Analisis Konten Buku Teks Tematik Integratif Berbasis Pendekatan Saintifik pada Kurikulum 2013
Rita Astika/02.17.5108 - Personal Name
Skripsi ini membahas Analisis Konten Buku Teks Tematik Integratif Berbasis
Pendekatan Saintifik pada Kurikulum 2013. Adapun yang menjadi masalah dalam
skripsi ini adalah bagaimana konsep pendekatan saintifik dalam pembelajaran tematik
integratif pada kurikulum 2013, bagaimana muatan pendekatan saintifik yang
terintegrasi dalam konten buku teks kurikulum 2013 kelas II tema II yang bertujuan
untuk mengetahui konsep pendekatan saintifik dalam pembelajaran tematik integratif
pada kurikulum 2013, untuk mengetahui muatan pendekatan saintifik yang
terintegrasi dalam konten buku teks kurikulum 2013 kelas II tema II.
Untuk memudahkan penelitian ini digunakan jenis penelitian pustaka (Library
Research) dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan
teknik dokumentasi dan pengutipan, baik kutipan langsung maupun tidak langsung.
Adapun hasil dari penelitian ini. Pertama, Penerapan kurikulum 2013 buku
teks tematik integratif memegang peranan sangat penting dalam sebuah
pembelajaran. Pemerintah menyiapkan buku pegangan pembelajaran yang terdiri dari
buku pegangan siswa dan buku pegangan guru. Hal ini tentu saja akan menyebabkan
guru menyedarkan bahwa proses pembelajaran sehari-harinya menggunakan buku
teks yang telah disediakan pemerintah. Buku pembelajaran tematik menuntut guru
mentranformasikan materi pembelajaran dalam bentuk tema-tema yang memuat
beberapa pembelajaran dalam buku siswa yang sudah dikemas sesuai dengan
pendekatan yang diterapkan kurikulum 2013 yaitu pendekatan saintifik.Kedua,
Pendekatan saintifik yang digunakan dalam proses pembelajaran pada kurikulum
2013 memiki pengaruh besar dalam memberikan kesempatan peserta didik untuk
mengembangkan potensi yang dimilikinya sehingga membantu mengoptimalkan
perolehan hasil belajar. Buku teks kelas 2 tema 2 sebagian besar sudah memuat
pendekatan saintifik karena dalam sub tema di setiap pembelajaran sudah memuat
pendekatan saintifik (mengamati, menaya, menalar, mencoba dan mengkomunikasikan
A. Kesimpulan
Berdasarkan uraian pada bab pembahasan maka penulis
dapat
mengemukakan kesimpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan yaitu :
1. Penerapan kurikulum 2013 buku teks tematik integratif memegang peranan
sangat penting dalam sebuah pembelajaran. Pemerintah menyiapkan buku
pegangan pembelajaran yang terdiri dari buku pegangan siswa dan buku
pegangan guru. Hal ini tentu saja akan menyebabkan guru menyedarkan bahwa
proses pembelajaran sehari-harinya menggunakan buku teks yang telah
disediakan pemerintah. Buku pembelajaran tematik menuntut guru
mentranformasikan materi pembelajaran dalam bentuk tema-tema yang memuat
beberapa pembelajaran dalam buku siswa yang sudah dikemas sesuai dengan
pendekatan yang diterapkan kurikulum 2013 yaitu pendekatan saintifik.
2. Pendekatan saintifik yang digunakan dalam proses pembelajaran pada
kurikulum 2013 memiki pengaruh besar dalam memberikan kesempatan peserta
didik untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya sehingga membantu
mengoptimalkan perolehan hasil belajar. Buku teks kelas 2 tema 2 sebagian
besar sudah memuat pendekatan saintifik karena dalam sub tema di setiap
pembelajaran sudah memuat pendekatan saintifik (mengamati, menaya,
menalar, mencoba dan mengkomunikasikan).
B. Saran
Setelah penulis menguraikan kesimpulan tersebut, maka di bawah ini
peneliti akan uraikan saran-saran. Adapun saran-saran penulis dalam pembahasan
skripsi ini adalah sebagai berikut:
1. Kepada para peneliti, penulis menyadari banyak kekurangan dalam penelitian
ini. Penulis mengharapkan pada peneliti selanjutnya, agar dapat meneliti lebih
lanjut dan lebih dalam lagi terkait analisis konten buku teks tematik integratif
berbasis pendekatan saintifik pada kurikulum 2013.
2. Bagi guru sekolah dasar, khususnya kelas II diharapkan hasil analisis buku
siswa II tema II Bermain di Lingkunganku ini dapat memacu keinginan untuk
lebih meningkatkan mutu pembelajaran, yaitu dengan memperbaiki kekurangan
atau ketidak kesesuaian buku pada perangkat pembelajaran sehingga siswa
tetap mendapatkan kualitas pembelajaran yang bermutu.
3. Bagi siswa, hasil penelitian analisis konten buku teks tematik integratif berbasis
pendekatan saintifik pada kurikulum 2013 ini dapat digunakan sebagian acuan
untuk para pengguna buku dalam memilih buku teks.
