Implementasi Manajemen Sarana dan Prasarana dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SD inpres 12/79 Toro
Musdahlia/02.15.3170 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai “Implementasi Manajemen Sarana dan
Prasarana dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan”. Hal yang penting dikaji dalam
skripsi ini yakni untuk mengetahui tentang penerapan Manajemen Sarana dan
Prasarana dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SD inpres 12/79 Toro
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, penulis menggunakan
penelitian kualitatif (qualitatif research). Dengan menggunakan teknik antara lain
wawancara, dokumentasi dan observasi. Data yang diperoleh diolah dengan teknik
metode kualitatif, selanjutnya dianalisis dengan menggunakan metode analisis
deskriptif kualitatif yaitu dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian tentang Implementasi Manajemen Sarana dan
Prasarana dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SD inpres 12/79 Toro dilakukan
dengan perencanaan sarana dan prasarana, yaitu menampung semua usulan
perlengkapan sekolah, menyusun rencana kebutuhan perlengkapan sekolah,
memadukan rencana kebutuhan dengan anggaran sekolah,. Pengadaan sarana dan
prasarana meliputi menganalisis sarana dan prasarana yang dibutuhkan,
mengklasifikasikan sarana dan prasarana yang dibutuhkan,. Pelaksanaan pengelolaan
sarana dan prasarana berupa, pendistribusian, inventarisasi, pemeliharaan, pengunaan,
penyimpanan, penghapusan, pengawasan. Adapun yang menjadi dasar untuk
meningkatkan mutu pendidikan SD inpres 12/79 Toro harus mencakup 8 Standar
Nasional Pendidikan yaitu, standar kompetensi lulusan, standar isi, standar proses,
standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar
pengelolaan, standar pembiayaan, standar penilaian pendidikan. Adapun Kontribusi
manajemen sarana dan prasarana dalam meningkatkan mutu pendidikan di SD 12/79
Toro, yakni dapat memperlancar pemenuhan 8 standar nasional pendidikan.
A. Simpulan
Setelah diuraikan pada bab-bab sebelumnya tentang Implementasi Manajemen
Sarana dan Prasarana dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SD Inpres 12/79
Toro, maka dapat ditarik simpulan sebagai berikut:
1. Penerapan manajemen sarana dan prasarana yang dilaksanakan di SD Inpres
12/79 Toro sudah sesuai dengan fungsi manajemen sarana dan prasarana mulai
dari perencanaan, pengadaan, pendistribusian, inventarisasi, pemeliharaan,
penggunaan, penyimpanan, penghapusan, dan pengawasan.
2. Mutu pendidikan SD Inpres 12/79 dari segi sarana dan prasarana masih berada
dalam kategori sedang atau standar, dilihat dari pemenuhan 8 standar nasional
pendidikan seperti standar sarana dan prasarana sekolah yang belum
terpenuhi secara maksimal. Mengingat bahwa sarana dan prasarana sekolah
menjadi sala satu standar nasional pendidikan yang harus terpenuhi. Lembaga
pendidikan dikatakan bermutu apabila dapat memenuhi 8 standar nasional
pendidikan.
3. Adapun kontribusi manajemen sarana dan prasarana dalam meningkatkan
mutu pendidikan di SD Inpres 12/79 Toro, yakni kegiatan belajar mengajar di
sekolah dapat berjalan sebagiamana mestinya mengingat bahwa baik, sedang
atau tidaknya mutu pendidikan di sekolah dapat dilihat dari lancarnya proses
pembelajaran. Serta dapat terhindar dari pemborosan pengadaan sarana dan
prasarana sehingga sarana dan prasarana yang dibutuhkan dalam proses
pembelajaran dapat tersedia sesuai yang dibutuhkan.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka di bawah ini
dikemukakan implikasi penelitian yang berisikan saran-saran. Adapun saran-
saran penulis maksud sebagai berikut:
1. Hendaknya dalam implementasi manajemen sarana dan prasarana sekolah
ditangani oleh orang yang benar-benar ahli dalam mengelola sarana dan
prasarana tersebut sehingga kapanpun sarana dan prasarana tersebut
dibutuhkan selalu dalam kondisi siap pakai, dengan begitu tugas guru
sebagai pendidik tidak terpecah belah.
2. Kepala sekolah hendaknya mengawasi langsung penggunaan sarana dan
prasarana sekolah, agar bisa mengetahui penggunaan sarana prasaran
disesuaikan dengan fungsinya atau tidak.
3. Semua warga sekolah harus mempunyai rasa tanggung jawab terhadap
sarana dan prasarana pendidikan yang ada di sekolah, sehingga sarana dan
prasarana yang ada dapat terpelihara dengan baik dan meminimalisir
kerusakan.
