Pengaruh Ketersediaan Fitur Layanan E-Mobile Terhadap Kepuasan Nasabah Kspps Bakti Huria Syariah Cabang Bone
Syarif Hidayat/ 01.16.5102 - Personal Name
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ketersediaan fitur layanan E-
Mobile terhadap kepuasan nasabah koperasi syariah bakti huria Cabang Bone.
Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah tetap KSPPS Bakti Huria Syariah
Cabang Bone yang berjumlah 1023 orang. Sumber data pada penelitian ini yaitu
data primer dimana teknik pengambilan sampel pada penelitian kali ini adalah
incidential sampling dan diperoleh sampel sebanyak 91 responden yang menjadi
nasabah tetap KSPPS Bakti Huria Syariah Cabang Bone.
Variabel independen dari penelitian ini adalah ketersediaan fitur layanan E-
mobile sedangkan variabel dependennya adalah kepuasan nasabah koperasi
syariah bakti huria Cabang Bone. metode analisis data menggunakan analisis
regresi linier sederhana dengan menggunakan bantuan aplikasi IBM SPSS statistic
21. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh ketersediaan
fitur layanan E-mobile terhadap kepuasan nasabah KSPPS Bakti Huria Syariah
Cabang Bone. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (Field
reseach) dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif.
Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel ketersediaan fitur
layanan E-mobile (X) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan
nasabah KSPPS Bakti Huria Syariah Cabang Bone (Y). Adapun hasil penelitian
yang diperoleh yaitu nilai sig. < 0,05 atau sebesar Sig. 0,000 < 0,05 artinya
memiliki pengaruh yang signifikan dan nilai thitung 10,933 > ttabel 1,986 hal ini
menunjukkan terdapat pegaruh yang positif. Oleh Karena itu, dengan adanya hasil
penelitian ini diharapkan kepada KSPPS Bakti Huria Syariah Cabang Bone
mengelola fitur layanan E-mobile agar dapat meningkatkan kepuasan nasabah.
A. Kesimpulan
Berdasar pada hasil penelitian ini, pada bab sebelumnya mengenai data
anlisis dan pembahasan, didapatkan data yaitu nilai sig. < 0,05 atau sebesar
Sig. 0,000 < 0,05 artinya memiliki pengaruh yang signifikan dan nilai thitung
10,933 > ttabel 1,986 hal ini menunjukkan terdapat pengaruh yang positif. Maka
dari itu dapat disimpulkakn bahwa variabel ketersediaan fitur layanan E-
Mobile (X) berpengeruh signifikan terhadap variabel kepuasan nasabah (Y).
Sehingga Ho ditolak dan H1 direrima. Hal ini bermakna bahwa apabila
ketersediaan fitur layanan E-Mobile ditingkatkan maka kepuasan nasabah juga
ikut meningkat.
B. Saran
1. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa ketersediaan fitur
layanan E-Mobile berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah
koperasi syariah bakti huria cabang Bone. Karena nilai signifikansi lebih
kecil dari 0.05. Maka koperasi syariah bakti huria cabang Bone diharapkan
terus meningkatkan ketersediaan fitur layanan E-Mobile agar nasabah lebih
puas dalam bertransaksi pada koperasi syariah bakti huria cabang Bone.
2. Untuk peneliti selanjutnya yang ingin melakukan penelitian tentang
kepuasan nasabah sebaiknya meneliti faktor-faktor lain yang dapat
mempengaruhi kepuasan nasabah.
Mobile terhadap kepuasan nasabah koperasi syariah bakti huria Cabang Bone.
Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah tetap KSPPS Bakti Huria Syariah
Cabang Bone yang berjumlah 1023 orang. Sumber data pada penelitian ini yaitu
data primer dimana teknik pengambilan sampel pada penelitian kali ini adalah
incidential sampling dan diperoleh sampel sebanyak 91 responden yang menjadi
nasabah tetap KSPPS Bakti Huria Syariah Cabang Bone.
Variabel independen dari penelitian ini adalah ketersediaan fitur layanan E-
mobile sedangkan variabel dependennya adalah kepuasan nasabah koperasi
syariah bakti huria Cabang Bone. metode analisis data menggunakan analisis
regresi linier sederhana dengan menggunakan bantuan aplikasi IBM SPSS statistic
21. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh ketersediaan
fitur layanan E-mobile terhadap kepuasan nasabah KSPPS Bakti Huria Syariah
Cabang Bone. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (Field
reseach) dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif.
Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel ketersediaan fitur
layanan E-mobile (X) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan
nasabah KSPPS Bakti Huria Syariah Cabang Bone (Y). Adapun hasil penelitian
yang diperoleh yaitu nilai sig. < 0,05 atau sebesar Sig. 0,000 < 0,05 artinya
memiliki pengaruh yang signifikan dan nilai thitung 10,933 > ttabel 1,986 hal ini
menunjukkan terdapat pegaruh yang positif. Oleh Karena itu, dengan adanya hasil
penelitian ini diharapkan kepada KSPPS Bakti Huria Syariah Cabang Bone
mengelola fitur layanan E-mobile agar dapat meningkatkan kepuasan nasabah.
A. Kesimpulan
Berdasar pada hasil penelitian ini, pada bab sebelumnya mengenai data
anlisis dan pembahasan, didapatkan data yaitu nilai sig. < 0,05 atau sebesar
Sig. 0,000 < 0,05 artinya memiliki pengaruh yang signifikan dan nilai thitung
10,933 > ttabel 1,986 hal ini menunjukkan terdapat pengaruh yang positif. Maka
dari itu dapat disimpulkakn bahwa variabel ketersediaan fitur layanan E-
Mobile (X) berpengeruh signifikan terhadap variabel kepuasan nasabah (Y).
Sehingga Ho ditolak dan H1 direrima. Hal ini bermakna bahwa apabila
ketersediaan fitur layanan E-Mobile ditingkatkan maka kepuasan nasabah juga
ikut meningkat.
B. Saran
1. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa ketersediaan fitur
layanan E-Mobile berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah
koperasi syariah bakti huria cabang Bone. Karena nilai signifikansi lebih
kecil dari 0.05. Maka koperasi syariah bakti huria cabang Bone diharapkan
terus meningkatkan ketersediaan fitur layanan E-Mobile agar nasabah lebih
puas dalam bertransaksi pada koperasi syariah bakti huria cabang Bone.
2. Untuk peneliti selanjutnya yang ingin melakukan penelitian tentang
kepuasan nasabah sebaiknya meneliti faktor-faktor lain yang dapat
mempengaruhi kepuasan nasabah.
Ketersediaan
| SFEBI20220114 | 114/2022 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
114/2022
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2022
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
