Peran guru dalam pembelajaran anak usia dini di era digital pada Kelompok B TK Sipurio Sipurennu Kecamatan Awangpone Kabupaten Bone
Nuraisa/02.17.6035 - Personal Name
Skripsi ini membahas Peran guru dalam pembelajaran anak usia dini di Era
digital padaKelompok B TK Sipurio Sipurennu Kecamatan Awangpone Kabupaten
Bone. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konstribusi guru di era digital TK
Sipurio Sipurennu Kec.Awangpone dan untuk mengetahui tentang pembelajaran di
era digital di TK Sipurio Sipurennu Kec.Awangpone.
Penelitian
ini
merupakan
penelitian
lapangan
yang
bersifat
kualitatif.Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
paedagogik dan pendekatan psikologis.Adapun teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi.Data yang diperoleh
dianalisis menggunakan analisis kualitatif dengan tiga tahap yaitu reduksi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pembelajarananak usia dini di era
digital kelompok B TK Sipurio Sipurennu terdapat enam hal yang saling berkaitan
yaitu guru berperan sebagai mediator, motivator, director, fasilitator, evaluator, dan
yang terakhir sebagai organisator peran tersebut dilakukan oleh pendidik dalam
melaksanakan proses kegiatan agar berlangsung dengan baik. sedangkan dalam
pembelajaran di era digital dilihat dari segi manfaat pembelajaran dilakukan padaera
digital meliputi komunikasi, meningkatkan peran layanan publik, sumber informasi,
pembelajaran jarak jauh, jejaring sosial dan juga bangun kreatifitas di lakukan oleh
pendidik atau guru kelas pada peserta didik pada anak kelompok B1 dan Kelompok
B2 hal tersebut dilakukan pada masa pandemi yang sistemnya dilakukan secara
online, pada era digital ini kecanggihan teknologi dimanfaatkan sebaik mungkin oleh
pendidik dalam menyampaikan materi pelajaran kepada anak, selain itu diharapkan
kepada pendidik yang bekerjasama dengan orang tua wali anak dalam
mengontrol/mendampingi anak dalam melaksanakan tugas atau kegiatan yang
diberikan oleh guru kelas masing-masing dengan baik.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian yang telah di paparkan sebelumnya, maka yang menjadi
simpulan dalam pembahasan skripsi ini sebagai berikut:
1. Konstribusi guru dalam pendidikan anak usia dini di era digital TK Sipurio
sipurennu pada kelompok B terdapat enam hal yang saling berkaitan yaitu
guru berperan sebagai mediator, motivator, director, fasilitator, evaluator, dan
yang terakhir sebagai organisator. Melalui peran guru sebagai mediator guru
dapat dapat diartikan sebagai penengah dalam kegiatan belajar anak.
Motivator diharapkan dapat meningkatkan kegairahan dan pengembangan
kegiatan belajar anak. Direktor membimbing dan mengarahkan kegiatan
belajar anak. Fasilitator memberikan fasilitas atau kemudahan dalam proses
belajar mengajar. Evaluator menilai anak didik dalam bidang akademis
maupun tingkah laku sosialnya sedangkan Organisator yaitu sebagai pengelola
kegiatan akademis, silabus dan jadwal pelajaran.
2. Pembelajaran di TK Sipurio Sipurennu di era digital dari segi manfaat
pembelajaran di Era digital terbagi menjadi enam bagian yaitu komunikasi,
meningkatkan peran layanan publik, sumber informasi, pembelajaran jarak
jauh, jejaring sosial dan juga dapat membangun kreatifitas. Komunikasi
semakin mudah dilakukan dengan chatting dan video call, tidak hanya sms
atau telpon. Meningkatkan peran layanan publik Layanan publik bisa
diperbaiki dengan sarana pelaporan online oleh anak atau orang tua wali
kepada pendidik. Sumber informasi semua jenis informasi mudah di dapatkan
dengan bantuan internet namun hal tersebut perlu dengan pengawasan orang
tua. Pembelajaran jarak jauh hal ini semakin mudah termasuk sekarang yang
semuanya serba online semenjak adanya pandemi namun hal tersebut mudah
di lakukan karna bisa mendapatkan bahan dan ujiannya pun dilakukan secara
online. Jejaring sosial bisa tercipta melalui media sosial sehingga dapat
menjalin hubungan baik dengan teman lama atau dengan teman baru.Dan
yang terakhir Bangun kreatifitas di harapkan banyak ide yang bisa dilihat dan
dikembangkan oleh anak.
B. Implikasi
Berdasarkan hasil penelitian dan simpulan yang telah dipaparkan, dapat
dikemukakan implikasi secara teoritis dan praktis sebagai berikut:
1. Implikasi teoritis
a. Konstribusi guru dalam pendidikan anak usia dini di era digital
terdapat enam hal yang saling berkaitan yaitu sebagai Mediator,
Motivator, Director, Fasilitator, Evaluator, dan juga organisator
b. Manfaat Pembelajaran di Era digital dapat mempermudah pendidik
dan peserta didik dalam proses pembelajaran terutama pada masa
pandemi seperti sekarang yang dilakukan harus serba online.
