Implementasi Metode Drill dalam Pembelajaran Hukum Bacaan Nun Sukun dan Tanwin bagi Siswa Kelas IV MI Syamsu Rasyidi Majang Kab. Bone
Nurtang/02.15.5004 - Personal Name
Skripsi ini membahas “Implementasi metode drill dalam pembelajaran hukum
bacaan nun sukun dan tanwin bagi siswa kelas IV MI Syamsu Rasyidi Majang Kab.
Bone” dalam skripsi ini mengkaji mengenai 1) Bagaimana perencanaan implementasi
metode drill dalam pembelajaran hukum bacaan nun sukun dan tanwin bagi siswa
kelas IV MI Syamsu Rasyidi Majang kab. Bone. 2) Bagaimana pelaksanaan metode
drill dalam pembelajaran hukum bacaan nun sukun dan tanwin bagi siswa kelas IV
MI Syamsu Rasyidi Majang kab. Bone dan 3) Bagaimana penilaian siswa terhadap
implementasi metode drill dalam pembelajaran hukum bacaan nun sukun dan tanwin
bagi siswa kelas IV MI Syamsu Rasyidi Majang kab. Bone.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, penulis menggunakan Jenis
penelitian kualiatif (qualitatif research). Data dikumpulkan melalui observasi,
wawancara, tes dan dokumentasi. Selanjutnya data dianalisis dengan melakukan
reduksi data, penyajian data, dan kemudian dilakukan penarikan kesimpulan atau
verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama perencanaan impelementasi
metode drill dalam pembelajaran hukum bacaan nun sukun dan tanwin bagi siswa
kelas IV MI Syamsu Rasyidi Majang kab. Bone telah dilaksanakan dengan baik, hal
tersebut terbukti sebelum memasuki kelas guru telah memiliki perencanaan matang
yang tertuang dalam rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang bersumber dari
silabus, merumuskan tujuan pembelajaran, menyiapkan materi dengan matang,
metode, dan media yang sesuai dengan pembelajaran. Kedua pelaksanaan metode
drill dalam pembelajaran hukum bacaan nun sukun dan tanwin bagi siswa kelas IV
MI Syamsu Rasyidi Majang kab. Bone sudah terlaksana dengan baik, guru
menyampaikan materi dengan menggunakan media dan permainan, mengulang-ulang
materi izhar halqi dan ikhfa’ haqiqi beberapa kali sampai siswa memahami materi
tersebut dengan benar. Ketiga Penilaian siswa terhadap implementasi metode drill
dalam pembelajaran hukum bacaan nun sukun dan tanwin bagi siswa kelas IV MI
Syamsu Rasyidi Majang kab. Bone adalah semua siswa merasa sangat senang,
bahagia bisa belajar dengan menggunakan metode drill sehingga dapat memahami
dan menghafal materi dengan mudah.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian pada bab hasil penelitian dan pembahasan maka penulis
dapat mengemukakan simpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan, yaitu:
1. Perencanaan implementasi metode drill dalam pembelajaran hukum bacaan nun
sukun dan tanwin bagi siswa kelas IV MI Syamsu Rasyidi Majang kab. Bone
telah dilaksanakan dengan baik, hal tersebut terbukti sebelum memasuki kelas
guru telah memiliki perencanaan matang yang tertuang dalam rencana
pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang bersumber dari silabus, merumuskan
tujuan pembelajaran, menyiapkan materi dengan matang, metode, dan media
yang sesuai dengan pembelajaran.
2. Pelaksanaan implementasi metode drill dalam pembelajaran hukum bacaan nun
sukun dan tanwin bagi siswa kelas IV MI Syamsu Rasyidi Majang kab. Bone
sudah terlaksana dengan baik, guru menyampaikan materi dengan menggunakan
media dan permainan, mengulang-ulang materi izhar haalqi dan ikhfa’ haqiqi
beberapa kali sampai siswa memahami materi tersebut dengan benar.
3. Penilaian siswa terhadap implementasi metode drill dalam pembelajaran hukum
bacaan nun sukun dan tanwin bagi siswa kelas IV MI Syamsu Rasyidi Majang
kab. Bone yaitu semua siswa merasa sangat senang, bahagia belajar dengan
menggunakan metode drill sehingga bisa memahami dan menghafal materi
dengan mudah.
B. Implikasi
setelah mengadakan penelitian tentang implementasi metode drill dalam
pembelajaran hukum bacaan nun sukun dan tanwin bagi siswa kelas IV MI Syamsu
Rasyidi Majang kab. Bone, maka saran yang akan peneliti sampaikan yaitu sebagai
berikut:
1. Bagi Madrasah Ibtidaiyah Syamsu Rasyidi Majang tetaplah melengkapi dan
memberikan fasilitas yang cukup dan terbaik bagi kebutuhan sekolah dan
tenaga pendidik agar tercapai pembelajaran yang optimal sesuai harapan visi
misi madrasah ini selain itu siswa juga bisa belajar dengan baik dan
menghasilkan prestasi yang unggul bermanfaat bagi madrasah dan
masyarakat.
2. Bagi guru bidang studi, tetaplah mengembangkan metode drill yang lebih
kreatif lagi, menciptakan suasana pembelajarang yang menyenangkan, tidak
membosankan, dan memberikan kesan yang bagus bagi pemahaman siswa.
Menerapkan metode-metode yang bervariasi sesuai dengan materi
pembelajaran agar siswa bisa mendapatkan pengalaman yang lain.
