Maksimalisasi Penggunaan RPP dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Fiqih Kelas VIII A di MTs Al-Hidayah Bakke
Muhammad Asdar/02.14.1111 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai Maksimalisasi Penggunaan RPP dalam
Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Fiqih Kelas VIII A di MTs Al-Hidayah Bakke.
Hal penting yang dikaji dalam skripsi ini yakni untuk mengetahui Bagaimana
penggunaan RPP dalam pembelajaran Fiqih kelas VIII A di MTs Al- Hidayah Bakke.
Serta bagaimana memaksimalisasi penggunaan RPP dalam pembelajaran Fiqih kelas
VIII A di MTs Al- Hidayah Bakke.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut di atas, digunakan jenis
penelitian kualitatif (Qualitatif Research) dengan menggunakan pendekatan
paedagogis, psikologis, sosiologis dan menggunakan teknik pengumpulan data antara
lain observasi, wawancara (interview), dokumentasi. Data yang diperoleh diolah
dengan metode kualitatif, yaitu dengan reduksi data, display data, Conclusion
Drawing/verification.
Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa pertama Dalam Identitas Mata
Pelajaran pada komponen RPP sudah diterapkan dan tetap mengacu pada RPP yang
telah dibuat. Tema pelajaran sudah disampaikan secara sistematis dan RPP selalu
menjadi acuan dalam setiap proses pembelajaran. Penggunaan RPP di MTs Al-
Hidayah Bakke sudah terealisasikan dengan baik, dengan melihat setiap komponen
dari RPP selalu menjadi acuan dalam setiap proses pembelajaran di kelas. Jadi
Perencanaan pembelajaran sangat penting terhadap pencapaian tujuan, maka tujuan
yang ingin dicapai dalam pembelajaran adalah suatu upaya untuk menentukan
kegiatan yang akan dilakukan dalam kaitan dengan upaya mencapai kompetensi yang
diharapkan dan dapat meningkatkan suatu efektivitas pembelajaran. Kedua, Dalam
proses pembelajaran di MTs Al-Hidayah Bakke guru-guru memperhatikan beberapa
hal-hal penting seperti bahan ajar dan media pembelajaran guna mencapai kualitas
pembelajaran yang baik, juga sudah memaksimalkan penggunaan RPP meskipun
masih banyak kendala-kendala yang ditemukan ataupun diahadapi, namun seluruh
Stackholder dari sekolah selalu berupaya yang terbaik untuk peningkatan kualitas
belajar siswa khususnya dalam pembelajaran fiqih. MTs Al-Hidayah Bakke sudah
memaksimalkan penggunaan RPP meskipun masih banyak kendala-kendala yang
ditemukan ataupun diahadapi.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian yang dikemukakan pada bab pembahasan, maka dapat
dikemukakan beberapa simpulan sebagai berikut:
1. Dalam Identitas Mata Pelajaran pada komponen RPP sudah diterapkan dan
tetap mengacu pada RPP yang telah dibuat. Tema pelajaran sudah
disampaikan secara sistematis dan RPP selalu menjadi acuan dalam setiap
proses pembelajaran. Penggunaan RPP di MTs Al-Hidayah Bakke sudah
terealisasikan dengan baik, dengan melihat setiap komponen dari RPP selalu
menjadi acuan dalam setiap proses pembelajaran di kelas. Jadi Perencanaan
pembelajaran sangat penting terhadap pencapaian tujuan, maka tujuan yang
ingin dicapai dalam pembelajaran adalah suatu upaya untuk menentukan
kegiatan yang akan dilakukan dalam kaitan dengan upaya mencapai
kompetensi yang diharapkan dan dapat meningkatkan suatu efektivitas
pembelajaran
2. Dalam proses pembelajaran di MTs Al-Hidayah Bakke guru-guru
memperhatikan beberapa hal-hal penting seperti bahan ajar dan media
pembelajaran guna mencapai kualitas pembelajaran yang baik, juga sudah
memaksimalkan penggunaan RPP meskipun masih banyak kendala-kendala
yang ditemukan ataupun diahadapi, namun seluruh Stackholder dari sekolah
selalu berupaya yang terbaik untuk peningkatan kualitas belajar siswa
khususnya dalam pembelajaran fiqih. MTs Al-Hidayah Bakke sudah
memaksimalkan penggunaan RPP meskipun masih banyak kendala-kendala
yang ditemukan ataupun diahadapi, namun seluruh Stackholder dari sekolah
selalu berupaya yang terbaik untuk peningkatan kualitas belajar siswa
khususnya dalam pembelajaran fiqih.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka di bawah ini akan
diuraikan saran-saran. Adapun saran-saran penulis dalam pembahasan skripsi ini
adalah sebagai berikut:
1. Diharapkan kepala sekolah, guru dan siswa MTs Al-Hidayah Bakke dapat
lebih memaksimalkan penggunaan RPP dalam meningkatkan kualitas
pembelajaran dan dapat lebih meningkatkan prestasi belajar siswa.
2. Setelah penulisan skripsi ini diharpkan mampu memberikan kontribusi kepada
semua pihak (memaksimalkan penggunaan RPP) agar tercipta sinergi yang
baik.
Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Fiqih Kelas VIII A di MTs Al-Hidayah Bakke.
Hal penting yang dikaji dalam skripsi ini yakni untuk mengetahui Bagaimana
penggunaan RPP dalam pembelajaran Fiqih kelas VIII A di MTs Al- Hidayah Bakke.
Serta bagaimana memaksimalisasi penggunaan RPP dalam pembelajaran Fiqih kelas
VIII A di MTs Al- Hidayah Bakke.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut di atas, digunakan jenis
penelitian kualitatif (Qualitatif Research) dengan menggunakan pendekatan
paedagogis, psikologis, sosiologis dan menggunakan teknik pengumpulan data antara
lain observasi, wawancara (interview), dokumentasi. Data yang diperoleh diolah
dengan metode kualitatif, yaitu dengan reduksi data, display data, Conclusion
Drawing/verification.
Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa pertama Dalam Identitas Mata
Pelajaran pada komponen RPP sudah diterapkan dan tetap mengacu pada RPP yang
telah dibuat. Tema pelajaran sudah disampaikan secara sistematis dan RPP selalu
menjadi acuan dalam setiap proses pembelajaran. Penggunaan RPP di MTs Al-
Hidayah Bakke sudah terealisasikan dengan baik, dengan melihat setiap komponen
dari RPP selalu menjadi acuan dalam setiap proses pembelajaran di kelas. Jadi
Perencanaan pembelajaran sangat penting terhadap pencapaian tujuan, maka tujuan
yang ingin dicapai dalam pembelajaran adalah suatu upaya untuk menentukan
kegiatan yang akan dilakukan dalam kaitan dengan upaya mencapai kompetensi yang
diharapkan dan dapat meningkatkan suatu efektivitas pembelajaran. Kedua, Dalam
proses pembelajaran di MTs Al-Hidayah Bakke guru-guru memperhatikan beberapa
hal-hal penting seperti bahan ajar dan media pembelajaran guna mencapai kualitas
pembelajaran yang baik, juga sudah memaksimalkan penggunaan RPP meskipun
masih banyak kendala-kendala yang ditemukan ataupun diahadapi, namun seluruh
Stackholder dari sekolah selalu berupaya yang terbaik untuk peningkatan kualitas
belajar siswa khususnya dalam pembelajaran fiqih. MTs Al-Hidayah Bakke sudah
memaksimalkan penggunaan RPP meskipun masih banyak kendala-kendala yang
ditemukan ataupun diahadapi.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian yang dikemukakan pada bab pembahasan, maka dapat
dikemukakan beberapa simpulan sebagai berikut:
1. Dalam Identitas Mata Pelajaran pada komponen RPP sudah diterapkan dan
tetap mengacu pada RPP yang telah dibuat. Tema pelajaran sudah
disampaikan secara sistematis dan RPP selalu menjadi acuan dalam setiap
proses pembelajaran. Penggunaan RPP di MTs Al-Hidayah Bakke sudah
terealisasikan dengan baik, dengan melihat setiap komponen dari RPP selalu
menjadi acuan dalam setiap proses pembelajaran di kelas. Jadi Perencanaan
pembelajaran sangat penting terhadap pencapaian tujuan, maka tujuan yang
ingin dicapai dalam pembelajaran adalah suatu upaya untuk menentukan
kegiatan yang akan dilakukan dalam kaitan dengan upaya mencapai
kompetensi yang diharapkan dan dapat meningkatkan suatu efektivitas
pembelajaran
2. Dalam proses pembelajaran di MTs Al-Hidayah Bakke guru-guru
memperhatikan beberapa hal-hal penting seperti bahan ajar dan media
pembelajaran guna mencapai kualitas pembelajaran yang baik, juga sudah
memaksimalkan penggunaan RPP meskipun masih banyak kendala-kendala
yang ditemukan ataupun diahadapi, namun seluruh Stackholder dari sekolah
selalu berupaya yang terbaik untuk peningkatan kualitas belajar siswa
khususnya dalam pembelajaran fiqih. MTs Al-Hidayah Bakke sudah
memaksimalkan penggunaan RPP meskipun masih banyak kendala-kendala
yang ditemukan ataupun diahadapi, namun seluruh Stackholder dari sekolah
selalu berupaya yang terbaik untuk peningkatan kualitas belajar siswa
khususnya dalam pembelajaran fiqih.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka di bawah ini akan
diuraikan saran-saran. Adapun saran-saran penulis dalam pembahasan skripsi ini
adalah sebagai berikut:
1. Diharapkan kepala sekolah, guru dan siswa MTs Al-Hidayah Bakke dapat
lebih memaksimalkan penggunaan RPP dalam meningkatkan kualitas
pembelajaran dan dapat lebih meningkatkan prestasi belajar siswa.
2. Setelah penulisan skripsi ini diharpkan mampu memberikan kontribusi kepada
semua pihak (memaksimalkan penggunaan RPP) agar tercipta sinergi yang
baik.
Ketersediaan
| STAR20190248 | 248/2019 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
248/2019
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2019
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyahh
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
