Urgensi Bahasa Ibu dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak Mamminasae Desa Pattuku Limpoe Kecamatan Lappariaja Kabupaten Bone
Dinda Sari/ 02.17.6039 - Personal Name
Skripsi ini membahas Urgensi Bahasa Ibu dalam Menumbuhkan Motivasi
Belajar Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak Mamminasae Desa Pattuku Limpoe
Kecamatan Lappariaja Kabupaten Bone. Pokok permasalahan dalam penelitian ini
yaitu bagaimana Urgensi Bahasa Ibu dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Anak
Usia Dini di Taman Kanak-Kanak Mamminasae Desa Pattuku Limpoe Kecamatan
Lappariaja Kabupaten Bone.
Untuk memudahkan penelitian ini digunakan jenis penelitian deskriptif
kualitatif dengan pendekatan paedagogik, dan psikologis. Teknik pengumpulan data
yang digunakan yaitu teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun data
yang diperoleh dianalisis dengan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan
kesimpulan.
Adapun hasil penelitian ini disimpulkan oleh penulis. Pertama, peran
penggunaan bahasa ibu yaitu sebagai alat komunikasi, sumber belajar dan bahasa
pengantar. Kedua, penggunaan bahasa ibu di Taman Kanak-Kanak Mamminasae
Desa Pattuku Limpoe Kecamatan Lappariaja Kabupaten Bone, dapat menumbuhkan
motivasi belajar anak. Dilihat dari respon anak-anak saat belajar dengan bahasa ibu
serta pendapat dari guru serta orang tua anak. Dalam penulisan skripsi ini diharapkan
mampu memberikan konstribusi dalam dunia pendidikan formal, non formal, maupun
informal.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan di taman kanak-kanak
mamminasae mengenai urgensi bahasa ibu dalam menumbuhkan motivasi belajar
anak usia dini, maka peneliti dapat mengemukakan simpulan dari hasil penelitian
yang dilakukan, yaitu :
1. Peran penggunaaan bahasa ibu di taman kanak-kanak mamminasae dapat
dilihat dari beberapa perannya seperti bahasa ibu sebagai alat komunikasi
yang dilakukan sehari-hari oleh anak, bahasa digunakan sebagai sumber
belajar anak dan bahasa digunakan sebagai bahasa pengantar. hal ini dapat
dikatakan urgen karena anak menggunakan bahasa ibu setiap hari dan
menjadi kebiasaan serta menjadi bahasa yang dipahami anak. Apabila
diterapkan dalam pembelajaran akan menghasilkan respon yang baik bagi
anak dan memberikan dorongan tersendiri untuk belajar sehingga dapat
mewujudkan tujuan yang akan dicapai.
2. Penggunaan bahasa ibu dikatakan dapat menumbuhkan motivasi belajar anak
usia dini di Taman Kanak-kanak Mamminasae Desa Pattuku Limpoe
Kecamatan Lappariaja Kabupaten Bone. Hal ini dapat dilihat dari respon
anak-anak saat mereka belajar, bertemu diluar sekolah serta pendapat orang
tua mereka.
B. Implikasi
Implikasi merupakan suatu konsekuensi atau akibat langsung dari hasil
penemuan suatu penelitian ilmiah. Berdasarkan hasil penelitian diatas, maka dibawah
ini akan diuraikan implikasi penelitian yang berisi saran dan kiranyaa dapat
bermanfaat bagi Taman Kanak-kanak Mamminasae, maupun mahasiswa lain yang
meneliti dan berkaitan dengan Bahasa ibu. adapun saran-saran yang dapat diberikan
peneliti sebagai berikut :
1. Diharapkan kepada kepala sekolah dan guru Taman Kanak-kanak
Mamminasae agar senang tiasa professional dan selalu bersinergi dalam
menjalankan tugas dan tanggung jawab agar menghasilkan anak didik
yang berprestasi dan lebih baik lagi khususnya dalam kegiatan
pembelajaran dengan bahasa ibu.
