Implementasi Tata Tertib Madrasah Dalam Penanaman Budaya Disiplin Siswa Di MTs Bojo Kajuara Kab. Bone
Sunarti/02.16. 3071 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang Implementasi Tata Tertib Madrasah Dalam
Penanaman Budaya Disiplin Siswa di MTs. Bojo Kajuara. Hal yang penting di kaji
dalam skripsi ini yakni untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan tata tertib di MTs
Bojo Kajuara dan bagaimana tingkat budaya disiplin siswa di MTs Bojo Kajuara.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, peneliti melakukan
penelitian lapangan (Field Research) dengan melakukan pendekatan manajemen,
psikologis dan paedagogis dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan
dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan kualitatif dengan
tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data (display data) dan tahap verifikasi atau
kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitan tentang Implemetasi Tata Tertib Madrasah dalam
Penanaman Budaya Disiplin Siswa di MTs Bojo Kajuara yaitu pelakasanaan tata
tertib sudah diterapkan dan dilaksanakan dengan baik sesuai dengan aturan yang
berlaku tata tertib yang ditempel masing-masing ruang kelas dan pemberian sanksi
atau hukuman sesuai dengan tata tertib yang diterapkan di madrasah. Dalam
pelaksanaan tata tertib siswa mampu meningkatkan kedisiplinan diri. Budaya disiplin
siswa di MTs Bojo Kajuara yaitu dengan memberikan arahan-arahan dan memantau
siswa setiap harinya mampu meningkatkan budaya disiplin siswa di MTs Bojo
sKajuara
A. Simpulan
Berdasarkan uraian pada bab hasil penelitian dan pembahasan maka peneliti
dapat menemukan kesimpulan darai hasil penelitan yang di lakukan yaitu:
1. Implementasi tata tertib Madrasah Tsanawiyah Bojo Kajuara sudah
dilakasanakan dan diterapkan dengan baik sesuai dengan atauran yang
berlaku siswa maupun guru , tata tertib yang di temple masing-masing ruang
kelas akan mempermudah siswa melihat dan pemberian sanksi atau hukuman
itu ada aturan-aturanya dengan 2 sanksi yang diberikan siswa mampu
melaksankan, dari sanksi itu disini siswa dilihat mampu meningkatkan
kedisplinan diri.
2. Tingkat Budaya Disiplin Siswa di MTs Bojo Kajuara sudah cukup hanya
perlu arahan-arahan atau pengawasan kepada siswa agar
mampumeningkatkan kedisiplinan siswa dengan cara memantau setiap hari
mulai dari masuk di sekolah sampai pulang sesuai dengan tata tertib yang
sudah berlaku.
B. Implikasi
Berdasarkan kesimpulan diatas maka di rumuskan beberapa saran adalah
sebagai berikut:
1. Pihak sekolah hendaknya selalu melaksanakan tata tertib dengan maksimal
agar tidak terjadi adanya pelanggaran bagi siswa.
2. Bagi guru hendaknya selalu memantau siswa dalam pelaksanaan tata tertib
akan dapat menanamkan budaya disiplin.
3. Bagi siswa diharapkan agar selalu menataati setiap tata tertib yang di
laksankan di Madrasah dapat meningkatkan kedisiplinandiri.
4. Bagi orang tua atau masyarakat diharapkan agar selalu mendukung suasana
madrasah yang tertib, aman dan kondusif dalam setiap kegiatan-kegiatan yang
dilaksanakan di madrasah.
Penanaman Budaya Disiplin Siswa di MTs. Bojo Kajuara. Hal yang penting di kaji
dalam skripsi ini yakni untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan tata tertib di MTs
Bojo Kajuara dan bagaimana tingkat budaya disiplin siswa di MTs Bojo Kajuara.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, peneliti melakukan
penelitian lapangan (Field Research) dengan melakukan pendekatan manajemen,
psikologis dan paedagogis dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan
dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan kualitatif dengan
tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data (display data) dan tahap verifikasi atau
kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitan tentang Implemetasi Tata Tertib Madrasah dalam
Penanaman Budaya Disiplin Siswa di MTs Bojo Kajuara yaitu pelakasanaan tata
tertib sudah diterapkan dan dilaksanakan dengan baik sesuai dengan aturan yang
berlaku tata tertib yang ditempel masing-masing ruang kelas dan pemberian sanksi
atau hukuman sesuai dengan tata tertib yang diterapkan di madrasah. Dalam
pelaksanaan tata tertib siswa mampu meningkatkan kedisiplinan diri. Budaya disiplin
siswa di MTs Bojo Kajuara yaitu dengan memberikan arahan-arahan dan memantau
siswa setiap harinya mampu meningkatkan budaya disiplin siswa di MTs Bojo
sKajuara
A. Simpulan
Berdasarkan uraian pada bab hasil penelitian dan pembahasan maka peneliti
dapat menemukan kesimpulan darai hasil penelitan yang di lakukan yaitu:
1. Implementasi tata tertib Madrasah Tsanawiyah Bojo Kajuara sudah
dilakasanakan dan diterapkan dengan baik sesuai dengan atauran yang
berlaku siswa maupun guru , tata tertib yang di temple masing-masing ruang
kelas akan mempermudah siswa melihat dan pemberian sanksi atau hukuman
itu ada aturan-aturanya dengan 2 sanksi yang diberikan siswa mampu
melaksankan, dari sanksi itu disini siswa dilihat mampu meningkatkan
kedisplinan diri.
2. Tingkat Budaya Disiplin Siswa di MTs Bojo Kajuara sudah cukup hanya
perlu arahan-arahan atau pengawasan kepada siswa agar
mampumeningkatkan kedisiplinan siswa dengan cara memantau setiap hari
mulai dari masuk di sekolah sampai pulang sesuai dengan tata tertib yang
sudah berlaku.
B. Implikasi
Berdasarkan kesimpulan diatas maka di rumuskan beberapa saran adalah
sebagai berikut:
1. Pihak sekolah hendaknya selalu melaksanakan tata tertib dengan maksimal
agar tidak terjadi adanya pelanggaran bagi siswa.
2. Bagi guru hendaknya selalu memantau siswa dalam pelaksanaan tata tertib
akan dapat menanamkan budaya disiplin.
3. Bagi siswa diharapkan agar selalu menataati setiap tata tertib yang di
laksankan di Madrasah dapat meningkatkan kedisiplinandiri.
4. Bagi orang tua atau masyarakat diharapkan agar selalu mendukung suasana
madrasah yang tertib, aman dan kondusif dalam setiap kegiatan-kegiatan yang
dilaksanakan di madrasah.
Ketersediaan
| STAR20200012 | 12/2020 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
12/2020
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2020
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyahh
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
