Analisis Penetapan Keputusan Nasabah Menabung di Lembaga Keuangan Mikro Syariah dengan Regresi SEM (Studi Pada Nasabah BMT As-Adiyah Sengkang
Fadly Hidayat/ 01.16.5211 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai analisis penetapan keputusan nasabah
menabung di lembaga keuangan mikro syariah dengan Regresi SEM (Studi Pada
Nasabah BMT As-Adiyah Sengkang). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui pengaruh faktor produk, harga, motivasi dan keyakinan terhadap
penetapan keputusan nasabah menabung pada lembaga keuangan microfinance di
BMT As-Adiyah Sengkang. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah field
research yaitu suatu jenis penelitian yang digunakan untuk memperoleh data
dilapangan penyajian penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif
dengan model Regresi SEM. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka
peneliti tertarik untuk menarik beberapa kesimpulan yaitu 1) Produk secara parsial
memiliki pengaruh yangsignifikan terhadap keputusan nasabah menabung di Lembaga
Keuangan Microfinace. Hal ini dapat di lihat pada nilai C.R sebesar 3,112 lebih besar
dari 1,65 dan nilai p-value sebesar 0,002 > 0,1 maka H0 ditolak, H1 diterima. 2) Harga
secara parsial memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan nasabah
menabung di Lembaga Keuangan Microfinace. Hal ini dapat di lihat pada nilai C.R
sebesar 2,184 lebih besar dari 1,65 dan nilai p-value sebesar 0,029 > 0,1 maka H0
ditolak, H2 diterima. 3) Motivasi secara parsial memiliki pengaruh yang signifikan
terhadap keputusan nasabah menabung di Lembaga Keuangan Microfinace. Hal ini
dapat di lihat pada nilai C.R sebesar 2,175 lebih besar dari 1,65 dan nilai p-value
sebesar 0,030 > 0,1 maka H0 ditolak, H3 diterima. 4) Keyakinan secara parsial
memiliki pengaruh yangsignifikan terhadap keputusan nasabah menabung di Lembaga
Keuangan Microfinace. Hal ini dapat di lihat pada nilai C.R sebesar 1,961 lebih besar
dari 1,65 dan nilai p-value sebesar 0,050 > 0,1 maka H0 ditolak, H4 diterima.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan maka dapat ditarik kesimpulan
sebagai berikut:
1. Produk secara parsial memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan
nasabah menabung di Lembaga Keuangan Microfinace.
2. Harga secara parsial memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan
nasabah menabung di Lembaga Keuangan Microfinace.
3. Motivasi secara parsial memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan
nasabah menabung di Lembaga Keuangan Microfinace.
4. Keyakinan secara parsial memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan
nasabah menabung di Lembaga Keuangan Microfinace.
B. Implikasi
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, maka saran yang dapatdiberikan
sebagai berikut:
1. Bagi BMT As’adiyah Sengkang
Untuk meningkatkan keputusan menabung maka pihak banksebaiknya
mempertahankan motivasi yang ada seperti memberikanpengarahan kepada
nasabah mengenai sikap, persepsi dan keyakinanagar nasabah tetap mau menabung
di bank tersebut selain itu meningkatkan pelayanan sehingga kepuasan nasabah
meningkat.
2. Bagi Peneliti
Kepada peneliti yang akan datang, dapat mengembangkan penelitian ini
dengan wawancara secara mendalam terhadap responden, sehingga informasi yang
diperoleh dapat lebih bervariasi dari pada angket yang jawabannya telah tersedia.
menabung di lembaga keuangan mikro syariah dengan Regresi SEM (Studi Pada
Nasabah BMT As-Adiyah Sengkang). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui pengaruh faktor produk, harga, motivasi dan keyakinan terhadap
penetapan keputusan nasabah menabung pada lembaga keuangan microfinance di
BMT As-Adiyah Sengkang. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah field
research yaitu suatu jenis penelitian yang digunakan untuk memperoleh data
dilapangan penyajian penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif
dengan model Regresi SEM. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka
peneliti tertarik untuk menarik beberapa kesimpulan yaitu 1) Produk secara parsial
memiliki pengaruh yangsignifikan terhadap keputusan nasabah menabung di Lembaga
Keuangan Microfinace. Hal ini dapat di lihat pada nilai C.R sebesar 3,112 lebih besar
dari 1,65 dan nilai p-value sebesar 0,002 > 0,1 maka H0 ditolak, H1 diterima. 2) Harga
secara parsial memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan nasabah
menabung di Lembaga Keuangan Microfinace. Hal ini dapat di lihat pada nilai C.R
sebesar 2,184 lebih besar dari 1,65 dan nilai p-value sebesar 0,029 > 0,1 maka H0
ditolak, H2 diterima. 3) Motivasi secara parsial memiliki pengaruh yang signifikan
terhadap keputusan nasabah menabung di Lembaga Keuangan Microfinace. Hal ini
dapat di lihat pada nilai C.R sebesar 2,175 lebih besar dari 1,65 dan nilai p-value
sebesar 0,030 > 0,1 maka H0 ditolak, H3 diterima. 4) Keyakinan secara parsial
memiliki pengaruh yangsignifikan terhadap keputusan nasabah menabung di Lembaga
Keuangan Microfinace. Hal ini dapat di lihat pada nilai C.R sebesar 1,961 lebih besar
dari 1,65 dan nilai p-value sebesar 0,050 > 0,1 maka H0 ditolak, H4 diterima.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan maka dapat ditarik kesimpulan
sebagai berikut:
1. Produk secara parsial memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan
nasabah menabung di Lembaga Keuangan Microfinace.
2. Harga secara parsial memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan
nasabah menabung di Lembaga Keuangan Microfinace.
3. Motivasi secara parsial memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan
nasabah menabung di Lembaga Keuangan Microfinace.
4. Keyakinan secara parsial memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan
nasabah menabung di Lembaga Keuangan Microfinace.
B. Implikasi
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, maka saran yang dapatdiberikan
sebagai berikut:
1. Bagi BMT As’adiyah Sengkang
Untuk meningkatkan keputusan menabung maka pihak banksebaiknya
mempertahankan motivasi yang ada seperti memberikanpengarahan kepada
nasabah mengenai sikap, persepsi dan keyakinanagar nasabah tetap mau menabung
di bank tersebut selain itu meningkatkan pelayanan sehingga kepuasan nasabah
meningkat.
2. Bagi Peneliti
Kepada peneliti yang akan datang, dapat mengembangkan penelitian ini
dengan wawancara secara mendalam terhadap responden, sehingga informasi yang
diperoleh dapat lebih bervariasi dari pada angket yang jawabannya telah tersedia.
Ketersediaan
| SFEBI20210187 | 187/2021 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
187/2021
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2021
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
