Analisis Faktor Gaya Hidup dan Faktor Produk yang Mempengaruhi Minat Nasabah Menggunakan Tabungan Haji di BMT AS-Adiyah Sengkang

No image available for this title
Penelitian ini membahas mengenai pengaruh faktor gaya hidup dan faktor
produk terhadap minat nasabah dalam menggunakan tabungan haji di BMT As-
Adiyah Sengkang. Rumusan masalah penelitian ini yaitu 1) Apakah faktor gaya hidup
berpengaruh signifikan terhadap minat nasabah dalam menggunakan tabungan haji di
BMT As-Adiyah Sengkang? Dan 2) Apakah faktor produk berpengaruh signifikan
terhadap minat nasabah dalam menggunakan tabungan haji di BMT As-Adiyah Sengkang?
Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Wajo Sulawesi Selatan dengan
menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Penelitian kuantitatif merupakan sebuah
penyelidikan tentang masalah sosial berdasarkan pada pengujian sebuah teori yang
terdiri dari variabel-variabel, diukur dengan angka dan analisis dengan prosedur
untuk menentukan apakah generalisasi prediktif teori tersebut benar Data yang
dikumpulkan menggunakan teknik observasi, penyebaran kuesioner dan
dokumentasi. Adapun analisis data dilakukan menggunakan teknik statistik untuk
mereduksi dan mengelompokan data, dalam menentukan hubungan serta
mengidentifikasikan perbedaan antar kelompok data. Populasi dalam penelitian ini
nasabah BMT As-Adiyah Sengkang yang menggunakan produk tabungan haji
sebanyak 98 orang. Berdasarkan hasil kuesioner yang disebar hanya 41 orang yang
dapat mengisi kuesioner dari 98 nasabah yang menggunakan produk tabungan haji.
maka ditentukanlah sampel sebanyak 41 orang.
Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, faktor gaya hidup
berpengaruh signifikan terhadap minat nasabah dalam menggunakan tabungan haji di
BMT As-Adiyah Sengkang. Hal ini dibuktikan dari hasil Uji t (Parsial) dimana thitung
> ttabel yaitu 3,261 > 1,685. Hubungan ini menunjukkan bahwa semakin baik Faktor
gaya hidup yang ada, maka minat nasabah untuk menggunakan tabungan haji di BMT
As-Adiyah Sengkang juga akan mengalami kenaikan. Kedua, faktor produk
berpengaruh signifikan terhadap minat nasabah dalam menggunakan produk
tabungan haji di BMT As-Adiyah Sengkang. Hal ini dibuktikan dari hasil Uji t
(Parsial) dimana thitung > ttabel yaitu 2,303 > 1,685. Hubungan ini menunjukkan bahwa
semakin mendukung faktor produk yang ada, maka minat nasabah untuk
menggunakan tabungan haji di BMT As-Adiyah Sengkang juga akan mengalami
kenaikan.
A. Kesimpulan
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Faktor gaya hidup dan
Faktor produk terhadap Minat Nasabah dalam Menggunakan Tabungan Haji di BMT
As-Adiyah Sengkang. Dari analisis dan pembahasan yang telah dipaparkan maka
dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut:
1. Faktor gaya hidup berpengaruh signifikan terhadap minat nasabah dalam
menggunakan tabungan haji di BMT As-Adiyah Sengkang. Hal ini dibuktikan
dari hasil Uji t (Parsial) dimana thitung > ttabel yaitu 3,261 > 1,685. Hubungan ini
menunjukkan bahwa semakin baik Faktor gaya hidup yang ada, maka minat
nasabah untuk menggunakan tabungan haji di BMT As-Adiyah Sengkang
juga akan mengalami kenaikan.
2. Faktor produk berpengaruh signifikan terhadap minat nasabah dalam
menggunakan tabungan haji di BMT As-Adiyah Sengkang. Hal ini dibuktikan
dari hasil Uji t (Parsial) dimana thitung > ttabel yaitu 2,303 > 1,685. Hubungan ini
menunjukkan bahwa semakin mendukung faktor produk yang ada, maka
minat nasabah untuk menggunakan tabungan haji di BMT As-Adiyah
Sengkang juga akan mengalami kenaikan.
B. Saran
Setelah memperhatikan beberapa kesimpulan tersebut, maka dapat
dikemukakan saran pada penelitian ini sebagai berikut:
1. Bagi nasabah BMT As-Adiyah Sengkang agar lebih memperdalam
pengetahuannya terkait dengan seluk beluk dunia lembaga keuangan.
2. Bagian pihak BMT As-Adiyah Sengkang agar senantiasa berupaya melakukan
pengenalan atau sosialisasi kepada masyarakat serta lebih meningkatkan
kualitas ataupun fasilitas serta produk produk yang akn digunakan oleh
nasabah BMT As- Adiyah Sengkang.
3. Bagi pembaca dan peneliti hendaknya dapat memperluas kajian dari penelitian
ini dengan menambah variabel dependen atau mengganti faktor lain yang
dapat mempegaruhi minat atau ketertarikan nasabah dalam memilih tabungan
haji. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan acuan dalam
mengembangkan dan melanjutkan penelitian bagi peneliti selanjutnya
C. Implikasi
Setelah memperhatikan beberapa kesimpulan tersebut, maka dapat
dikemukakan implikasi penelitian sebagai berikut:
1. Faktor gaya hidup berpengaruh terhadap minat nasabah dalam menggunakan
tabungan haji di BMT As-Adiyah Sengkang, maka dari itu hal ini mesti dijaga
baik dengan lebih untuk menggunakan produk dari sebuah lembaga keuangan.
2. Faktor produk berpengaruh terhadap minat nasabah dalam menggunakan
tabungan haji di BMT As-Adiyah Sengkang, maka dari itu hal ini mesti dijaga
baik dengan lebih membekali diri terkait hal-hal apa saja yang berkaitan
mengenai seluk beluk dunia lembaga keuangan.
Ketersediaan
SFEBI20210162162/2021Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

162/2021

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi FEBI

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top