Analisis Kepuasan Nasabah Dalam Perspektif Ekonomi Islam(Studi Dasar Pada Koperasi Simpan Pinjam Bakti Huria)
Sandi Arifaid/01.16.5148 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai analisis kepuasan nasabah terhadap tabungan
pada KSPPS dalam perspektif ekonomi Islam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui produk tabungan pada KSPPS Bakti Huria Cabang Watampone,
kepuasan nasabah pada KSPPS Bakti Huria Cabang Watampone serta perspektif
eknomi Islam mengenai kepuasan nasabah terhadap tabungan pada KSPPS Bakti
Huria Cabang Watampone.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan (field research).
Adapun pendekatan yang digunakan yakni pendekatan kualitatif. Pada penelitian ini,
teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan
dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang akan digunakan dalam penelitian ini
yaitu analisis kualitatif
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Produk tabungan pada
KSPPS Bakti Huria Cabang Watampone meliputi tabungan/simpanan pokok dan
tabungan/simpanan sukarela. Simpanan pokok merupakan simpanan yang harus
diberikan atau dibayarkan apabila seorang nasabah mendaftarkan menjadi anggota
sedangkan simpanan sukarela meliputi simpanan Tamara, simpanan Siharum,
simpanan Tasyaqur, simpanan Simasda, simpanan Al-Barkah dan simpanan
penyertaan modal; 2) Kepuasan nasabah pada KSPPS Bakti Huria Cabang
Watampone dilihat berdasarkan tiga aspek diantaranya aspek produk cukup baik serta
memberikan pemenuhan kebutuhan nasabah berdasarkan produk yang diinginkan.
Aspek layanan penjualan, para pegawai memiliki kecepatan yang baik dalam
melakukan pelayanan terhadap nasabah dengan mengutamakan 3S (senyum, sapa dan
salam). Aspek layanan keluhan, adanya pelayanan yang di suguhkan oleh customer
service degan baik serta nasabah memiliki keyakinan bahwa harta yang titipkan pada
koperasi, terjamin tabungan dan produk-produk pendanaan dan pembiayaan yang
halal, dan tanpa khawatir adanya unsur riba; 3) Perspektif eknomi Islam mengenai
kepuasan nasabah terhadap tabungan pada KSPPS Bakti Huria Cabang Watampone
menerapkan nilai-nilai dasar serta operasional sesuai dengan nilai-nilai dasar yang
terkandung dalam ekonomi Islam, diantaranya amanah, manfaat, akhlak mulia, niat,
adil, dan hasil.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diatas, maka penulis dapat mengambil
kesimpulan bahwa:
1. Produk tabungan pada KSPPS Bakti Huria Cabang Watampone meliputi
tabungan/simpanan pokok dan tabungan/simpanan sukarela. Simpanan pokok merupakan
simpanan yang harus diberikan atau dibayarkan apabila seorang nasabah mendaftarkan
menjadi anggota sedangkan simpanan sukarela meliputi simpanan Tamara, simpanan
Siharum, simpanan Tasyaqur, simpanan Simasda, simpanan Al-Barkah dan simpanan
penyertaan modal.
2. Kepuasan nasabah pada KSPPS Bakti Huria Cabang Watampone dilihat berdasarkan tiga
aspek diantaranya aspek produk cukup baik serta memberikan pemenuhan kebutuhan
nasabah berdasarkan produk yang diinginkan. Aspek layanan penjualan, para pegawai
memiliki kecepatan yang baik dalam melakukan pelayanan terhadap nasabah dengan
mengutamakan 3S (senyum, sapa dan salam). Aspek layanan keluhan, adanya pelayanan
yang di suguhkan oleh customer service degan baik serta nasabah memiliki keyakinan
bahwa harta yang titipkan pada koperasi, terjamin tabungan dan produk-produk
pendanaan dan pembiayaan yang halal, dan tanpa khawatir adanya unsur riba.
3. Perspektif eknomi Islam mengenai kepuasan nasabah terhadap tabungan pada KSPPS
Bakti Huria Cabang Watampone menerapkan nilai-nilai dasar serta operasional sesuai
dengan nilai-nilai dasar yang terkandung dalam ekonomi Islam, diantaranya amanah,
manfaat, akhlak mulia, niat, adil, dan hasil.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitan, maka penulis mengajukan saran sebagai berikut:
1. Perlu adanya peningkatan dan pengembangan Standar Operasional KSPPS Bakti Huria
Cabang Watampone agar terciptanya kualitas pelayanan yang lebih baik sehingga
nasabah akan terus merasa puas dengan kinerja pelayanan yang diberikan, karena kualitas
pelayanan sayang penting dan dapat mempengaruhi kenyamanan nasabah sehingga
terciptanya loyalitas nasabah itu sendiri. Dan perlunya memonitor dan melakukan
pelatihan karyawan karena persaingan bisnis jasa yang menuntut untuk selalu
memberikan kualitas pelayanan terbaik kepada nasabah.
2. Kualitas pelayanan yang diberikan oleh KSPPS Bakti Huria Cabang Watampone sudah
cukup baik, namun melihat kondisi persaingan bisnis jasa saai ini KSPPS Bakti Huria
Cabang Watampone yang masih kekurangan Sumber Daya Insani harus cepat dan
tanggap dalam merekrut calon-calon karyawan baru yang kompeten dalam bidangnya dan
melakukan pelatihan agar kedepanya dapat terus bersaing dalam menyediakan kualitas
pelayanan yang baik dan dapat terus bersaing. Serta adanya penambahan beberapa
fasilitas fisik yang belum terpenuhi.
pada KSPPS dalam perspektif ekonomi Islam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui produk tabungan pada KSPPS Bakti Huria Cabang Watampone,
kepuasan nasabah pada KSPPS Bakti Huria Cabang Watampone serta perspektif
eknomi Islam mengenai kepuasan nasabah terhadap tabungan pada KSPPS Bakti
Huria Cabang Watampone.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan (field research).
