Analisis Motif Customer Switching Ditinjau Dari Perspektif Etika Bisnis Islam Pada Bank Sulselbar Syariah Sengkang
Reski Kurniawan/01,17,5081 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai Analisis Motif Customer Switching
Ditinjau Dari Persktif Etika Bisnis Islam Pada Bank Syariah Sengkang. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui proses terjadinya customer switching pada bank
sulselbar syariah sengkang dan untuk mengetahui motif customer switching ditinjau
dari perspektif etika bisnis Islam.
Penelitian ini merupakan penlitian filed research (penelitian lapangan),
tehnik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Data yang
diperoleh diolah dengan menggunakan kualitatif untuk mendeskripsikan penelitian
Analisis Motif Customer Switching Ditinjau Dari Perspektif Etika Bisnis Islam Pada
Bank Sulselbar Syariah Sengkang. Dalam menganalisis data, penulis menggunakan
reduksi data, penyajian data dan verifikasi data (penarikan kesimpulan).
Hasil penelitian menunjukkan pertama, proses customer switching pada
bank sulselbar syariah sengkang dipngaruhi oleh beberapa faktor yaitu loyalitas,
strategi promosi dan kualitas merek. Loyalitas dapat terbentuk karena konsumen
merasa sangat puas atas produk barang dan jasa yang digunakan. Strategi promosi
meruakan salah satu cara yang dilakukan bank sulselbar syariah sengkang untuk
menarik minat nasabah beralih ke bank tersebut, adapun strategi promosi yang
dilakukan bank sulselbar syariah sengkang yaitu menyebar iklan-iklan yang menarik
dibeberapa media. Semakin tinggi kualitas merek terhadap masyarakat maka
kepercayaan nasabah terhadap bank sulselbar syariah sengkang akan semakin baik.
Kedua, Motif customer switching ditinjau dari perspktif etika bisnis Islam terbagi
atas tiga yaitu pengetahuan konsumen, kualitas pelayanan dan religiusitas dengan
menanamkan sifat kejujuran, sifat amanah, dan sikap adil.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian pada bab sebelumnya yang dilakukan oleh
peneliti di Bank SulSelBar Syariah Sengkang, maka dapat disimpulkan sebagai
berikut:
1. Proses terjadinya customer switching pada Bank Sulselbar Syariah
Sengkang ada beberapa faktor yang mempengaruhi nasabah dalam
perpindahan pelanggan (Customer switching) yaitu loyalitas, strategi
promosi dan kualitas merek. Loyalitas dapat terbentuk karena konsumen
merasa sangat puas atas produk barang dan jasa yang digunakan. Oleh
karena itu, konsumen yang memiliki loyalitas rendah terhadap suatu
produk memiliki kemungkinan untuk melakukan perpindahan ke produk
lain. Strategi promosi merupakan salah satu cara yang dilakukan oleh
bank sulselbar syariah sengkang untuk menarik minat nasabah beralih
kebank tersebut, adapun beberapa strategi promosi yang dilakukan pada
bank sulselbar syariah sengkang yaitu dengan cara menyebarkan iklan-
iklan yang menarik dibeberapa media contohnya media iklan, media
elektronik, dan media cetak, dengan hal tersebut diharapkan dapat
meningkatkan minat masyarakat untuk lebih memilih bank sulselbar
syariah sengkang dibandingkan bank yang berada dilingkungan sekitar.
Bank juga perlu memperhatikan kualitas merek yang ditawarkan, hal ini
juga sangat penting dikarenakan kualitas merupakan suatu cerminan
terhadap nilai sebuah produk yang berkenaan dengan kemudahan operasi,
keawetan serta berbagai atribut yang bernilai tinggi. Citra atau reputasi
bank syariah yang baik maka akan dikenal masyarakat dan ini menjadi
salah satu faktor yang mempengaruhi nasabah melakukan customer
switching.
2. Motif customer switching ditinjau dari perspektif etika bisnis Islam terbagi
atas tiga yaitu pengetahuan konsumen, kualitas pelayanan dan religiusitas
dengan menanamkan sifat kejujuran, sifat amanah dan bersikap adil.
