Pengaruh Endorsement Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Pelanggan Cafe Al-Fatih Di Kabupaten Bone)
Kris Damayanti Dahlan/01.17.3120 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang pengaruh endorsement terhadap keputusan pembelian di
Cafe Al-Fatih Di kabupaten Bone. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui
pengaruh endorsement terhadap keputusan pembelian di Cafe Al-Fatih. Dengan tujuan
penelitian tersebut, maka penelitian ini di lakukan menggunakan pendekatan kuantitatif
dengan mengumpulkan data dengan menyebar angket atau kuesioner. Populasi dari
penelitian ini berjumlah 1.500 dan sampel menurut teori sampling slovin sebesar 316.
Adapun hasil dari penelitian ini memberikan kesimpulan bahwa endorsement
berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Hal ini dibuktikan dari nilai t
hitung sebesar 9.910 yang lebih besar dari pada nilai t tabel yang bernilai 1,968
berdasarkan pencocokan df = 316-2 = 314 dan nilai signifikansi kesalahan sebesar 5%.
Selain itu hasil ini juga dibuktikan oleh nilai signifikansi sebesar 0,000 yang lebih kecil
dari pada 0,05. sedangkan koefisien regresi memiliki nilai positif sebesar 15,456 dan
nilai beta sebesar 0,535. Nilai koefisien regresi atau nilai R square dalam penelitian ini
juga bernilai 0,238 yang artinya persentase pengaruh variabel X ke Y adalah sebesar 23,8
%.
A. Kesimpulan
Berdasarkan pembahasan pada bab sebelumnya, peneliti dapat
mengemukakan kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan
dari variabel X (Endorsement) terhadap variabel Y (Keputusan Pembelian). Hal
ini dibuktikan dengan menggunakan analisis pengujian hipotesis regresi sederhana
dengan nilai sig. < 0,05 yakni 0,000 dan t hitung = yang bernilai 9,910 > t tabel
1,968. Artinya bahwa endorsement memberikan pengaruh yang signifikan
terhadap keeputusan pembelian konsumen sehingga hipotesis alternatif (Ha)
diterima dan (H0) ditolak. Pada lain sisi ditemukan bahwa nilai konstanta dan
koefisien yang besar nilainya berturut-turut adalah 15,456 dan 0,535. Hal ini dapat
diartikan bahwa Keputusan Pembelian akan bernilai sebesar 15,456 bahkan saat
Endorsement berada pada titik nol. Sedangkan penambahan satu nilai dari
Endorsement akan mendatangkan peningkatan pada Keputusan pembelian pada
Cafe Al-fatih sebesar 0,535. Nilai koefisien regresi atau nilai R square juga bernilai
0,238. Dengan ini, persentase pengaruh variabel X ke Y adalah sebesar 23,8 %.
B. Implikasi
Berdasarkan kesimpulan diatas, peneliti dapat menguraikan implikasi sebagai
berikut :
1. Kepada pemilik Cafe Al-Fatih selaku penyelenggara untuk tetap
mempertahankan dan meningkatkan kebijakan dan strategi Endorsement yang
dilakukan.
2. Kepada calon peneliti selanjutnya agar hasil peneltian ini bisa dijadikan
sebagai bahan referensi dalam mengkaji objek serupa sehingga sebisa mungkin
mendapat hasil yang lebih baik dengan populasi serta objek yang lebih besar
agar ilmu pengetahuan terus berkembang. Khususnya pada hal Endorsement,
Keputusan Pembelian, dan pemasaran.
Cafe Al-Fatih Di kabupaten Bone. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui
pengaruh endorsement terhadap keputusan pembelian di Cafe Al-Fatih. Dengan tujuan
penelitian tersebut, maka penelitian ini di lakukan menggunakan pendekatan kuantitatif
dengan mengumpulkan data dengan menyebar angket atau kuesioner. Populasi dari
penelitian ini berjumlah 1.500 dan sampel menurut teori sampling slovin sebesar 316.
Adapun hasil dari penelitian ini memberikan kesimpulan bahwa endorsement
berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Hal ini dibuktikan dari nilai t
hitung sebesar 9.910 yang lebih besar dari pada nilai t tabel yang bernilai 1,968
berdasarkan pencocokan df = 316-2 = 314 dan nilai signifikansi kesalahan sebesar 5%.
Selain itu hasil ini juga dibuktikan oleh nilai signifikansi sebesar 0,000 yang lebih kecil
dari pada 0,05. sedangkan koefisien regresi memiliki nilai positif sebesar 15,456 dan
nilai beta sebesar 0,535. Nilai koefisien regresi atau nilai R square dalam penelitian ini
juga bernilai 0,238 yang artinya persentase pengaruh variabel X ke Y adalah sebesar 23,8
%.
A. Kesimpulan
Berdasarkan pembahasan pada bab sebelumnya, peneliti dapat
mengemukakan kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan
dari variabel X (Endorsement) terhadap variabel Y (Keputusan Pembelian). Hal
ini dibuktikan dengan menggunakan analisis pengujian hipotesis regresi sederhana
dengan nilai sig. < 0,05 yakni 0,000 dan t hitung = yang bernilai 9,910 > t tabel
1,968. Artinya bahwa endorsement memberikan pengaruh yang signifikan
terhadap keeputusan pembelian konsumen sehingga hipotesis alternatif (Ha)
diterima dan (H0) ditolak. Pada lain sisi ditemukan bahwa nilai konstanta dan
koefisien yang besar nilainya berturut-turut adalah 15,456 dan 0,535. Hal ini dapat
diartikan bahwa Keputusan Pembelian akan bernilai sebesar 15,456 bahkan saat
Endorsement berada pada titik nol. Sedangkan penambahan satu nilai dari
Endorsement akan mendatangkan peningkatan pada Keputusan pembelian pada
Cafe Al-fatih sebesar 0,535. Nilai koefisien regresi atau nilai R square juga bernilai
0,238. Dengan ini, persentase pengaruh variabel X ke Y adalah sebesar 23,8 %.
B. Implikasi
Berdasarkan kesimpulan diatas, peneliti dapat menguraikan implikasi sebagai
berikut :
1. Kepada pemilik Cafe Al-Fatih selaku penyelenggara untuk tetap
mempertahankan dan meningkatkan kebijakan dan strategi Endorsement yang
dilakukan.
2. Kepada calon peneliti selanjutnya agar hasil peneltian ini bisa dijadikan
sebagai bahan referensi dalam mengkaji objek serupa sehingga sebisa mungkin
mendapat hasil yang lebih baik dengan populasi serta objek yang lebih besar
agar ilmu pengetahuan terus berkembang. Khususnya pada hal Endorsement,
Keputusan Pembelian, dan pemasaran.
Ketersediaan
| SFEBI20210070 | 70/2021 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
70/2021
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2021
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
