Pengaruh Iklim Madrasah Terhadap Produktivitas Kerja Guru di Madrasah Aliyah Swasta Tinco Kec. Ponre Kab. Bone
Muh. Usram/02.15.3197 - Personal Name
Penelitian ini membahas tentang iklim sekolah yang merupakan suatu elemen
penting dalam peningkatan mutusekolah yang berkualitas. Iklim sekolah yang
kondusif akan terwujud dengan baik, apabila syarat akan rasa aman, nyaman, saling
mendukung dan menguatkan antar elemen sekolah. Sehingga produktivitas kerja guru
dapat berjalan dengan baik dan maksimal. Oleh karenanya, penciptaan hubungan
yang saling mendukung dan menguatkan baik antara kepala sekolah dengan bawahan
yaitu guru dan karyawan, antara guru dengan guru, antara guru dengan siswa,
maupun peserta didik dengan peserta didik itu sendiri. Berdasarkan hal tersebut maka
permasalahan dalam penelitian ini yakni bagaimana hubungan ketergantungan iklim
madrasah terhadap produktivitas kerja guru di Madrasah Aliyah Swasta Tinco
Kec.PonreKab. Bone.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian
penelitian kuantitatif sedangkan pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan
manajemen, sosiologis dan psikologis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklim madrasah berpengaruh secara
signifikan terhadap produktivitas kinerja guru madrasah Aliyah Swasta Tinco Kec.
Ponre Kab. Bone sehingga tinggi rendahnya kualitas iklim madrasah akan
berpengaruh terhadap tinggi rendahnya produktivitas kinerja guru Madrasah Aliyah
Swasta Tinco Kec. Ponre Kab. Bone. Hal tersebut ditunjukkan dengan uji regresi
yang lebih kecil dari taraf signifikansi, yaitu < 0,05 dan nilai F hitung lebih besar dari
F tabel, yaitu 14,760 < 4,35. Koefisien R² sebesar 0,671 berarti variabel iklim
madrasah mampu menjelaskan variabel produktivitas kinerja guru sebesar 67,1%.
Kebermaknaan 32,9% yang lainnya diperkirakan dipengaruhi oleh variabel lain yang
tidak diungkap dalam penelitian ini.
A. Simpulan
1. Kondisi iklim madrasah di Madrasah Aliyah Swasta Tinco Kecamatan Ponre
Kabupaten Bone dalam keadaan baik.
2. Produktivitas kinerja guru di Madrasah Aliyah Swasta Tinco Kecamatan
Ponre Kabupaten Bone dalam keadaan baik.
3. Iklim madrasah berpengaruh secara signifikan terhadap produktivitas kinerja
guru madrasah Aliyah Swasta Tinco Kec. Ponre Kab. Bone sehingga tinggi
rendahnya kualitas iklim madrasah akan berpengaruh terhadap tinggi
rendahnya produktivitas kinerja guru Madrasah Aliyah Swasta Tinco Kec.
Ponre Kab. Bone.
B. Impilkasi
1. Diharapkan kepada para pengelola satuan pendidikan terutama kepala
madrasah dan para guru untuk lebih menjaga iklim madrasah guna
terciptanya produktivitas kerja yang baik.
2. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan suatu titik tolak bagi kepala
madrasah sekolah dalam meningkatkan kinerja guru melalui perbaikan iklim
madrasah.
penting dalam peningkatan mutusekolah yang berkualitas. Iklim sekolah yang
kondusif akan terwujud dengan baik, apabila syarat akan rasa aman, nyaman, saling
mendukung dan menguatkan antar elemen sekolah. Sehingga produktivitas kerja guru
dapat berjalan dengan baik dan maksimal. Oleh karenanya, penciptaan hubungan
yang saling mendukung dan menguatkan baik antara kepala sekolah dengan bawahan
yaitu guru dan karyawan, antara guru dengan guru, antara guru dengan siswa,
maupun peserta didik dengan peserta didik itu sendiri. Berdasarkan hal tersebut maka
permasalahan dalam penelitian ini yakni bagaimana hubungan ketergantungan iklim
madrasah terhadap produktivitas kerja guru di Madrasah Aliyah Swasta Tinco
Kec.PonreKab. Bone.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian
penelitian kuantitatif sedangkan pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan
manajemen, sosiologis dan psikologis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklim madrasah berpengaruh secara
signifikan terhadap produktivitas kinerja guru madrasah Aliyah Swasta Tinco Kec.
Ponre Kab. Bone sehingga tinggi rendahnya kualitas iklim madrasah akan
berpengaruh terhadap tinggi rendahnya produktivitas kinerja guru Madrasah Aliyah
Swasta Tinco Kec. Ponre Kab. Bone. Hal tersebut ditunjukkan dengan uji regresi
yang lebih kecil dari taraf signifikansi, yaitu < 0,05 dan nilai F hitung lebih besar dari
F tabel, yaitu 14,760 < 4,35. Koefisien R² sebesar 0,671 berarti variabel iklim
madrasah mampu menjelaskan variabel produktivitas kinerja guru sebesar 67,1%.
Kebermaknaan 32,9% yang lainnya diperkirakan dipengaruhi oleh variabel lain yang
tidak diungkap dalam penelitian ini.
A. Simpulan
1. Kondisi iklim madrasah di Madrasah Aliyah Swasta Tinco Kecamatan Ponre
Kabupaten Bone dalam keadaan baik.
2. Produktivitas kinerja guru di Madrasah Aliyah Swasta Tinco Kecamatan
Ponre Kabupaten Bone dalam keadaan baik.
3. Iklim madrasah berpengaruh secara signifikan terhadap produktivitas kinerja
guru madrasah Aliyah Swasta Tinco Kec. Ponre Kab. Bone sehingga tinggi
rendahnya kualitas iklim madrasah akan berpengaruh terhadap tinggi
rendahnya produktivitas kinerja guru Madrasah Aliyah Swasta Tinco Kec.
Ponre Kab. Bone.
B. Impilkasi
1. Diharapkan kepada para pengelola satuan pendidikan terutama kepala
madrasah dan para guru untuk lebih menjaga iklim madrasah guna
terciptanya produktivitas kerja yang baik.
2. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan suatu titik tolak bagi kepala
madrasah sekolah dalam meningkatkan kinerja guru melalui perbaikan iklim
madrasah.
Ketersediaan
| STAR20190221 | 221/2019 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
221/2019
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2019
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyahh
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
