Strategi Pemasaran Berbasis Facebook Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Dalam Perspektif Ekonomi Syariah (Studi Pada Yuyun Mebel Jepara Di Desa Masago Kec. Patimpeng)
Rahmida/. 01.17.3140 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang strategi pemasaran berbasis facebook dalam
meningkatkan volume penjualan dalam perspektif ekonomi syariah (studi pada
Yuyun Mebel Jepara di Desa Masago Kecamatan Patimpeng). Tujuan penelitian ini
yakni untuk mengetahui strategi pemasaran berbasis facebook dalam meningkatkan
volume penjualan dalam perspektif ekonomi syariah pada Yuyun Mebel Jepara di
Desa Masago Kecamatan Patimpeng serta untuk mengetahui kendala-kendala yang
dihadapi Yuyun Mebel Jepara dalam melakukan strategi pemasaran berbasis
facebook.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
lapangan (field research). Berdasarkan analisis datanya penelitian ini menggunakan
metode penelitian kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data
primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian bahwa strategi pemasaran berbasis facebook
dalam meningkatkan volume penjualan dalam perspektif ekonomi syariah yang
diterapkan di Yuyun Mebel Jepara ada lima yaitu: produk, harga, dan promosi,
tempat dan orang. Adapun kegiatan pemasaran dan penjualan yang dilakukan oleh
Yuyun Mebel Jepara telah sesuai dengan Ekonomi Islam yaitu sesuai dengan yang
Rasullullah ajarkan yaitu shiddiq, amanah, fathanah dan tabliqh dalam konsep
penerapan bisnisnya. Adapun kendala-kendala yang dihadapi Yuyun Mebel Jepara
dalam melakukan strategi pemasaran berbasis facebook yaitu kendala dalam hal
product produk yaitu terbatasnya ketersediaan produk, kendala dalam hal price
(harga) yaitu persaingan harga, kendala dalam hal promotion(promosi) yaitu
pengambilan gambar produk yang dipromosikan (plagiat) oleh pihak lain, kendala
dalam hal place (tempat)/distribusi yaitu belum memiliki agen, kendala dalam hal
people(orang) yaitu kurangnya pengetahuan dan kemampuan dalam bidang desain
tampilan, editing, dan fotografi dalam penggunaan media sosial.
A. Kesimpulan
Berdasarkan uraian penjelasan pada pembahasan penelitian ini, maka dapat
disimpulkan bahwa:
1. Strategi pemasaran berbasis facebook yang diterapkan di Yuyun Mebel Jepara
ada lima yaitu meliputi product (produk), price(harga), promotion(promosi),
place (tempat)/distribusi, people(orang). Adapun kegiatan pemasaran dan
penjualan yang dilakukan oleh Yuyun Mebel Jepara telah sesuai dengan
Ekonomi Islam yaitu sesuai dengan yang Rasullullah ajarkan yaitu shiddiq,
amanah, fathanah dan tabliqh dalam konsep penerapan bisnisnya.
2. Adapun kendala-kendala yang dihadapi Yuyun Mebel Jepara dalam melakukan
strategi pemasaran berbasis facebook yaitu kendala dalam hal product (produk)
yaitu terbatasnya ketersediaan produk, kendala dalam hal price (harga) yaitu
persaingan harga, kendala dalam hal promotion(promosi) yaitu pengambilan
gambar produk yang dipromosikan (plagiat) oleh pihak lain, kendala dalam hal
place (tempat) /distribusi yaitu belum memiliki agen, kendala dalam hal
people(orang) yaitu kurangnya pengetahuan dan kemampuan dalam bidang
desain tampilan, editing, dan fotografi dalam penggunaan media sosial.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian mengenai strategi pemasaran berbasis facebook
dalam meningkatkan volume penjulan dalam perspektif ekonomi syariah maka
saran peneliti diantaranya:
1. Pemilik usaha yuyun mebel jepara agar dapat memanfaatkan media sosial
sebagai media pemasaran dengan baik agar dapat meningkatkan volume
penjualan.
2. Pemilik usaha Yuyun Mebel Jepara harus selalu update dan mengikuti
perkembangan teknologi yang ada. Sehingga dapat mengembangkan
bisnisnya.
3. Pemilik usaha Yuyun Mebel Jepara agar selalu mempertahankan kualitas
produk agar kepercayaan konsumen akan tetap terjaga.
C. Implikasi
Dalam penelitian ini memiliki implikasi dan manfaat baik bagi peneliti
maupun bagi pemilik usaha Yuyun Mebel Jepara:
1. Memberikan pengetahuan kepada penulis dan pemilik usaha Yuyun Mebel
Jepara dalam hal melakukan strategi pemasaran berbasis facebook dalam
meningkatkan volume penjualan.
