Pengaruh Manajemen Pembelajaran Online Terhadap Hasil Ujian Akhir Siswa Selama Masa Pandemi Covid 19 Di Sekolah MI Tunas Harapan Sugiale
Dina Amalia/ 02.17.3130 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Manajemen Pembelajaran
Online Terhadap Hasil Ujian Akhir Siswa Selama Masa Pandemi Covid-19
Di Sekolah Mi Tunas Harapan Sugiale. Tujuan penelitian ini adalah ; 1) Untuk
mengetahui penerapan manajemen pembelajaran Online selama Masa Pandemi
Covid 19 di Sekolah MI Tunas Harapan Sugiale, 2) Untuk mengetahui gambaran
tentang hasil ujian akhir siswa selama Masa Pandemi Covid 19 di Sekolah MI
Tunas Harapan Sugiale, 3) Untuk mengetahui pengaruh Pembelajaran Online
terhadap Hasil Ujian Akhir Siswa selama Masa Pandemi Covid 19 di Sekolah MI
Tunas Harapan Sugiale.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, penulis menggunakan
metode penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan pendekatan
manajemen, pendekatan sosiologis, dan pendekatan psikologi. Penelitian ini
menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Data yang diperoleh diolah
menggunakan metode kuantitatif untuk mendeskripsikan penelitian. Sampel
dalam penelitian ini berjumlah 47 orang yaitu kepala sekolah, staf tata usaha,
tenaga pendidik, serta siswa yang ada di Sekolah MI Tunas Harapan Sugiale.
Pengumpulan data penelitian menggunakan angket dan dokumentasi.
Hasil
penelitian
menunjukkan
bahwa
1)
Penerapan
manajemen
pembelajaran Online di Sekolah MI Tunas Harapan Sugiale dalam kategori baik.
Hal ini dapat dilihat dari analisis statistik inferensial hitung diperoleh nilai sum
sebesar 2444; maximum sebesar 55; minimum sebesar 44; range sebesar 11;
median sebesar 53; dan mean sebesar 52. 2) Gambaran Hasil Ujian akhir Siswa di
Sekolah MI Tunas Harapan Sugiale dalam kategori baik. Hal ini dapat dilihat dari
analisis statistik inferensial hitung diperoleh nilai sum sebesar 1940; maximum
sebesar 45; minimum sebesar 34; range sebesar 11; median sebesar 42; dan mean
sebesar 42. 3) Pengaruh manajemen pembelajaran Online terhadap hasil ujian
akhir siswa selama Masa Pandemi Covid 19 di Sekolah MI Tunas Harapan
Sugiale yang ditunjukkan dari thitung = 5,318 > ttabel sebesar 2.01410 serta nilai
signifikasi diperoleh sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti nilai signifikansi diperoleh
dari probabilitas yang diterapkan. Sehingga dapat diinterprestasikan bahwa
semakin baik pengaruh manajemen pembelajaran Online semakin tinggi pula hasil
ujian akhir siswa. Untuk mengetahui seberapa besar konstribusi variabel bebas
terhadap variabel terikat atau pengaruh manajemen pembelajaran Online
Terhadap Hasil ujian akhir Siswa dapat dilihat dari R2 sebesar 0,386 hal ini
menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif atau signifikan antara antara
pendidik dan tenaga kependidikan di Sekolah MI Tunas Harapan Sugiale.
A. Kesimpulan
1. Pengaruh Manajemen Pembelajaran Onlinedi Sekolah MI Tunas
Harapan Sugiale selama masa pandemi Covid - 19 dalam kategori
baik. Diperoleh hasil tertinggi sebesar 11 Dengan demikian, penulis
dapat menentukan nilai interval kelas, yaitu sebesar 2 dengan
pembagian 4 kategori yakni sangat baik, cukup baik, dan tidak baik.
Berdasarkan pada data tersebut maka dapat dinyatakan bahwa
pengaruh manajemen pembelajaran online sudah baik dengan data
interval penelitian regresi kuantitatif.
2. Hasil ujian khir siswa di Sekolah MI Tunas Harapan Sugiale selama
masa pandemi Covid - 19 dapat diketahui bahwa nilai range dari hasil
pengolahan dan analisis kinerja organisasi pendidikan sebesar 11.
