Implementasi Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAIKEM) dalam Penguatan Pendidikan Karakter Siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak MI Syamsu Rasyidi Majang Kab. Bone
Musfiranti/:02.17.5088 - Personal Name
Skripsi ini berjudul Implementasi Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif dan
Menyenangkan (PAIKEM) dalam Penguatan Pendidikan Karakater Siswa pada Mata
Pelajaran Akidah Akhlak MI Syamsu Rasyidi Majang Kab. Bone. Tujuan Penulisan
skripsi ini untuk mengetahui penerapan PAIKEM dalam penguatan pendidikan
karakter pada mata pelajaran akidah akhlak, dan Faktor penghambat serta solusi
implementasi PAIKEM dalam penguatan pendidikan karakter pada mata pelajaran
akidah akhlak.
Untuk memperoleh jawaban terhadap permasalahan tersebut, penulis
menggunakan jenis penelitian kualitatif (Qualitatif Research). Pendekatan yang
digunakan adalah pendekatan paedagogis dan sosiologis.. Adapun teknik yang
digunakan antara lain; wawancara dan dokumentasi. Sedangkan pengelolaan data
yang digunakan adalah secara kualitatif yang memuat reduksi data, penyajian data,
kesimpulan dan verifikasi.
Hasil peneilitian menunjukkan bahwa bentuk penerapan PAIKEM dalam
penguatan pendidikan karakter siswa MI Syamsu Rasyidi Majang sebagai berikut (1)
Pembelajaran aktif yang diterapkan, guru selalu menggunakan metode bervariasi
dalam pembelajaran yang bertujuan agar peserta didik tidak pasif dan selalu aktif
bertanya, serta pembelajaran daring tercipta pembelajaran yang nyaman, tenteram dan
harmonis. (2) Pembelajaran Inovatif yang diterapkan, guru selalu mengaitkan materi
dengan kehidupan nyata peserta didik dirumah dan peserta didik dapat menemukan
ide-ide yang bermakna dengan hasil bekerja sama dengan orang tua. (3) Pembelajaran
efektif, guru menggunakan media seperti video pembelajaran agar peserta didik dapat
melihat langsung dari materi yang diajarkan. Video ini melatih peserta didik dalam
menyimak materi. (4) Pembelajaran efektif, guru selalu mengelola waktu dan
kegiatan pembelajaran, sebagaimana komitmen yang dibuat sebelum memulai
pembelajaran guna menciptakan sikap kedisiplinan peserta didik. (5) Pembelajaran
menyenangkan, guru selalu membuat suasana agar tetap mengesankan dengan
mengadakan kuis pada peserta didik dan tidak memberikan tugas terlalu banyak.
Adapun faktor penghambat terhadap penerapan PAIKEM dalam penguatan
pendidikan karakter pada mata pelajaran akidah akhlak MI Syamsu Rasidi Majang
adalah perbedaan tingkat pemahaman peserta didik, kurangnya kerja sama orang tua
dengan peserta didik, dan keterbatasan sarana dan prasarana. Kemudian solusi, guru
dalam mengatasi hambatan dalam penerapan PAIKEM dalam penguatan pendidikan
karakter pada mata pelajaran akidah akhlak MI Syamsu Rasyidi Majang adalah selalu
memberikan motivasi dan melakukan pendampingan pada peserta didik,
mendatangkan orang tua untuk diberikan motivasi agar mendampingi anaknya selama
belajar dirumah, serta memberikan kebijakan pada peserta didik yang kehabisan
kuota dan memberikan bimbingan pada peserta didik yang belum terlalu tau
menggunakan HP.
A.
Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa:
1. Bentuk Implementasi pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan
menyenangkan (PAIKEM) dalam penguatan pendidikan karakter siswa MI
Syamsu Rasyidi Majang, antara lain: (1) Pembelajaran aktif yang diterapkan,
guru selalu menggunakan metode bervariasi dalam pembelajaran yang
bertujuan untuk menarik peserta didik untuk terlibat aktif dalam pembelajaran.