Pengetahun konsumen dapat mempengaruhi keputusan nasabah untuk
mengunakan produk bank syariah. Dengan menanamkan kejujuran maka
akan berdampak pada pengetahuan konsumen terhadap manfaat produk
bank syariah. Dari pengetahuan konsumen itulah informan akan
terdorong melakukan perpindahan pelanggan ke bank syariah karena telah
mengetahui produk yang ditawarkan serta manfaat dari produk itu sendiri.
salah satu hal yang menarik minat dalam perpindahan pelanggan yaitu
dengan kualitas pelayanan yang diberikan oleh pihak bank sulselbar
syariah sengkang yang sangat baik, sehingga mendorong minat nasabah
beralih dari bank konvensional ke bank syariah. Adapun pelayanan yang
ditawarkan dalam bank sulselbar sengkang yaitu konsistensi kerja,
kesiapan para karyawan untuk memberikan jasa yang dibutuhkan,
credibility, memberikan informasi kepada nasabah dalam bahasa yang
mudah dipahami serta akses yang meliputi kemudahan untuk dihubungi
dan ditemui oleh nsabah. Religiusitas merupakan salah satu dorongan
yang dapat memberikan pengaruh customer switching (perpindahan
pelanggan). Religiusitas ini dapat diartikan sebagai tingkat keyakinan,
kepercayaan, dan kesalehan seseorang dalam menjalankan syariat agama.
Bank sulselbar syariah sengkang tersebut termasuk dalam aspek syariah
yang berhubungan dengan kegiatan muamalah.
B. Saran
Berdasarkan kesimpulan diatas, akan beberapa saran yang akan diberikan
peneliti kepada Bank Sulselbar Syariah Sengkang.
1. Terus menjaga konsitensi bank dan terus menjaga loyalitas kepada
nasabah serta terus meningkatkan kualitas merek dan mempromosikan
produk ke seluruh kalangan masyarakat.
2. Meningkatkan kualitas pelayanan yang lebih baik lagi sehingga nasabah
dalam melakukan transaksi atau menggunakan produk merasa nyaman
serta tetap memberikan kepercayaan kepada nasabah sehingga nasabah
tidak canggung ketika ada hal yang diperlukan.
Ditinjau Dari Persktif Etika Bisnis Islam Pada Bank Syariah Sengkang. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui proses terjadinya customer switching pada bank
sulselbar syariah sengkang dan untuk mengetahui motif customer switching ditinjau
dari perspektif etika bisnis Islam.
Penelitian ini merupakan penlitian filed research (penelitian lapangan),
tehnik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Data yang
diperoleh diolah dengan menggunakan kualitatif untuk mendeskripsikan penelitian
Analisis Motif Customer Switching Ditinjau Dari Perspektif Etika Bisnis Islam Pada
Bank Sulselbar Syariah Sengkang. Dalam menganalisis data, penulis menggunakan
reduksi data, penyajian data dan verifikasi data (penarikan kesimpulan).
Hasil penelitian menunjukkan pertama, proses customer switching pada
bank sulselbar syariah sengkang dipngaruhi oleh beberapa faktor yaitu loyalitas,
strategi promosi dan kualitas merek. Loyalitas dapat terbentuk karena konsumen
merasa sangat puas atas produk barang dan jasa yang digunakan. Strategi promosi
meruakan salah satu cara yang dilakukan bank sulselbar syariah sengkang untuk
menarik minat nasabah beralih ke bank tersebut, adapun strategi promosi yang
dilakukan bank sulselbar syariah sengkang yaitu menyebar iklan-iklan yang menarik
dibeberapa media. Semakin tinggi kualitas merek terhadap masyarakat maka
kepercayaan nasabah terhadap bank sulselbar syariah sengkang akan semakin baik.
