Analisis Pendekatan Multiple Intelligences dalam Pembelajaran Tematik di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Baital Mukaddas Cenranae Kecamatan Kahu Kabupaten Bone
Andi Nurfaidah Rizka/02.17.5125 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang Analisis Pendekatan Multiple Intelligences
dalam Pembelajaran Tematik di Madrasah Ibtidaiyah Baital Mukaddas Cenranae
Kecamatan Kahu Kabupaten Bone. Adapun yang menjadi masalah dalam skripsi ini
adalah bagaimana bentuk Multiple Intelligences dalam Pembelajaran Tematik di
Madrasah Ibtidaiyah (MI) Baital Mukaddas Cenranae, bagaimana hambatan yang
dihadapi oleh guru dalam pembelajaran tematik di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Baital
Mukaddas Cenranae yang bertujuan untuk mengetahui bentuk Multiple Intelligences
dalam Pembelajaran Tematik di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Baital Mukaddas Cenranae
dan untuk mengetahui hambatan yang dihadapi guru dalam pembelajaran tematik di
Madrasah Ibtidaiyah (MI) Baital Mukaddas Cenranae.
Untuk memudahkan penelitian ini digunakan jenis penelitian kualitatif
deskriptif dengan menggunakan pendekatan pedagogis, sosiologis, dan psikologis.
Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Adapun data yang diperoleh dianalisis dengan tiga tahap yaitu reduksi
data, penyajian data, dan kesimpulan.
Adapun hasil dari penelitian ini disimpulkan oleh penulis. Pertama, jenis
kecerdasan yang dikembangkan dalam pembelajaran tematik yaitu kecerdasan
linguistik, kecerdasan logika- matematika, kecerdasan visual- spasial, kecerdasan
musikal, dan kecerdasan linguistik.. Kedua, hambatan yang dihadapi guru dalam
pelaksanaan pembelajaran tematik di MI Baital Mukaddas Cenranae yaitu adanya
wabah covid- 19, guru mengalami kesulitan dalam memilih metode pembelajaran
yang tepat, sarana dan prasarana, mengenali Multiple Intelligences. Meskipun dalam
pembelajaran guru mengahadapi beberapa hambatan namun pembelajaran tetap
diusahakan agar dapat berjalan dengan baik. Dalam penulisan skripsi ini diharapkan
mampu memberikan kontribusi dalam dunia pendidikan forma, non formal, maupun
informal.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil uraian pada bab hasil penelitian dan pembahasan maka penulis
dapat mengemukakan simpulan dan hasil penelitian yang telah dilakukan, yaitu:
1. Bentuk Multiple Intelligences dalam pembelajaran tematik di MI Baital
Mukaddas Cenranae dalam penyusunan Rencana Pelaksanaan
pembelajaran (RPP) disusun berdasarkan RPP harian. Dalam kegiatan
awal pembelajaran diawali dengan kegiatan berdo’a dan merapikan
barisan sebelum memulai pembelajaran serta memberikan beberapa
kegiatan apersepsi sebelum memulai inti pembelajaran. Kegiatan ini
melatih kecerdasan linguistik dan kecerdasan visual- spasial peserta didik.
Adapun jenis kecerdasan yang dikembangkan dalam pembelajaran tematik
pada kegiatan inti sesuai dengan hasil penelitian terdiri atas lima jenis
kecerdasan yaitu kecerdasan linguistik, kecerdasan logika- matematika,
kecerdasan visual- spasial, kecerdasan musical, dan kecerdasan linguistik.
Pengembangan beberapa jenis kecerdasan ini disesuaikan berdasarkan
kegiatan yang terdapat dalam buku tema siwa. Kemudian dalam kegiatan
akhir peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran dan dilanjutkan
dengan membaca do’a untuk mengakhiri pembelajaran. Hal ini dapat
melatih kecerdasan linguistik peserta didik.
2. Hambatan yang dihadapi guru dalam pelaksanaan pembelajaran tematik di
MI Baital Mukaddas Cenranae yaitu adanya wabah covid- 19, guru
mengalami kesulitan dalam memilih metode pembelajaran yang tepat,
sarana dan prasarana, mengenali Multiple Intelligences. Meskipun dalam
pembelajaran guru mengahadapi beberapa hambatan namun pembelajaran
tetap diusahakan agar dapat berjalan dengan baik.
B. Implikasi
Implikasi merupakan suatu konsekuensi atau akibat langsung dari hasil penemuan
suatu penelitian ilmiah. Berdasarkan hasil penelitian diatas, maka dibawah ini akan
diuraikan implikasi penelitian yang berisi saran dan kiranya dapat bermanfaat bagi
sekolah Madrasah Ibtidaiyah (MI) Baital Mukaddas Cenranae, maupun mahasiswa
lain yang meneliti dan berkaitan dengan analisis pendekatan Multiple Intelligences
dalam pembelajaran tematik. Adapun saran- saran yang dapat diberikan peneliti
sebagai berikut:
1. Diharapkan kepada kepala sekolah, tenaga pendidik Madrasah Ibtidaiyah
(MI) Baital Mukaddas Cenranae agar senantiasa professional dan selalu
bersinergi dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab yang diberikan agar
menghasilkan kinerja yang optimal khususnya dalam kegiatan
mengembangkan kecerdasan peserta didik yang beragam (multiple
intelligences) utamanya dalam pembelajaran tematik.