(2) Pembelajaran Inovatif yang diterapkan, guru selalu mengaitkan materi
dengan kehidupan nyata peserta didik dirumah dan muncul sikap peserta didik
dalam menemukan ide-ide yang bermakna. (3) Pembelajaran efektif, guru
menggunakan media seperti video pembelajaran agar peserta didik dapat
melihat langsung dari materi yang diajarkan dan tentunya muncul rasa
semangat siswa serta melatih peserta didik dalam menyimak materi. (4)
Pembelajaran efektif, guru selalu mengelola waktu dan kegiatan pembelajaran
guna menciptakan sikap kedisiplinan peserta didik. (5) Pembelajaran
menyenangkan, guru selalu membuat suasana agar tetap mengesankan dengan
mengadakan kuis dan mengirim video pembelajaran yang menarik pada
peserta didik dan tidak memberikan tugas terlalu banyak.
2. Adapun faktor penghambat terhadap penerapan PAIKEM dalam penguatan
pendidikan karakter pada mata pelajaran akidah akhlak MI Syamsu Rasidi
Majang adalah perbedaan tingkat pemahaman peserta didik, kurangnya kerja
sama orang tua dengan peserta didik, dan keterbatasan sarana dan prasarana.
3. Kemudian solusi, guru dalam mengatasi hambatan dalam penerapan PAIKEM
dalam penguatan pendidikan karakter pada mata pelajaran akidah akhlak MI
Syamsu Rasyidi Majang adalah selalu memberikan motivasi dan melakukan
pendampingan pada peserta didik, mendatangkan orang tua untuk diberikan
motivasi agar mendampingi anaknya selama belajar dirumah, serta
memberikan kebijakan pada peserta didik yang kehabisan kuota dan
memberikan bimbingan pada peserta didik yang belum terlalu tau
menggunakan HP.
B. Implikasi
Setelah mengadakan penelitian mengenai implementasi pembelajaran aktif,
inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan (PAIKEM) dalam penguatan pendidikan
karakter pada mata pelajaran akidah akhlak MI Syamsu Rasyidi Majanag, maka
adapun saran penulis yang ingin disampaikan adalah sebagai berikut:
1. Guru diharapkan senantiasa mengembangkan penguatan pendidikan karakter
demi berjalannya pembelajaran yang kondusif.
2. Guru hendaknya mampu memberikan perhatian kepada peserta didik yang
mengalami kendala dalam belajar sehingga keluhan-keluhan dapat diatasi
dengan baik.
3. Guru diharapkan untuk lebih mampu mengatur waktu dan pengelolaan
kegiatan pembelajaran agar pembelajaran secara daring tetap berjalan sesuai
dengan tujuan yang ingin dicapai.
Menyenangkan (PAIKEM) dalam Penguatan Pendidikan Karakater Siswa pada Mata
Pelajaran Akidah Akhlak MI Syamsu Rasyidi Majang Kab. Bone. Tujuan Penulisan
skripsi ini untuk mengetahui penerapan PAIKEM dalam penguatan pendidikan
karakter pada mata pelajaran akidah akhlak, dan Faktor penghambat serta solusi
implementasi PAIKEM dalam penguatan pendidikan karakter pada mata pelajaran
akidah akhlak.
Untuk memperoleh jawaban terhadap permasalahan tersebut, penulis
menggunakan jenis penelitian kualitatif (Qualitatif Research). Pendekatan yang
digunakan adalah pendekatan paedagogis dan sosiologis.. Adapun teknik yang
digunakan antara lain; wawancara dan dokumentasi. Sedangkan pengelolaan data
yang digunakan adalah secara kualitatif yang memuat reduksi data, penyajian data,
kesimpulan dan verifikasi.
Hasil peneilitian menunjukkan bahwa bentuk penerapan PAIKEM dalam
penguatan pendidikan karakter siswa MI Syamsu Rasyidi Majang sebagai berikut (1)
Pembelajaran aktif yang diterapkan, guru selalu menggunakan metode bervariasi
dalam pembelajaran yang bertujuan agar peserta didik tidak pasif dan selalu aktif
bertanya, serta pembelajaran daring tercipta pembelajaran yang nyaman, tenteram dan
harmonis. (2) Pembelajaran Inovatif yang diterapkan, guru selalu mengaitkan materi
dengan kehidupan nyata peserta didik dirumah dan peserta didik dapat menemukan
ide-ide yang bermakna dengan hasil bekerja sama dengan orang tua. (3) Pembelajaran
efektif, guru menggunakan media seperti video pembelajaran agar peserta didik dapat
melihat langsung dari materi yang diajarkan. Video ini melatih peserta didik dalam
menyimak materi. (4) Pembelajaran efektif, guru selalu mengelola waktu dan
kegiatan pembelajaran, sebagaimana komitmen yang dibuat sebelum memulai
pembelajaran guna menciptakan sikap kedisiplinan peserta didik. (5) Pembelajaran
menyenangkan, guru selalu membuat suasana agar tetap mengesankan dengan
mengadakan kuis pada peserta didik dan tidak memberikan tugas terlalu banyak.