2. Setelah penulisan skripsi ini, diharapkan peran bahasa ibu mampu
memberikan konstribusi dalam dunia pendidikan formal, non formal
maupun informal.
Belajar Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak Mamminasae Desa Pattuku Limpoe
Kecamatan Lappariaja Kabupaten Bone. Pokok permasalahan dalam penelitian ini
yaitu bagaimana Urgensi Bahasa Ibu dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Anak
Usia Dini di Taman Kanak-Kanak Mamminasae Desa Pattuku Limpoe Kecamatan
Lappariaja Kabupaten Bone.
Untuk memudahkan penelitian ini digunakan jenis penelitian deskriptif
kualitatif dengan pendekatan paedagogik, dan psikologis. Teknik pengumpulan data
yang digunakan yaitu teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun data
yang diperoleh dianalisis dengan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan
kesimpulan.
Adapun hasil penelitian ini disimpulkan oleh penulis. Pertama, peran
penggunaan bahasa ibu yaitu sebagai alat komunikasi, sumber belajar dan bahasa
pengantar. Kedua, penggunaan bahasa ibu di Taman Kanak-Kanak Mamminasae
Desa Pattuku Limpoe Kecamatan Lappariaja Kabupaten Bone, dapat menumbuhkan
motivasi belajar anak. Dilihat dari respon anak-anak saat belajar dengan bahasa ibu
serta pendapat dari guru serta orang tua anak. Dalam penulisan skripsi ini diharapkan
mampu memberikan konstribusi dalam dunia pendidikan formal, non formal, maupun
informal.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan di taman kanak-kanak
mamminasae mengenai urgensi bahasa ibu dalam menumbuhkan motivasi belajar
anak usia dini, maka peneliti dapat mengemukakan simpulan dari hasil penelitian
yang dilakukan, yaitu :
1. Peran penggunaaan bahasa ibu di taman kanak-kanak mamminasae dapat
dilihat dari beberapa perannya seperti bahasa ibu sebagai alat komunikasi
yang dilakukan sehari-hari oleh anak, bahasa digunakan sebagai sumber
belajar anak dan bahasa digunakan sebagai bahasa pengantar. hal ini dapat
dikatakan urgen karena anak menggunakan bahasa ibu setiap hari dan
menjadi kebiasaan serta menjadi bahasa yang dipahami anak. Apabila
diterapkan dalam pembelajaran akan menghasilkan respon yang baik bagi
anak dan memberikan dorongan tersendiri untuk belajar sehingga dapat
mewujudkan tujuan yang akan dicapai.
2. Penggunaan bahasa ibu dikatakan dapat menumbuhkan motivasi belajar anak
usia dini di Taman Kanak-kanak Mamminasae Desa Pattuku Limpoe
Kecamatan Lappariaja Kabupaten Bone. Hal ini dapat dilihat dari respon
anak-anak saat mereka belajar, bertemu diluar sekolah serta pendapat orang
tua mereka.
B. Implikasi
Implikasi merupakan suatu konsekuensi atau akibat langsung dari hasil
penemuan suatu penelitian ilmiah. Berdasarkan hasil penelitian diatas, maka dibawah
ini akan diuraikan implikasi penelitian yang berisi saran dan kiranyaa dapat
bermanfaat bagi Taman Kanak-kanak Mamminasae, maupun mahasiswa lain yang
meneliti dan berkaitan dengan Bahasa ibu. adapun saran-saran yang dapat diberikan
peneliti sebagai berikut :
1. Diharapkan kepada kepala sekolah dan guru Taman Kanak-kanak
Mamminasae agar senang tiasa professional dan selalu bersinergi dalam
menjalankan tugas dan tanggung jawab agar menghasilkan anak didik
yang berprestasi dan lebih baik lagi khususnya dalam kegiatan
pembelajaran dengan bahasa ibu.
2. Setelah penulisan skripsi ini, diharapkan peran bahasa ibu mampu
memberikan konstribusi dalam dunia pendidikan formal, non formal
maupun informal.
Ketersediaan
| STAR20210345. | 345/2021 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
345/2021
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2021
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
