Omset Penjualan UMKM Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Pada ST_Hijab Watampone)
Anita Citra Dewi/01.17.3041 - Personal Name
Usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) tidak lepas dari target untuk
mencapai omset penjualan yang tinggi. Mengimplementasikan nilai-nilai
Islam dalam meningkatkan omset penjualan merupakan hal yang sangat
penting karena akan berdampak pada tingkat kepuasan konsumen sehingga
terjadi pembelian ulang oleh konsumen. Adapun nilai-nilai Islam yang
dimaksud adalah nilai kejujuran, keadilan, kehendak bebas, tanggung jawab,
dan ihsan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis
penelitian kualitatif dengan pendekatan ekonomi Islam dan pendekatan
sosiologi yang didukung dengan penggunaan metode observasi, wawancara
dan dokumentasi dalam mengumpulkan data yang dibutuhkan. Data yang
terkumpul kemudian diolah menggunakan analisis deskriptif dengan langkah-
langkah yakni reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa Dari keenam karakteristik menggunakan
konsep menurut Undang-Undang No.20 tahun 2008 tentang usaha mikro kecil
dan menegah, hanya empat yang dapat digunakan oleh ST_Hijab Watampone,
antara lain: jenis barang/komoditi, lokasi/tempat usaha, Pencatatan keuangan
dan Sumber Daya Manusia (SDM), hal tersebut dikarenakan usaha toko
ST_Hijab Watampone memiliki keunikan tersendiri. Kemudian strategi
pemasaran yang dilakukan ST_Hijab Watampone dalam meningkatkan omset
penjualan yaitudengan bauran pemasaran yang biasa didsebut dengan 4P
(Product, Place, Promotion dan Price). Dan yang terakhir dengan
mengimplementasikan nilai-nilai Islam dalam sebuah usaha sedikit banyak
akan berdampak pada tingkat kepuasan konsumen yang akan mengakibatkan
peningkatan omset penjualan. Jadi kesimpulan yang dapat diambil dari
penelitian ini adalah peran nilai-nilai Islam dalam meningkatkan omset
penjualan adalah sangat berpengaruh terhadap tingkat pembelanjaan
konsumen sehingga mampu meningkatkan omset penjualan.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian dengan teknik pengumpulan data
observasi dan wawancara yang kemudian datanya diolah maka dapat ditarik
kesimpulan bahwa:
1. Karakteristik usaha toko ST_Hijab Watampone ada enam aspek yang
dijadikan sebagai karakteristik yaitu jenis barang/komoditi,
lokasi/tempat usaha, pencatatan keuangan, izin mendirikan usaha,
Sumber Daya Manusia (SDM), dan modal. Dari keenam karakteristik
tersebut hanya empat yang dapat digunakan, antara lain: jenis
barang/komoditi, lokasi/tempat usaha, Pencatatan keuangan dan
Sumber Daya Manusia (SDM), hal tersebut dikarenakan usaha toko
ST_Hijab Watampone memiliki keunikan tersendiri. Dengan keempat
karakteristik tersebut usaha toko ST_Hijab memiliki karakteristik
yang dapat menjadi pembeda dari usaha lainya. Dengan begitu usaha
toko ST_Hijab Watampone menjalankan usahannya dengan
karakteristik yang unik, sehingga dengan karakteristik tersebut
menjadi nilai tambah tersendiri dan berdampak baik pada usahanya
dan dapat meningkatkan omset penjualan.
2. Adapun strategi pemasaran yang digunakan ST_Hijab dalam
meningkatkan omset penjualan adalah dengan meningkatkan kualitas
produk, memperpendek distribusi barang, meningkatkan sistem
promosinya, dan menyesuaikan harga dengan kualitas produk yang
didapat serta mengikut sertakan nilai-nilai Islam didalamnya akan
sangat berpengaruh terhadap omset usaha.
3. Toko ST_Hijab Watampone secara tidak langsung telah menerapkan
nilai-nilai Islam seperti nilai kejujuran, nilai keadilan, nilai kehendak
bebas, nilai tanggung jawab, dan nilai ihsan/kebajikan di tokonya.
Terbukti dengan tanggapan dari beberapa konsumen yang
diwawancara oleh peneliti yang menyebutkan bahwa mereka telah
merasa puas jika melakukan proses pembelanjaan disana. Dimana
dengan tingkat kepuasan konsumen ini dapat meningkatkan omset
penjualan di toko ST_Hijab Watampone.
B. Implikasi
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dan setelah memperhatikan
hasil yang diperoleh dilapangan, maka penulis dapat mengimplikasikan beberapa
hal:
1. Secara ilmiah, dari hasil penelitian ini diharapkan dapat berguna bagi suatu
karya ilmiah yang dapat menunjang perkembangan ilmu pengetahuan dan bisa
menjadi sebuah masukan yang dapat mendukung peneliti maupun pihak yang
lainnya yang tertarik untuk mneliti dalam penelitin yang sama.
