Peran Kepala Sekolah Sebagai Motivator Dalam Menumbuhkan Loyalitas Guru di SMP Amir Islam Panyula
Irmayani/02.15.3067 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai “Peran Kepala Sekolah Sebagai Motivator
Dalam Menumbuhkan Loyalitas Guru di SMP Amir Islam Panyula”. Permasalahan
yang dikaji dalam skripsi ini adalah bagaimana peran kepala sekolah sebagai
motivator di SMP Amir Islam Panyula, bagaimana loyalitas guru di SMP Amir Islam
Panyula, dan bagaimana peran kepala sekolah sebagai motivator dalam
menumbuhkan loyalitas guru di SMP Amir Islam Panyula.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, penulis menggunakan
metode penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan pendekatan
manajemen, pendekatan sosiologis, dan pendekatan paedagogik. Data dikumpulkan
melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis
dengan metode kualitatif yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Peran kepala sekolah sebagai
motivator di SMP Amir Islam Panyula telah berjalan dengan baik meliputi
pengaturan lingkungan fisik, pengaturan suasana kerja, menanamkan disiplin, dan
memberikan penghargaan. Kepala sekolah telah mengatur ruang kantor yang
kondusif untuk bekerja, menjalin komunikasi yang baik dengan para bawahannya,
menciptakan hubungan yang harmonis sesama guru, memberikan contoh atau teladan
yang baik bagi para guru serta memberikan penghargaan yang layak bagi guru yang
berprestasi. 2) Loyalitas guru di SMP Amir Islam Panyula sudah cukup baik dimana
guru menaati segala peraturan yang berlaku di sekolah, menaati jam kerja yang telah
disepakati dengan datang tepat waktu dan pulang pada waktu yang telah ditetapkan,
menjalankan tugas dengan baik dan tepat waktu, melaporkan hasil pekerjaan yang
dilakukan pada setiap semester, dan berpartisipasi dalam memberikan sumbangan
pemikiran dalam pengambilan keputusan dan kebijakan. 3) Peran kepala sekolah
sebagai motivator dalam menumbuhkan loyalitas guru di SMP Amir Islam Panyula
sudah cukup baik dimana kepala sekolah memberikan motivasi atau dorongan dalam
berbagai kesempatan seperti arahan-arahan, diskusi serta semangat yang bersifat
membangun serta memberikan pembinaan berupa himbauan, teguran, dan contoh atau
teladan. Hal tersebut dapat membangkitkan semangat guru untuk lebih taat, disiplin,
dan bertanggung jawab terhadap tugasnya yang diharapkan adanya perubahan bagi
guru dalam hal kedisiplinan dalam bekerja.
A. Simpulan
Setelah diuraikan pada bab-bab sebelumnya tentang “Peran Kepala Sekolah
Sebagai Motivator Dalam Menumbuhkan Loyalitas Guru di SMP Amir Islam
Panyula” maka dapat ditarik simpulan sebagai berikut:
1. Peran kepala sekolah sebagai motivator di SMP Amir Islam Panyula telah
berjalan dengan baik meliputi pengaturan lingkungan fisik, pengaturan
suasana kerja, menanamkan disiplin dan memberikan penghargaan. Kepala
sekolah mengatur ruang ruang kantor yang kondusif untuk bekerja, menjalin
komunikasi yang baik dengan para bawahannya, menciptakan hubungan yang
harmonis sesama guru, memberikan contoh atau teladan yang baik bagi para
guru serta memberikan penghargaan yang layak bagi guru yang berprestasi.
2. Loyalitas guru di SMP Amir Islam Panyula sudah cukup baik dimana guru
menaati segala peraturan yang berlaku di sekolah, menaati jam kerja yang
telah disepakti dengan datang tepat waktu dan pulang pada waktu yang telah
ditetapkan, menjalankan tugas dengan baik dan tepat waktu, melaporkan hasil
pekerjaan yang dilakukan pada setiap semester, dan berpartisipasi dalam
memberikan sumbangan pemikiran serta pengambilan keputusan dan
kebijakan.