Prasarana dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan”. Hal yang penting dikaji dalam
skripsi ini yakni untuk mengetahui tentang penerapan Manajemen Sarana dan
Prasarana dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SD inpres 12/79 Toro
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, penulis menggunakan
penelitian kualitatif (qualitatif research). Dengan menggunakan teknik antara lain
wawancara, dokumentasi dan observasi. Data yang diperoleh diolah dengan teknik
metode kualitatif, selanjutnya dianalisis dengan menggunakan metode analisis
deskriptif kualitatif yaitu dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian tentang Implementasi Manajemen Sarana dan
Prasarana dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SD inpres 12/79 Toro dilakukan
dengan perencanaan sarana dan prasarana, yaitu menampung semua usulan
perlengkapan sekolah, menyusun rencana kebutuhan perlengkapan sekolah,
memadukan rencana kebutuhan dengan anggaran sekolah,. Pengadaan sarana dan
prasarana meliputi menganalisis sarana dan prasarana yang dibutuhkan,
mengklasifikasikan sarana dan prasarana yang dibutuhkan,. Pelaksanaan pengelolaan
sarana dan prasarana berupa, pendistribusian, inventarisasi, pemeliharaan, pengunaan,
penyimpanan, penghapusan, pengawasan. Adapun yang menjadi dasar untuk
meningkatkan mutu pendidikan SD inpres 12/79 Toro harus mencakup 8 Standar
Nasional Pendidikan yaitu, standar kompetensi lulusan, standar isi, standar proses,
standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar
pengelolaan, standar pembiayaan, standar penilaian pendidikan. Adapun Kontribusi
manajemen sarana dan prasarana dalam meningkatkan mutu pendidikan di SD 12/79
Toro, yakni dapat memperlancar pemenuhan 8 standar nasional pendidikan.
A. Simpulan
Setelah diuraikan pada bab-bab sebelumnya tentang Implementasi Manajemen
Sarana dan Prasarana dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SD Inpres 12/79
Toro, maka dapat ditarik simpulan sebagai berikut:
1. Penerapan manajemen sarana dan prasarana yang dilaksanakan di SD Inpres
12/79 Toro sudah sesuai dengan fungsi manajemen sarana dan prasarana mulai
dari perencanaan, pengadaan, pendistribusian, inventarisasi, pemeliharaan,
penggunaan, penyimpanan, penghapusan, dan pengawasan.
2. Mutu pendidikan SD Inpres 12/79 dari segi sarana dan prasarana masih berada
dalam kategori sedang atau standar, dilihat dari pemenuhan 8 standar nasional
pendidikan seperti standar sarana dan prasarana sekolah yang belum
terpenuhi secara maksimal. Mengingat bahwa sarana dan prasarana sekolah
menjadi sala satu standar nasional pendidikan yang harus terpenuhi. Lembaga
pendidikan dikatakan bermutu apabila dapat memenuhi 8 standar nasional
pendidikan.
3. Adapun kontribusi manajemen sarana dan prasarana dalam meningkatkan
mutu pendidikan di SD Inpres 12/79 Toro, yakni kegiatan belajar mengajar di
sekolah dapat berjalan sebagiamana mestinya mengingat bahwa baik, sedang
atau tidaknya mutu pendidikan di sekolah dapat dilihat dari lancarnya proses
pembelajaran. Serta dapat terhindar dari pemborosan pengadaan sarana dan
prasarana sehingga sarana dan prasarana yang dibutuhkan dalam proses
pembelajaran dapat tersedia sesuai yang dibutuhkan.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka di bawah ini
dikemukakan implikasi penelitian yang berisikan saran-saran. Adapun saran-
saran penulis maksud sebagai berikut:
1. Hendaknya dalam implementasi manajemen sarana dan prasarana sekolah
ditangani oleh orang yang benar-benar ahli dalam mengelola sarana dan
prasarana tersebut sehingga kapanpun sarana dan prasarana tersebut
dibutuhkan selalu dalam kondisi siap pakai, dengan begitu tugas guru
sebagai pendidik tidak terpecah belah.
2. Kepala sekolah hendaknya mengawasi langsung penggunaan sarana dan
prasarana sekolah, agar bisa mengetahui penggunaan sarana prasaran
disesuaikan dengan fungsinya atau tidak.
3. Semua warga sekolah harus mempunyai rasa tanggung jawab terhadap
sarana dan prasarana pendidikan yang ada di sekolah, sehingga sarana dan
prasarana yang ada dapat terpelihara dengan baik dan meminimalisir
kerusakan.
Ketersediaan
| STAR20190234 | 234/2019 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
234/2019
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2019
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyahh
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