Adapun faktor penghambat terhadap penerapan PAIKEM dalam penguatan
pendidikan karakter pada mata pelajaran akidah akhlak MI Syamsu Rasidi Majang
adalah perbedaan tingkat pemahaman peserta didik, kurangnya kerja sama orang tua
dengan peserta didik, dan keterbatasan sarana dan prasarana. Kemudian solusi, guru
dalam mengatasi hambatan dalam penerapan PAIKEM dalam penguatan pendidikan
karakter pada mata pelajaran akidah akhlak MI Syamsu Rasyidi Majang adalah selalu
memberikan motivasi dan melakukan pendampingan pada peserta didik,
mendatangkan orang tua untuk diberikan motivasi agar mendampingi anaknya selama
belajar dirumah, serta memberikan kebijakan pada peserta didik yang kehabisan
kuota dan memberikan bimbingan pada peserta didik yang belum terlalu tau
menggunakan HP.
A.
Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa:
1. Bentuk Implementasi pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan
menyenangkan (PAIKEM) dalam penguatan pendidikan karakter siswa MI
Syamsu Rasyidi Majang, antara lain: (1) Pembelajaran aktif yang diterapkan,
guru selalu menggunakan metode bervariasi dalam pembelajaran yang
bertujuan untuk menarik peserta didik untuk terlibat aktif dalam pembelajaran.
(2) Pembelajaran Inovatif yang diterapkan, guru selalu mengaitkan materi
dengan kehidupan nyata peserta didik dirumah dan muncul sikap peserta didik
dalam menemukan ide-ide yang bermakna. (3) Pembelajaran efektif, guru
menggunakan media seperti video pembelajaran agar peserta didik dapat
melihat langsung dari materi yang diajarkan dan tentunya muncul rasa
semangat siswa serta melatih peserta didik dalam menyimak materi. (4)
Pembelajaran efektif, guru selalu mengelola waktu dan kegiatan pembelajaran
guna menciptakan sikap kedisiplinan peserta didik. (5) Pembelajaran
menyenangkan, guru selalu membuat suasana agar tetap mengesankan dengan
mengadakan kuis dan mengirim video pembelajaran yang menarik pada
peserta didik dan tidak memberikan tugas terlalu banyak.
2. Adapun faktor penghambat terhadap penerapan PAIKEM dalam penguatan
pendidikan karakter pada mata pelajaran akidah akhlak MI Syamsu Rasidi
Majang adalah perbedaan tingkat pemahaman peserta didik, kurangnya kerja
sama orang tua dengan peserta didik, dan keterbatasan sarana dan prasarana.
3. Kemudian solusi, guru dalam mengatasi hambatan dalam penerapan PAIKEM
dalam penguatan pendidikan karakter pada mata pelajaran akidah akhlak MI
Syamsu Rasyidi Majang adalah selalu memberikan motivasi dan melakukan
pendampingan pada peserta didik, mendatangkan orang tua untuk diberikan
motivasi agar mendampingi anaknya selama belajar dirumah, serta
memberikan kebijakan pada peserta didik yang kehabisan kuota dan
memberikan bimbingan pada peserta didik yang belum terlalu tau
menggunakan HP.
B. Implikasi
Setelah mengadakan penelitian mengenai implementasi pembelajaran aktif,
inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan (PAIKEM) dalam penguatan pendidikan
karakter pada mata pelajaran akidah akhlak MI Syamsu Rasyidi Majanag, maka
adapun saran penulis yang ingin disampaikan adalah sebagai berikut:
1. Guru diharapkan senantiasa mengembangkan penguatan pendidikan karakter
demi berjalannya pembelajaran yang kondusif.
2. Guru hendaknya mampu memberikan perhatian kepada peserta didik yang
mengalami kendala dalam belajar sehingga keluhan-keluhan dapat diatasi
dengan baik.
3. Guru diharapkan untuk lebih mampu mengatur waktu dan pengelolaan
kegiatan pembelajaran agar pembelajaran secara daring tetap berjalan sesuai
dengan tujuan yang ingin dicapai.
Ketersediaan
| STAR20210265 | 265/2021 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
265/2021
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2021
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
