Penerapan Manajemen Srategi melalui Pemanfaatan Teknologi Pendidikan di SMA Negeri 30 Bone

No image available for this title
Skripsi ini membahas tentang penerapan manajemen strategi melalui
pemanfaatan teknologi pendidikan di SMA Negeri 30 Bone. Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk mengetahui penerapan manajemen strategi di SMA Negeri 30 Bone
serta untuk mengetahui sejauh mana penerapan manajemen strategi dalam
pemanfaatan teknologi pendidikan di SMA Negeri 30 Bone.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data kualitatif.
Penelitian ini menggunakan pendekatan manajemen pendidikan Islam, dan
pendekatan teknologi pendidikan. Dalam pengumpulan data menggunakan metode
observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan tiga
tahap yaitu tahap reduksi, penyajian data (display data) dan tahap kesimpulan atau
verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Penerapan manajemen strategi di
SMA Negeri 30 Bone yang terdiri dari tiga tahapan yaitu formulasi strategi,
penerapan strategi, dan evaluasi strategi semua langkah-langkahnya telah diusahakan
untuk dilakukan sebaik mungkin. Itu dapat dilihat dari setiap indikator yang ada
mulai dari penentuan visi dan misi sekolah sampai evaluasi kerja dan pengambilan
langkah-langkah perbaikan itu mampu dilaksanakan dengan baik walaupun tentunya
tidak lepas dari beberapa kendala yang dihadapi dalam proses pelaksanaannya. 2)
pemanfaatan teknologi pendidikan di SMA Negeri 30 Bone berdasarkan fungsinya itu
sudah mampu dicapai dengan baik dilihat dari sekolah yang sudah menerapkan
pemanfaatan teknologi pendidikan baik dalam kegiatan administrasi maupun dalam
hal proses pembelajaran yang di dalamnya penggunaan teknologi pendidikan
memiliki pengaruh besar. Begitu pun dengan pemanfaatan teknologi berdasarkan
jenis atau bentuknya, sekolah sudah menggunakan variasi bentuk teknologi berupa
buku, komputer, rekaman suara dan video khususnya dalam proses pembelajaran.
Adapun bentuk teknologi yang paling efektif digunakan di sekolah ini yaitu teknologi
bentuk cetak. 3) Penerapan manajemen strategi melalui pemanfaatan teknologi
pendidikan di SMA Negeri 30 Bone itu sudah dilakukan mulai dari tahap
formulasinya sampai ke tahap evaluasi dan pengawasan. Seperti penentuan visi misi,
tujuan dan sasaran sampai dilakukannya pengawasan dan evaluasi mengenai
pemanfaatan teknologi pendidikan di sekolah ini Meskipun penerapannya sendiri
belum mampu mencapai keefektivitasan, dikarenakan adanya kendala atau hambatan
yang dihadapi oleh sekolah, apalagi melihat sekolah ini yang masih terbilang muda
atau baru berdiri maka sarana untuk mendukung pemanfaatan teknologi
pendidikannya itu masih serba terbatas. Walaupun demikian, sekolah sudah berusaha
dengan baik agar masalah yang mereka hadapi itu memiliki solusi untuk
mengatasiny
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian yang telah diuraikan pada bab sebelumnya yang
dilakukan oleh peneliti di SMA Negeri 30 Bone Kec. Palakka Kab. Bone, maka
peneliti menyimpulkan sebagai berikut:
1. Penerapan manajemen strategi di SMA Negeri 30 Bone yang terdiri dari tiga
tahapan yaitu formulasi strategi, penerapan strategi, dan evaluasi strategi
semua langkah-langkahnya telah diusahakan untuk dilakukan sebaik mungkin.
Itu dapat dilihat dari setiap indikator yang ada mulai dari penentuan visi dan
misi sekolah sampai evaluasi kerja dan pengambilan langkah-langkah
perbaikan itu mampu dilaksanakan dengan baik walaupun tentunya tidak lepas
dari beberapa kendala yang dihadapi dalam proses pelaksanaannya.
2. Pemanfaatan teknologi pendidikan di SMA Negeri 30 Bone berdasarkan
fungsinya itu sudah mampu dicapai dengan baik dilihat dari sekolah yang
sudah menerapkan pemanfaatan teknologi pendidikan baik dalam kegiatan
administrasi maupun dalam hal proses pembelajaran yang di dalamnya
penggunaan teknologi pendidikan memiliki pengaruh besar. Begitu pun
dengan pemanfaatan teknologi berdasarkan jenis atau bentuknya, sekolah
sudah menggunakan variasi bentuk teknologi berupa buku, komputer,
rekaman suara dan video khususnya dalam proses pembelajaran tapi tidak
semua bentuk teknologi tersebut dapat digunakan secara maksimal dan tepat
sasaran dikarenakan kondisi sekolah yang kurang memadai dan kurang
mendukung terlaksananya hal tersebut. Adapun bentuk teknologi yang paling
efektif digunakan di sekolah ini yaitu teknologi bentuk cetak.
3. Penerapan manajemen strategi melalui pemanfaatan teknologi pendidikan di
SMA Negeri 30 Bone itu sudah dilakukan mulai dari tahap formulasinya
sampai ke tahap evaluasi dan pengawasan. Seperti penentuan visi misi, tujuan
dan sasaran sampai dilakukannya pengawasan dan evaluasi mengenai
pemanfaatan teknologi pendidikan di sekolah ini Meskipun penerapannya
sendiri belum mampu mencapai keefektivitasan, dikarenakan adanya kendala
atau hambatan yang dihadapi oleh sekolah, apalagi melihat sekolah ini yang
masih terbilang muda atau baru berdiri maka sarana untuk mendukung
pemanfaatan teknologi pendidikannya itu masih serba terbatas. Walaupun
demikian, sekolah sudah berusaha dengan baik agar masalah yang mereka
hadapi itu memiliki solusi untuk mengatasinya.
B. Implikasi
Sebagai akhir dari penulisan skripsi ini, dengan mendasarkan pada penelitian
yang peneliti lakukan, maka peneliti ingin memberikan saran yang mungkin dapat
menjadi bahan masukan, antara lain sebagai berikut:
1. Baik kepala sekolah maupun wakil kepala sekolah diharapkan mampu
melaksanakan dan mengkoordinir manajemen strategi secara maksimal dan
terstruktur dengan memperhatikan kendala-kendala yang timbul untuk dapat
segera dilakukan perbaikan lebih lanjut sehingga dapat mengatasinya dan
sekolah lebih mudah mencapai tujuan dan sasarannya.
2. Kepada tenaga pendidik diharapkan dapat meningkatkan keefektifan
penggunaan teknologi pendidikan dan membiasakan penggunaan teknologi
pendidikan kepada peserta didik agar memudahkan terjalinnya pembelajaran
dengan lancar dan dapat lebih mudah untuk dipahami.
3. Kontribusi manajemen strategi dalam pemanfaatan teknologi pendidikan di
SMA Negeri 30 Bone, diharapkan mampu mengkoordinir penggunaan
teknologi pendidikan dengan baik sehingga mampu menerapkan pemanfaatan
teknologi dalam semua bentuk atau jenis dan tidak hanya efektif di satu
bentuk teknologi saja.
Ketersediaan
STAR20210193193/2021Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

193/2021

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top