Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Minat dan Daya Beli Produk Perumahan Villa Art Regency Kabupaten Bone Menurut Perspektif Ekonomi Islam
Irfan/01.16.3100 - Personal Name
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Analisa data
bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu
pengawas atau pengelola pada Perumahan Villa Art Regency Kelurahan Bulu Tempe
dan objek pada penelitian ini tentang strategi pemasaran dalam meningkatkan minat
dan daya beli produk perumahan Villa Art Regency menurut perspektif ekonomi
Islam. Adapun metode pengumpulan data yang di gunakan adalah observasi,
wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif analitik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi pemasaran yang diterapkan oleh
Perumahan Villa Art Regency menggunakan strategi bauran
pemasaran/Marketing Mix meliputi strategi produk, strategi harga, strategi tempat dan
strategi promosi serta bagaimana implikasi strategi pemasarannya menurut perspektif
ekonomi Islam. Dimana dengan menggunakan strategi bauran pemasaran/Marketing
Mix ini dapat diketahui keunggulan atau kelebihan perumahan Villa Art Regency
dibanding perumahan lainnya sehingga mampu meningkatkan minat dan daya beli
perumahan tersebut.
Dalam tinjauan ekonomi Islam, Strategi Bauran pemasaran Villa Art Regency
sudah sesuai dengan pemasaran Islam sebagian besar konsep telah sesuai. Dimana
dari segi produk mengedepankan kualitas dan kejujuran, dari segi penetapan harga
sesuai kualitas dan kuantitas produk yang ditawarkan sehingga tidak ada yang
terzolimi, kemudian dari segi tempat memberikan rasa nyaman, aman dan aksesnya
mudah dijangkau serta dari segi promosi selalu berpatokan dengan etika bisnis Islam
yaitu tanpa kebohongan dan kecurangan melainkan berpedoman dengan prinsip-
prinsip syariah.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dipaparkan penulis diatas, maka
penulis dapat menarik kesimpulan yaitu:
1. bahwa Strategi pemasaran yang dilakukan oleh Perumahan Villa Art Regency
menggunakan strategi bauran pemasaran/Marketing Mix meliputi strategi
produk, strategi harga, strategi tempat dan strategi promosi. Dengan
melakukan strategi tersebut dapat diketahui keunggulan atau kelebihan
Perumahan Villa Art Regency dibanding dengan perumahan lainnya yaitu DP
atau Uang muka yang murah, yakni 0% dari harga rumah, reputasi developer
yang baik dan terpercaya, biaya angsuran yang lebih ringan, material bangunan
yang berkualitas, lokasi yang strategis karena umumnya perumahan bersubsidi
dibangun di daerah industry, fasilitas yang memadai dan dekat dengan tempat
keramaian seperti sekolah, kantor, pasar,yayasan dan gedung olahraga, rumah
sudah dibangun atau dalam tahap pembangunan, jadi tidak ada sistem inden
yang dapat menyebabkan rumah gagal terbangun dan syarat pengajuan
permohonan dokumen sangat mudah. Dengan melakukan strategi bauaran
pemasaran/Marketing Mix sehingga pihak perumahan Villa Art Regency dapat
menawarkan/memaparkan kepada masyarakat mengenai keunggulan produk
perumahannya dibanding produk perumahan lainnya sehingga Perumahan
Villa Art Regency berhasil meningkatkan minat dan daya beli masyarakat
terhadap produk perumahannya. Terbukti sampai sekarang semua rumah yang
telah rampung dibangun sudah ada semua pemiliknya serta setiap tahun
mengalami peningkatan angka penjualan dan sampai sekarang pihak
Perumahan Villa Art Regency terus melakukan pembangunan berkelanjutan.
2. Menurut Perspektif Ekonomi Islam implementasi strategi bauran pemasaran
Perumahan Villa Art Regency sudah sesuai dengan pemasaran islam sebagian
besar konsep pemasaran telah sesuai. Dari segi produk mengedepankan
kualitas dan kejujuran, dari segi penetapan harga sesua kulitas dan kuantitas
produk yang ditawarakan, kemudian dari segi tempat/saluran distribusi
memberikan rasa aman, nyaman dan akses yang mudah dijangkau serta dari
segi promosi selalu berpatokan dengan etika bisnis islam yaitu tidak
melakukan kecurangan, tidak ada paksaan dalam pembelian produk, tidak
menggunakan cara-cara yang bertentangan prinsip-prinsip syariah dan tidak
menjellekkan produk pesaing dalam memasarkan produknya.
B. Saran
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka penulis mengemukakan
beberapa saran yaitu sebagai berikut:
1. Perumahan Villa Art Regency harus selalu berinovasi untuk mempertahankan
serta meningkatkan kualitas Sarana dan Prasarana yang dianggap masih perlu
ditingkatkan, menciptakan inovasi-inovasi baru strategi pemasaran seperti
memanfaatkan teknologi sesuai era 4.0 sehingga dapat tetap bisa unggul
dengan perumahan lainnya dan memperluas jaringan kerjasama dengan
instansi-instansi guna meningkatkan promosi.
