Implementasi Manajemen Pembelajaran Daring Dalam Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Jurusan Tekni Komputer Jaringan (TKJ) Di SMK Negeri 5 Bone

No image available for this title
Skripsi ini membahas tentang “Implementasi Manajemen Pembelajaran
Daring dalam Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Jurusan TKJ di SMK Negeri 5
Bone”, yang bertujuan untuk mengetahui implementasi manajemen pembelajaran
daring di SMK Negeri 5 Bone dan untuk mengetahui Bagaimana implementasi
manajemen pembelajaran daring di SMK Negeri 5 Bone dalam meningkatkan
kreativitas belajar siswa jurusan TKJ.
Untuk memudahkan memecahkan masalah di atas, penulis menggunakan
metode penelitian deskriptif kualitatif dengan mengumpulkan teori kemudian
menggali informasi yang ada di lapangan sebagai pendukung akuratnya data. Dengan
metode tersebut maka digunakan pula pendekatan manajemen, edukatif, dan
psikologis. Hal tersebut sangat penting dalam melakukan pendekatan. Adapun teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan
dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
analisis deskriptif kualitatif, data hasil dari wawancara, observasi dan dokumentasi
dianalisis secara kualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan implementasi
manajemen pembelajaran daring di SMK Negeri 5 Bone sudah terlaksana. Namun
belum bisa dikatakan terlaksana dengan baik, walaupun dalam pelaksanaan
pembelajaran guru menggunakan media, strategi, metode dan pendekatan yang
disesuaikan dengan siswa. Namun pembelajaran daring memiliki kendala kepada
siswa dalam pelaksanaannya, karena gangguan jaringan dan kuota internet dialami
siswa sehingga kesulitan memahami materi pembelajaran. Kemudian implementasi
manajemen pembelajaran daring di SMK Negeri 5 Bone dalam meningkatkan
kreativitas belajar siswa jurusan TKJ dapat dikatakan belum meningkat. Hal ini dapat
dilihat dari sulitnya siswa memahami materi pada saat proses belejar mengajar.
Walaupun penerapan pembelajaran daring yang diterapkan dengan menggunakan
model pembelajaran yang bervariasi, menggunakan media-media yang interaktif,
pemberian tugas yang beragam dan pemberian semangat motivasi oleh guru kepada
siswa. Hal tersebut menjadi kendala bagi siswa dengan adanya gangguan jaringan dan
kuota internet sehingga membuat kreativitas siswa tidak meningkat
A. Simpulan
Setelah mengadakan penelitian mengenai implementasi manajemen
pembelajaran daring dalam meningkatkan kreativitas belajar siswa jurusan TKJ di
SMK Negeri 5 Bone, maka simpulan yang dapat diambil adalah sebagai berikut:
1. Implementasi manajemen pembelajaran daring di SMK Negeri 5 Bone, dapat
dikatakan terlaksana, namun belum dapat dikatakan terlaksana dengan baik
dikarenakan adanya gangguan jaringan dan kuota internet yang dialami siswa
pada saat proses belajar mengajar. Pada proses pembelajaran, seorang guru
harus mempersiapkan hal-hal yang berkaitan dengan proses pembelajaran,
mulai dari tahap perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran.
a. Untuk tahap perencaanan, RPP sendiri sudah disiapkan oleh sekolah, ada
beberapa hal yang berbeda dalam penuyusunan RPP salah satunya ialah
waktu pembelajaran daring lebih singkat dari pada pembelajaran tatap
muka di sekolah.
b. Untuk tahap pelaksanaan pembelajaran SMK Negeri 5 Bone
memanfaatkan Google Meet, Zoom, Google Drive, WhatsApp sebagai
sarana belajar mengajar, menggunakan model pembelajaran grup yakni
guru akan menjelaskan melalui pesan suara atau video dan setelah itu
siswa diberikan tugas. Selain model pemilihan metode pengajaran
dilakukan oleh guru sesuai dengan kondisi saat belajar, metode ceramah,
diskusi dan jigsaw adalah metode yang digunakan di SMK Negeri 5 Bone.
53
53
2. Kreativitas belajar siswa jurusan TKJ dalam pembelajaran daring adalah
dengan mengikuti arahan dan petunjuk yang diberikan oleh guru. Kegiatannya
meliputi kegiatan pembukaan, kegiataan inti, dan kegiatan penutup. Kegiatan
siswa pada pembelajaran daring di SMK Negeri 5 Bone sedikitnya sama
dengan kegiatan pembelajaran tatap muka, seperti mengamati, membaca,
mengerjakan soal-soal, serta ditambahkan tugas berupa observasi atau
penelitian namun yang membedakannya pembelajaran yang diterapkan
menggunakan teknologi informasi yang tersedia, guru dan siswa tidak
bertatap muka secara langsung. Menurut pemaparan informasi, kretivitas
belajar siswa dapat dikatakan belum meningkat. Hal ini disebabkan adanya
gangguan jaringan dan kuota internet yang dialami pada saat proses belajar
mengajar. Walaupun penerapan pembelajaran daring yang diterapkan dengan
menggunakan model pembelajaran yang bervariasi, menggunakan mediamedia interaktif, pemberian tugas yang beragam sampai dengan pemberian
semangat motivasi oleh guru kepada siswa.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan, maka di bawah ini akan diuraikan
implikasi yang berupa saran kepada pihak-pihak yang terkait. Adapun implikasi yang
penulis maksud dalam pembahasan skripsi ini yaitu sebagai berikut:
1. Bagi pihak sekolah dapat menggunakan hasil penelitian ini sebagai bahan
evaluasi tentang pelaksanaan pembelajaran secara daring. Sekolah dapat
mengadakan kegiatan pelatihan guru tentunya dalam hal pembelajaran. Selain
itu, pihak sekolah juga dapat menyediakan fasilitas yang memadai agar
menunjang kegiatan pembelajaran daring. Sehingga guru dapat mengajar
dengan efektif dan dapat menjalankan perannya sebagai pendidik dalam
meningkatkan aktivitas pembelajaran dimasa pandemi ini.
2. Bagi guru diharapkan mengikuti pelatihan-pelatihan yang diadakan oleh pihak
sekolah agar nantinya dapat memaksimalkan potensi yang dimilikinya dan
membantu dalam mengatasi proses belajar mengajar sesuai dengan tujuan
pembelajaran yang diharapkan. Guru juga dapat memanfaatkan fasilitasfasilitas yang tersedia seperti media-media yang modern dan interaktif. Dan
mereka seharusnya menggunakan kreativitasnya dalam proses pembelajaran
agar siswa dapat mengikuti proses pembelajaran dengan efektif dan tujuan
pendidikan dapat tercapai dengan baik.
3. Bagi siswa agar tetap semangat untuk mengikuti arahan dan petunjuk guru
dalam pembelajaran daring dan selalu giat dalam mengikuti pembelajaran
daring ini tanpa adanya paksaan dari siapapun. Sehingga dapat menambah
wawasan dan pengetahuan mengenai materi palajaran yang diberikan. Karena
ilmu dan pengalaman yang didapat akan sangat bermanfaat di masa yang akan
datang
Ketersediaan
STAR20220420420/2022Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

420/2022

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top