Pengaruh Penerapan Metode Jarimatika dalam Keterampilan Berhitung Dasar Siswa Kelas III MI Nurul Hikmah Pajalele kab.Bone.

No image available for this title
Skripsi ini berjudul Pengaruh Penerapan Metode Jarimatika dalam Keterampilan
Berhitung Dasar Siswa dikelas III MI Nurul Hikmah Pajalele kab.Bone. Tujuan
penelitian ini adalah Apakah terdapat pengaruh dalam penerapan metode jarimatika
dalam melatih keterampilan berhitung dasar siswa pada kelas III di MI Nurul Hikmah
Pajelele Kab.Bone.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan
pendekatan pra-eksperimen dan menggunakan one group pre-test post-test
design.Kemudian pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
pedagogis dan sosiologis. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumen
yang berkaitan dengan penelitian.Data dianalisis menggunakan analisis statistik
deskriptif, analisis regresi linear sederhana dan analisis korelasi product moment.yang
didukung oleh data primer dan sekunder.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan
sebelum dan setelah pemberian metode Jarimatika pada keterampilan berhitung dasar.
kesimpulan yang sahih mengenai penelitian yang dilaksanakan. Hasil uji t
menunjukkan bahwa nilai Sig (2-tailed) < alpha (0.05) yang memberikan kesimpulan
bahwa terdapat perbedaan yang nyata sebelum dan setelah diberikannya metode
tersebut dalam meningkatkan keterampilan berhitung dasar. Selain itu, Hasil analisis
tersebut menunjukkan bahwa pemberian metode Jarimatika memberikan efek yang
Kurang Efektif dalam meningkatkan keterampilan berhitung dasar. Rata-rata hasil tes
keterampilan berhitung dasarkelas III MI Nurul Hikmah Pajalele juga meningkat dari
5.60 (sebelum pemberian metode Jarimatika) ke 8.00 (setelah pemberian metode
Jarimatika).
A. Simpulan
Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa :
1. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang
signifikan sebelum dan setelah pemberian metode Jarimatika pada
keterampilan berhitung dasar. kesimpulan yang sahih mengenai penelitian
yang dilaksanakan. Hasil uji t menunjukkan bahwa nilai Sig (2-tailed) <
alpha (0.05) yang memberikan kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang
nyata sebelum dan setelah diberikannya metode tersebut dalam
meningkatkan keterampilan berhitung dasar. Selain itu, Hasil analisis
tersebut menunjukkan bahwa pemberian metode Jarimatika memberikan
efek yang dalam meningkatkan keterampilan berhitung dasar. Rata-rata
hasil tes keterampilan berhitung dasar kelas III MI Nurul Hikmah Pajalele
juga meningkat dari 5.60 (sebelum pemberian metode Jarimatika) ke 8.00
(setelah pemberian metode Jarimatika).
B. Implikasi
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, saran yang dapat
diberikan adalah:
1. Bagi MI Nurul Hikma pajalele dapat menggunakan metode Jarimatika
dalam proses mengajar di dalam kelas.
2. Untuk penelitian selanjutnya dapat menggunakan sampel yang lebih
banyak lagi sehingga hasil penelitian tidak hanya mencakup 10 siswa saja,
namun dapat dijadikan panduan secara umum.
3. Meningkatkan fasilitas, sarana dan prasarana dan kreatifitas dalam proses
pembelajaran.
Ketersediaan
STAR20220283283/2022Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

283/2022

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top