2. Perumahan Villa Art Regency harus mampu mempertahankan penerapan nilai-
nilai islam atau syariah yaitu selalu bersikap jujur dan mengedepankan
kualitas produk, bersikap ramah terhadap konsumen, selalu memberikan rasa
aman dan nyaman terhadap konsumen serta tidak melakukan perbuatan
curang dan segala sesuatu yang bertentangan dengan prinsip-prinsip syariah
3. Peneliti menyadari masih banyak kekurangan dalam penulisan ini, maka
diharapkan untuk peneliti selanjutnya dapat melanjutkan penelitian ini dengan
mengukur dari segi aspek yang berbeda dan metodologi yang berbeda.
bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu
pengawas atau pengelola pada Perumahan Villa Art Regency Kelurahan Bulu Tempe
dan objek pada penelitian ini tentang strategi pemasaran dalam meningkatkan minat
dan daya beli produk perumahan Villa Art Regency menurut perspektif ekonomi
Islam. Adapun metode pengumpulan data yang di gunakan adalah observasi,
wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif analitik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi pemasaran yang diterapkan oleh
Perumahan Villa Art Regency menggunakan strategi bauran
pemasaran/Marketing Mix meliputi strategi produk, strategi harga, strategi tempat dan
strategi promosi serta bagaimana implikasi strategi pemasarannya menurut perspektif
ekonomi Islam. Dimana dengan menggunakan strategi bauran pemasaran/Marketing
Mix ini dapat diketahui keunggulan atau kelebihan perumahan Villa Art Regency
dibanding perumahan lainnya sehingga mampu meningkatkan minat dan daya beli
perumahan tersebut.
Dalam tinjauan ekonomi Islam, Strategi Bauran pemasaran Villa Art Regency
sudah sesuai dengan pemasaran Islam sebagian besar konsep telah sesuai. Dimana
dari segi produk mengedepankan kualitas dan kejujuran, dari segi penetapan harga
sesuai kualitas dan kuantitas produk yang ditawarkan sehingga tidak ada yang
terzolimi, kemudian dari segi tempat memberikan rasa nyaman, aman dan aksesnya
mudah dijangkau serta dari segi promosi selalu berpatokan dengan etika bisnis Islam
yaitu tanpa kebohongan dan kecurangan melainkan berpedoman dengan prinsip-
prinsip syariah.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dipaparkan penulis diatas, maka
penulis dapat menarik kesimpulan yaitu:
1. bahwa Strategi pemasaran yang dilakukan oleh Perumahan Villa Art Regency
menggunakan strategi bauran pemasaran/Marketing Mix meliputi strategi
produk, strategi harga, strategi tempat dan strategi promosi. Dengan
melakukan strategi tersebut dapat diketahui keunggulan atau kelebihan
Perumahan Villa Art Regency dibanding dengan perumahan lainnya yaitu DP
atau Uang muka yang murah, yakni 0% dari harga rumah, reputasi developer
yang baik dan terpercaya, biaya angsuran yang lebih ringan, material bangunan
yang berkualitas, lokasi yang strategis karena umumnya perumahan bersubsidi
dibangun di daerah industry, fasilitas yang memadai dan dekat dengan tempat
keramaian seperti sekolah, kantor, pasar,yayasan dan gedung olahraga, rumah
sudah dibangun atau dalam tahap pembangunan, jadi tidak ada sistem inden
yang dapat menyebabkan rumah gagal terbangun dan syarat pengajuan
permohonan dokumen sangat mudah. Dengan melakukan strategi bauaran
pemasaran/Marketing Mix sehingga pihak perumahan Villa Art Regency dapat
menawarkan/memaparkan kepada masyarakat mengenai keunggulan produk
perumahannya dibanding produk perumahan lainnya sehingga Perumahan
Villa Art Regency berhasil meningkatkan minat dan daya beli masyarakat
terhadap produk perumahannya. Terbukti sampai sekarang semua rumah yang
telah rampung dibangun sudah ada semua pemiliknya serta setiap tahun
mengalami peningkatan angka penjualan dan sampai sekarang pihak
Perumahan Villa Art Regency terus melakukan pembangunan berkelanjutan.
2. Menurut Perspektif Ekonomi Islam implementasi strategi bauran pemasaran
Perumahan Villa Art Regency sudah sesuai dengan pemasaran islam sebagian
besar konsep pemasaran telah sesuai. Dari segi produk mengedepankan
kualitas dan kejujuran, dari segi penetapan harga sesua kulitas dan kuantitas
produk yang ditawarakan, kemudian dari segi tempat/saluran distribusi
memberikan rasa aman, nyaman dan akses yang mudah dijangkau serta dari
segi promosi selalu berpatokan dengan etika bisnis islam yaitu tidak
melakukan kecurangan, tidak ada paksaan dalam pembelian produk, tidak
menggunakan cara-cara yang bertentangan prinsip-prinsip syariah dan tidak
menjellekkan produk pesaing dalam memasarkan produknya.
B. Saran
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka penulis mengemukakan
beberapa saran yaitu sebagai berikut:
1. Perumahan Villa Art Regency harus selalu berinovasi untuk mempertahankan
serta meningkatkan kualitas Sarana dan Prasarana yang dianggap masih perlu
ditingkatkan, menciptakan inovasi-inovasi baru strategi pemasaran seperti
memanfaatkan teknologi sesuai era 4.0 sehingga dapat tetap bisa unggul
dengan perumahan lainnya dan memperluas jaringan kerjasama dengan
instansi-instansi guna meningkatkan promosi.
2. Perumahan Villa Art Regency harus mampu mempertahankan penerapan nilai-
nilai islam atau syariah yaitu selalu bersikap jujur dan mengedepankan
kualitas produk, bersikap ramah terhadap konsumen, selalu memberikan rasa
aman dan nyaman terhadap konsumen serta tidak melakukan perbuatan
curang dan segala sesuatu yang bertentangan dengan prinsip-prinsip syariah
3. Peneliti menyadari masih banyak kekurangan dalam penulisan ini, maka
diharapkan untuk peneliti selanjutnya dapat melanjutkan penelitian ini dengan
mengukur dari segi aspek yang berbeda dan metodologi yang berbeda.
Ketersediaan
| SFEBI20200142 | 142/2020 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
142/2020
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2020
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
