Peranan Guru PAI dalam Mengatasi Dampak Negatif Game Online pada Siswa Kelas VII SMPN 2 Barebbo Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone
Lulu Rezky Utami/ 02.16.1122 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai “Peranan Guru PAI dalam Mengatasi Dampak
Negatif Game Online pada Siswa Kelas VII SMPN 2 Barebbo Kecamatan Barebbo
Kabupaten Bone”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan peranan
guru PAI pada siswa kelas VII SMPN 2 Barebbo, untuk mengetahui upaya guru PAI
dalam mengatasi dampak negatif game online pada siswa kelas VII SMPN 2 Barebbo,
untuk mengetahui kontribusi guru PAI dalam mengatasi dampak negatif game online
pada siswa kelas VII SMPN 2 Barebbo.
Untuk memudahkan memecahkan masalah diatas, penulis melakukan
pendekatan teologis-normatif, paedagogis, dan psikologis. Melakukan penelitian
lapangan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Data
yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan
tiga tahap yaitu tahap reduksi data (data reduction), penyajian data (data display),
penarikan kesimpulan/verifikasi (Conclusion Drawing/verification).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Pertama: Pelaksanaan peranan guru PAI
pada siswa kelas VII SMPN 2 Barebbo terlaksana dengan baik, guru PAI berperan
sebagai pendidik, pengajar, pembimbing, pengarah, pelatih, dan penilai. Kedua: Upaya
guru PAI dalam mengatasi dampak negatif game online pada siswa kelas VII SMPN 2
Barebbo, adapun upayanya yaitu guru memberikan bimbingan yang bersifat
preventif/pencegahan dan bimbingan bersifat kuratif/perbaikan. Ketiga: Kontribusi
guru PAI dalam mengatasi dampak negatif game online pada siswa kelas VII SMPN 2
Barebbo yaitu, pencegahan dampak negatif game online dan perbaikan peserta didik
dari dampak negatif game online.
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat disimpulkan bahwa
peranan guru PAI dalam mengatasi dampak negatif game online sangat membantu
untuk mencegah dan memperbaiki dampak negatif game online pada siswa kelas VII
SMPN 2 Barebbo.
A. Simpulan
Berdasarkan dari hasil penelitian dan analisa yang telah penulis uraikan dalam
bab III mengenai Peranan Guru PAI dalam Mengatasi Dampak Negatif Game Online
pada Siswa Kelas VII SMPN 2 Barebbo Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone maka
dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut:
1. Peranan guru PAI dalam mengatasi dampak negatif Game Online pada Siswa
Kelas VII SMPN 2 Barebbo Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone yaitu
sebagai pendidik dimana guru mampu mendisiplinkan peserta didik agar
mematuhi aturan-aturan yang berlaku baik di sekolah maupun diluar sekolah.
Pengajar yaitu guru mampu merencanakan serta melaksanakan pembelajaran
dan mampu memberi kejelasan materi yang diajarkan. Pembimbing yaitu
guru mampu mendukung peserta didik menjadi mandiri dan memberi
kesadaran atas potensi belajar dan bersikap yang dimiliki masing-masing
peserta didik. Pengarah yaitu guru mampu mengarahkan kegiatan belajar
peserta didik agar mencapai keberhasilan dan mengarahkan peserta didik
menjadi bijaksana dalam mengambil keputusan. Pelatih yaitu guru mampu
melatih peserta didik untuk kreatif mengembangkan cara-cara belajarnya
sendiri dan melatih potensi serta bakat yang dimiliki peserta didik agar dapat
berkembang dan bermanfaat. Penilai yaitu guru mampu mengukur hasil
belajar sehingga kualitas pembelajaran dapat diperbaiki dan ditingkatkan,
73373
72
serta memberikan nilai dengan objektif dan adil sesuai kemampuan peserta
didik dan standar yang berlaku.
2. Upaya guru PAI dalam mengatasi dampak negatif Game Online pada Siswa
Kelas VII SMPN 2 Barebbo Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone yaitu
dilakukan dengan memberikan bimbingan yang bersifat preventif dan kuratif.
