Metode Mind Map dalam Tinjauan Pendidikan Islam
Nurfarida/02.17.1019 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang metode Mind Map dalam tinjauan pendidikan
Islam. Pokok permasalahannya adalah (1) Bagaimana metode Mind Map dalam
perspektif pendidikan Islam, (2)Bagaimana kontribusi metode Mind Map dalam
pembelajaran. Adapun tujuan peneliti yaitu untuk mengetahui metode Mind Map
dalam perspektif pendidikan Islam, dan konstribusi metode Mind Map dalam
pembelajaran.
Masalah ini dianalisis dengan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan
data adalah dokumentasi dengan analisis data menggunakan pendekatan deskriptif
analisis dengan melakukan reduksi data yang diperoleh dari sumber kepustakaan,
kemudian mengorganisasi serta melakukan verifikasi atau menyimpulkan data
untuk menarik kesimpulan dan menjawab rumusan masalah.
Hasil penelitian menunjukkan (1) metode Mind Map dalam kaitannya dengan
pendidikan Islam terfokus pada pemahaman peserta didik. Dengan adanya Mind
Map peserta didik lebih mudah untuk memahami materi- materi pendidikan Islam
yang diberikan oleh guru kepada mereka. Dengan kata lain, metode Mind Map
dalam tinjauan pendidikan Islam yaitu dengan adanya penerapan metode Mind
Map bisa memberikan pemahaman atau pengetahuan ilmu agama kepada peserta
didik dengan mudah dan efisien serta suasana belajar yang membuat peserta didik
merasa nyaman.(2)Metode Mind Map memberikan kontribusi dalam proses
pembelajaran dimana dengan penerapkan metode ini dapat membantu peserta
didik dalam memahami materi pelajaran dengan mudah. Dengan penggunaan
metode mind map yang dilakukan oleh guru dengan penyajian materi yang
sederhana kemudian bisa diterapkan ke siswa untuk mengembangkan materi
kedalam bentuk peta pikiran bisa membuat peserta didik kreaktif dan bisa
memudahkan mereka dalam memahami materi pelajaran.
Implikasi peneliti, sebagai guru yang memiliki peran utama dalam pendidikan,
maka dari itu guru harus lebih banyak lagi membaca dan berlatih agar dapat
menerapkan metode Mind Map di dalam kelas dengan baik dan sekolah
hendaknya menyediakan sarana dan prasarana yang baik agar metode ini dapat di
gunakan oleh semua guru, sehingga peserta didik bisa belajar dengan nyaman.
A. Kesimpulan
Hasil penelitian menunjukkan (1) metode Mind Map dalam kaitannya
dengan pendidikan Islam terfokus pada pemahaman peserta didik.Dengan
adanya Mind Map peserta didik lebih mudah untuk memahami materi- materi
pendidikan Islam yang diberikan oleh guru kepada mereka. Dengan kata lain,
metode Mind Map dalam tinjauan pendidikan Islam yaitu dengan adanya
penerapan metode Mind Map bisa memberikan pemahaman atau pengetahuan
ilmu agama kepada peserta didik dengan mudah dan efisien serta suasana
belajar yang membuat peserta didik merasa nyaman.(2)Metode Mind Map
memberikan kontribusi dalam proses pembelajaran dimana dengan
penerapkan metode ini dapat membantu peserta didik dalam memahami
materi pelajaran dengan mudah. Dengan penggunaan metode mind map yang
dilakukan oleh guru dengan penyajian materi yang sederhana kemudian bisa
diterapkan ke siswa untuk mengembangkan materi kedalam bentuk peta
pikiran bisa membuat peserta didik kreaktif dan bisa memudahkan mereka
dalam memahami materi pelajaran .
B. Implikasi
Implikasi peneliti, sebagai guru yang memiliki peran utama dalam
pendidikan, maka dari itu guru harus lebih banyak lagi membaca dan berlatih
agar dapat menerapkan metode Mind Map di dalam kelas dengan baik dan
sekolah hendaknya menyediakan sarana dan prasarana yang baik agar metode
ini dapat digunakan oleh semua guru, sehingga peserta didik bisa belajar
dengan nyaman.
