Kontribusi Metode Muhadasah dalam Meningkatkan Kelancaran Berbahasa Arab Siswa Mts Al- faaizun Watang Palakka
Rismawati/02.14.2004 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai“Kontribusi Metode Muhadasah dalam
Meningkatkan Kelancaran Berbahasa Arab Siswa Mts Al- faaizun Watang Palakka”
Hal yang penting dikaji dalam skripsi ini yakni bagaimana metode muhadasah di Mts
Al-faaizun Watang Palakka, bagaimana kontribusi metode muhadasah dalam
meningkatkan kelancaran berbahasa arab siswa Mts Al- faaizun, faktor-faktor apa
saja yang mendukung dan menghambat dalam sumbangsi metode muhadasah dalam
meningkatkan kelancaran berbahasa Arab siswa Mts Al- faaizun Watang Palakka.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, jenis penelitian adalah
penelitian kualiatif (qualitatif research). Data dikumpulkan melalui observasi,
wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan metode reduksi data, penyajian
data, penarikan kesimpulan dan verifikasi, selanjutnya dianalisis dengan
menggunakan data deduktif yaitu mengambil beberapa fakta yang bersifat umum
yang selanjutnya dianalisis untuk diterapkan ke hal yang bersifat khusus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama, metode muhadasah sudah
diguanakan dalam pembelajaran bahasa arab tapi belum digunakan pada siswa
pemula karena membutuhkan pemahaman kosa kata yang tidak sedikit, dan itu masih
susah diterapakan pada kelas pemula yang belum pernah belajar bahasa arab
sebelumnya. Kedua Guru bahasa arab sangat berperan penting dalam meningkatkan
kelancaran berbahasa arab siswa Mts Al-faaizun Watang Palakka karena guru
memberikan pendidikan kepada siswa, mengajar siswa tentang materi bahasa arab,
melatih agar bisa mengucapkan bahasa arab secara lansung dan berani untuk dan
memberikan kesempatan kepada siswa untuk lebih berani dan sering berbicara
dengan menggunakan bahasa arab. Dan penggunaan metode muhadasah dalam
meningkatkan kelancaran berbahasa arab sangat baik dan memudahkan siswa untuk
belajar bahasa arab, lebih mudah dipahami dan memperbanyak kosa katanya. Ketiga
terdapat beberapa faktor pendukung dan penghambat dalam kontribusi metode
muhadasah dalam menigkatkan metode muhadasah yaitu faktor media, minat belajar
siswa,pembendaharaan kosa kata siswa dan rasa percaya diri.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan sebagai berikut:
1. metode muhadasah telah digunakan di Mts Al-faaizun karena dapat
meningkatkan kelancaran berbahasa arab siswa dan memperbanyak kosa kata
bahasa arab tetapi masih jarang digunakan bagi pemula karena membutuhkan
pemahaman kosa kata bahasa arab yang banyak. Dengan menggunakan
metode ini dapat meningkatkan kelancaran berbaahasa Arab siswa dan
memperbanyak kosa kata bahasa arab.
2. Guru bahasa arab sangat berperan penting dalam meningkatkan kelancaran
berbahasa arab siswa Mts Al-faaizun Watang Palakka karena guru
memberikan pendidikan kepada siswa, mengajar siswa tentang materi bahasa
arab, melatih agar bisa mengucapkan bahasa arab secara lansung dan berani
untuk dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk lebih berani dan
sering berbicara dengan menggunakan bahasa arab.
3. metode muhadasah sangat berkontribusi dalam meningkatkan kelancaran
berbahasa arab siswa Mts Al-faaizun watang palakka, lebih mudah
memahami pelajaran dan memperbanyak kosa kata yang diketahui.
B. Implikasi
Setelah mengadakan penelitian tentang kontribusi metode muhadasah dalam
meningkatkan kelancaran berbahasa arab siswa Mts Al-faaizun Watang Palakka maka
saran yang akan peniliti sampaikan , yaitu sebagai berikut:
1. Hendaknya kepala sekolah menyediakan fasilitas yang belum memadai agar
dapat meningkatkan proses pembelajaran yang lebih baik .
2. Hendaknya guru lebih aktif dalam kelas dalam memberikan pelajaran yang
diajarkan sehingga siswa lebih termotivasi untuk menyukai belajar bahasa
arab
3. Hendaknya siswa meningkatkan kedisiplinan, menaati peraturan sekolah dan
semangat dalam belajar sehingga dapat berprestasi dan mencapai cita-cita
yang diinginkan.
