Penerapan Prinsip-Prinsip Penilaian Dalam Evaluasi Pembelajaran Di Tk Aisyiyah Bustanul Athfal Massalewangeng Kec. Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone

No image available for this title
Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui penerapan prinsip-prinsip
penilaian di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Massalewangeng 2) untuk mengetahui
pelaksanaan evaluasi pembelajaran di TK Aisyiyah Bustanul Athfal
Massalewangeng, 3) untuk mengetahui bagaimana kontribusi penerapan prinsip-
prinsip penilaian dalam evaluasi pembelajaran di TK Aisyiyah Bustanul Athfal
Massalewangeng. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif
deskriptif dengan pendekatan pedagogik, sosiologis, dan psikologis, adapun teknik
pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi
Selanjutnya dianalisis dengan cara mereduksi data, penyajian data, penarikan
kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan prinsip-prinsip penilaian
sudah diterapkan sesuai dengan sebagaimana mestinya di TK Aisyiyah Bustanul
Athfal Massalewangeng. Yakni, prinsip mendidik, prinsip sistematis, prinsip
berkesinambungan, prinsip menyeluruh, prinsip objektif dan adil, prinsip terpadu,
prinsip akuntabel, dan prinsip terbuka. Dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran
ada dua jenis metode yaitu dengan tes dan nontes. Tes hanya digunakan pada waktu
tertentu saja, sedangkan untuk nontes hampir setiap hari digunakan dalam kegiatan
pembelajaran untuk menilai anak, salah satunya alat penilaian yang sering
digunakan yakni observasi dan portofolio. Adapun kontribusi prinsip-prinsip
penilaian dalam evaluasi pembelajaran di TK Aisyiyah Massalewangeng bahwa
prinsip-prinsip penilaian memiliki dampak dan peran penting untuk guru yang
dijadikan sebagai dasar dalam melaksanakan evaluasi, hal ini karena penilaian yang
dilakukan harus mendidik, sistematis, berkesinambungan, menyeluruh, terpadu,
objektif dan adil, terpadu, akuntabel dan terbuka, untuk mengetahui pertumbuhan
dan perkembangan anak dengan maksimal.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian yang telah diuraikan penulis diatas, maka Penulis
mengambil kesimpulan sebagai berikut :
1. Penerapan prinsip-prinsip penilaian di TK Aisyiyah Bustanul Athfal
Massalewangeng sudah diterapkan sesuai dengan sebagaimana mestinya.
Yakni, prinsip mendidik, prinsip sistematis, prinsip berkesinambungan, prinsip
menyeluruh, prinsip objektif dan adil, prinsip terpadu, prinsip akuntabel, dan
prinsip terbuka. Prinsip penilaian dijadikan sebagai acuan atau dasar guru
dalam melakukan penilaian untuk mengetahui pertumbuhan dan
perkemabangan anak dengan maksimal.
2. Dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran ada dua jenis metode yaitu dengan
tes dan nontes. Tes hanya digunakan pada waktu tertentu saja, dan tes buatan
guru hampir sering digunakan oleh guru seperti pembuatan lembar kerja anak
(LKA), sedangkan untuk nontes hampir setiap hari digunakan dalam kegiatan
pembelajaran untuk menilai anak, salah satunya alat penilaian yang sering
digunakan yakni observasi (pengamatan) dan portofolio. Pengamatan
merupakan penilaian yang paling objektif dan dianggap mudah karena guru
menilai dengan mengamati pertumbuhan dan perkembangan anak secara nyata,
sedangkan untuk portofolio digunakan untuk mengumpulkan hasil kerja anak
dan catatan perkembangan anak selama kegiatan pembelajaran, lalu dari
portofolio guru merekap semua kegiatan sebagai hasil evaluasi pembelajaran
anak dan ini memudahkan guru untuk mengetahui pertumbuhan dan
perkembangan anak dari waktu ke waktu.
3. Adapun kontribusi prinsip-prinsip penilaian dalam evaluasi pembelajaran di TK
Aisyiyah Bustanul Athfal Massalewangeng bahwa prinsip-prinsip penilaian
memiliki dampak dan peran penting pada guru yang dijadikan sebagai dasar
dalam melaksanakan evaluasi, hal ini karena penilaian yang dilakukan harus
mendidik, sistematis, berkesinambungan, menyeluruh, terpadu, objektif dan
adil, terpadu, akuntabel dan terbuka menurut teori uyu wahyudin dan mubiar
agustin.
B. Implikasi
Berdasarkan hasil penelitian, pembahasan, dan kesimpulan, maka dapat
diusulkan saran sebagai berikut:
1. Disarankan guru-guru TK Aisyiyah Bustanul Athfal Massalewangeng untuk
dapat memberikan contoh dalam melakukan penilaian siswa kepada guru TK
lainnya.
Ketersediaan
STAR20220281281/2022Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

281/2022

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top