3. Peran kepala sekolah sebagai motivator dalam menumbuhkan loyalitas guru
di SMP Amir Islam Panyula sudah cukup baik dimana kepala sekolah
memberikan motivasi atau dorongan dalam berbagai kesempatan seperti
arahan-arahan, diskusi serta semangat yang bersifat membangun serta
memberikan pembinaan berupa himbauan, teguran, dan contoh atau teladan.
Hal tersebut dapat membangkitkan semangat guru untuk lebih taat, disiplin
dan bertanggung jawab terhadap tugasnya yang diharapkan adanya perubahan
guru dalam hal kedisiplinan dalam bekerja.
B. Implikasi
Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti mempunyai implikasi yang berupa
saran kepada pihak-pihak yang terkait, khususnya dalam peran kepalasekolah sebagai
motivator, yaitu:
1. Kepada kepala sekolah SMP Amir Islam Panyula untuk lebih meningkatkan
perannya sebagai motivator terutama dalam hal menanamkan diiplin waktu
untuk lebih tegas dan menerapkan peraturan dengan baik agar guru lebih
disiplin dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya.
2. Kepada guru-guru di SMP Amir Islam Panyula agar loyal terhadap
pekerjaannya terutama mengenai kedisiplinan waktu dan tetap selalu
bersemangat dalam menjalankan tugas-tugas dan tanggung jawabnya agar
dapat menghasilkan kinerja optimal.
3. Kepada kepala sekolah mengenai perannya sebagai motivator dalam
menumbuhkan loyalitas guru di SMP Amir Islam Panyula agar dapat
memberikan motivasi secara berkesinambungan bukan hanya dalam waktu
tertentu saja namun dilakukan secara berulang-ulang agar guru dapat
menjalankan tugasnya dengan bersungguh-sungguh dan penuh semangat
sehingga akan berdampak pada hasil pekerjaannya.
Dalam Menumbuhkan Loyalitas Guru di SMP Amir Islam Panyula”. Permasalahan
yang dikaji dalam skripsi ini adalah bagaimana peran kepala sekolah sebagai
motivator di SMP Amir Islam Panyula, bagaimana loyalitas guru di SMP Amir Islam
Panyula, dan bagaimana peran kepala sekolah sebagai motivator dalam
menumbuhkan loyalitas guru di SMP Amir Islam Panyula.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, penulis menggunakan
metode penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan pendekatan
manajemen, pendekatan sosiologis, dan pendekatan paedagogik. Data dikumpulkan
melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis
dengan metode kualitatif yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Peran kepala sekolah sebagai
motivator di SMP Amir Islam Panyula telah berjalan dengan baik meliputi
pengaturan lingkungan fisik, pengaturan suasana kerja, menanamkan disiplin, dan
memberikan penghargaan. Kepala sekolah telah mengatur ruang kantor yang
kondusif untuk bekerja, menjalin komunikasi yang baik dengan para bawahannya,
menciptakan hubungan yang harmonis sesama guru, memberikan contoh atau teladan
yang baik bagi para guru serta memberikan penghargaan yang layak bagi guru yang
berprestasi. 2) Loyalitas guru di SMP Amir Islam Panyula sudah cukup baik dimana
guru menaati segala peraturan yang berlaku di sekolah, menaati jam kerja yang telah
disepakati dengan datang tepat waktu dan pulang pada waktu yang telah ditetapkan,
menjalankan tugas dengan baik dan tepat waktu, melaporkan hasil pekerjaan yang
dilakukan pada setiap semester, dan berpartisipasi dalam memberikan sumbangan
pemikiran dalam pengambilan keputusan dan kebijakan. 3) Peran kepala sekolah
sebagai motivator dalam menumbuhkan loyalitas guru di SMP Amir Islam Panyula
sudah cukup baik dimana kepala sekolah memberikan motivasi atau dorongan dalam
berbagai kesempatan seperti arahan-arahan, diskusi serta semangat yang bersifat
membangun serta memberikan pembinaan berupa himbauan, teguran, dan contoh atau
teladan. Hal tersebut dapat membangkitkan semangat guru untuk lebih taat, disiplin,
dan bertanggung jawab terhadap tugasnya yang diharapkan adanya perubahan bagi
guru dalam hal kedisiplinan dalam bekerja.
