Efektivitas Metode Inkuiri pada Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa di SD Inpres 12/79 Tassipi Kab.Bone

No image available for this title
Skripsi ini membahas tentang “Efektivitas Metode Inkuiri pada Pembelajaran
IPA untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa di SD Inpres 12/79 Tassipi
Kab.Bone”. Ada dua sub masalah yang dikaji dalam skripsi ini yaitu penggunaan
metode inkuiri pada materi pembelajaran IPA, dan konstribusi metode inkuiri untuk
meningkatkan minat belajar siswa di SD Inpre 12/79 Tassipi Kabupaten Bone.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) penggunaan metode inkuiri
pada materi pembelajaran IPA (2) konstribusi metode inkuiri untuk meningkatkan
minat belajar siswa di SD Inpres 12/79 Tassipi Kabupaten Bone. Untuk memudahkan
memecahkan masalah tersebut, penulis mengumpulkan data dengan metode obsevasi,
tes, dan dokumentasi, yaitu suatu metode yang digunakan dengan jalan mendatangi
lokasi penelitian, dan mengadakan pengamatan langsung terhadap objek yang diteliti.
Jenis penelitian yang dilakukan yaitu penelitian kuantitatif (statistik) yaitu mengolah
data dengan bertolak dari teori-teori untuk mendapatkan kejelasan pada masalah, baik
data yang terdapat di lapangan maupun yang terdapat pada kepustakaan
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Penggunaaan metode inkuiri pada
materi pembelajaran IPA di SD Inpres 12/79 Tassipi Kecematan Amali Kabupaten
Bone dengan menggunakan langkah-langkah metode inkuiri efektif untuk
meningkatkan minat belajar siswa. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai hasil tes
yang telah dilakukan dimana nilai rata-rata siswa yang didapatkan pada saat tes awal
atau pretest yaitu 62,4 dan nilai tes akhir atau posttest setelah diberikan perlakuan
menggunakan metode inkuiri dalam pembelajaran yaitu hasil nilai rata-rata siswa
yang didapatkan 70,7. Selain itu, dapat dilihat dari hasil perhitungan yang diperoleh
thitung = 6,10 sedangkan ttabel = 1,761. Maka dapat disimpulkan bahwa thitung > ttabel,
maka artinya H1 di terima dan H0 di tolak (2) Konstribusi metode inkuiri dalam
meningkatkan minat belajar siswa di SD Inpres 12/79 Tassipi Kecematan Amali
Kabupaten Bone. Dapat dilihat dari kegiatan yang dilakukan dalam pembelajaran
dengan Metode pembelajaran inkuiri yang menempatkan siswa sebagai subjek dalam
proses belajar mengajar sehingga siswa berperan untuk menemukan sendiri inti dari
materi pembelajaran melalui pengalaman yang konkrit sesuai objek yang telah
dilihatnya dalam pengamatan. Sedangkan kegiatan diskusi dan minat belajar akan
menciptakan suasana yang kondusif, karena belajar dengan teman akan memudahkan
untuk saling bertukar pendapat sesuai dengan pengalaman yang didapatkan dalam
pengamatan. Sehingga, pembelajaran tidak merasa membosankan bagi siswa dan
tetap semangat untuk mengikuti kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu, metode
inkuri berkonstribusi banyak dalam meningkatkan minat belajar siswa.
A. Simpulan
Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh penulis tentang efektivitas
pembelajaran menggunakan metode inkuiri untuk meningkatkan minat belajar IPA
siswa di SD Inpres 12/79 Tassipi Kabupaten Bone, maka penulis dapat
menyimpulkan:
1. Penggunaaan metode inkuiri pada materi pembelajaran IPA di SD Inpres
12/79 Tassipi Kecematan Amali Kabupaten Bone dengan mengunakan
langkah-langkah metode inkuiri efektif untuk meningkatkan minat belajar
siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan yang diperoleh thitung = 6,10
sedangkan ttabel = 1,761. Maka dapat disimpulkan bahwa thitung > ttabel, maka
artinya H1 di terima dan H0 di tolak. Hal ini menunjukkan bahwa minat
belajar siswa lebih baik setelah menerapkan metode pembelajaran inkuiri..
2. Konstribusi metode inkuiri dalam meningkatkan minat belajar siswa di SD
Inpres 12/79 Tassipi Kecematan Amali Kabupaten Bone. Hal ini dapat dilihat
dari kegiatan yang dilakukan dalam pembelajaran dengan Metode
pembelajaran inkuiri yang menempatkan siswa sebagai subjek dalam proses
belajar mengajar sehingga siswa berperan untuk menemukan sendiri inti dari
materi pembelajaran melalui pengalaman yang konkrit sesuai objek yang
telah dilihatnya dalam pengamatan. Sedangkan melalui kegiatan diskusi,
siswa dapat membahas hasil pengamatan dan memecahkan masalah bersama
teman satu kelompok. Kegiatan diskusi dan minat belajar akan menciptakan
suasana yang kondusif, karena belajar dengan teman akan memudahkan
untuk saling bertukar pendapat sesuai dengan pengalaman yang didapat
dalam pengamatan. Sehingga, pembelajaran tidak merasa membosankan bagi
siswa dan tetap semangat untuk mengikuti pembelajaran. Oleh karena itu,
metode inkuri berkonstribusi banyak dalam meningkatkan minat belajar
siswa.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka di bawah ini
dikemukakan implikasi penelitian yang berisikan saran-saran. Adapun saran-saran
penulis dalam pembahasan ini adalah sebagai berikut:
1. Bagi Sekolah
Metode pembelajaran inkuiri sebaiknya lebih sering digunakan dalam
pembelajaran di kelas khususnya pada materi pembelajaran IPA. Metode
pembelajaran ini dapat menjadi alternative yang tepat sebagai upaya untuk
menyajikan kegiatan pembelajaran yang bervariasi. Dengan bervariasinya
pembelajaran maka akan meningkatkan minat belajar siswa.
2. Bagi Guru
Guru diharapkan dapat memberikan pembelajaran yang bervariatif
pada pembelajaran lainya. Guru sebaiknya menggunakan metode inkuiri
dalam proses pembelajaran khususnya pada materi pembelajaran IPA karena
dapat membuat siswa tertarik untuk berpartisipasi dalam kegiatan
pembelajaran serta minat siswa dapat meningkat.
3. Bagi Siswa
Bagi siswa diharapkan dapat secara mandiri mencari bahan atau data
mengenai materi yang dipalajari tanpa harus terlalu bergantung kepada guru.
Serta lebih berani dalam mengungkapkan pendapatnya atau bertanya untuk
mencari tahu materi yang bersangkutan.
4. Bagi Peneliti Lain
Bagi peneliti lain diharapkaan dapat dikembangkan untuk penelitian
selanjutnya agar dapat terus memperbaiki kualitas pembelajaran yang ada,
mengingat banyaknya permasalahan yang mungkin terjadi dalam kegitatan
pendidikan.
Ketersediaan
STAR2021008484/2021Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

84/2021

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyahh

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top