mplementasi Pembelajaran Matematika Melalui Sistem Daring dalam Mengasah Kreativitas Guru di MI Al-Muhsinin Bulu Laju
Hartati/02.17.5114 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentangimplementasi pembelajaran matematika melalui sistem
daring dalam mengasah kreativitas guru. Adapun masalah yang diangkat dalam
penelitian ini adalah 1) Bagaimana mengetahuiproses pembelajaran matematika
melalui sistem daring? dan2) Bagaimana mengetahui bentuk kreativitas guru dalam
proses pembelajaran daring matematika menggunakan aplikasi WhatsApp di MI Al-
Muhsinin Bulu Laju?.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan Pendekatan
Paedagogik dan Pendekatan Sosiologis. Untuk memperoleh data yang diinginkan
menggunakan data primer dan data sekunder, selanjutnya dianalisis dengan cara;1)
Mereduksi data, 2) Mendiskripsikan data, 3) Penarikan Kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kreativitas guru dalam proses pembelajaran
daring menggunakan media pembelajaran yaitu video karakter pada mata pelajaran
Matematika yang dilakukan menggunakan aplikasi WhatsApp, proses pembelajaran
ini membuat siswa tidak merasa jenuh pada proses pembelajaran, tingkat pemahaman
siswa selama proses pembelajaran daring lebih mengalami perubahan dari segi hasil
pembelajaran dapat dilihat dari semangat dan antusias siswa ketika belajara dan
mengerjakan tugas yang diberikan, dalam penelitian ini telah dibuktikan bahwa
pemahaman siswa pada mata pelajaran matematika melalui sistem daring mengalami
peningkatan baik dari segi hasil belajar maupun dari segi antusias belajar siswa,
selain itu siswa juga memberikan respon yang lebih baik dalam mengikuti proses
belajar mengajar dibandingkan pembelajaran tatap muka atau offline.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian- uraian yang telah dipaparkan dalam bab- bab
sebelumnya, sesuai data hasil penelitian dan analisis peneliti mengenai Pemahaman
Siswa pada Mata Pelajaran Matematika melalui Sistem Daring di Mi Al-Muhsinin
Bulu Laju, maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut:
1. Pada proses pembelajaran matematika melalui sistem daring siswa tidak lagi
merasa takut untuk belajar matematika, karena dengan kreativitas guru yang
menciptakan suasana belajar yang baru dan menyenangkan meskipun hanya
menggunakan grub WhatsApp. Tingkat pemahaman siswa dapat dilihat
berdasarkan seberapa banyak mereka mengumpulkan tugas dan kecocokan
jawaban yang dikumpulkan, dan dapat dilihat dari hasil atau nilai tugas
tersebut.
2. Kreativitas guru dilihat dari bagaimana seorang guru menciptakan ide-ide yang
baru dalam proses pembelajaran, mengingat dimasa pandemi ini guru
dianjurkan untuk melakukan proses pembelajaran daring dimana siswa pun
belajar dari rumah dengan memanfaatkan aplikasi whatsappyang dijadikan
salah satu cara melakukan proses pembelajaran disini guru menciptakan
suasana belajar yang baru dengan memperlihatkan video karakter sebagai
media pembelajaran agar mempermudah siswa memahami pelajaran
matematika.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian dari kesimpulan yang telah dipaparkan maka
saran yang dapat disampaikan oleh peneliti sebagai berikut:
1. Untuk siswa dalam pembelajaran online diharapkan lebih mematuhi aturan-
aturan sebelum mereka memulai proses belajar agar pembelajaran dapat
berjalan dengan lancar dan menghindari hal- hal yang tidak diinginkan.
Beitupula untuk peneliti semoga diwaktu yang akan datang penelitian ini akan
sangat berguna diwaktu yang akan datang karena peneliti dapat menggunakan
media alam sekitar untu menumbukan kemampuan menulis puisi siswa.