Dengan demikian, penulis dapat menentukan nilai interval kelas, yaitu
sebesar 2 dengan 4 pembagian kategori yakni sangat tinggi, tinggi,
cukup tinggi, dan rendah. . Berdasarkan pada data tersebut maka dapat
dinyatakan bahwa hasil ujian akhir siswa sudah sangat baik dengan
data interval hasil belajar siswa selama masa pandemi Covid – 19.
3. Adapaun pengaruh manajemen pembelajaran online Terhadap hasil
Ujian ahkir Siswa selama masa pandemi Covid-19 di Sekolah MI
Tunas Harapan Sugiale yang ditunjukkan dari thitung = 5,318 > ttabel
sebesar 2.01410 serta nilai signifikasi diperoleh sebesar 0,000 < 0,05
yang berarti nilai signifikansi diperoleh dari probabilitas yang
diterapkan. Sehingga dapat diinterprestasikan bahwa semakin baik
pengaruh manajemen pembelajaran online semakin tinggi pula hasil
belajar siswa. Untuk mengetahui seberapa besar konstribusi variabel
bebas terhadap variabel terikat atau pengaruh manajemen
pembelajaran online Terhadap Hasil Ujian akhir Siswa dapat dilihat
dari R2 sebesar 0,386 hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh
yang positif atau signifikan antara antara pendidik dan tenaga
kependidikan di Sekolah MI Tunas Harapan Sugiale.
B. Implikasi
1. Dari hasil penelitian diharapkan kepada pihak yang berkaitan terutama
Kepala Sekolah dan semua guru di Sekolah MI Tunas Harapan
Sugiale agar bersinergi dengan baik untuk meningkatkan kualitas
pendidikan.
2. Diharapkan kepada pendidik, dan tenaga kependidikan lebih mampu
lagi mengembangkan kompetensinya agar dapat meningkatkan
profesionalitasnya sebagai guru maupun tenaga kependidikan.
3. Kepala Sekolah MI Tunas Harapan Sugiale, pendidik dan tenaga
kependidikan saling bekerjasama dengan baik guna untuk
meningkatkan lagi dalam mengoptimalkan pelaksanaan program
sekolahnya.
Online Terhadap Hasil Ujian Akhir Siswa Selama Masa Pandemi Covid-19
Di Sekolah Mi Tunas Harapan Sugiale. Tujuan penelitian ini adalah ; 1) Untuk
mengetahui penerapan manajemen pembelajaran Online selama Masa Pandemi
Covid 19 di Sekolah MI Tunas Harapan Sugiale, 2) Untuk mengetahui gambaran
tentang hasil ujian akhir siswa selama Masa Pandemi Covid 19 di Sekolah MI
Tunas Harapan Sugiale, 3) Untuk mengetahui pengaruh Pembelajaran Online
terhadap Hasil Ujian Akhir Siswa selama Masa Pandemi Covid 19 di Sekolah MI
Tunas Harapan Sugiale.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, penulis menggunakan
metode penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan pendekatan
manajemen, pendekatan sosiologis, dan pendekatan psikologi. Penelitian ini
menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Data yang diperoleh diolah
menggunakan metode kuantitatif untuk mendeskripsikan penelitian. Sampel
dalam penelitian ini berjumlah 47 orang yaitu kepala sekolah, staf tata usaha,
tenaga pendidik, serta siswa yang ada di Sekolah MI Tunas Harapan Sugiale.
Pengumpulan data penelitian menggunakan angket dan dokumentasi.
Hasil
penelitian
menunjukkan
bahwa
1)
Penerapan
manajemen
pembelajaran Online di Sekolah MI Tunas Harapan Sugiale dalam kategori baik.
