Peran Kegiatan Pramuka dalam Pembentukan Kepribadian Siswa SMA Negeri 24 Bone

No image available for this title
Skripsi ini membahas mengenai“Peran Kegiatan Pramuka dalam
Pembentukan Kepribadian Siswa SMA Negeri 24 Bone”. Hal yang penting dikaji
dalam skripsi ini yakni untuk mengetahui tentang peran kegiatn pramuka dalam
pembentukan kepribadian siswa. Rumusan masalah, tujuan dan kegunaan penelitian
yaitu a) Pelaksanaan kegiatan pramuka, b) Peran kegiatan pramuka dalam
pembentukan kepribadian siswa, kegunaan peneltian meliputi kegunaan praktis.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, peneliti menggunakan
metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan manajemen, pedagogik
dan sosiologi. Adapun data dan sumber data yang digunakan adalah data primer dan
sekunder. Penelitian ini menggunakan metode lapangan (Field Research) dengan
menggunakan teknik antara lain observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang
diperoleh dan dianalisis dengan menggunakan reduksi data, display data, penarikan
kesimpulan dan verifikasi, selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik analisis
data deskriptif kualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa peran kegiatan pramuka di
SMA Negeri 24 Bone terdapat beberapa kegiatan pramuka yakni: (1) Baris-berbaris
meliputi: kegiatan pramuka yang menyenangkan karena bisa melatih otak sehingga
dapat melatih kepakaan dan kesigakan. (2) Perkemahan meliputi: aktivitas yang
menyenangkan bagi setiap insan yang hobi berkemah di alam bebas. (3) Upacara
adalah rangkaian tindakan yang terikat oleh aturan. (4) Permainan meliputi: yang
dapat mengembangkan karakter siswa. (5) Pengembaraan meliputi: salah satu
kegiatan yang dilaksanakan di luar atau berada di lingkungan alam. (6) Pertemuan
meliputi: suatu wadah yang digunakan untuk mencapai tujuan pendidikan gerakan
pramuka. Dengan adanya kegiatan pramuka, anggota pramuka dapat melalui
pembentukan kepribadian yakni: (1) Warisan Biologis. (2) Warisan Lingkungan
Alam. (3) Warisan Sosial dan Kebudayaan. (4) Pengalaman Kelompok Manusia. (5)
Pengalaman Unik.
A. Simpulan
1. Pelaksanaan kegiatan pramuka di SMA Negeri 24 Bone yaitu sudah
berjalan dengan baik karena sudah menerapkan serta mengaplikasikan
kagiatan pramuka yang mengandung kepribadian siswa. Sehingga siswa
sendiri dapat melaksakan kegiatan-kegiatan pramuka di lingkungan sekolah
maupun dilingkungan sosial. Kegiatan pramuka yang ada di SMA Negeri
24 Bone selalu menegaskan untuk mengikuti peraturan yang telah di
sepakati oleh anggota pramuka. Sebenarnya tidak ada halangan yang berat
karena semua kegiatan pramuka berjalan dengan baik dan dalam di
kendalikan dari segi anggaran tetapi masih bisa diatasi.
Kegiatan pramuka di SMA Negeri 24 Bone selalu didorong semaksimal
mungkin karena sesuai dengan kurikulum 2013 yang mengharuskan
kedisiplinan terbentuk dengan baik beserta kepribadian anggota pramuka.
2. Peran kegiatan pramuka dalam pembentukan kepribadian siswa SMA
Negeri 24 Bone yaitu sudah berjalan dengan baik karena sikap dan
kedisiplan yang dimiliki siswa mempunyai perbedaan dengan siswa yang
tidak mengikuti kegiatan pramuka walaupun ada anggota yang belum
memperlihatkan sikap dan kedisplinan yang baik bagi siswa lain tetapi
masih banyak anggota pramuka yang memperlihatkan jiwa
kepemimpinannya sehingga hal tersebut bisa sebagai contoh bagi siswa
yang tidak mengikuti kegiatan pramuka Dalam hal ini siswa anggota
pramuka di SMA Negeri 24 Bone sudah bisa menonjolkan jiwa
kepemimpinan dan lebih mengutamakan akhlak dan mengembangkan
akhlak siswa yang mengikuti kegiatan pramuka.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan di atas,maka di bawah ini akan
diuraikan implikasi penelitian yang berisi saran-saran.
Adapun saran-saran yang penulis maksud sebagai berikut :
1. Kepala sekolah lebih memperhatikan sikap siswa yang mengikuti kegiatan
pramuka agar dapat memberi contoh kepada siswa lain dan diharapakan
adanya komunikasi yang baik antara pihak sekolah dengan organisasi
pramuka, agar tujuan dari pendidikan karakter dapat tercapai sesuai dengan
tujuan dan mendapatkan dukungan dari semua pihak.
2. Diharapkan pembina pramuka dapat memberikan dorongan kepada siswa
sesuai dengan kegiatan pramuka yaitu membimbing dan mendidik anggota
pramuka dan pembentukan agar menjadi manusia yang berkepribadian.
Ketersediaan
STAR20190223223/2019Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

223/2019

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyahh

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top