Penerapan Sistem Manajemen Keuangan Pendidikan Dalam Pengelolaan Dana BOS Di MTs Al-Hidayah Bakke
Irfan/02.17.3075 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang penenerapan sistem manajemen keuangan pendidikana
dalam pengelolaaan dana BOS di MTs Al-Hidayah Bakke. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui mekanisme penerapan manajemen keuangan pendidikan di MTs
Al-Hidayah Bakke.
Metode digunakan peneliti field research (penelitian lapangan) dengan melakukan
observasi, wawancara, dokumentasi. Data yang diperoleh diolah dengan
menggunakan metode kualitatif untuk mendeskripsikan penelitian tentang penerapan
sistem manajemen keuangan pendidikan dalam pengelolaan dana BOS di MTs Al-
Hidayah Bakke. Dalam menganalisis data, penulis menggunakan reduksi data,
penyajian data, penarikan kesimpulan. Adapun pihak-pihak yang terlibat sebagai
narasumber dalam wawancara yaitu kepala madrasah, bendahara, kepala TU dan
guru.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan manajemen keuangan pendidikan di
MTs Al-Hidayah Bakke dapat terlaksana dengan terkendali dan efektif, khususnya
dalam alokasi pengeluaran keuangan madrasah. Mekanisme manajemen keuangan
pendidikan meliputi proses perencanaan, penerimaan/ pendapatan sumber keuangan,
alokasi anggaran, laporan keuangan, serta audit dan pertanggungjawaban keuangan.
Adanya keterlibatan dari semua pihak yang bersangkutan yaitu kepala madrasah,
wakil kepala madrasah, bendahara, kepala TU, guru, pengurus yayasan dan komite
madrasah dengan menghasilkan RKAM dapat membantu dan mendukung manajemen
keuangan pendidikan di MTs Al-Hidayah Bakke, walaupun dalam proses
pelaksanannya terdapat hambatan yang dialami pihak madrasah. Tetapi, dengan
sistemyang diterapkan dan SDM yang ada memiliki kemampuan yang memadai,
maka pihak madrasah juga dapat mengatasi permasalahan tersebut dengan baik.
A. Simpulan
Berdasarkan penelitian dan analisis yang telah diuraikan pada bab sebelumnya
yang dilakukan oleh peneliti di Mts Al-Hidayah Bakke, maka peneliti menyimpulkan
sebagai berikut.
1. Manajemen keuangan di Mts Al-Hidayah Bakke dapat dilaksanakan dengan
terkendali dan efektif khususnya dalam alokasi keuangan. Walaupun dalam
pelaksanaannya masih terdapat beberapa hambatan yang dialami oleh pihak
madrasah. Sistem manajemen keuangan pendidikan madrasah dilaksanakan
dengan mengacu kepada pembuatan RKAM Mekanisme penerapan
manajemen keuangan pendidikan di Mts Al-Hidayah Bakke meliputi
perencanaan keuangan, penerimaan/pendapatan sumber keuangan,
pengalokasian, laporan keuangan serta audit dan pertanggungjawaban
keuangan. Dengan adanya pembuatan RKAM yang sudah dihasilkan oleh
pihak madrasah saat melakukan rapat kerja tahunan, hal ini sangat membantu
dan mendukung pihak madrasah dalam mencapai keberhasilan dari setiap
pelaksanaan kegiatan operasional pendidikan dengan maksimal. Selain itu,
dengan didukung kemampuan sumber daya manusia yang dimiliki oleh Mts
Al-Hidayah Bakke, maka hal ini juga menjadi faktor pendukung bagi pihak
madrasah dalam mengatasi hambatan-hambatan yang terjadi terhadap kondisi
keuangan yang ada dengan pengeluaran/alokasi keuangan yang sifatnya
prioritas dan tak terduga.