A. Simpulan
Setelah diuraikan pada bab-bab sebelumnya tentang “Peran Kepala Sekolah
Sebagai Motivator Dalam Menumbuhkan Loyalitas Guru di SMP Amir Islam
Panyula” maka dapat ditarik simpulan sebagai berikut:
1. Peran kepala sekolah sebagai motivator di SMP Amir Islam Panyula telah
berjalan dengan baik meliputi pengaturan lingkungan fisik, pengaturan
suasana kerja, menanamkan disiplin dan memberikan penghargaan. Kepala
sekolah mengatur ruang ruang kantor yang kondusif untuk bekerja, menjalin
komunikasi yang baik dengan para bawahannya, menciptakan hubungan yang
harmonis sesama guru, memberikan contoh atau teladan yang baik bagi para
guru serta memberikan penghargaan yang layak bagi guru yang berprestasi.
2. Loyalitas guru di SMP Amir Islam Panyula sudah cukup baik dimana guru
menaati segala peraturan yang berlaku di sekolah, menaati jam kerja yang
telah disepakti dengan datang tepat waktu dan pulang pada waktu yang telah
ditetapkan, menjalankan tugas dengan baik dan tepat waktu, melaporkan hasil
pekerjaan yang dilakukan pada setiap semester, dan berpartisipasi dalam
memberikan sumbangan pemikiran serta pengambilan keputusan dan
kebijakan.
3. Peran kepala sekolah sebagai motivator dalam menumbuhkan loyalitas guru
di SMP Amir Islam Panyula sudah cukup baik dimana kepala sekolah
memberikan motivasi atau dorongan dalam berbagai kesempatan seperti
arahan-arahan, diskusi serta semangat yang bersifat membangun serta
memberikan pembinaan berupa himbauan, teguran, dan contoh atau teladan.
Hal tersebut dapat membangkitkan semangat guru untuk lebih taat, disiplin
dan bertanggung jawab terhadap tugasnya yang diharapkan adanya perubahan
guru dalam hal kedisiplinan dalam bekerja.
B. Implikasi
Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti mempunyai implikasi yang berupa
saran kepada pihak-pihak yang terkait, khususnya dalam peran kepalasekolah sebagai
motivator, yaitu:
1. Kepada kepala sekolah SMP Amir Islam Panyula untuk lebih meningkatkan
perannya sebagai motivator terutama dalam hal menanamkan diiplin waktu
untuk lebih tegas dan menerapkan peraturan dengan baik agar guru lebih
disiplin dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya.
2. Kepada guru-guru di SMP Amir Islam Panyula agar loyal terhadap
pekerjaannya terutama mengenai kedisiplinan waktu dan tetap selalu
bersemangat dalam menjalankan tugas-tugas dan tanggung jawabnya agar
dapat menghasilkan kinerja optimal.
3. Kepada kepala sekolah mengenai perannya sebagai motivator dalam
menumbuhkan loyalitas guru di SMP Amir Islam Panyula agar dapat
memberikan motivasi secara berkesinambungan bukan hanya dalam waktu
tertentu saja namun dilakukan secara berulang-ulang agar guru dapat
menjalankan tugasnya dengan bersungguh-sungguh dan penuh semangat
sehingga akan berdampak pada hasil pekerjaannya.
Ketersediaan
| STAR20190233 | 233/2019 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
233/2019
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2019
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyahh
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