Dimana preventif memiliki makna pencegahan yang berbentuk pemberian
contoh dampak negatif dari Game Online, memberikan nasehat mengenai
pentingnya pendidikan, memberikan motivasi kepada peserta didik untuk
menggali potensinya, dan membangkitkan minat belajar peserta didik.
Sedangkan kuratif memiliki makna memperbaiki yaitu berupa memberi
teguran yang bersifat mendidik dan memberi ganjaran berupa hadiah atau
pujian kepada peserta didik.
3. Kontribusi guru PAI dalam mengatasi dampak negatif Game Online pada
Siswa Kelas VII SMPN 2 Barebbo Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone
yaitu guru memberikan kontribusi berbentuk pencegahan dalam mengatasi
dampak negatif berupa pengontrolan penggunaan Gadget/Handphone di
sekolah, pengadaan kegiatan pengajian rutin setiap Jumat pagi dan kajian
keislaman. Selain itu kontribusi lain yang berbentuk perbaikan peserta didik
dari dampak negatif Game Online yaitu berupa membiasakan peserta didik
bertawakkal dan berdoa kepada Allah SWT. untuk meminta pertolongan atas
segala sesuatu termasuk dipulihkan dari ketergantungan bermain Game
Online sehingga tercipta peserta didik yang berakhlak mulia, pengadaan
konsultasi mengenai keluhan maupun hambatan dalam proses pemulihan, dan
pemberian saran kepada peserta didik.
B. Implikasi
1. Diharapkan kepada kepala sekolah, guru, staf, dan seluruh komponen yang
ada di sekolah mampu berpartisipasi secara aktif dan bekerja secara bersama-
sama dalam mengatasi dampak negatif Game Online bagi peserta didik.
2. Diharapkan kepada guru PAI hendaknya tetap melaksanakan tugas dan
tanggung jawab seoptimal mungkin, diantaranya tetap berusaha mengontrol
peserta didik agar tidak terkena dampak negatif Game Online dan membantu
pemulihan peserta didik yang terkena dampak.
3. Setelah penulisan skripsi ini diharapkan mampu memberikan kontribusi di
dalam dunia pendidikan formal, nonformal, maupun pendidikan informal.
Negatif Game Online pada Siswa Kelas VII SMPN 2 Barebbo Kecamatan Barebbo
Kabupaten Bone”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan peranan
guru PAI pada siswa kelas VII SMPN 2 Barebbo, untuk mengetahui upaya guru PAI
dalam mengatasi dampak negatif game online pada siswa kelas VII SMPN 2 Barebbo,
untuk mengetahui kontribusi guru PAI dalam mengatasi dampak negatif game online
pada siswa kelas VII SMPN 2 Barebbo.
Untuk memudahkan memecahkan masalah diatas, penulis melakukan
pendekatan teologis-normatif, paedagogis, dan psikologis. Melakukan penelitian
lapangan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Data
yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan
tiga tahap yaitu tahap reduksi data (data reduction), penyajian data (data display),
penarikan kesimpulan/verifikasi (Conclusion Drawing/verification).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Pertama: Pelaksanaan peranan guru PAI
pada siswa kelas VII SMPN 2 Barebbo terlaksana dengan baik, guru PAI berperan
sebagai pendidik, pengajar, pembimbing, pengarah, pelatih, dan penilai. Kedua: Upaya
guru PAI dalam mengatasi dampak negatif game online pada siswa kelas VII SMPN 2
Barebbo, adapun upayanya yaitu guru memberikan bimbingan yang bersifat
preventif/pencegahan dan bimbingan bersifat kuratif/perbaikan. Ketiga: Kontribusi
guru PAI dalam mengatasi dampak negatif game online pada siswa kelas VII SMPN 2
Barebbo yaitu, pencegahan dampak negatif game online dan perbaikan peserta didik
dari dampak negatif game online.
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat disimpulkan bahwa
peranan guru PAI dalam mengatasi dampak negatif game online sangat membantu
untuk mencegah dan memperbaiki dampak negatif game online pada siswa kelas VII
SMPN 2 Barebbo.