Hal ini dapat dilihat dari analisis statistik inferensial hitung diperoleh nilai sum
sebesar 2444; maximum sebesar 55; minimum sebesar 44; range sebesar 11;
median sebesar 53; dan mean sebesar 52. 2) Gambaran Hasil Ujian akhir Siswa di
Sekolah MI Tunas Harapan Sugiale dalam kategori baik. Hal ini dapat dilihat dari
analisis statistik inferensial hitung diperoleh nilai sum sebesar 1940; maximum
sebesar 45; minimum sebesar 34; range sebesar 11; median sebesar 42; dan mean
sebesar 42. 3) Pengaruh manajemen pembelajaran Online terhadap hasil ujian
akhir siswa selama Masa Pandemi Covid 19 di Sekolah MI Tunas Harapan
Sugiale yang ditunjukkan dari thitung = 5,318 > ttabel sebesar 2.01410 serta nilai
signifikasi diperoleh sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti nilai signifikansi diperoleh
dari probabilitas yang diterapkan. Sehingga dapat diinterprestasikan bahwa
semakin baik pengaruh manajemen pembelajaran Online semakin tinggi pula hasil
ujian akhir siswa. Untuk mengetahui seberapa besar konstribusi variabel bebas
terhadap variabel terikat atau pengaruh manajemen pembelajaran Online
Terhadap Hasil ujian akhir Siswa dapat dilihat dari R2 sebesar 0,386 hal ini
menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif atau signifikan antara antara
pendidik dan tenaga kependidikan di Sekolah MI Tunas Harapan Sugiale.
A. Kesimpulan
1. Pengaruh Manajemen Pembelajaran Onlinedi Sekolah MI Tunas
Harapan Sugiale selama masa pandemi Covid - 19 dalam kategori
baik. Diperoleh hasil tertinggi sebesar 11 Dengan demikian, penulis
dapat menentukan nilai interval kelas, yaitu sebesar 2 dengan
pembagian 4 kategori yakni sangat baik, cukup baik, dan tidak baik.
Berdasarkan pada data tersebut maka dapat dinyatakan bahwa
pengaruh manajemen pembelajaran online sudah baik dengan data
interval penelitian regresi kuantitatif.
2. Hasil ujian khir siswa di Sekolah MI Tunas Harapan Sugiale selama
masa pandemi Covid - 19 dapat diketahui bahwa nilai range dari hasil
pengolahan dan analisis kinerja organisasi pendidikan sebesar 11.
Dengan demikian, penulis dapat menentukan nilai interval kelas, yaitu
sebesar 2 dengan 4 pembagian kategori yakni sangat tinggi, tinggi,
cukup tinggi, dan rendah. . Berdasarkan pada data tersebut maka dapat
dinyatakan bahwa hasil ujian akhir siswa sudah sangat baik dengan
data interval hasil belajar siswa selama masa pandemi Covid – 19.
3. Adapaun pengaruh manajemen pembelajaran online Terhadap hasil
Ujian ahkir Siswa selama masa pandemi Covid-19 di Sekolah MI
Tunas Harapan Sugiale yang ditunjukkan dari thitung = 5,318 > ttabel
sebesar 2.01410 serta nilai signifikasi diperoleh sebesar 0,000 < 0,05
yang berarti nilai signifikansi diperoleh dari probabilitas yang
diterapkan. Sehingga dapat diinterprestasikan bahwa semakin baik
pengaruh manajemen pembelajaran online semakin tinggi pula hasil
belajar siswa. Untuk mengetahui seberapa besar konstribusi variabel
bebas terhadap variabel terikat atau pengaruh manajemen
pembelajaran online Terhadap Hasil Ujian akhir Siswa dapat dilihat
dari R2 sebesar 0,386 hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh
yang positif atau signifikan antara antara pendidik dan tenaga
kependidikan di Sekolah MI Tunas Harapan Sugiale.
B. Implikasi
1. Dari hasil penelitian diharapkan kepada pihak yang berkaitan terutama
Kepala Sekolah dan semua guru di Sekolah MI Tunas Harapan
Sugiale agar bersinergi dengan baik untuk meningkatkan kualitas
pendidikan.
2. Diharapkan kepada pendidik, dan tenaga kependidikan lebih mampu
lagi mengembangkan kompetensinya agar dapat meningkatkan
profesionalitasnya sebagai guru maupun tenaga kependidikan.
3. Kepala Sekolah MI Tunas Harapan Sugiale, pendidik dan tenaga
kependidikan saling bekerjasama dengan baik guna untuk
meningkatkan lagi dalam mengoptimalkan pelaksanaan program
sekolahnya.
Ketersediaan
| STAR20220113 | 113/2022 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
113/2022
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2022
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