2. Setelah penulisan skripsi ini, diharapkan mampu memberikan kontribusi
dalam dunia pendidikan formal, non formal, maupun informal.
dalam Pembelajaran Tematik di Madrasah Ibtidaiyah Baital Mukaddas Cenranae
Kecamatan Kahu Kabupaten Bone. Adapun yang menjadi masalah dalam skripsi ini
adalah bagaimana bentuk Multiple Intelligences dalam Pembelajaran Tematik di
Madrasah Ibtidaiyah (MI) Baital Mukaddas Cenranae, bagaimana hambatan yang
dihadapi oleh guru dalam pembelajaran tematik di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Baital
Mukaddas Cenranae yang bertujuan untuk mengetahui bentuk Multiple Intelligences
dalam Pembelajaran Tematik di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Baital Mukaddas Cenranae
dan untuk mengetahui hambatan yang dihadapi guru dalam pembelajaran tematik di
Madrasah Ibtidaiyah (MI) Baital Mukaddas Cenranae.
Untuk memudahkan penelitian ini digunakan jenis penelitian kualitatif
deskriptif dengan menggunakan pendekatan pedagogis, sosiologis, dan psikologis.
Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Adapun data yang diperoleh dianalisis dengan tiga tahap yaitu reduksi
data, penyajian data, dan kesimpulan.
Adapun hasil dari penelitian ini disimpulkan oleh penulis. Pertama, jenis
kecerdasan yang dikembangkan dalam pembelajaran tematik yaitu kecerdasan
linguistik, kecerdasan logika- matematika, kecerdasan visual- spasial, kecerdasan
musikal, dan kecerdasan linguistik.. Kedua, hambatan yang dihadapi guru dalam
pelaksanaan pembelajaran tematik di MI Baital Mukaddas Cenranae yaitu adanya
wabah covid- 19, guru mengalami kesulitan dalam memilih metode pembelajaran
yang tepat, sarana dan prasarana, mengenali Multiple Intelligences. Meskipun dalam
pembelajaran guru mengahadapi beberapa hambatan namun pembelajaran tetap
diusahakan agar dapat berjalan dengan baik. Dalam penulisan skripsi ini diharapkan
mampu memberikan kontribusi dalam dunia pendidikan forma, non formal, maupun
informal.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil uraian pada bab hasil penelitian dan pembahasan maka penulis
dapat mengemukakan simpulan dan hasil penelitian yang telah dilakukan, yaitu:
1. Bentuk Multiple Intelligences dalam pembelajaran tematik di MI Baital
Mukaddas Cenranae dalam penyusunan Rencana Pelaksanaan
pembelajaran (RPP) disusun berdasarkan RPP harian. Dalam kegiatan
awal pembelajaran diawali dengan kegiatan berdo’a dan merapikan
barisan sebelum memulai pembelajaran serta memberikan beberapa
kegiatan apersepsi sebelum memulai inti pembelajaran. Kegiatan ini
melatih kecerdasan linguistik dan kecerdasan visual- spasial peserta didik.
Adapun jenis kecerdasan yang dikembangkan dalam pembelajaran tematik
pada kegiatan inti sesuai dengan hasil penelitian terdiri atas lima jenis
kecerdasan yaitu kecerdasan linguistik, kecerdasan logika- matematika,
kecerdasan visual- spasial, kecerdasan musical, dan kecerdasan linguistik.
Pengembangan beberapa jenis kecerdasan ini disesuaikan berdasarkan
kegiatan yang terdapat dalam buku tema siwa. Kemudian dalam kegiatan
akhir peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran dan dilanjutkan
dengan membaca do’a untuk mengakhiri pembelajaran. Hal ini dapat
melatih kecerdasan linguistik peserta didik.
2. Hambatan yang dihadapi guru dalam pelaksanaan pembelajaran tematik di
MI Baital Mukaddas Cenranae yaitu adanya wabah covid- 19, guru
mengalami kesulitan dalam memilih metode pembelajaran yang tepat,
sarana dan prasarana, mengenali Multiple Intelligences. Meskipun dalam
pembelajaran guru mengahadapi beberapa hambatan namun pembelajaran
tetap diusahakan agar dapat berjalan dengan baik.
B. Implikasi
Implikasi merupakan suatu konsekuensi atau akibat langsung dari hasil penemuan
suatu penelitian ilmiah. Berdasarkan hasil penelitian diatas, maka dibawah ini akan
diuraikan implikasi penelitian yang berisi saran dan kiranya dapat bermanfaat bagi
sekolah Madrasah Ibtidaiyah (MI) Baital Mukaddas Cenranae, maupun mahasiswa
lain yang meneliti dan berkaitan dengan analisis pendekatan Multiple Intelligences
dalam pembelajaran tematik. Adapun saran- saran yang dapat diberikan peneliti
sebagai berikut:
1. Diharapkan kepada kepala sekolah, tenaga pendidik Madrasah Ibtidaiyah
(MI) Baital Mukaddas Cenranae agar senantiasa professional dan selalu
bersinergi dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab yang diberikan agar
menghasilkan kinerja yang optimal khususnya dalam kegiatan
mengembangkan kecerdasan peserta didik yang beragam (multiple
intelligences) utamanya dalam pembelajaran tematik.
2. Setelah penulisan skripsi ini, diharapkan mampu memberikan kontribusi
dalam dunia pendidikan formal, non formal, maupun informal.
Ketersediaan
| STAR20210195 | 195/2021 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
195/2021
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2021
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