Adapun pendekatan yang digunakan yakni pendekatan kualitatif. Pada penelitian ini,
teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan
dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang akan digunakan dalam penelitian ini
yaitu analisis kualitatif
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Produk tabungan pada
KSPPS Bakti Huria Cabang Watampone meliputi tabungan/simpanan pokok dan
tabungan/simpanan sukarela. Simpanan pokok merupakan simpanan yang harus
diberikan atau dibayarkan apabila seorang nasabah mendaftarkan menjadi anggota
sedangkan simpanan sukarela meliputi simpanan Tamara, simpanan Siharum,
simpanan Tasyaqur, simpanan Simasda, simpanan Al-Barkah dan simpanan
penyertaan modal; 2) Kepuasan nasabah pada KSPPS Bakti Huria Cabang
Watampone dilihat berdasarkan tiga aspek diantaranya aspek produk cukup baik serta
memberikan pemenuhan kebutuhan nasabah berdasarkan produk yang diinginkan.
Aspek layanan penjualan, para pegawai memiliki kecepatan yang baik dalam
melakukan pelayanan terhadap nasabah dengan mengutamakan 3S (senyum, sapa dan
salam). Aspek layanan keluhan, adanya pelayanan yang di suguhkan oleh customer
service degan baik serta nasabah memiliki keyakinan bahwa harta yang titipkan pada
koperasi, terjamin tabungan dan produk-produk pendanaan dan pembiayaan yang
halal, dan tanpa khawatir adanya unsur riba; 3) Perspektif eknomi Islam mengenai
kepuasan nasabah terhadap tabungan pada KSPPS Bakti Huria Cabang Watampone
menerapkan nilai-nilai dasar serta operasional sesuai dengan nilai-nilai dasar yang
terkandung dalam ekonomi Islam, diantaranya amanah, manfaat, akhlak mulia, niat,
adil, dan hasil.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diatas, maka penulis dapat mengambil
kesimpulan bahwa:
1. Produk tabungan pada KSPPS Bakti Huria Cabang Watampone meliputi
tabungan/simpanan pokok dan tabungan/simpanan sukarela. Simpanan pokok merupakan
simpanan yang harus diberikan atau dibayarkan apabila seorang nasabah mendaftarkan
menjadi anggota sedangkan simpanan sukarela meliputi simpanan Tamara, simpanan
Siharum, simpanan Tasyaqur, simpanan Simasda, simpanan Al-Barkah dan simpanan
penyertaan modal.
2. Kepuasan nasabah pada KSPPS Bakti Huria Cabang Watampone dilihat berdasarkan tiga
aspek diantaranya aspek produk cukup baik serta memberikan pemenuhan kebutuhan
nasabah berdasarkan produk yang diinginkan. Aspek layanan penjualan, para pegawai
memiliki kecepatan yang baik dalam melakukan pelayanan terhadap nasabah dengan
mengutamakan 3S (senyum, sapa dan salam). Aspek layanan keluhan, adanya pelayanan
yang di suguhkan oleh customer service degan baik serta nasabah memiliki keyakinan
bahwa harta yang titipkan pada koperasi, terjamin tabungan dan produk-produk
pendanaan dan pembiayaan yang halal, dan tanpa khawatir adanya unsur riba.
3. Perspektif eknomi Islam mengenai kepuasan nasabah terhadap tabungan pada KSPPS
Bakti Huria Cabang Watampone menerapkan nilai-nilai dasar serta operasional sesuai
dengan nilai-nilai dasar yang terkandung dalam ekonomi Islam, diantaranya amanah,
manfaat, akhlak mulia, niat, adil, dan hasil.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitan, maka penulis mengajukan saran sebagai berikut:
1. Perlu adanya peningkatan dan pengembangan Standar Operasional KSPPS Bakti Huria
Cabang Watampone agar terciptanya kualitas pelayanan yang lebih baik sehingga
nasabah akan terus merasa puas dengan kinerja pelayanan yang diberikan, karena kualitas
pelayanan sayang penting dan dapat mempengaruhi kenyamanan nasabah sehingga
terciptanya loyalitas nasabah itu sendiri. Dan perlunya memonitor dan melakukan
pelatihan karyawan karena persaingan bisnis jasa yang menuntut untuk selalu
memberikan kualitas pelayanan terbaik kepada nasabah.
2. Kualitas pelayanan yang diberikan oleh KSPPS Bakti Huria Cabang Watampone sudah
cukup baik, namun melihat kondisi persaingan bisnis jasa saai ini KSPPS Bakti Huria
Cabang Watampone yang masih kekurangan Sumber Daya Insani harus cepat dan
tanggap dalam merekrut calon-calon karyawan baru yang kompeten dalam bidangnya dan
melakukan pelatihan agar kedepanya dapat terus bersaing dalam menyediakan kualitas
pelayanan yang baik dan dapat terus bersaing. Serta adanya penambahan beberapa
fasilitas fisik yang belum terpenuhi.
Ketersediaan
| SFEBI20230236 | 236/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
236/2023
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
