Manajemen Pembelajaran Aqidah Akhlak Terhadap Mental Spiritual Siswa Di MI Al-Muhajirin Lompu
Afdal/02.17.3135 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang “Urgensi Manajemen Pembelajaran Aqidah
Akhlak Terhadap Mental Spiritual Siswa Di MI Al-Muhajirin Lompu”. Hal yang
penting dikaji dalam skripsi ini yakni mengetahui tentang pembelajaran aqidah
akhlak, dan urgensi manajemen pembelajaran aqidah akhlak terhadap mental spiritual
siswa di MI Al-Muhajirin Lompu.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, jenis penelitian adalah
penelitian kualitatif dan pendekatan penelitian ialah pendekatan manajemen,
sosiologis. Data dianalisis dengan metode reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan, selanjutnya dianalisis data deduktif yaitu mengambil beberapa fakta
yang bersifat umum dan selanjutnya dianalisis untuk diterapkan ke hal yang bersifat
khusus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama, pembelajaran akidah akhlak
di MI Al-Muhajirin Lompu materinya adalah rukun iman, syahadat, hidup bersih,
kasih sayang, dan hidup rukun serta hidup kotor yang dikhususkan untuk kelas I dan
IV. Kepala madrasah dan guru akidah akhlak telah melakukan berbagai cara agar
pembelajaran akidah akhlak dapat meningkatkan mental spiritual siswa MI Al-
Muhajirin Lompu. Salah cara yang dilakukan yaitu menggunakan metode
pembelajaran yang sesuai dengan materi pembelajaran. Kedua, pembelajaran aqidah
akhlak sangat berperan penting dalam meningkatkan mental spiritual siswa di MI Al-
Muhajirin Lompu. Dengan pembelajaran akidah akhlak siswa dapat memahami
tentang akhlak terpuji dan tercela, membimbing siswa ke jalan yang benar,
mengeluarkan jiwa manusia dari kegelapan, mengantarkan manusia kepada
kesempurnaan lahir dan batin, memupuk dan melahirkan kesehatan mental siswa,
memberikan pengajaran dan pendidikan ilmu tauhid, mendapat pahala dari Allah
swt. memberi pengalaman kepada siswa. peserta didik untuk memahami dan
mengimani Allah swt.
A. Simpulan
Dari hasil penelitian yang telah dipaparkan, maka peneliti dapat
mengambil kesimpulan bahwa:
1. Kegiatan manajemen pembelajaran akidah akhlak di MI Al-Muhajirin Lompu
yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan, dan
evaluasi telah dilakukan dengan baik hal ini dapat dilihat dari cara-cara yang
dilakukan kepala madrasah dan guru akidah akhlak telah baik pula
diantaranya memberikan pemahamam tentang pembelajaran akidah akhlak.
Pembelajaran akidah akhlak terdiri dari rukun iman, syahadat, hidup bersih,
kasih sayang, dan hidup rukun, serta hidup kotor. Adapun hal-hal yang
dilakukan dalam pembelajaran yaitu menggunakan metode yang baik dan
media yang sesuai dengan materi pembelajaran, selalu mengingatkan kepada
siswa agar selalu melakukan hal-hal yang baik.
2. Pembelajaran akidah akhlak terhadap mental spiritual siswa di MI Al-
Muhajirin Lompu sangatlah penting dan berpengaruh dalam hal tersebut, hal
ini dapat dilihati dari manfaat mempelajari akidah akhlak diantaranya siswa
dapat memahami tentang akidah, membimbing siswa kejalan yang benar,
mengantarkan siswa kepada kesempurnaan lahir dan batin, memupuk dan
melahirkan kesehatan mental siswa, memberikan pengajaran dan pendidikan
ilmu tauhid, mendapat pahala dari Allah swt, memberi pengalaman kepada
siswa untuk memahami dan mengimani Allah swt.
B. Implikasi
Setelah simpulan tersebut diuraikan, maka dibawah ini akan diuraikan
implikasi-implikasi. Adapun implikasi yang dimaksudkan dalam pembahasan
penelitian ini adalah:
1. Kepala madrasah menjadi contoh atau teladan yang baik untuk para guru dan
siswa agar dapat mencapai tujuan yang diinginkan khususnya meningkatkan
mental spiritual siswa.
2. Guru sebagai pendidik dan semua pihak lembaga pendidikan di Sekolah
haruslah menyadari seberapa besar peran dan tanggung jawab dalam
mengembang amanah dan memerankannya sesuai dengan posisinya serta
selalu mengikuti perkembangan dunia pendidikan baik secara teoritis maupun
secara praktis terutama dalam hal pembelajaran akidah akhlak.
