Pengaruh Religiusitas Terhadap Perilaku Konsumsi Masyarakat (Studi pada Forum Muslimah Raudhatul Ilmi Bone)

No image available for this title
Skripsi ini membahas mengenai pengaruh religiusitas terhadap perilaku konsumsi
masyarakat (Studi pada Forum Muslimah Raudhatul Ilmi (FMRI) Bone). Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengaruh religiusitas terhadap
perilaku konsumsi masyarakat pada Forum Muslimah Raudhatul Ilmi (FMRI) Bone,
serta untuk mengetahui seberapa besar pengaruh religiusitas terhadap perilaku
konsumsi masyarakat pada Forum Muslimah Raudhatul Ilmi (FMRI) Bone. Adapun
jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif.
Pendekatan deskriptif dengan tujuan untuk mendeskriptifkan objek penelitian ataupun
hasil penelitian. Dalam mengumpulkan data penelitian instrument yang digunakan
adalah kuesioner. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang menunjukkan
bahwa 1) Adanya pengaruh yang positif antara pengaruh religiusitas terhadap
perilaku konsumsi masyarakat pada Forum Muslimah Raudhatul Ilmi (FMRI) Bone.
Hal ini ditunjukkan oleh nilai t_hitung lebih besar dari nilai t_tabel (6,807>2,052)
yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima; 2) Besarnya pengaruh religiusitas terhadap
perilaku konsumsi masyarakat pada Forum Muslimah Raudhatul Ilmi (FMRI) Bone
sebesar 62,3%, sedangkan 37,7% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak
diteliti dalam penelitian.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka ditarik beberapa
kesimpulan yaitu:
1. Adanya pengaruh yang positif antara religiusitas terhadap perilaku konsumsi
masyarakat pada forum muslimah raudhatul ilmi Bone. Hal ini ditunjukkan
oleh nilai t_hitung lebih besar dari nilai t_tabel (6,807>2,052) yang artinya
H 0 ditolak dan H a diterima.
2. Besarnya pengaruh variabel religiusitas mampu menjelaskan bahwa variabel
perilaku konsumsi masyarakat pada forum muslimah raudhatul ilmi Bone
sebesar 62,3%, Sedangkan 37,7% sisanya dijelaskan oleh variabel lain yang
tidak diteliti dalam penelitian ini.
B. Saran
Berdasarkan kesimpulan di atas, dari penelitian ini penulis menyarankan
beberapa hal berikut:
1. Bagi peneliti selanjutnya dapat menggali variabel lain yang dapat
mempengaruhi perilaku konsumsi masyarakat dengan menambah subyek
penelitian dengan latar belakang yang berbeda untuk mendapatkan hasil
yang lebih baik.
2. Bagi konsumen muslim baiknya memahami tentang syariah agar dapat
membedakan produk yang halal dan haram serta membeli produk tidak
hanya memenuhi keinginan semata melainkan harus memperhatikan
kebutuhan dan manfaat produk.
C. Implikasi
Penelitian yang dilakukan telah membuktikan bahwa ada pengaruh religiusitas
terhadap perilaku konsumsi masyarakat hal ini dapat dibuktikan setelah melakukan
pengujian analisis dan penelitian pada forum muslimah raudhatul ilmi Bone, yang
dijadikan sebagai objek penelitian ini. Dengan memahami tentang syariah
konsumen muslim dapat membedakan produk yang halal dan haram serta membeli
produk tidak hanya memenuhi keinginan semata melainkan harus memperhatikan
kebutuhan dan manfaat produk.
Ketersediaan
SFEBI20230164164/2023Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

164/2023

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi FEBI

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top