Meningkatkan Kelancaran Berbahasa Arab Siswa Mts Al- faaizun Watang Palakka”
Hal yang penting dikaji dalam skripsi ini yakni bagaimana metode muhadasah di Mts
Al-faaizun Watang Palakka, bagaimana kontribusi metode muhadasah dalam
meningkatkan kelancaran berbahasa arab siswa Mts Al- faaizun, faktor-faktor apa
saja yang mendukung dan menghambat dalam sumbangsi metode muhadasah dalam
meningkatkan kelancaran berbahasa Arab siswa Mts Al- faaizun Watang Palakka.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, jenis penelitian adalah
penelitian kualiatif (qualitatif research). Data dikumpulkan melalui observasi,
wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan metode reduksi data, penyajian
data, penarikan kesimpulan dan verifikasi, selanjutnya dianalisis dengan
menggunakan data deduktif yaitu mengambil beberapa fakta yang bersifat umum
yang selanjutnya dianalisis untuk diterapkan ke hal yang bersifat khusus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama, metode muhadasah sudah
diguanakan dalam pembelajaran bahasa arab tapi belum digunakan pada siswa
pemula karena membutuhkan pemahaman kosa kata yang tidak sedikit, dan itu masih
susah diterapakan pada kelas pemula yang belum pernah belajar bahasa arab
sebelumnya. Kedua Guru bahasa arab sangat berperan penting dalam meningkatkan
kelancaran berbahasa arab siswa Mts Al-faaizun Watang Palakka karena guru
memberikan pendidikan kepada siswa, mengajar siswa tentang materi bahasa arab,
melatih agar bisa mengucapkan bahasa arab secara lansung dan berani untuk dan
memberikan kesempatan kepada siswa untuk lebih berani dan sering berbicara
dengan menggunakan bahasa arab. Dan penggunaan metode muhadasah dalam
meningkatkan kelancaran berbahasa arab sangat baik dan memudahkan siswa untuk
belajar bahasa arab, lebih mudah dipahami dan memperbanyak kosa katanya. Ketiga
terdapat beberapa faktor pendukung dan penghambat dalam kontribusi metode
muhadasah dalam menigkatkan metode muhadasah yaitu faktor media, minat belajar
siswa,pembendaharaan kosa kata siswa dan rasa percaya diri.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan sebagai berikut:
1. metode muhadasah telah digunakan di Mts Al-faaizun karena dapat
meningkatkan kelancaran berbahasa arab siswa dan memperbanyak kosa kata
bahasa arab tetapi masih jarang digunakan bagi pemula karena membutuhkan
pemahaman kosa kata bahasa arab yang banyak. Dengan menggunakan
metode ini dapat meningkatkan kelancaran berbaahasa Arab siswa dan
memperbanyak kosa kata bahasa arab.
2. Guru bahasa arab sangat berperan penting dalam meningkatkan kelancaran
berbahasa arab siswa Mts Al-faaizun Watang Palakka karena guru
memberikan pendidikan kepada siswa, mengajar siswa tentang materi bahasa
arab, melatih agar bisa mengucapkan bahasa arab secara lansung dan berani
untuk dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk lebih berani dan
sering berbicara dengan menggunakan bahasa arab.
3. metode muhadasah sangat berkontribusi dalam meningkatkan kelancaran
berbahasa arab siswa Mts Al-faaizun watang palakka, lebih mudah
memahami pelajaran dan memperbanyak kosa kata yang diketahui.
B. Implikasi
Setelah mengadakan penelitian tentang kontribusi metode muhadasah dalam
meningkatkan kelancaran berbahasa arab siswa Mts Al-faaizun Watang Palakka maka
saran yang akan peniliti sampaikan , yaitu sebagai berikut:
1. Hendaknya kepala sekolah menyediakan fasilitas yang belum memadai agar
dapat meningkatkan proses pembelajaran yang lebih baik .
2. Hendaknya guru lebih aktif dalam kelas dalam memberikan pelajaran yang
diajarkan sehingga siswa lebih termotivasi untuk menyukai belajar bahasa
arab
3. Hendaknya siswa meningkatkan kedisiplinan, menaati peraturan sekolah dan
semangat dalam belajar sehingga dapat berprestasi dan mencapai cita-cita
yang diinginkan.
Ketersediaan
| STAR20180313 | 313/2018 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
313/2018
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2019
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyahh
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