Akhlak Terhadap Mental Spiritual Siswa Di MI Al-Muhajirin Lompu”. Hal yang
penting dikaji dalam skripsi ini yakni mengetahui tentang pembelajaran aqidah
akhlak, dan urgensi manajemen pembelajaran aqidah akhlak terhadap mental spiritual
siswa di MI Al-Muhajirin Lompu.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, jenis penelitian adalah
penelitian kualitatif dan pendekatan penelitian ialah pendekatan manajemen,
sosiologis. Data dianalisis dengan metode reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan, selanjutnya dianalisis data deduktif yaitu mengambil beberapa fakta
yang bersifat umum dan selanjutnya dianalisis untuk diterapkan ke hal yang bersifat
khusus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama, pembelajaran akidah akhlak
di MI Al-Muhajirin Lompu materinya adalah rukun iman, syahadat, hidup bersih,
kasih sayang, dan hidup rukun serta hidup kotor yang dikhususkan untuk kelas I dan
IV. Kepala madrasah dan guru akidah akhlak telah melakukan berbagai cara agar
pembelajaran akidah akhlak dapat meningkatkan mental spiritual siswa MI Al-
Muhajirin Lompu. Salah cara yang dilakukan yaitu menggunakan metode
pembelajaran yang sesuai dengan materi pembelajaran. Kedua, pembelajaran aqidah
akhlak sangat berperan penting dalam meningkatkan mental spiritual siswa di MI Al-
Muhajirin Lompu. Dengan pembelajaran akidah akhlak siswa dapat memahami
tentang akhlak terpuji dan tercela, membimbing siswa ke jalan yang benar,
mengeluarkan jiwa manusia dari kegelapan, mengantarkan manusia kepada
kesempurnaan lahir dan batin, memupuk dan melahirkan kesehatan mental siswa,
memberikan pengajaran dan pendidikan ilmu tauhid, mendapat pahala dari Allah
swt. memberi pengalaman kepada siswa. peserta didik untuk memahami dan
mengimani Allah swt.
A. Simpulan
Dari hasil penelitian yang telah dipaparkan, maka peneliti dapat
mengambil kesimpulan bahwa:
1. Kegiatan manajemen pembelajaran akidah akhlak di MI Al-Muhajirin Lompu
yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan, dan
evaluasi telah dilakukan dengan baik hal ini dapat dilihat dari cara-cara yang
dilakukan kepala madrasah dan guru akidah akhlak telah baik pula
diantaranya memberikan pemahamam tentang pembelajaran akidah akhlak.
Pembelajaran akidah akhlak terdiri dari rukun iman, syahadat, hidup bersih,
kasih sayang, dan hidup rukun, serta hidup kotor. Adapun hal-hal yang
dilakukan dalam pembelajaran yaitu menggunakan metode yang baik dan
media yang sesuai dengan materi pembelajaran, selalu mengingatkan kepada
siswa agar selalu melakukan hal-hal yang baik.
2. Pembelajaran akidah akhlak terhadap mental spiritual siswa di MI Al-
Muhajirin Lompu sangatlah penting dan berpengaruh dalam hal tersebut, hal
ini dapat dilihati dari manfaat mempelajari akidah akhlak diantaranya siswa
dapat memahami tentang akidah, membimbing siswa kejalan yang benar,
mengantarkan siswa kepada kesempurnaan lahir dan batin, memupuk dan
melahirkan kesehatan mental siswa, memberikan pengajaran dan pendidikan
ilmu tauhid, mendapat pahala dari Allah swt, memberi pengalaman kepada
siswa untuk memahami dan mengimani Allah swt.
B. Implikasi
Setelah simpulan tersebut diuraikan, maka dibawah ini akan diuraikan
implikasi-implikasi. Adapun implikasi yang dimaksudkan dalam pembahasan
penelitian ini adalah:
1. Kepala madrasah menjadi contoh atau teladan yang baik untuk para guru dan
siswa agar dapat mencapai tujuan yang diinginkan khususnya meningkatkan
mental spiritual siswa.
2. Guru sebagai pendidik dan semua pihak lembaga pendidikan di Sekolah
haruslah menyadari seberapa besar peran dan tanggung jawab dalam
mengembang amanah dan memerankannya sesuai dengan posisinya serta
selalu mengikuti perkembangan dunia pendidikan baik secara teoritis maupun
secara praktis terutama dalam hal pembelajaran akidah akhlak.
Ketersediaan
| STAR20210291 | 291/2021 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
291/2021
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2021
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
