Urgensi Pendidikan Akidah Akhlak Dalam Pembinaan Perilaku Anak Usia Dini Di Tinjau Dari Perspektif Psikologi
Sarina/02.17.6054 - Personal Name
Pendidikan anak usia dini yang berbasis akidah bertujuan untuk membentuk
anak yang berkepribadian Islam yang memiliki akidah dan perilaku yang jujur
sebagai landasan ketika berpikir dan bersikap didalam menjalani kehidupan.
Kejujuran merupakan pembelajaran mendasar yang perlu diajarkan sejak dini,
mengajarkan anak berkata, bersikap dan berperilaku jujur akan menjadi pembelajaran
untuk kehidupannya kelak agar menjadi suatu kebiasaan baik bagi anak dan mampu
terhindar dari pergaulan yang tidak baik seperti anak jaman sekarang yang bahasanya
terdapat kata-kata kasar dan tidak dapat mereka filter akibat kebiasaan berkata
kasar/tidak baik. Orang tua sangat berperan penting dalam memberikan teladan atau
contoh yang baik terhadap anak karena orang tua adalah pendidik utama dalam
kehidupan sehari-hari ketika dirumah sedangkan ketika berada disekolah disitulah
tugas guru memberikan pendidikan akidah dalam menankan perilaku jujur pada anak.
Dari pembahsan diatas dapat disimpulkan bahwa pendidikan akidah dalam
menanamkan perilaku jujur terhadap anak usia dini merupakan tonggak utama dalam
penentuan generasi bangsa yang beriman dan berakhlak mulia, bahkan ketika Allah
SWT meniupkan ruh kedalam rahim seorang ibu disitulah pendidikan akidah mulai
diterapkan.
A. Kesimpulan
1. Pendidikan akidah dalam menanamkan perilaku jujur pada anak usia dini
sangat berperan penting dalam kehidupannya dikemudian hari, karena
pendidikan akidah dan akhlak merupakan tonggak utama dalam penentuan
generasi bangsa yang beriman dan berakhlak mulia.
2. Pendidikan akidah dalam menanamkan perilaku jujur jika ditinjau dari
perspektif psikologi atau kejiwaan seorang anak merupakan suatu keharusan
sebab nilai moral pada anak mampu mencerdaskan anak dalam berpikir dan
berperilaku serta membuat anak lebih bijak dalam mengambil suatu keputusan.
B. Implikasi
Berdasarkan hasil penelitian dan simpulan diatas, maka diuraikan implikasi
penelitian yang berisi saran yang dapat bermanfaat bagi peneliti berikutnya, adapun
saran-saran yang diberikan peneliti sebagai berikut:
1. Kepada mahasiswa/mahasiswi pada fakultas tarbiyah disarankan agar dapat
meneliti hal ini lebih lanjut, sebagaimana penulis sadari bahwasannya skripsi
ini jauh dari kata sempurna. Sehingga peneliti dimasa yang akan datang dapat
lebih mendalam lagi dalam meneliti tentang hal ini.
2. Kepada pembaca yang membaca skripsi ini disarankan, apabila terdapat
kesusahan dalam memahami penelitian ini dapat melihat pada sumber yang asli
dengan merujuk kepada referensi dari skripsi ini. Apa-apa saja menurut
pembaca baik maka diambil dan diamalkan, sedangkan apabila tidak sesuai
maka ditinggalakan saja.
anak yang berkepribadian Islam yang memiliki akidah dan perilaku yang jujur
sebagai landasan ketika berpikir dan bersikap didalam menjalani kehidupan.
Kejujuran merupakan pembelajaran mendasar yang perlu diajarkan sejak dini,
mengajarkan anak berkata, bersikap dan berperilaku jujur akan menjadi pembelajaran
untuk kehidupannya kelak agar menjadi suatu kebiasaan baik bagi anak dan mampu
terhindar dari pergaulan yang tidak baik seperti anak jaman sekarang yang bahasanya
terdapat kata-kata kasar dan tidak dapat mereka filter akibat kebiasaan berkata
kasar/tidak baik. Orang tua sangat berperan penting dalam memberikan teladan atau
contoh yang baik terhadap anak karena orang tua adalah pendidik utama dalam
kehidupan sehari-hari ketika dirumah sedangkan ketika berada disekolah disitulah
tugas guru memberikan pendidikan akidah dalam menankan perilaku jujur pada anak.
Dari pembahsan diatas dapat disimpulkan bahwa pendidikan akidah dalam
menanamkan perilaku jujur terhadap anak usia dini merupakan tonggak utama dalam
penentuan generasi bangsa yang beriman dan berakhlak mulia, bahkan ketika Allah
SWT meniupkan ruh kedalam rahim seorang ibu disitulah pendidikan akidah mulai
diterapkan.
A. Kesimpulan
1. Pendidikan akidah dalam menanamkan perilaku jujur pada anak usia dini
sangat berperan penting dalam kehidupannya dikemudian hari, karena
pendidikan akidah dan akhlak merupakan tonggak utama dalam penentuan
generasi bangsa yang beriman dan berakhlak mulia.
2. Pendidikan akidah dalam menanamkan perilaku jujur jika ditinjau dari
perspektif psikologi atau kejiwaan seorang anak merupakan suatu keharusan
sebab nilai moral pada anak mampu mencerdaskan anak dalam berpikir dan
berperilaku serta membuat anak lebih bijak dalam mengambil suatu keputusan.
B. Implikasi
Berdasarkan hasil penelitian dan simpulan diatas, maka diuraikan implikasi
penelitian yang berisi saran yang dapat bermanfaat bagi peneliti berikutnya, adapun
saran-saran yang diberikan peneliti sebagai berikut:
1. Kepada mahasiswa/mahasiswi pada fakultas tarbiyah disarankan agar dapat
meneliti hal ini lebih lanjut, sebagaimana penulis sadari bahwasannya skripsi
ini jauh dari kata sempurna. Sehingga peneliti dimasa yang akan datang dapat
lebih mendalam lagi dalam meneliti tentang hal ini.
2. Kepada pembaca yang membaca skripsi ini disarankan, apabila terdapat
kesusahan dalam memahami penelitian ini dapat melihat pada sumber yang asli
dengan merujuk kepada referensi dari skripsi ini. Apa-apa saja menurut
pembaca baik maka diambil dan diamalkan, sedangkan apabila tidak sesuai
maka ditinggalakan saja.
Ketersediaan
| STAR20220435 | 435/2022 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
435/2022
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2022
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