2. Pengelolaan dana BOS yang telah dilaksanakan di MTs Al-Hidayah Bakke
adalah (1) perencanaan yang meliputi: penyusunan RKAM dan RAB BOS, (2)
pelaksanaan yang meliputi: penyaluran dana BOS, penggunaan dana BOS,
pembelanjaan dengan dana BOS, pembukuan dana BOS, dan perpajakan
terkait pengelolaan dana BOS, (3) Pengawasan dan evaluasi yang meliputi:
pelaksanaan pengawasan oleh pihak internal dan eksternal dan evaluasi oleh
kepala madrasah dan komite serta yayasan, (4) Pelaporan yang meliputi:
pelaporan penggunaan dana BOS dan publikasi penggunaan dana BOS.
3. Implikasi sistem manajemen keuangan terhadap pengelolaan dana BOS di
MTs Al-Hidayah Bakke adalah sistem manajemen keuangan di jadikan sebagai
petunjuk dalam pengelolaan keuangan terutama dalam pengelolaan dana BOS
di MTs Al-Hidayah Bakke.
B. Implikasi
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan manajemen keuangan
pendidikan di MTs Al-Hidayah Bakke dapat dilaksanakan secara terkendali,
walaupun dalam pelaksanaannya masih terdapat hambatan-hambatan yang dialami
oleh pihak madrasah. Dengan adanya teori yang dapat mendukung perbaikan
manajemen keuangan madrasah serta mengikuti regulasi yang sudah ditetapkan,
maka diharapkan pihak madrasah dapat meningkatkan komitmen dan kinerjanya
dengan lebih maksimal lagi dalam menerapkan manajemen keuangan pendidikan di
madrasah.
Sebaiknya dalam pelaksanaan manajemen keuangan sekolah khususnya dalam
pengelolaan dana BOS, kepala sekolah beserta tenaga kependidikan yaitu kepala tata
usaha dan staf memperbaiki lagi sistem manajemen pada pengelolaan administrasi
khususnya pada pernginputan data ke dapodik guna kelengkapan syarat penerimaan
dana BOS bagi sekolah agar rencana yang telah disusun dapat dilaksanakan dan
keterampilan kepala sekolah mencari sumber dana lain untuk mengatasi keterbatasan
dana.
dalam pengelolaaan dana BOS di MTs Al-Hidayah Bakke. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui mekanisme penerapan manajemen keuangan pendidikan di MTs
Al-Hidayah Bakke.
Metode digunakan peneliti field research (penelitian lapangan) dengan melakukan
observasi, wawancara, dokumentasi. Data yang diperoleh diolah dengan
menggunakan metode kualitatif untuk mendeskripsikan penelitian tentang penerapan
sistem manajemen keuangan pendidikan dalam pengelolaan dana BOS di MTs Al-
Hidayah Bakke. Dalam menganalisis data, penulis menggunakan reduksi data,
penyajian data, penarikan kesimpulan. Adapun pihak-pihak yang terlibat sebagai
narasumber dalam wawancara yaitu kepala madrasah, bendahara, kepala TU dan
guru.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan manajemen keuangan pendidikan di
MTs Al-Hidayah Bakke dapat terlaksana dengan terkendali dan efektif, khususnya
dalam alokasi pengeluaran keuangan madrasah. Mekanisme manajemen keuangan
pendidikan meliputi proses perencanaan, penerimaan/ pendapatan sumber keuangan,
alokasi anggaran, laporan keuangan, serta audit dan pertanggungjawaban keuangan.
Adanya keterlibatan dari semua pihak yang bersangkutan yaitu kepala madrasah,
wakil kepala madrasah, bendahara, kepala TU, guru, pengurus yayasan dan komite
madrasah dengan menghasilkan RKAM dapat membantu dan mendukung manajemen
keuangan pendidikan di MTs Al-Hidayah Bakke, walaupun dalam proses
pelaksanannya terdapat hambatan yang dialami pihak madrasah. Tetapi, dengan
sistemyang diterapkan dan SDM yang ada memiliki kemampuan yang memadai,
maka pihak madrasah juga dapat mengatasi permasalahan tersebut dengan baik.
