasi memegang kontribusi penting dalam pelayanan yaitu
mengelola manajemen sekolah, melayani pendidik, kepala sekolah serta
siswa dan berpengaruh terhadap kelancaran proses belajar-mengajar.
Meskipun terdapat beberapa kendala dalam menjalankan tugas yang di
berikan, administrasi diperlukan dalam usaha guna mencapai tujuan yang
diharapkan. Sehingga dengan administrasi yang baik, akan
menggambarkan langkah-langkah kegiatan kita yang jelas dan lebih
teratur.
B. Implikasi
1. Kepada tenaga administrasi agar terus mencari dan mengembangkan
strategi program yang sudah berjalan, dan sebaiknya dilakukan
penambahan jumlah pegawai tenaga administrasi agar kualitas layanan
administrasi lebih baik lagi.
2. Kepada tenaga administrai diharapkan bisa mengikuti pelatihan untuk
menambah pengetahuan atau kompetensi sehingga akan meningkatkan
kualitas pelayanan administrasi.
3. Kontribusi tenaga administrasi dalam meningkatkan mutu layanan,
diharapkan tenaga administrasi mampu meningkatkan mutu pelayanan
dengan lebih mengembangkan potensi yang dimiliki.
meningkatkan mutu pelayanan di SMP Negeri 4 Awangpone Kecamatan
Awangpone Kabupaten Bone . Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah
(1) Bagaimana strategi tenaga administrasi dalam pelayanan di SMP Negeri 4
Awangpone Kecamatan Awangpone Kabupaten Bone? (2) Bagaimana kualitas
pelayanan administrasi di SMP Negeri 4 Awangpone Kecamatan Awangpone
Kabupaten Bone? (3) Bagaimana kontribusi tenaga administrasi dalam
meningkatkan mutu layanan di SMP Negeri 4 Awangpone Kecamatan
Awangpone Kabupaten Bone?
Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif melalui
pendekatan manajemen pendidikan, dan pendekatan sistem pelayanan informasi.
Dalam pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan
dokumentasi, kemudian dianalisis dengan tiga tahap yaitu reduksi data, paparan
data, dan simpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, penerapan strategi tenaga
administrasi dalam pelayanan sudah baik, hal ini ditunjukkan pada rapat yang
dipimpin langsung oleh kepala sekolah SMP Negeri 4 Awangpone, untuk
membahas mengenai pembagian tugas sebagai bentuk program kerja tata usaha.
Tenaga administrasi yang ada terdiri dari tiga orang, meliputi kepala urusan tata
usaha yang bertanggungjawab dalam kelancaran urusan administrasi,
kepegawaian, dan bendahara rutin. Operator sekolah menangani data sekolah dan
bagian persuratan. Sedangkan bendahara dana BOS menangani anggaran dana
BOS dan kesiswaan. Akan tetapi terkadang staf tata usaha saling bekerjasama
atau saling membantu. Kualitas pelayanan administrasi secara umum sudah baik,
hal ini ditandai dengan tersedianya fasilitas belajar bagi siswa walaupun masih
terdapat beberapa perlengkapan yang kurang. Tenaga administrasi memiliki
komunikasi yang baik dan melaksanakan tugasnya dengan segera, akurat,
memuaskan serta bersedia melayani apabila ada yang meminta bantuan.
Meskipun terdapat staf tata usaha yang bukan lulusan administrasi tetapi ia
memiliki pengetahuan yang cukup dalam menjalankan tugas yang diberikan.
Tenaga administrasi memegang kontribusi penting dalam pelayanan yaitu
mengelola manajemen sekolah, melayani pendidik, kepala sekolah serta siswa
dan berpengaruh terhadap kelancaran proses belajar-mengajar. Meskipun
terdapat beberapa kendala dalam menjalankan tugas yang di berikan,
administrasi diperlukan dalam usaha guna mencapai tujuan yang diharapkan.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian pada bab hasil penelitian dan pembahasan maka
penulis dapat mengemukakan simpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan
yaitu:
1. Penerapan strategi tenaga administrasi dalam pelayanan sudah baik, hal ini
ditunjukkan pada rapat yang dipimpin langsung oleh kepala sekolah SMP
Negeri 4 Awangpone, untuk membahas mengenai pembagian tugas
sebagai bentuk program kerja tata usaha. Tenaga administrasi yang ada
terdiri dari tiga orang, meliputi kepala urusan tata usaha yang
bertanggungjawab dalam kelancaran urusan administrasi, kepegawaian,
dan bendahara rutin. Operator sekolah menangani data sekolah dan bagian
persuratan. Sedangkan bendahara dana BOS menangani anggaran dana
BOS dan kesiswaan. Akan tetapi terkadang staf tata usaha saling
bekerjasama atau saling membantu dalam mengerjakan tugas dan tentunya
dalam melaksanakan tugas tersebut tidak terlepas dari beberapa kendala
yang dihadapi.
2. Kualitas pelayanan administrasi secara umum sudah baik, hal ini ditandai
dengan tersedianya fasilitas belajar bagi siswa walaupun masih terdapat
beberapa perlengkapan yang kurang. Tenaga administrasi memiliki
komunikasi yang baik dan melaksanakan tugasnya dengan segera, akurat,
memuaskan serta bersedia melayani apabila ada yang meminta bantuan.
Meskipun terdapat staf tata usaha yang bukan lulusan administrasi tetapi ia
memiliki pengetahuan yang cukup dalam menjalankan tugas yang
diberikan.
3. Tenaga administrasi memegang kontribusi penting dalam pelayanan yaitu
mengelola manajemen sekolah, melayani pendidik, kepala sekolah serta
siswa dan berpengaruh terhadap kelancaran proses belajar-mengajar.
Meskipun terdapat beberapa kendala dalam menjalankan tugas yang di
berikan, administrasi diperlukan dalam usaha guna mencapai tujuan yang
diharapkan. Sehingga dengan administrasi yang baik, akan
menggambarkan langkah-langkah kegiatan kita yang jelas dan lebih
teratur.
B. Implikasi
1. Kepada tenaga administrasi agar terus mencari dan mengembangkan
strategi program yang sudah berjalan, dan sebaiknya dilakukan
penambahan jumlah pegawai tenaga administrasi agar kualitas layanan
administrasi lebih baik lagi.
2. Kepada tenaga administrai diharapkan bisa mengikuti pelatihan untuk
menambah pengetahuan atau kompetensi sehingga akan meningkatkan
kualitas pelayanan administrasi.
3. Kontribusi tenaga administrasi dalam meningkatkan mutu layanan,
diharapkan tenaga administrasi mampu meningkatkan mutu pelayanan
dengan lebih mengembangkan potensi yang dimiliki.
Ketersediaan
| STAR20210405 | 405/2021 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
405/2021
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2021
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