2. Memberikan wawasan kepada pemilik usaha Yuyun Mebel Jepara agar dalam
melakukan kegiatan usaha berdasarkan konsep ekonomi syariah.
meningkatkan volume penjualan dalam perspektif ekonomi syariah (studi pada
Yuyun Mebel Jepara di Desa Masago Kecamatan Patimpeng). Tujuan penelitian ini
yakni untuk mengetahui strategi pemasaran berbasis facebook dalam meningkatkan
volume penjualan dalam perspektif ekonomi syariah pada Yuyun Mebel Jepara di
Desa Masago Kecamatan Patimpeng serta untuk mengetahui kendala-kendala yang
dihadapi Yuyun Mebel Jepara dalam melakukan strategi pemasaran berbasis
facebook.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
lapangan (field research). Berdasarkan analisis datanya penelitian ini menggunakan
metode penelitian kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data
primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian bahwa strategi pemasaran berbasis facebook
dalam meningkatkan volume penjualan dalam perspektif ekonomi syariah yang
diterapkan di Yuyun Mebel Jepara ada lima yaitu: produk, harga, dan promosi,
tempat dan orang. Adapun kegiatan pemasaran dan penjualan yang dilakukan oleh
Yuyun Mebel Jepara telah sesuai dengan Ekonomi Islam yaitu sesuai dengan yang
Rasullullah ajarkan yaitu shiddiq, amanah, fathanah dan tabliqh dalam konsep
penerapan bisnisnya. Adapun kendala-kendala yang dihadapi Yuyun Mebel Jepara
dalam melakukan strategi pemasaran berbasis facebook yaitu kendala dalam hal
product produk yaitu terbatasnya ketersediaan produk, kendala dalam hal price
(harga) yaitu persaingan harga, kendala dalam hal promotion(promosi) yaitu
pengambilan gambar produk yang dipromosikan (plagiat) oleh pihak lain, kendala
dalam hal place (tempat)/distribusi yaitu belum memiliki agen, kendala dalam hal
people(orang) yaitu kurangnya pengetahuan dan kemampuan dalam bidang desain
tampilan, editing, dan fotografi dalam penggunaan media sosial.
A. Kesimpulan
Berdasarkan uraian penjelasan pada pembahasan penelitian ini, maka dapat
disimpulkan bahwa:
1. Strategi pemasaran berbasis facebook yang diterapkan di Yuyun Mebel Jepara
ada lima yaitu meliputi product (produk), price(harga), promotion(promosi),
place (tempat)/distribusi, people(orang). Adapun kegiatan pemasaran dan
penjualan yang dilakukan oleh Yuyun Mebel Jepara telah sesuai dengan
Ekonomi Islam yaitu sesuai dengan yang Rasullullah ajarkan yaitu shiddiq,
amanah, fathanah dan tabliqh dalam konsep penerapan bisnisnya.
2. Adapun kendala-kendala yang dihadapi Yuyun Mebel Jepara dalam melakukan
strategi pemasaran berbasis facebook yaitu kendala dalam hal product (produk)
yaitu terbatasnya ketersediaan produk, kendala dalam hal price (harga) yaitu
persaingan harga, kendala dalam hal promotion(promosi) yaitu pengambilan
gambar produk yang dipromosikan (plagiat) oleh pihak lain, kendala dalam hal
place (tempat) /distribusi yaitu belum memiliki agen, kendala dalam hal
people(orang) yaitu kurangnya pengetahuan dan kemampuan dalam bidang
desain tampilan, editing, dan fotografi dalam penggunaan media sosial.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian mengenai strategi pemasaran berbasis facebook
dalam meningkatkan volume penjulan dalam perspektif ekonomi syariah maka
saran peneliti diantaranya:
1. Pemilik usaha yuyun mebel jepara agar dapat memanfaatkan media sosial
sebagai media pemasaran dengan baik agar dapat meningkatkan volume
penjualan.
2. Pemilik usaha Yuyun Mebel Jepara harus selalu update dan mengikuti
perkembangan teknologi yang ada. Sehingga dapat mengembangkan
bisnisnya.
3. Pemilik usaha Yuyun Mebel Jepara agar selalu mempertahankan kualitas
produk agar kepercayaan konsumen akan tetap terjaga.
C. Implikasi
Dalam penelitian ini memiliki implikasi dan manfaat baik bagi peneliti
maupun bagi pemilik usaha Yuyun Mebel Jepara:
1. Memberikan pengetahuan kepada penulis dan pemilik usaha Yuyun Mebel
Jepara dalam hal melakukan strategi pemasaran berbasis facebook dalam
meningkatkan volume penjualan.
2. Memberikan wawasan kepada pemilik usaha Yuyun Mebel Jepara agar dalam
melakukan kegiatan usaha berdasarkan konsep ekonomi syariah.
Ketersediaan
| SFEBI20210229 | 229/2021 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
229/2021
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2021
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