A. Simpulan
Berdasarkan penelitian dan analisis yang telah diuraikan pada bab sebelumnya
yang dilakukan oleh peneliti di Mts Al-Hidayah Bakke, maka peneliti menyimpulkan
sebagai berikut.
1. Manajemen keuangan di Mts Al-Hidayah Bakke dapat dilaksanakan dengan
terkendali dan efektif khususnya dalam alokasi keuangan. Walaupun dalam
pelaksanaannya masih terdapat beberapa hambatan yang dialami oleh pihak
madrasah. Sistem manajemen keuangan pendidikan madrasah dilaksanakan
dengan mengacu kepada pembuatan RKAM Mekanisme penerapan
manajemen keuangan pendidikan di Mts Al-Hidayah Bakke meliputi
perencanaan keuangan, penerimaan/pendapatan sumber keuangan,
pengalokasian, laporan keuangan serta audit dan pertanggungjawaban
keuangan. Dengan adanya pembuatan RKAM yang sudah dihasilkan oleh
pihak madrasah saat melakukan rapat kerja tahunan, hal ini sangat membantu
dan mendukung pihak madrasah dalam mencapai keberhasilan dari setiap
pelaksanaan kegiatan operasional pendidikan dengan maksimal. Selain itu,
dengan didukung kemampuan sumber daya manusia yang dimiliki oleh Mts
Al-Hidayah Bakke, maka hal ini juga menjadi faktor pendukung bagi pihak
madrasah dalam mengatasi hambatan-hambatan yang terjadi terhadap kondisi
keuangan yang ada dengan pengeluaran/alokasi keuangan yang sifatnya
prioritas dan tak terduga.
2. Pengelolaan dana BOS yang telah dilaksanakan di MTs Al-Hidayah Bakke
adalah (1) perencanaan yang meliputi: penyusunan RKAM dan RAB BOS, (2)
pelaksanaan yang meliputi: penyaluran dana BOS, penggunaan dana BOS,
pembelanjaan dengan dana BOS, pembukuan dana BOS, dan perpajakan
terkait pengelolaan dana BOS, (3) Pengawasan dan evaluasi yang meliputi:
pelaksanaan pengawasan oleh pihak internal dan eksternal dan evaluasi oleh
kepala madrasah dan komite serta yayasan, (4) Pelaporan yang meliputi:
pelaporan penggunaan dana BOS dan publikasi penggunaan dana BOS.
3. Implikasi sistem manajemen keuangan terhadap pengelolaan dana BOS di
MTs Al-Hidayah Bakke adalah sistem manajemen keuangan di jadikan sebagai
petunjuk dalam pengelolaan keuangan terutama dalam pengelolaan dana BOS
di MTs Al-Hidayah Bakke.
B. Implikasi
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan manajemen keuangan
pendidikan di MTs Al-Hidayah Bakke dapat dilaksanakan secara terkendali,
walaupun dalam pelaksanaannya masih terdapat hambatan-hambatan yang dialami
oleh pihak madrasah. Dengan adanya teori yang dapat mendukung perbaikan
manajemen keuangan madrasah serta mengikuti regulasi yang sudah ditetapkan,
maka diharapkan pihak madrasah dapat meningkatkan komitmen dan kinerjanya
dengan lebih maksimal lagi dalam menerapkan manajemen keuangan pendidikan di
madrasah.
Sebaiknya dalam pelaksanaan manajemen keuangan sekolah khususnya dalam
pengelolaan dana BOS, kepala sekolah beserta tenaga kependidikan yaitu kepala tata
usaha dan staf memperbaiki lagi sistem manajemen pada pengelolaan administrasi
khususnya pada pernginputan data ke dapodik guna kelengkapan syarat penerimaan
dana BOS bagi sekolah agar rencana yang telah disusun dapat dilaksanakan dan
keterampilan kepala sekolah mencari sumber dana lain untuk mengatasi keterbatasan
dana.
Ketersediaan
| STAR20220341 | 341/2022 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
341/2022
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2022
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