2. Bagi guru dan calon guru untuk menumbuhkan Kreativitas Guru yang cocok
digunakan pada saat pembelajaran daring terkhusus pada mata pelajaran
matematika terlebih dahulu guru harus mengetahui suasana atau kondisi belajar
siswa sebelum memulai pembelajaran.
daring dalam mengasah kreativitas guru. Adapun masalah yang diangkat dalam
penelitian ini adalah 1) Bagaimana mengetahuiproses pembelajaran matematika
melalui sistem daring? dan2) Bagaimana mengetahui bentuk kreativitas guru dalam
proses pembelajaran daring matematika menggunakan aplikasi WhatsApp di MI Al-
Muhsinin Bulu Laju?.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan Pendekatan
Paedagogik dan Pendekatan Sosiologis. Untuk memperoleh data yang diinginkan
menggunakan data primer dan data sekunder, selanjutnya dianalisis dengan cara;1)
Mereduksi data, 2) Mendiskripsikan data, 3) Penarikan Kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kreativitas guru dalam proses pembelajaran
daring menggunakan media pembelajaran yaitu video karakter pada mata pelajaran
Matematika yang dilakukan menggunakan aplikasi WhatsApp, proses pembelajaran
ini membuat siswa tidak merasa jenuh pada proses pembelajaran, tingkat pemahaman
siswa selama proses pembelajaran daring lebih mengalami perubahan dari segi hasil
pembelajaran dapat dilihat dari semangat dan antusias siswa ketika belajara dan
mengerjakan tugas yang diberikan, dalam penelitian ini telah dibuktikan bahwa
pemahaman siswa pada mata pelajaran matematika melalui sistem daring mengalami
peningkatan baik dari segi hasil belajar maupun dari segi antusias belajar siswa,
selain itu siswa juga memberikan respon yang lebih baik dalam mengikuti proses
belajar mengajar dibandingkan pembelajaran tatap muka atau offline.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian- uraian yang telah dipaparkan dalam bab- bab
sebelumnya, sesuai data hasil penelitian dan analisis peneliti mengenai Pemahaman
Siswa pada Mata Pelajaran Matematika melalui Sistem Daring di Mi Al-Muhsinin
Bulu Laju, maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut:
1. Pada proses pembelajaran matematika melalui sistem daring siswa tidak lagi
merasa takut untuk belajar matematika, karena dengan kreativitas guru yang
menciptakan suasana belajar yang baru dan menyenangkan meskipun hanya
menggunakan grub WhatsApp. Tingkat pemahaman siswa dapat dilihat
berdasarkan seberapa banyak mereka mengumpulkan tugas dan kecocokan
jawaban yang dikumpulkan, dan dapat dilihat dari hasil atau nilai tugas
tersebut.
2. Kreativitas guru dilihat dari bagaimana seorang guru menciptakan ide-ide yang
baru dalam proses pembelajaran, mengingat dimasa pandemi ini guru
dianjurkan untuk melakukan proses pembelajaran daring dimana siswa pun
belajar dari rumah dengan memanfaatkan aplikasi whatsappyang dijadikan
salah satu cara melakukan proses pembelajaran disini guru menciptakan
suasana belajar yang baru dengan memperlihatkan video karakter sebagai
media pembelajaran agar mempermudah siswa memahami pelajaran
matematika.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian dari kesimpulan yang telah dipaparkan maka
saran yang dapat disampaikan oleh peneliti sebagai berikut:
1. Untuk siswa dalam pembelajaran online diharapkan lebih mematuhi aturan-
aturan sebelum mereka memulai proses belajar agar pembelajaran dapat
berjalan dengan lancar dan menghindari hal- hal yang tidak diinginkan.
Beitupula untuk peneliti semoga diwaktu yang akan datang penelitian ini akan
sangat berguna diwaktu yang akan datang karena peneliti dapat menggunakan
media alam sekitar untu menumbukan kemampuan menulis puisi siswa.
2. Bagi guru dan calon guru untuk menumbuhkan Kreativitas Guru yang cocok
digunakan pada saat pembelajaran daring terkhusus pada mata pelajaran
matematika terlebih dahulu guru harus mengetahui suasana atau kondisi belajar
siswa sebelum memulai pembelajaran.
Ketersediaan
| STAR20220282 | 282/2022 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
282/2022
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2022
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