2. Implikasi praktis
Hasil penelitian ini digunakan sebagai bahan yaitu peran guru dalam
pendidikan anak usia dini di era digital
digital padaKelompok B TK Sipurio Sipurennu Kecamatan Awangpone Kabupaten
Bone. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konstribusi guru di era digital TK
Sipurio Sipurennu Kec.Awangpone dan untuk mengetahui tentang pembelajaran di
era digital di TK Sipurio Sipurennu Kec.Awangpone.
Penelitian
ini
merupakan
penelitian
lapangan
yang
bersifat
kualitatif.Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
paedagogik dan pendekatan psikologis.Adapun teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi.Data yang diperoleh
dianalisis menggunakan analisis kualitatif dengan tiga tahap yaitu reduksi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pembelajarananak usia dini di era
digital kelompok B TK Sipurio Sipurennu terdapat enam hal yang saling berkaitan
yaitu guru berperan sebagai mediator, motivator, director, fasilitator, evaluator, dan
yang terakhir sebagai organisator peran tersebut dilakukan oleh pendidik dalam
melaksanakan proses kegiatan agar berlangsung dengan baik. sedangkan dalam
pembelajaran di era digital dilihat dari segi manfaat pembelajaran dilakukan padaera
digital meliputi komunikasi, meningkatkan peran layanan publik, sumber informasi,
pembelajaran jarak jauh, jejaring sosial dan juga bangun kreatifitas di lakukan oleh
pendidik atau guru kelas pada peserta didik pada anak kelompok B1 dan Kelompok
B2 hal tersebut dilakukan pada masa pandemi yang sistemnya dilakukan secara
online, pada era digital ini kecanggihan teknologi dimanfaatkan sebaik mungkin oleh
pendidik dalam menyampaikan materi pelajaran kepada anak, selain itu diharapkan
kepada pendidik yang bekerjasama dengan orang tua wali anak dalam
mengontrol/mendampingi anak dalam melaksanakan tugas atau kegiatan yang
diberikan oleh guru kelas masing-masing dengan baik.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian yang telah di paparkan sebelumnya, maka yang menjadi
simpulan dalam pembahasan skripsi ini sebagai berikut:
1. Konstribusi guru dalam pendidikan anak usia dini di era digital TK Sipurio
sipurennu pada kelompok B terdapat enam hal yang saling berkaitan yaitu
guru berperan sebagai mediator, motivator, director, fasilitator, evaluator, dan
yang terakhir sebagai organisator. Melalui peran guru sebagai mediator guru
dapat dapat diartikan sebagai penengah dalam kegiatan belajar anak.
Motivator diharapkan dapat meningkatkan kegairahan dan pengembangan
kegiatan belajar anak. Direktor membimbing dan mengarahkan kegiatan
belajar anak. Fasilitator memberikan fasilitas atau kemudahan dalam proses
belajar mengajar. Evaluator menilai anak didik dalam bidang akademis
maupun tingkah laku sosialnya sedangkan Organisator yaitu sebagai pengelola
kegiatan akademis, silabus dan jadwal pelajaran.
2. Pembelajaran di TK Sipurio Sipurennu di era digital dari segi manfaat
pembelajaran di Era digital terbagi menjadi enam bagian yaitu komunikasi,
meningkatkan peran layanan publik, sumber informasi, pembelajaran jarak
jauh, jejaring sosial dan juga dapat membangun kreatifitas. Komunikasi
semakin mudah dilakukan dengan chatting dan video call, tidak hanya sms
atau telpon. Meningkatkan peran layanan publik Layanan publik bisa
diperbaiki dengan sarana pelaporan online oleh anak atau orang tua wali
kepada pendidik. Sumber informasi semua jenis informasi mudah di dapatkan
dengan bantuan internet namun hal tersebut perlu dengan pengawasan orang
tua. Pembelajaran jarak jauh hal ini semakin mudah termasuk sekarang yang
semuanya serba online semenjak adanya pandemi namun hal tersebut mudah
di lakukan karna bisa mendapatkan bahan dan ujiannya pun dilakukan secara
online. Jejaring sosial bisa tercipta melalui media sosial sehingga dapat
menjalin hubungan baik dengan teman lama atau dengan teman baru.Dan
yang terakhir Bangun kreatifitas di harapkan banyak ide yang bisa dilihat dan
dikembangkan oleh anak.
B. Implikasi
Berdasarkan hasil penelitian dan simpulan yang telah dipaparkan, dapat
dikemukakan implikasi secara teoritis dan praktis sebagai berikut:
1. Implikasi teoritis
a. Konstribusi guru dalam pendidikan anak usia dini di era digital
terdapat enam hal yang saling berkaitan yaitu sebagai Mediator,
Motivator, Director, Fasilitator, Evaluator, dan juga organisator
b. Manfaat Pembelajaran di Era digital dapat mempermudah pendidik
dan peserta didik dalam proses pembelajaran terutama pada masa
pandemi seperti sekarang yang dilakukan harus serba online.
2. Implikasi praktis
Hasil penelitian ini digunakan sebagai bahan yaitu peran guru dalam
pendidikan anak usia dini di era digital
Ketersediaan
| STAR20210283 | 283/2021 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
Skripsi Tarbiyah
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2021
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
