Menumbuhkan Konsentrasi Belajar Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita.

No image available for this title
Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library reseach), dengan
pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan deduktif-analitik. Teknik pengumpulan
data yang digunakan adalah studi kepustakaan yaitu seperti buku referensi, hasil
penelitian sebelumnya yang sejenis, artikel, catatan, serta berbagai jurnal yang
berkaitan dengan masalah yang ingin dipecahkan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode bercerita dapat menumbuhkah
konsentrasi belajar, termasuk anak usia 5-6 tahun. Hasil dari pengamatan terhadap
konsentrasi belajar anak menunjukkan bahwa metode bercerita juga dapat melatih
daya konsentrasi anak usia dini untuk memusatkan perhatian kepada keseluruhan
cerita, karena dengan pemusatan perhatian tersebut anak dapat melihat hubungan
bagian-bagian cerita sekaligus menangkap ide pokok dalam bercerita, bercerita dapat
menyenangkan anak.
A. Simpulan
Skripsi ini menyimpulkan bahwa metode bercerita dapat menumbuhkan
konsentrasi belajar anak usia 5-6 tahun. Beberapa hasil peneliti relevan terdahulu
mengatakan bahwa dengan menggunakan metode bercerita dapat menarik perhatian
anak agar lebih fokus dan berkonsentrasi karena anak lebih tertarik dengan cerita atau
dongeng yang menarik.Dengan metode bercerita dapat melatih anak untuk
memfokuskan perhatian (konsentrasi), melatih anak untuk menjadi pendengar yang
baik, mengembangkan kemampuan mengingat anak terhadap hal tertentu yang
disampaikan melalui tuturan secara lisan. Metode bercerita juga dapat melatih daya
konsentrasi anak usia dini untuk memusatkan perhatian kepada keseluruhan cerita,
karena dengan pemusatan perhatian tersebut anak dapat melihat hubungan bagian-
bagian cerita sekaligus menangkap ide pokok dalam bercerita. Hal ini sesuai dengan
pendapat Tadkiroatum Musfiroh, yang menyatakan bahwa menyimak penjelasan dan
nasehat orang lain merupakan sesuatu yang tidak menyenangkan bagi anak usia dini.
Sebaiknya, menyimak cerita atau dongeng adalah aktivitas yang mengasykkan.
B. Implikasi
Berdasarkan hasil penelitian dan simpulan diatas, maka diuraikan implikasi
penelitian yang berisi saran yang dapat bermanfaat bagi peneliti berikutnya, adapun
saran-saran yang diberikan peneliti sebagai berikut:
1. Kepada mahasiswa/mahasiswi pada fakultas tarbiyah disarankan agar dapat
meneliti hal ini lebih lanjut, sebagaimana penulis sadari bahwasannya skripsi
ini jauh dari kata sempurna. Sehingga peneliti dimasa yang akan datang dapat
lebih mendalam lagi dalam meneliti tentang hal ini.
2. Kepada pembaca yang membaca skripsi ini disarankan, apabila terdapat
kesusahan dalam memahami penelitian ini dapat melihat pada sumber yang
asli dengan merujuk kepada referensi dari skripsi ini. Dan apa-apa saja
menurut pembaca baik maka diambil dan diamalkan, sedangkan apabila tidak
sesuai ditinggalkan saja.
Ketersediaan
STAR20220417417/2022Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

417/2022

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top