A. Simpulan
Berdasarkan dari hasil penelitian dan analisa yang telah penulis uraikan dalam
bab III mengenai Peranan Guru PAI dalam Mengatasi Dampak Negatif Game Online
pada Siswa Kelas VII SMPN 2 Barebbo Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone maka
dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut:
1. Peranan guru PAI dalam mengatasi dampak negatif Game Online pada Siswa
Kelas VII SMPN 2 Barebbo Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone yaitu
sebagai pendidik dimana guru mampu mendisiplinkan peserta didik agar
mematuhi aturan-aturan yang berlaku baik di sekolah maupun diluar sekolah.
Pengajar yaitu guru mampu merencanakan serta melaksanakan pembelajaran
dan mampu memberi kejelasan materi yang diajarkan. Pembimbing yaitu
guru mampu mendukung peserta didik menjadi mandiri dan memberi
kesadaran atas potensi belajar dan bersikap yang dimiliki masing-masing
peserta didik. Pengarah yaitu guru mampu mengarahkan kegiatan belajar
peserta didik agar mencapai keberhasilan dan mengarahkan peserta didik
menjadi bijaksana dalam mengambil keputusan. Pelatih yaitu guru mampu
melatih peserta didik untuk kreatif mengembangkan cara-cara belajarnya
sendiri dan melatih potensi serta bakat yang dimiliki peserta didik agar dapat
berkembang dan bermanfaat. Penilai yaitu guru mampu mengukur hasil
belajar sehingga kualitas pembelajaran dapat diperbaiki dan ditingkatkan,
73373
72
serta memberikan nilai dengan objektif dan adil sesuai kemampuan peserta
didik dan standar yang berlaku.
2. Upaya guru PAI dalam mengatasi dampak negatif Game Online pada Siswa
Kelas VII SMPN 2 Barebbo Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone yaitu
dilakukan dengan memberikan bimbingan yang bersifat preventif dan kuratif.
Dimana preventif memiliki makna pencegahan yang berbentuk pemberian
contoh dampak negatif dari Game Online, memberikan nasehat mengenai
pentingnya pendidikan, memberikan motivasi kepada peserta didik untuk
menggali potensinya, dan membangkitkan minat belajar peserta didik.
Sedangkan kuratif memiliki makna memperbaiki yaitu berupa memberi
teguran yang bersifat mendidik dan memberi ganjaran berupa hadiah atau
pujian kepada peserta didik.
3. Kontribusi guru PAI dalam mengatasi dampak negatif Game Online pada
Siswa Kelas VII SMPN 2 Barebbo Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone
yaitu guru memberikan kontribusi berbentuk pencegahan dalam mengatasi
dampak negatif berupa pengontrolan penggunaan Gadget/Handphone di
sekolah, pengadaan kegiatan pengajian rutin setiap Jumat pagi dan kajian
keislaman. Selain itu kontribusi lain yang berbentuk perbaikan peserta didik
dari dampak negatif Game Online yaitu berupa membiasakan peserta didik
bertawakkal dan berdoa kepada Allah SWT. untuk meminta pertolongan atas
segala sesuatu termasuk dipulihkan dari ketergantungan bermain Game
Online sehingga tercipta peserta didik yang berakhlak mulia, pengadaan
konsultasi mengenai keluhan maupun hambatan dalam proses pemulihan, dan
pemberian saran kepada peserta didik.
B. Implikasi
1. Diharapkan kepada kepala sekolah, guru, staf, dan seluruh komponen yang
ada di sekolah mampu berpartisipasi secara aktif dan bekerja secara bersama-
sama dalam mengatasi dampak negatif Game Online bagi peserta didik.
2. Diharapkan kepada guru PAI hendaknya tetap melaksanakan tugas dan
tanggung jawab seoptimal mungkin, diantaranya tetap berusaha mengontrol
peserta didik agar tidak terkena dampak negatif Game Online dan membantu
pemulihan peserta didik yang terkena dampak.
3. Setelah penulisan skripsi ini diharapkan mampu memberikan kontribusi di
dalam dunia pendidikan formal, nonformal, maupun pendidikan informal.
Ketersediaan
| STAR20200044 | 44/2020 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
44/2020
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2020
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyahh
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