Islam. Pokok permasalahannya adalah (1) Bagaimana metode Mind Map dalam
perspektif pendidikan Islam, (2)Bagaimana kontribusi metode Mind Map dalam
pembelajaran. Adapun tujuan peneliti yaitu untuk mengetahui metode Mind Map
dalam perspektif pendidikan Islam, dan konstribusi metode Mind Map dalam
pembelajaran.
Masalah ini dianalisis dengan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan
data adalah dokumentasi dengan analisis data menggunakan pendekatan deskriptif
analisis dengan melakukan reduksi data yang diperoleh dari sumber kepustakaan,
kemudian mengorganisasi serta melakukan verifikasi atau menyimpulkan data
untuk menarik kesimpulan dan menjawab rumusan masalah.
Hasil penelitian menunjukkan (1) metode Mind Map dalam kaitannya dengan
pendidikan Islam terfokus pada pemahaman peserta didik. Dengan adanya Mind
Map peserta didik lebih mudah untuk memahami materi- materi pendidikan Islam
yang diberikan oleh guru kepada mereka. Dengan kata lain, metode Mind Map
dalam tinjauan pendidikan Islam yaitu dengan adanya penerapan metode Mind
Map bisa memberikan pemahaman atau pengetahuan ilmu agama kepada peserta
didik dengan mudah dan efisien serta suasana belajar yang membuat peserta didik
merasa nyaman.(2)Metode Mind Map memberikan kontribusi dalam proses
pembelajaran dimana dengan penerapkan metode ini dapat membantu peserta
didik dalam memahami materi pelajaran dengan mudah. Dengan penggunaan
metode mind map yang dilakukan oleh guru dengan penyajian materi yang
sederhana kemudian bisa diterapkan ke siswa untuk mengembangkan materi
kedalam bentuk peta pikiran bisa membuat peserta didik kreaktif dan bisa
memudahkan mereka dalam memahami materi pelajaran.
Implikasi peneliti, sebagai guru yang memiliki peran utama dalam pendidikan,
maka dari itu guru harus lebih banyak lagi membaca dan berlatih agar dapat
menerapkan metode Mind Map di dalam kelas dengan baik dan sekolah
hendaknya menyediakan sarana dan prasarana yang baik agar metode ini dapat di
gunakan oleh semua guru, sehingga peserta didik bisa belajar dengan nyaman.
A. Kesimpulan
Hasil penelitian menunjukkan (1) metode Mind Map dalam kaitannya
dengan pendidikan Islam terfokus pada pemahaman peserta didik.Dengan
adanya Mind Map peserta didik lebih mudah untuk memahami materi- materi
pendidikan Islam yang diberikan oleh guru kepada mereka. Dengan kata lain,
metode Mind Map dalam tinjauan pendidikan Islam yaitu dengan adanya
penerapan metode Mind Map bisa memberikan pemahaman atau pengetahuan
ilmu agama kepada peserta didik dengan mudah dan efisien serta suasana
belajar yang membuat peserta didik merasa nyaman.(2)Metode Mind Map
memberikan kontribusi dalam proses pembelajaran dimana dengan
penerapkan metode ini dapat membantu peserta didik dalam memahami
materi pelajaran dengan mudah. Dengan penggunaan metode mind map yang
dilakukan oleh guru dengan penyajian materi yang sederhana kemudian bisa
diterapkan ke siswa untuk mengembangkan materi kedalam bentuk peta
pikiran bisa membuat peserta didik kreaktif dan bisa memudahkan mereka
dalam memahami materi pelajaran .
B. Implikasi
Implikasi peneliti, sebagai guru yang memiliki peran utama dalam
pendidikan, maka dari itu guru harus lebih banyak lagi membaca dan berlatih
agar dapat menerapkan metode Mind Map di dalam kelas dengan baik dan
sekolah hendaknya menyediakan sarana dan prasarana yang baik agar metode
ini dapat digunakan oleh semua guru, sehingga peserta didik bisa belajar
dengan nyaman.
Ketersediaan
| STAR20220342 | 342/2022 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
342/2022
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2022
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
