Strategi Guru Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswaa Pada Metode Card Short Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 1 Di MI Nur Arrahman Kajuara

No image available for this title
Skripsi ini membahas tentang “strategi guru dalam upaya meningkatkan
kemampuan membaca permulaan siswa pada metode Card Short pembelajaran
Bahasa Indonesia Kelas 1 Di MI Nur Arrahman Kajuara”. Ada tiga sub masalah
yang dikaji dalam skripsi ini yaitu strategi Guru bahasa Indonesia dalam upaya
meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa di MI Nur Arrahman Kajuara,
penerapan metode Card Short untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan
pada pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas 1 di MI Nur Arrahman Kajuara,
Hasil metode Card Short dalam terhadap peningkatan kemampuan Membaca
Permulaan pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas 1 di MI Nur Arrahman
Kajuara.
Untuk memperoleh jawaban terhadap permasalahan tersebut, penulis
menggunakan jenis penelitian kualitatif Penelitian ini merupakan penelitian lapangan
yang bersifat kualitatif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah
pendekatan paedagogik, sosiologis dan pendekatan psikologis. Adapun teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara. Data yang diperoleh dianalisis
menggunakan analisis kualitatif dengan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data,
dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) strategi guru dalam upaya
meningkatkan kemampuan membaca siswa permulaan sudah dilaksanakan dengan
maksimal. Guru memberikan buku bacaan kepada siswa dan berusaha memanfaatkan
waktu sabaik mungkin agar kemampuan membaca siswa dapat meningkat disamping
itu guru juga menggunakan media kartu huruf yang berwarna yang digunakan untuk
memperlihatkan huruf kepada siswa. (2) penerapan metode Card Short sudah
dianggap berhasil dilihat dari kemampuaan membaca siswa yang sebelumnya belum
mampu membaca terutama siswa yang tidak mengenyam bangku taman kanak-kanak
dengan melalui metode ini sudah dapat mengenal huruf. sudah mampu membaca
suku kata dan kalimat yang diberikan oleh guru. (3) Hasil metode Card Short yang
telah diterapkan guru sudah terlaksana dengan baik metode ini memberikan pengaruh
yang besar bagi siswa, siswa lebih antusias dalam belajar, menjadi lebih aktif, berani
mengutarakan pendapat dihadapan guru dan teman-temannya serta lebih bersemangat
dan termotivasi dalam belajar.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian yang telah dipaparkan sebelumnya, maka yang menjadi
simpulan dalam pembahasan skripsi ini adalah sebagai berikut:
1. Upaya guru dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa permulaan
sudah dilaksanakan dengan maksimal. Guru memberikan buku bacaan kepada
siswa dan berusaha memanfaatkan waktu sebaik mungkin agar kemampuan
membaca siswa dapat meningkat. Disamping itu guru juga menggunakan
media kartu huruf yang berwarnah yang digunakan untuk memperlihatkan
huruf kepada siwa.
2. Metode Card Short yang di terapkan guru sudah terlaksana dengan baik.
Metode ini mampu menghidupkan suasana belajar siswa, siswa lebih antusias
dalam belajar, lebih aktif dalam proses belajar-mengajar, lebih berani
mengutaran pendapatnya dihapadan guru dan teman-temannya, lebih
bersemangat dan termotivasi lagi dalam belajar.
3. Penerapan metode Card Sort yang dilaksanakan guru dianggap berhasil.
Metode ini memberikan pengaruh yang sangat besar bagi siswa, dimana siswa
yang sebelumnya belum mampu membaca terutama siswa yang tidak
mengenyam bangku Taman Kanak-Kanak sebelum masuk di MI Nur
Arrahman Kajuara melalui metode ini sudah mampu mengenal huruf bahkan
ada siswa yang bisa langsung menghafalkan huruf A sampai Z. Bukan hanya
itu, melalui metode ini siswa sudah mampu membaca beberapa suku kata dan
kalimat yang diberikan oleh guru,
B. Implikasi
Setelah peneliti menguraikan simpulan di atas, dibawah ini diuraikan
implikasi penelitian yang mungkin dikemudian hari dapat berguna bagi lembaga
MI Nur Arrahman Kajuara.
1. Kepala madrasah hendaknya lebih mengoptimalkan upaya guru dalam
meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa. Upaya ini bisa dalam
bentuk kepala madrasah mensuvervisi guru yang ada di lingkup MI Nur
Arrahman Kajuara kemudian dari hasil suvervisi ini kepala madrasah akan
mengetahui apa yang menjadi kebutuhan guru dan siswa juga termasuk
memperhatikan sarana dan prasana yang dapat mendukung proses belajar
mengajar siswa khususnya yang berkaitan dengan peningkatan kemampuan
membaca sebagai upaya meningkatkan kwalitas madrasah.
2. Hendaknya guru memberikan perhatian yang lebih besar lagi, lebih sering
memberikan latihan kepada para siswa agar para siswa tetap bersemangat
belajar, siswa yang sudah mampu membaca agar lebih lancar lagi dan siswa
yang masih terbata-bata agar juga bisa menjadi lancar membaca.
Ketersediaan
STAR20210153153/2021Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

153/2021

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top