Strategi Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Pembinaan Karakter Disiplin Siswa di SMP Negeri 2 Salomekko Kecamatan Patimpeng Kabupaten Bone

No image available for this title
Skripsi ini membahas strategi guru pendidikan agama Islam dalam pembinaan
karakter kedisiplinan siswa di SMP Negeri 2 Salomekko Kecamatan Patimpeng
Kabupaten Bone: hal penting yang dikaji dalam skripsi ini yakni Bagaimana bentuk
strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan karakter kedisiplinan
siswa di SMP Negeri 2 Salomekko? Bagaimana kendala yang dihadapi guru
Pendidikan Agama Islam dalam pembinaan karakter kedisiplinan siswa di SMP
Negeri 2 Salomekko?
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, digunakan metode
penelitian lapangan (Field Research) melakukan pendekatan pedagogis, pendekatan
psikologis dan pendekatan historis dengan menggunakan teknik observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan
analisis deskriptif kualitatif dengan tiga tahap yaitu tahap reduksi data, penyajian data
(display data) dan tahap verifikasi atau kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi guru pendidikan agama Islam
(PAI) dalam pembinaan karakter siswa di SMP Negeri 2 Salomekko kecamatan
patimpeng kabupaten bone dapat di uraikan berdasarkan dimensi pertama, bentuk
strategi guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan karakter siswa di SMP
Negeri 2 Salomekko yaitu pertama perencanaan strategi dan guru PAI juga
menanamkan kebiasaan-kebiasaan yang positif bagi siswa dan menggunakan
pendekatan individual dan pendekatan kelompok dalam proses pembelajaran dengan
tujuan meningkatkan karakter kedisiplinan siswa. Kedua kendala yang dihadapi guru
pendidikan agama islam dalam pembinaan karakter siswa di SMP Negeri 2
Salomekko. Pengaruh lingkungan, Kurang mendekatkan diri dengan siswa, masih ada
beberapa siswa yang masih membandel tidak mematuhi aturang yang berlaku,
kurangnya minat baca siswa dengan cara menyadari tentang pentingnya
pengembangan wawasan dan keilmuan dan pengetahuan serta kemajuan dalam dunia
pendidikan.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa bentuk strategi, kebiasaan dan
beberapa pendakatan yang diterapkan oleh guru pendidikan agama Islam di SMP
Negeri 2 Salomekko sudah berjalan dengan baik, meskipun ada beberapa kendala
yang dihadapi guru pendidikan agama Islam dalam pembinaan karakter kedisiplinan
siswa. Berdasarkan kesimpulan penelitian, maka peneliti merekomendasikan saran
yaitu untuk melakukan suatu pembinaan karakter kedisiplinan siswa, guru harus
mampu menanamkan kebiasaan-kebiasaan dan pendekatan pada siswa.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian pada bab hasil penelitian dan pembahasan maka penulis
dapat mengemukakan simpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan, yaitu:
1. Bentuk strategi guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam meningkatkan
karakter kedisiplinan siswa di SMP Negeri 2 Salomekko: yaitu yang pertama
perencanaan strategi adalah proses yang dilakukan untuk menentukan strategi
atau metode yang akan digunakan untuk meningkatkan karakter kedisiplinan
siswa, dan yang kedua yaitu strategi penguasaan bentuk strategi ini untuk
memotivasi para siswa dan bisa memberikan umpan balik yang cepat dalam
proses pembelajaran, selain menggunakan beberapa strategi pihak guru dan
guru PAI juga menanamkan kebiasaan-kebiasaan yang positif bagi siswa dan
menggunakan pendekatan individual dan pendekatan kelompok dalam proses
pembelajaran dengan tujuan meningkatkan karakter kedisiplinan siswa.
2. Kendalah guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembinaan Karakter
kedisiplinan Siswa di SMP Negeri 2 Salomekko: yaitu pengaruh lingkungan,
Kurang mendekatkan diri dengan siswa, beberapa siswa masih membandel
dan belum bisa mematuhi aturan yang berlakuseperti dating terlambat,tidak
masuk di kelas dengan tepat waktu, dan juga masih ada yang manjat pagar.
kurangnya minat baca siswa dengan cara menyadari tentang pentingnya
pengembangan wawasan dan keilmuan dan pengetahuan serta kemajuan
dalam dunia pendidikan.
B. Implikasi
Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat dikemukakan implikasinya
sebagai berikut:
1. Diharapkan kepada kepala sekolah, guru, staf dan komite sekolah dapat
berpartisipasi secara aktif dan bekerja secara bersama-sama dalam melakukan
pembinaan karakter siswa.
2. Diharapkan kepada guru PAI hendaknya tetap melaksanakan tugas dan
tanggungjawab seoptimal mungkin dan memperhatikan keadaan siswa dalam
pembelajaran PAI agar strategi pembelajaran dapat berjalan secara maksimal.
3. Diharapkan kepada siswa agar dengan diterapkannya karakter yang baik di
dalam lingkungan sekolah maupun luar lingkugan sekolah.
4. Setelah penulisan skripsi ini diharapkan mampu memberikan kontribusi di
dalam dunia pendidikan formal, non formal, maupun pendidikan informal.
Ketersediaan
STAR20204747/2020Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

47/2020

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyahh

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top