2. Secara praktis, hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai
masukan dan sebuah pertimbangan bagi ST. Hijab Watampone dalam upaya
menerapkan nilai-nilai Islam dalam meningkatkan omset penjualan
mencapai omset penjualan yang tinggi. Mengimplementasikan nilai-nilai
Islam dalam meningkatkan omset penjualan merupakan hal yang sangat
penting karena akan berdampak pada tingkat kepuasan konsumen sehingga
terjadi pembelian ulang oleh konsumen. Adapun nilai-nilai Islam yang
dimaksud adalah nilai kejujuran, keadilan, kehendak bebas, tanggung jawab,
dan ihsan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis
penelitian kualitatif dengan pendekatan ekonomi Islam dan pendekatan
sosiologi yang didukung dengan penggunaan metode observasi, wawancara
dan dokumentasi dalam mengumpulkan data yang dibutuhkan. Data yang
terkumpul kemudian diolah menggunakan analisis deskriptif dengan langkah-
langkah yakni reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa Dari keenam karakteristik menggunakan
konsep menurut Undang-Undang No.20 tahun 2008 tentang usaha mikro kecil
dan menegah, hanya empat yang dapat digunakan oleh ST_Hijab Watampone,
antara lain: jenis barang/komoditi, lokasi/tempat usaha, Pencatatan keuangan
dan Sumber Daya Manusia (SDM), hal tersebut dikarenakan usaha toko
ST_Hijab Watampone memiliki keunikan tersendiri. Kemudian strategi
pemasaran yang dilakukan ST_Hijab Watampone dalam meningkatkan omset
penjualan yaitudengan bauran pemasaran yang biasa didsebut dengan 4P
(Product, Place, Promotion dan Price). Dan yang terakhir dengan
mengimplementasikan nilai-nilai Islam dalam sebuah usaha sedikit banyak
akan berdampak pada tingkat kepuasan konsumen yang akan mengakibatkan
peningkatan omset penjualan. Jadi kesimpulan yang dapat diambil dari
penelitian ini adalah peran nilai-nilai Islam dalam meningkatkan omset
penjualan adalah sangat berpengaruh terhadap tingkat pembelanjaan
konsumen sehingga mampu meningkatkan omset penjualan.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian dengan teknik pengumpulan data
observasi dan wawancara yang kemudian datanya diolah maka dapat ditarik
kesimpulan bahwa:
1. Karakteristik usaha toko ST_Hijab Watampone ada enam aspek yang
dijadikan sebagai karakteristik yaitu jenis barang/komoditi,
lokasi/tempat usaha, pencatatan keuangan, izin mendirikan usaha,
Sumber Daya Manusia (SDM), dan modal. Dari keenam karakteristik
tersebut hanya empat yang dapat digunakan, antara lain: jenis
barang/komoditi, lokasi/tempat usaha, Pencatatan keuangan dan
Sumber Daya Manusia (SDM), hal tersebut dikarenakan usaha toko
ST_Hijab Watampone memiliki keunikan tersendiri. Dengan keempat
karakteristik tersebut usaha toko ST_Hijab memiliki karakteristik
yang dapat menjadi pembeda dari usaha lainya. Dengan begitu usaha
toko ST_Hijab Watampone menjalankan usahannya dengan
karakteristik yang unik, sehingga dengan karakteristik tersebut
menjadi nilai tambah tersendiri dan berdampak baik pada usahanya
dan dapat meningkatkan omset penjualan.
2. Adapun strategi pemasaran yang digunakan ST_Hijab dalam
meningkatkan omset penjualan adalah dengan meningkatkan kualitas
produk, memperpendek distribusi barang, meningkatkan sistem
promosinya, dan menyesuaikan harga dengan kualitas produk yang
didapat serta mengikut sertakan nilai-nilai Islam didalamnya akan
sangat berpengaruh terhadap omset usaha.
3. Toko ST_Hijab Watampone secara tidak langsung telah menerapkan
nilai-nilai Islam seperti nilai kejujuran, nilai keadilan, nilai kehendak
bebas, nilai tanggung jawab, dan nilai ihsan/kebajikan di tokonya.
Terbukti dengan tanggapan dari beberapa konsumen yang
diwawancara oleh peneliti yang menyebutkan bahwa mereka telah
merasa puas jika melakukan proses pembelanjaan disana. Dimana
dengan tingkat kepuasan konsumen ini dapat meningkatkan omset
penjualan di toko ST_Hijab Watampone.
B. Implikasi
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dan setelah memperhatikan
hasil yang diperoleh dilapangan, maka penulis dapat mengimplikasikan beberapa
hal:
1. Secara ilmiah, dari hasil penelitian ini diharapkan dapat berguna bagi suatu
karya ilmiah yang dapat menunjang perkembangan ilmu pengetahuan dan bisa
menjadi sebuah masukan yang dapat mendukung peneliti maupun pihak yang
lainnya yang tertarik untuk mneliti dalam penelitin yang sama.
2. Secara praktis, hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai
masukan dan sebuah pertimbangan bagi ST. Hijab Watampone dalam upaya
menerapkan nilai-nilai Islam dalam meningkatkan omset penjualan
Ketersediaan
| SFEBI20210101 | 101/2021 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
101/2021
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2021
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