3. Bagi siswa, hendaknya lebih aktif dan bersemangat dalam mengikuti
pembelajaran dan rajin mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru baik
dalam bentuk lisan maupun tulisan untuk meningkatkan prestasi belajar.
bacaan nun sukun dan tanwin bagi siswa kelas IV MI Syamsu Rasyidi Majang Kab.
Bone” dalam skripsi ini mengkaji mengenai 1) Bagaimana perencanaan implementasi
metode drill dalam pembelajaran hukum bacaan nun sukun dan tanwin bagi siswa
kelas IV MI Syamsu Rasyidi Majang kab. Bone. 2) Bagaimana pelaksanaan metode
drill dalam pembelajaran hukum bacaan nun sukun dan tanwin bagi siswa kelas IV
MI Syamsu Rasyidi Majang kab. Bone dan 3) Bagaimana penilaian siswa terhadap
implementasi metode drill dalam pembelajaran hukum bacaan nun sukun dan tanwin
bagi siswa kelas IV MI Syamsu Rasyidi Majang kab. Bone.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, penulis menggunakan Jenis
penelitian kualiatif (qualitatif research). Data dikumpulkan melalui observasi,
wawancara, tes dan dokumentasi. Selanjutnya data dianalisis dengan melakukan
reduksi data, penyajian data, dan kemudian dilakukan penarikan kesimpulan atau
verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama perencanaan impelementasi
metode drill dalam pembelajaran hukum bacaan nun sukun dan tanwin bagi siswa
kelas IV MI Syamsu Rasyidi Majang kab. Bone telah dilaksanakan dengan baik, hal
tersebut terbukti sebelum memasuki kelas guru telah memiliki perencanaan matang
yang tertuang dalam rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang bersumber dari
silabus, merumuskan tujuan pembelajaran, menyiapkan materi dengan matang,
metode, dan media yang sesuai dengan pembelajaran. Kedua pelaksanaan metode
drill dalam pembelajaran hukum bacaan nun sukun dan tanwin bagi siswa kelas IV
MI Syamsu Rasyidi Majang kab. Bone sudah terlaksana dengan baik, guru
menyampaikan materi dengan menggunakan media dan permainan, mengulang-ulang
materi izhar halqi dan ikhfa’ haqiqi beberapa kali sampai siswa memahami materi
tersebut dengan benar. Ketiga Penilaian siswa terhadap implementasi metode drill
dalam pembelajaran hukum bacaan nun sukun dan tanwin bagi siswa kelas IV MI
Syamsu Rasyidi Majang kab. Bone adalah semua siswa merasa sangat senang,
bahagia bisa belajar dengan menggunakan metode drill sehingga dapat memahami
dan menghafal materi dengan mudah.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian pada bab hasil penelitian dan pembahasan maka penulis
dapat mengemukakan simpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan, yaitu:
1. Perencanaan implementasi metode drill dalam pembelajaran hukum bacaan nun
sukun dan tanwin bagi siswa kelas IV MI Syamsu Rasyidi Majang kab. Bone
telah dilaksanakan dengan baik, hal tersebut terbukti sebelum memasuki kelas
guru telah memiliki perencanaan matang yang tertuang dalam rencana
pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang bersumber dari silabus, merumuskan
tujuan pembelajaran, menyiapkan materi dengan matang, metode, dan media
yang sesuai dengan pembelajaran.
2. Pelaksanaan implementasi metode drill dalam pembelajaran hukum bacaan nun
sukun dan tanwin bagi siswa kelas IV MI Syamsu Rasyidi Majang kab. Bone
sudah terlaksana dengan baik, guru menyampaikan materi dengan menggunakan
media dan permainan, mengulang-ulang materi izhar haalqi dan ikhfa’ haqiqi
beberapa kali sampai siswa memahami materi tersebut dengan benar.
3. Penilaian siswa terhadap implementasi metode drill dalam pembelajaran hukum
bacaan nun sukun dan tanwin bagi siswa kelas IV MI Syamsu Rasyidi Majang
kab. Bone yaitu semua siswa merasa sangat senang, bahagia belajar dengan
menggunakan metode drill sehingga bisa memahami dan menghafal materi
dengan mudah.
B. Implikasi
setelah mengadakan penelitian tentang implementasi metode drill dalam
pembelajaran hukum bacaan nun sukun dan tanwin bagi siswa kelas IV MI Syamsu
Rasyidi Majang kab. Bone, maka saran yang akan peneliti sampaikan yaitu sebagai
berikut:
1. Bagi Madrasah Ibtidaiyah Syamsu Rasyidi Majang tetaplah melengkapi dan
memberikan fasilitas yang cukup dan terbaik bagi kebutuhan sekolah dan
tenaga pendidik agar tercapai pembelajaran yang optimal sesuai harapan visi
misi madrasah ini selain itu siswa juga bisa belajar dengan baik dan
menghasilkan prestasi yang unggul bermanfaat bagi madrasah dan
masyarakat.
2. Bagi guru bidang studi, tetaplah mengembangkan metode drill yang lebih
kreatif lagi, menciptakan suasana pembelajarang yang menyenangkan, tidak
membosankan, dan memberikan kesan yang bagus bagi pemahaman siswa.
Menerapkan metode-metode yang bervariasi sesuai dengan materi
pembelajaran agar siswa bisa mendapatkan pengalaman yang lain.
3. Bagi siswa, hendaknya lebih aktif dan bersemangat dalam mengikuti
pembelajaran dan rajin mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru baik
dalam bentuk lisan maupun tulisan untuk meningkatkan prestasi belajar.
Ketersediaan
| STAR20190216 | 216/2019 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
216/2019
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2019
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyahh
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
