Pengaruh Penerapan Metode Jarimatika dalam Keterampilan Berhitung Dasar Siswa Kelas III MI Nurul Hikmah Pajalele kab.Bone.
Ulfah/02.17.5081 - Personal Name
Skripsi ini berjudul Pengaruh Penerapan Metode Jarimatika dalam Keterampilan
Berhitung Dasar Siswa dikelas III MI Nurul Hikmah Pajalele kab.Bone. Tujuan
penelitian ini adalah Apakah terdapat pengaruh dalam penerapan metode jarimatika
dalam melatih keterampilan berhitung dasar siswa pada kelas III di MI Nurul Hikmah
Pajelele Kab.Bone.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan
pendekatan pra-eksperimen dan menggunakan one group pre-test post-test
design.Kemudian pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
pedagogis dan sosiologis. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumen
yang berkaitan dengan penelitian.Data dianalisis menggunakan analisis statistik
deskriptif, analisis regresi linear sederhana dan analisis korelasi product moment.yang
didukung oleh data primer dan sekunder.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan
sebelum dan setelah pemberian metode Jarimatika pada keterampilan berhitung dasar.
kesimpulan yang sahih mengenai penelitian yang dilaksanakan. Hasil uji t
menunjukkan bahwa nilai Sig (2-tailed) < alpha (0.05) yang memberikan kesimpulan
bahwa terdapat perbedaan yang nyata sebelum dan setelah diberikannya metode
tersebut dalam meningkatkan keterampilan berhitung dasar. Selain itu, Hasil analisis
tersebut menunjukkan bahwa pemberian metode Jarimatika memberikan efek yang
Kurang Efektif dalam meningkatkan keterampilan berhitung dasar. Rata-rata hasil tes
keterampilan berhitung dasarkelas III MI Nurul Hikmah Pajalele juga meningkat dari
5.60 (sebelum pemberian metode Jarimatika) ke 8.00 (setelah pemberian metode
Jarimatika).
A. Simpulan
Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa :
1. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang
signifikan sebelum dan setelah pemberian metode Jarimatika pada
keterampilan berhitung dasar. kesimpulan yang sahih mengenai penelitian
yang dilaksanakan. Hasil uji t menunjukkan bahwa nilai Sig (2-tailed) <
alpha (0.05) yang memberikan kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang
nyata sebelum dan setelah diberikannya metode tersebut dalam
meningkatkan keterampilan berhitung dasar. Selain itu, Hasil analisis
tersebut menunjukkan bahwa pemberian metode Jarimatika memberikan
efek yang dalam meningkatkan keterampilan berhitung dasar. Rata-rata
hasil tes keterampilan berhitung dasar kelas III MI Nurul Hikmah Pajalele
juga meningkat dari 5.60 (sebelum pemberian metode Jarimatika) ke 8.00
(setelah pemberian metode Jarimatika).
B. Implikasi
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, saran yang dapat
diberikan adalah:
1. Bagi MI Nurul Hikma pajalele dapat menggunakan metode Jarimatika
dalam proses mengajar di dalam kelas.
2. Untuk penelitian selanjutnya dapat menggunakan sampel yang lebih
banyak lagi sehingga hasil penelitian tidak hanya mencakup 10 siswa saja,
namun dapat dijadikan panduan secara umum.
3. Meningkatkan fasilitas, sarana dan prasarana dan kreatifitas dalam proses
pembelajaran.
Berhitung Dasar Siswa dikelas III MI Nurul Hikmah Pajalele kab.Bone. Tujuan
penelitian ini adalah Apakah terdapat pengaruh dalam penerapan metode jarimatika
dalam melatih keterampilan berhitung dasar siswa pada kelas III di MI Nurul Hikmah
Pajelele Kab.Bone.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan
pendekatan pra-eksperimen dan menggunakan one group pre-test post-test
design.Kemudian pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
pedagogis dan sosiologis. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumen
yang berkaitan dengan penelitian.Data dianalisis menggunakan analisis statistik
deskriptif, analisis regresi linear sederhana dan analisis korelasi product moment.yang
didukung oleh data primer dan sekunder.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan
sebelum dan setelah pemberian metode Jarimatika pada keterampilan berhitung dasar.
kesimpulan yang sahih mengenai penelitian yang dilaksanakan. Hasil uji t
menunjukkan bahwa nilai Sig (2-tailed) < alpha (0.05) yang memberikan kesimpulan
bahwa terdapat perbedaan yang nyata sebelum dan setelah diberikannya metode
tersebut dalam meningkatkan keterampilan berhitung dasar. Selain itu, Hasil analisis
tersebut menunjukkan bahwa pemberian metode Jarimatika memberikan efek yang
Kurang Efektif dalam meningkatkan keterampilan berhitung dasar. Rata-rata hasil tes
keterampilan berhitung dasarkelas III MI Nurul Hikmah Pajalele juga meningkat dari
5.60 (sebelum pemberian metode Jarimatika) ke 8.00 (setelah pemberian metode
Jarimatika).
A. Simpulan
Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa :
1. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang
signifikan sebelum dan setelah pemberian metode Jarimatika pada
keterampilan berhitung dasar. kesimpulan yang sahih mengenai penelitian
yang dilaksanakan. Hasil uji t menunjukkan bahwa nilai Sig (2-tailed) <
alpha (0.05) yang memberikan kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang
nyata sebelum dan setelah diberikannya metode tersebut dalam
meningkatkan keterampilan berhitung dasar. Selain itu, Hasil analisis
tersebut menunjukkan bahwa pemberian metode Jarimatika memberikan
efek yang dalam meningkatkan keterampilan berhitung dasar. Rata-rata
hasil tes keterampilan berhitung dasar kelas III MI Nurul Hikmah Pajalele
juga meningkat dari 5.60 (sebelum pemberian metode Jarimatika) ke 8.00
(setelah pemberian metode Jarimatika).
B. Implikasi
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, saran yang dapat
diberikan adalah:
1. Bagi MI Nurul Hikma pajalele dapat menggunakan metode Jarimatika
dalam proses mengajar di dalam kelas.
2. Untuk penelitian selanjutnya dapat menggunakan sampel yang lebih
banyak lagi sehingga hasil penelitian tidak hanya mencakup 10 siswa saja,
namun dapat dijadikan panduan secara umum.
3. Meningkatkan fasilitas, sarana dan prasarana dan kreatifitas dalam proses
pembelajaran.
Ketersediaan
| STAR20220283 | 283/2022 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
283/2022
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2022
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