Kedua, Motif customer switching ditinjau dari perspktif etika bisnis Islam terbagi
atas tiga yaitu pengetahuan konsumen, kualitas pelayanan dan religiusitas dengan
menanamkan sifat kejujuran, sifat amanah, dan sikap adil.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian pada bab sebelumnya yang dilakukan oleh
peneliti di Bank SulSelBar Syariah Sengkang, maka dapat disimpulkan sebagai
berikut:
1. Proses terjadinya customer switching pada Bank Sulselbar Syariah
Sengkang ada beberapa faktor yang mempengaruhi nasabah dalam
perpindahan pelanggan (Customer switching) yaitu loyalitas, strategi
promosi dan kualitas merek. Loyalitas dapat terbentuk karena konsumen
merasa sangat puas atas produk barang dan jasa yang digunakan. Oleh
karena itu, konsumen yang memiliki loyalitas rendah terhadap suatu
produk memiliki kemungkinan untuk melakukan perpindahan ke produk
lain. Strategi promosi merupakan salah satu cara yang dilakukan oleh
bank sulselbar syariah sengkang untuk menarik minat nasabah beralih
kebank tersebut, adapun beberapa strategi promosi yang dilakukan pada
bank sulselbar syariah sengkang yaitu dengan cara menyebarkan iklan-
iklan yang menarik dibeberapa media contohnya media iklan, media
elektronik, dan media cetak, dengan hal tersebut diharapkan dapat
meningkatkan minat masyarakat untuk lebih memilih bank sulselbar
syariah sengkang dibandingkan bank yang berada dilingkungan sekitar.
Bank juga perlu memperhatikan kualitas merek yang ditawarkan, hal ini
juga sangat penting dikarenakan kualitas merupakan suatu cerminan
terhadap nilai sebuah produk yang berkenaan dengan kemudahan operasi,
keawetan serta berbagai atribut yang bernilai tinggi. Citra atau reputasi
bank syariah yang baik maka akan dikenal masyarakat dan ini menjadi
salah satu faktor yang mempengaruhi nasabah melakukan customer
switching.
2. Motif customer switching ditinjau dari perspektif etika bisnis Islam terbagi
atas tiga yaitu pengetahuan konsumen, kualitas pelayanan dan religiusitas
dengan menanamkan sifat kejujuran, sifat amanah dan bersikap adil.
Pengetahun konsumen dapat mempengaruhi keputusan nasabah untuk
mengunakan produk bank syariah. Dengan menanamkan kejujuran maka
akan berdampak pada pengetahuan konsumen terhadap manfaat produk
bank syariah. Dari pengetahuan konsumen itulah informan akan
terdorong melakukan perpindahan pelanggan ke bank syariah karena telah
mengetahui produk yang ditawarkan serta manfaat dari produk itu sendiri.
salah satu hal yang menarik minat dalam perpindahan pelanggan yaitu
dengan kualitas pelayanan yang diberikan oleh pihak bank sulselbar
syariah sengkang yang sangat baik, sehingga mendorong minat nasabah
beralih dari bank konvensional ke bank syariah. Adapun pelayanan yang
ditawarkan dalam bank sulselbar sengkang yaitu konsistensi kerja,
kesiapan para karyawan untuk memberikan jasa yang dibutuhkan,
credibility, memberikan informasi kepada nasabah dalam bahasa yang
mudah dipahami serta akses yang meliputi kemudahan untuk dihubungi
dan ditemui oleh nsabah. Religiusitas merupakan salah satu dorongan
yang dapat memberikan pengaruh customer switching (perpindahan
pelanggan). Religiusitas ini dapat diartikan sebagai tingkat keyakinan,
kepercayaan, dan kesalehan seseorang dalam menjalankan syariat agama.
Bank sulselbar syariah sengkang tersebut termasuk dalam aspek syariah
yang berhubungan dengan kegiatan muamalah.
B. Saran
Berdasarkan kesimpulan diatas, akan beberapa saran yang akan diberikan
peneliti kepada Bank Sulselbar Syariah Sengkang.
1. Terus menjaga konsitensi bank dan terus menjaga loyalitas kepada
nasabah serta terus meningkatkan kualitas merek dan mempromosikan
produk ke seluruh kalangan masyarakat.
2. Meningkatkan kualitas pelayanan yang lebih baik lagi sehingga nasabah
dalam melakukan transaksi atau menggunakan produk merasa nyaman
serta tetap memberikan kepercayaan kepada nasabah sehingga nasabah
tidak canggung ketika ada hal yang diperlukan.
Ketersediaan
| SFEBI20210076 | 76/2021 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
76/2021
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2021
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
