Pemanfaatan Digital Islamic Network (DIN) Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Perbankan Syariah (Studi Pada Bank Muamalat KCP Bone)

No image available for this title
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem layanan DIN di Bank
Muamalat KCP Bone dan strategi layanan Digital Islamic Network (DIN) dalam
meningkatkan kualitas pelayanan kepada para nasabah Bank Muamalat KCP Bone.
Layanan merupakan kegiatan yang ditawarkan organisasi atau perorangan kepada
konsumen yang bersifat tidak berwujud namun dapat dimiliki.
Berdasarkan tujuan penelitian diatas, maka pendekatan yang dilakukan adalah
penelitian lapangan (Field Research) yaitu penelitian dimana peneliti terjun langsung
kelapangan untuk meneliti objek penelitian yaitu Bank Muamalat KCP Bone, dengan
menggunakan pendekatan penelitian kualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kontribusi layanan DIN di Bank
Muamalat KCP Bone sangatlah berpengaruh besar salah satu kontribusinya yaitu
dengan adanya layanan ini Bank Muamalat bisa memaksimalkan pelayanan kepada
seluruh nasabah, dengan layanan aplikasi ini para nasabah tidak harus lagi datang
kekantor untuk antri yang dulunya pihak bank hanya bisa melayani 5 sampai 10
nasabah perhari dengan adanya layanan ini pihak bank bisa melayani sampai 2 kali
lipat dari biasanya, Untuk karakteristik layanan DIN di Bank Muamalat KCP Bone
memiliki 3 karakter dalam pelayanannya yaitu karakter yang pertama layan DIN
bersifat informational artinya layanan ini memiliki sifat memberikan informasi
kepada setiap nasabah, yang ke dua yaitu layanan aplikasi ini memiliki sifat
komunikatif yaitu layanan ini memiliki sifat interaktif yaitu setiap nasabah atau
pengguna dari layanan ini bisa berinteraksi langsung dengan sistem yang ada dalam
bank, kemudian karakter yang ke tiga yaitu layanan ini memiliki sifat transaction
yang artinya layanan ini memiliki sifat mempermudah transaksi.
A. Kesimpulan
Dari pemaparan hasil penelitian dan pembahasan pada bab sebelumnya, maka
dapat disimpulkan sebagai berikut:
1. Kontribusi Layanan Digital Islamic Network (DIN) Dalam Meningkatkan
Kualitas Layanan Bank Muamalat KCP Bone.
Layanan Digital Islamic Network (DIN) memiliki pengaruh atau
kontribusi besar pada pelayanan Bank Muamalat KCP Bone seperti dengan
hadirnya layanan ini pihak Bank Muamalat bisa memaksimalkan pelayanan
kepada seluruh nasabah, dengan layanan aplikasi ini para nasabah tidak harus
lagi datang kekantor untuk antri, adanya layanan aplikasi ini pihak bank
Muamalat bisa memaksimalkan pelayanan kepada seluruh nasabahnya, dengan
melalui layanan DIN Bank Muamalat KCP Bone berupaya memperkenalkan
suatu produk layanan dalam mengelola sekaligus meningkatkan kualitas
layanannya agar para nasabah sangat puas dengan produk layanan yang
ditawarkan kepada mereka.
2. Karakteristik Layanan DIN Dalam Meningkatkan kualitas layanan pada
nasabah
Karakteristik merupakan suatu sifat yang dimiliki antara yang satu
dengan yang lain, adapun berbicara masalah karakteristik dalam suatu bank apa
lagi suatu layanan pasti memiliki karakteristi tersendiri salahsatunya yaitu DIN
layanan aplikasi DIN di Bank Muamalat KCP Bone memiliki 3 karakter dalam
pelayanannya yaitu karakter yang pertama layan DIN bersifat informational,
yang ke dua yaitu layanan aplikasi ini memiliki sifat komunikatif yang artinya
layan ini memiliki sifat interaktif yaitu setiap nasabah atau pengguna dari
layanan ini bisa ber interaksi langsung dengan system yang ada dalam bank,
kemudian karakter yang ke tiga yaitu layanan ini memiliki sifat transaction
yang artinya layanan ini memiliki sifat mempermudah transaksi.
B. Saran
Berdasarkan pembahasan diatas, maka penulis ingin memberikan
beberapa saran yang mungkin dapat dijadikan pertimbangan dan masukan bagi
Bank Muamalat Cabang Pembantu Bone pada khususnya:
1. Selalu melakukan inovasi terhadap produk yang di keluarkkan agar dapat
menarik perhatian nasabah yang akan menjadi investor, sehingga jumlah
nasabah semakin bertambah.
2. Kualitas Pelayanan dan kenyamanan nasabah lebih diutamakan, meluli
peningkatan standar pelayanan dan penggunaan layanan berbasis teknologi
digital sehingga nasabah akan merasa puas dan loyal terhadap bank.
3. Promosi melalui media elektronik ataupun secara langsung semakin di
gencarkan guna memperkenalkan produk layanan Bank Muamalat kepada
masyarakat luas.
Ketersediaan
SFEBI2021004747/2021Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

47/2021

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi FEBI

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top