Urgensi Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menumbuhkan Sifat Sabar Siswa Jurusan IPS SMAN 12 BONE
Maya Puspita Sari/02.16.1086 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang Urgensi Kompetensi Kepribadian Guru
Pendidikan Agama Islam dalam Menumbuhkan Sifat Sabar Siswa Jurusan IPS
SMAN 12 BONE. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran
mengenai kompetensi kepribadian guru Pendidikan Agama Islam dan upaya guru
Pendidikan Agama Islam dalam menumbuhkan sifat sabar pada siswa jurusan IPS
SMAN 12 BONE.
Dalam menyusun skripsi ini, jenis penelitian yang digunakan adalah
penelitian kualitatif yaitu suatu penelitian yang bertujuan untuk menggambarkan
secara utuh dan mendalam tentang realitas sosial dan berbagai fenomena yang terjadi
di masyarakat yang menjadi subjek penelitian sehingga tergambarkan ciri, karakter,
sifat, dan model dari fenomena tersebut. Skripsi ini menggunakan pendekatan
pedagogis dan psikologis. Adapun teknik yang digunakan antara lain: Observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengolahan/analisis data yang digunakan
secara kualitatif. Data dianalisis dengan menggunakan reduksi data, penyajian data,
verifikasi atau penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Kompetensi kepribadian guru
Pendidikan Agama Islam di SMAN 12 BONE sudah cukup baik, guru Pendidikan
Agama Islam jurusan IPS sudah mampu menampilkan pribadi yang mantap dan
stabil, dewasa, arif, berwibawa, menjadi teladan bagi siswa, dan berakhlak mulia. 2)
Upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam menumbuhkan sifat sabar siswa jurusan
IPS SMAN 12 BONE (1) memberikan pesan-pesan moral berupa nasehat kepada
siswa mengenai pentingnya sifat sabar baik itu di sekolah maupun di rumah. (2)
adanya bimbingan dan arahan ke hal-hal positif seperti pembiasaan-pembiasaan
mengenai hal-hal kerohanian berupa literasi Qur‟an, penerapan shalat berjamaah,
pembiasaan sifat-sifat jujur, disiplin, berahklak yang baik. Hal ini dibuktikan dengan
mampunya siswa menahan diri, bersikap tenang, antusias dalam mengikuti
pembelajaran, serta kemauan untuk menghadapi kesulitan-kesulitan dalam menuntut
ilmu.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian-uraian yang telah dipaparkan dalam bab-bab sebelumnya
maka dapat disimpulkan sebagai berikut:
1. Kompetensi kepribadian guru Pendidikan Agama Islam di SMAN 12 BONE
sudah cukup baik, guru Pendidikan Agama Islam jurusan IPS sudah mampu
menampilkan pribadi yang mantap dan stabil, dewasa, arif, berwibawa,
menjadi teladan bagi siswa, dan berakhlak mulia.
2. Upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam menumbuhkan sifat sabar siswa
jurusan IPS SMAN 12 BONE menyadari tugas dan tanggung jawab guru
Pendidikan Agama Islam sebagai titik tolak dalam menumbuhkan sifat sabar
siswa. Adapun upaya guru Pendidikan Agama Islam : 1) memberikan pesan-
pesan moral berupa nasehat kepada siswa mengenai pentingnya sifat sabar
baik itu di sekolah maupun di rumah. 2) adanya bimbingan dan arahan ke hal-
hal positif seperti pembiasaan-pembiasaan mengenai hal-hal kerohanian
berupa literasi Qur‟an, penerapan shalat berjamaah, pembiasaan sifat-sifat
jujur, disiplin, berahklak yang baik. Hal ini dibuktikan dengan mampunya
siswa menahan hawa nafsu/ menahan diri, bersikap tenang, antusias dalam
mengikuti pembelajaran, serta kemauan untuk menghadapi kesulitan-kesulitan
dalam menuntut ilmu.
B. Saran
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka di bawah ini akan
diuraikan saran-saran. Adapun saran-saran yang penulis maksud dalam pembahasan
skripsi ini adalah sebagai berikut:
1. Pemerintah, terutama pemerintah daerah untuk terus berupaya menyentuh
kompetensi guru khususnya kompetensi kepribadian baik melalui
pelatihan, workshop, maupun pemberdayaan musyawarah guru mata
pelajaran.
2. Bagi kepala Sekolah
Kepala sekolah hendaknya memberikan dukungan kepada guru untuk
selalu meningkatkan kompetensi kepribadiannya sehingga dapat menjadi
teladan yang baikbagi siswa.
3. Kepada guru Pendidikan Agama Islam
Seorang guru kiranya harus memiliki kompetensi yang baik dan sehat,
khususnya komptensi kepribadian perlu mendapatkan perhatian yang lebih
karena kepribadian yang baik mempunyai pengaruh yang penting terhadap
keberhasilan pembelajaran dan menghasilkan anak didik yang cerdas,
terampil, dan berahklak baik/bermoral.