Pendekatan Saintifik pada Kurikulum 2013. Adapun yang menjadi masalah dalam
skripsi ini adalah bagaimana konsep pendekatan saintifik dalam pembelajaran tematik
integratif pada kurikulum 2013, bagaimana muatan pendekatan saintifik yang
terintegrasi dalam konten buku teks kurikulum 2013 kelas II tema II yang bertujuan
untuk mengetahui konsep pendekatan saintifik dalam pembelajaran tematik integratif
pada kurikulum 2013, untuk mengetahui muatan pendekatan saintifik yang
terintegrasi dalam konten buku teks kurikulum 2013 kelas II tema II.
Untuk memudahkan penelitian ini digunakan jenis penelitian pustaka (Library
Research) dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan
teknik dokumentasi dan pengutipan, baik kutipan langsung maupun tidak langsung.
Adapun hasil dari penelitian ini. Pertama, Penerapan kurikulum 2013 buku
teks tematik integratif memegang peranan sangat penting dalam sebuah
pembelajaran. Pemerintah menyiapkan buku pegangan pembelajaran yang terdiri dari
buku pegangan siswa dan buku pegangan guru. Hal ini tentu saja akan menyebabkan
guru menyedarkan bahwa proses pembelajaran sehari-harinya menggunakan buku
teks yang telah disediakan pemerintah. Buku pembelajaran tematik menuntut guru
mentranformasikan materi pembelajaran dalam bentuk tema-tema yang memuat
beberapa pembelajaran dalam buku siswa yang sudah dikemas sesuai dengan
pendekatan yang diterapkan kurikulum 2013 yaitu pendekatan saintifik.Kedua,
Pendekatan saintifik yang digunakan dalam proses pembelajaran pada kurikulum
2013 memiki pengaruh besar dalam memberikan kesempatan peserta didik untuk
mengembangkan potensi yang dimilikinya sehingga membantu mengoptimalkan
perolehan hasil belajar. Buku teks kelas 2 tema 2 sebagian besar sudah memuat
pendekatan saintifik karena dalam sub tema di setiap pembelajaran sudah memuat
pendekatan saintifik (mengamati, menaya, menalar, mencoba dan mengkomunikasikan
A. Kesimpulan
Berdasarkan uraian pada bab pembahasan maka penulis
dapat
mengemukakan kesimpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan yaitu :
1. Penerapan kurikulum 2013 buku teks tematik integratif memegang peranan
sangat penting dalam sebuah pembelajaran. Pemerintah menyiapkan buku
pegangan pembelajaran yang terdiri dari buku pegangan siswa dan buku
pegangan guru. Hal ini tentu saja akan menyebabkan guru menyedarkan bahwa
proses pembelajaran sehari-harinya menggunakan buku teks yang telah
disediakan pemerintah. Buku pembelajaran tematik menuntut guru
mentranformasikan materi pembelajaran dalam bentuk tema-tema yang memuat
beberapa pembelajaran dalam buku siswa yang sudah dikemas sesuai dengan
pendekatan yang diterapkan kurikulum 2013 yaitu pendekatan saintifik.
2. Pendekatan saintifik yang digunakan dalam proses pembelajaran pada
kurikulum 2013 memiki pengaruh besar dalam memberikan kesempatan peserta
didik untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya sehingga membantu
mengoptimalkan perolehan hasil belajar. Buku teks kelas 2 tema 2 sebagian
besar sudah memuat pendekatan saintifik karena dalam sub tema di setiap
pembelajaran sudah memuat pendekatan saintifik (mengamati, menaya,
menalar, mencoba dan mengkomunikasikan).
B. Saran
Setelah penulis menguraikan kesimpulan tersebut, maka di bawah ini
peneliti akan uraikan saran-saran. Adapun saran-saran penulis dalam pembahasan
skripsi ini adalah sebagai berikut:
1. Kepada para peneliti, penulis menyadari banyak kekurangan dalam penelitian
ini. Penulis mengharapkan pada peneliti selanjutnya, agar dapat meneliti lebih
lanjut dan lebih dalam lagi terkait analisis konten buku teks tematik integratif
berbasis pendekatan saintifik pada kurikulum 2013.
2. Bagi guru sekolah dasar, khususnya kelas II diharapkan hasil analisis buku
siswa II tema II Bermain di Lingkunganku ini dapat memacu keinginan untuk
lebih meningkatkan mutu pembelajaran, yaitu dengan memperbaiki kekurangan
atau ketidak kesesuaian buku pada perangkat pembelajaran sehingga siswa
tetap mendapatkan kualitas pembelajaran yang bermutu.
3. Bagi siswa, hasil penelitian analisis konten buku teks tematik integratif berbasis
pendekatan saintifik pada kurikulum 2013 ini dapat digunakan sebagian acuan
untuk para pengguna buku dalam memilih buku teks.
Ketersediaan
| STAR20210082 | 82//2021 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
82//2021
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2021
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyahh
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
