Implementasi Manajemen Program Pembelajaran dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII di MTs Mursyidul Awwam Cenrana

No image available for this title
Skripsi ini membahas mengenai Implementasi Manajemen Program
Pembelajaran dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII di MTs
Mursyidul Awwam Cenrana Kabupaten Bone. Hal penting yang dikaji dalam
skripsi ini yakni untuk mengetahui bagaimana manajemen program pembelajaran
di MTs Mursyidul Awwam Cenrana, bagaimana peningkatan prestasi belajar
siswa kelas VIII di MTs Mursyidul Awwam Cenrana dan bagaimana
Implementasi Manajemen Program Pembelajaran dalam Meningkatkan Prestasi
Belajar Siswa Kelas VIII di MTs Mursyidul Awwam Cenrana.
Untuk memudahkan pemecahan masalah di atas, digunakan metode
penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan teknik antara lain
observasi, wawancara (Interview), dan dokumen. Data yang diperoleh diolah
dengan metode kualitatif, selanjutnya dianalisis dengan menggunakan metode
analisis deskrptif kualitatif yaitu dengan reduksi data, penyajian data, penarikan
kesimpulan dan verifikasi.
Berdasarkan hasil penelitian tentang Implementasi Manajemen Program
Pembelajaran dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII di MTs
Mursyidul Awwam Cenrana Kabupaten Bone sudah terlaksana dengan baik.
dalam menyusun rencana pelaksanaan pengawasan, dan evaluasi dengan tujuan
mampu mencapai keberhasilan dalam peningkatkan prestasi belajar siswa dan
hubungan antara sekolah dengan orang tua siswa dengan masyarakat sangat
terjalin hubungan yang sangat baik sehingga manajemen program pembelajaran
dapat terlaksana dengan apa yang diharapkan oleh sekolah. Dalam peningkatkan
prestasi belajar siswa kelas VIII di MTs Mursyidul Awwam Cenrana perlu adanya
kerjasama antara guru dan siswa untuk peningkatkan prestasi yang bersifat
kognitif, afektif dan psikomotorik. Dalam peningkatkan prestasi belajar Siswa
kelas VIII di MTs Mursyidul Awwam Cenrana baik prestasi dalam kelas, prestasi
dalam kegiatan ekstrakurikuler, dan prestasi lainnya. Manajemen program
pembelajaran telah mampu meningkatkan prestasi belajar siswa dari segi
pengetahuan, pemahaman, penerapan materi pembelajaran, penilainnya,
penerimaan, cara menaggapi dan keterampilan atau skill siswa.
A. Simpulan
Manajemen program pembelajaran dalam meningkatkan prestasi belajar
siswa sudah maksimal dan dapat dikatakan berhasil. Hal tersebut dapat dilihat
dari implementasi manajemen program pembelajaran yang sudah dijelaskan
oleh Kepala Sekolah.
Berdasarkan uraian pada bab pembahasan di atas maka penulis dapat
mengemukakan simpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan yaitu:
1. Manajemen Program Pembelajaran di MTs Mursyidul Awwam Cenrana
sudah terlaksana dengan baik. Sistem pengelolaan program sekolah dengan
melibatkan stakeholders yang ada di sekolah tersebut, dalam menyusun
rencana pelaksanaan pengawasan, dan evaluasi dengan tujuan mampu
mencapai keberhasilan dalam peningkatkan prestasi belajar siswa dan
hubungan antara sekolah dengan orang tua siswa dengan masyarakat sangat
terjalin hubungan yang sangat baik sehingga manajemen program
pembelajaran dapat terlaksana dengan apa yang diharapkan oleh sekolah.
2. Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII di MTs Mursyidul Awwam
Cenrana dalam peningkatkan prestasi belajar siswa perlu adanya kerjasama
antara guru dan siswa untuk peningkatkan prestasi yang bersifat kognitif
seperti pengetahuan, pemahaman, penerapan, penilaian. Untuk
meningkatkan prestasi yang bersifat afektif seperti penerimaan , cara
menanggapi, menilai atau menghargai. Dan untuk meningkatkan prestasi
yang bersifat psikomotorik seperti keterampilan atau skill siswa. Maka guru
mempunyai cukup banyak peran dalam meningkatkan prestasi belajar siswa.
3. Implementasi Manajemen Program Pembelajaran dalam Meningkatkan
Prestasi Belajar Siswa kelas VIII di MTs Mursyidul Awwam Cenrana baik
prestasi dalam kelas, prestasi dalam kegiatan ekstrakurikuler, dan prestasi
lainnya. Manajemen program pembelajaran telah mampu meningkatkan
prestasi belajar siswa dari segi pengetahuan, pemahaman, penerapan materi
pembelajaran, penilainnya, penerimaan, cara menaggapi dan keterampilan
atau skill siswa. Kompetensi guru di MTs Mursyidul Awwam Cenrana
Kabupaten Bone telah meningkat dan dapat memahami kemauan dan
kebutuhan siswa yang berada di sekolah MTs Mursyidul Awwam Cenrana
Kabupaten Bone
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka di bawah ini yang
akan diuraikan saran-saran. Adapaun saran-saran penulis dalam pembahasan
skripsi ini adalah sebagai berikut:
1. Kepada kepala sekolah, tenaga pendidik, dan tenaga kependidikan dan siswa
tetap menjaga kekompakan dan kerjasama yang baik dan tetap
mempertahankan prestasi siswa serta menjaga nama baik sekolah.
2. Kepada guru atau wali kelas VIII dan guru lainnya sebaiknya tetap
menerapkan ke 5 metode pembelajaran tersebut agar dapat mempermudah
dalam proses pembelajaran dan dalam meningkatkan prestasi siswa dapat
berjalan dengan lancar.
Ketersediaan
STAR20190244244/2019Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

244/2019

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyahh

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top