Pendidikan Agama Islam dalam Menumbuhkan Sifat Sabar Siswa Jurusan IPS
SMAN 12 BONE. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran
mengenai kompetensi kepribadian guru Pendidikan Agama Islam dan upaya guru
Pendidikan Agama Islam dalam menumbuhkan sifat sabar pada siswa jurusan IPS
SMAN 12 BONE.
Dalam menyusun skripsi ini, jenis penelitian yang digunakan adalah
penelitian kualitatif yaitu suatu penelitian yang bertujuan untuk menggambarkan
secara utuh dan mendalam tentang realitas sosial dan berbagai fenomena yang terjadi
di masyarakat yang menjadi subjek penelitian sehingga tergambarkan ciri, karakter,
sifat, dan model dari fenomena tersebut. Skripsi ini menggunakan pendekatan
pedagogis dan psikologis. Adapun teknik yang digunakan antara lain: Observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengolahan/analisis data yang digunakan
secara kualitatif. Data dianalisis dengan menggunakan reduksi data, penyajian data,
verifikasi atau penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Kompetensi kepribadian guru
Pendidikan Agama Islam di SMAN 12 BONE sudah cukup baik, guru Pendidikan
Agama Islam jurusan IPS sudah mampu menampilkan pribadi yang mantap dan
stabil, dewasa, arif, berwibawa, menjadi teladan bagi siswa, dan berakhlak mulia. 2)
Upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam menumbuhkan sifat sabar siswa jurusan
IPS SMAN 12 BONE (1) memberikan pesan-pesan moral berupa nasehat kepada
siswa mengenai pentingnya sifat sabar baik itu di sekolah maupun di rumah. (2)
adanya bimbingan dan arahan ke hal-hal positif seperti pembiasaan-pembiasaan
mengenai hal-hal kerohanian berupa literasi Qur‟an, penerapan shalat berjamaah,
pembiasaan sifat-sifat jujur, disiplin, berahklak yang baik. Hal ini dibuktikan dengan
mampunya siswa menahan diri, bersikap tenang, antusias dalam mengikuti
pembelajaran, serta kemauan untuk menghadapi kesulitan-kesulitan dalam menuntut
ilmu.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian-uraian yang telah dipaparkan dalam bab-bab sebelumnya
maka dapat disimpulkan sebagai berikut:
1. Kompetensi kepribadian guru Pendidikan Agama Islam di SMAN 12 BONE
sudah cukup baik, guru Pendidikan Agama Islam jurusan IPS sudah mampu
menampilkan pribadi yang mantap dan stabil, dewasa, arif, berwibawa,
menjadi teladan bagi siswa, dan berakhlak mulia.
2. Upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam menumbuhkan sifat sabar siswa
jurusan IPS SMAN 12 BONE menyadari tugas dan tanggung jawab guru
Pendidikan Agama Islam sebagai titik tolak dalam menumbuhkan sifat sabar
siswa. Adapun upaya guru Pendidikan Agama Islam : 1) memberikan pesan-
pesan moral berupa nasehat kepada siswa mengenai pentingnya sifat sabar
baik itu di sekolah maupun di rumah. 2) adanya bimbingan dan arahan ke hal-
hal positif seperti pembiasaan-pembiasaan mengenai hal-hal kerohanian
berupa literasi Qur‟an, penerapan shalat berjamaah, pembiasaan sifat-sifat
jujur, disiplin, berahklak yang baik. Hal ini dibuktikan dengan mampunya
siswa menahan hawa nafsu/ menahan diri, bersikap tenang, antusias dalam
mengikuti pembelajaran, serta kemauan untuk menghadapi kesulitan-kesulitan
dalam menuntut ilmu.
B. Saran
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka di bawah ini akan
diuraikan saran-saran. Adapun saran-saran yang penulis maksud dalam pembahasan
skripsi ini adalah sebagai berikut:
1. Pemerintah, terutama pemerintah daerah untuk terus berupaya menyentuh
kompetensi guru khususnya kompetensi kepribadian baik melalui
pelatihan, workshop, maupun pemberdayaan musyawarah guru mata
pelajaran.
2. Bagi kepala Sekolah
Kepala sekolah hendaknya memberikan dukungan kepada guru untuk
selalu meningkatkan kompetensi kepribadiannya sehingga dapat menjadi
teladan yang baikbagi siswa.
3. Kepada guru Pendidikan Agama Islam
Seorang guru kiranya harus memiliki kompetensi yang baik dan sehat,
khususnya komptensi kepribadian perlu mendapatkan perhatian yang lebih
karena kepribadian yang baik mempunyai pengaruh yang penting terhadap
keberhasilan pembelajaran dan menghasilkan anak didik yang cerdas,
terampil, dan berahklak baik/bermoral.
Ketersediaan
| STAR20200020 | 20/2020 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
20/2020
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2020
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyahh
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
