Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Dan Staf Di SMP Amir Islam Panyula Kec. Tanete Riattang Timur Kab. Bone
Yati Ustavia/02.15.3071 - Personal Name
Skripsi ini mengkaji tentang Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan
Kinerja Guru Dan Staf Di SMP Amir Islam Panyula Kec. Tanete Riattang Timur
Kab. Bone. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) Untuk mengetahui bentuk
komitmen kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas SMP Amir Islam Panyula
Kec. Tanete Riattang Timur Kab. Bone. 2) Untuk mengetahui peran komitmen kepala
sekolah dalam meningkatkan kinerja guru dan staf di SMP Amir Islam Panyula Kec.
Tanete Riattang Timur Kab. Bone.
Untuk memudahkan mencapai tujuan tersebut di atas, digunakan metode
penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan teknik antara lain
observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh diolah dengan metode
kualitatif, selanjutnya dianalisis dengan menggunakan metode analisis kualitatif yaitu
dengan penyajian data, reduksi data, penarikan kesimpulan dan verifikasi.
Berdasarkan hasil penelitian di lokasi dapat di ketahui bahwa bentuk
komitmen kepala sekolah telah mampu meningkatan kinerja guru dan staf. Dengan
ini dapat dilihat dari komitmen afektif yaitu telah melakukan sosialisasi, baik lingkup
sekolah maupun luar lingkup sekolah sehingga dapat meningkatkan kinerja organisasi
serta mampu memberikan kepuasan kepada peserta didiknya terutama dalam proses
pembelajaran. Komitmen normatif berjalan dengan baik karena guru-guru mampu
membedakan karakteristik pekerjaan yang telah ditentukan oleh kepala sekolah, serta
telah mempunyai pengalaman kerja yang baik, sehingga kepala sekolah dan guru
serta staf telah mengatahui peranya sebagai pendidik. Komitmen lanjutan telah
berjalan dengan baik karena guru dan staf mampu bekerja secara maksimal untuk
menciptakan sebuah gagasan maupun sesuatu hal yang baru agar dapat menunjang
proses pembelajaran. Sehingga dapat menciptakan sekolah yang berkualitas. Adapun
peeran komitmen kepala sekolah telah mampu meningklatkan kinerja guru dan staf
dii lihat dari proses peningkatan masa depan sekolah karena perencanaan,
pengelolaan, pengkoordinasian yang tinggi yang dilkakukan oleh guru dan staf baik
lingkup sekolah dan luar lingkup sekolah yang ada SMP Amir Islam Panyula
mampu menjalankan dengan baik walapun sumber daya manusia yang yang tidak
banyak dapat juga terlakanasa dengan baik dengan beberapa permaslahan yang
timbul dan dipikul oleh kepala sekolah akan tetapi tidak mengurangi daya semangat
yang tinggi untuk meningkatkan sekolah tersebut agar dapat menghasilkan peserta
didik yang berkualitas.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian pada bab pembahasan maka penulis dapat mengemukakan
simpulan dari hasil penelitian yaitu:
1. Bentuk Komitmen kepala sekolah telah mampu meningkatan kualitas di SMP
Amir Islam Panyula, dengan ini dapat dilihat dari:
a. Komitmen afektif yaitu telah melakukan sosialisasi, baik lingkup sekolah
maupun luar lingkup sekolah sehingga dapat meningkatkan kinerja
organisasi serta mampu memberikan kepuasan kepada peserta didiknya
terutama dalam proses pembelajaran.
b. Komitmen normatif berjalan dengan baik karena guru-guru mampu
membedakan karakteristik pekerjaan yang telah ditentukan oleh kepala
sekolah, serta telah mempunyai pengalaman kerja yang baik, sehingga
kepala sekolah dan guru serta staf telah mengatahui peranya sebagai
pendidik.
c. Komitmen lanjutan telah berjalan dengan baik karena guru dan staf
mampu bekerja secara maksimal untuk menciptakan sebuah gagasan
maupun sesuatu hal yang baru agar dapat menunjang proses pembelajaran.
Sehingga dapat menciptakan sekolah yang berkualitas.
2 Peran komitmen kepala sekolah telah mampu meningklatkan kinerja guru
dan staf dii lihat dari proses peningkatan masa depan sekolah karena
perencanaan, pengelolaan, pengkoordinasian yang tinggi yang dilkakukan
oleh guru dan staf baik lingkup sekolah dan luar lingkup sekolah yang
ada SMP Amir Islam Panyula mampu menjalankan dengan baik walapun
sumber daya manusia yang yang tidak banyak dapat juga terlakanasa
dengan baik dengan beberapa permaslahan yang timbul dan dipikul oleh
kepala sekolah akan tetapi tidak mengurangi daya semangat yang tinggi
untuk meningkatkan sekolah tersebut agar dapat menghasilkan peserta
didik yang berkualitas.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka dibawah ini akan
diuraikan saran-saran. Adapun saran-saran penulis dalam pembahasan skripsi ini
adalah sebagai berikut:
1. Diharapkan kepada kepala sekolah agar lebih memaksimalkan perannya
sebagai pemimpin, dan komitmen afektif, normatif dan lanjutan yang dimiliki
oleh kepala sekolah mampu berjalan dengan baik sebagaimana mestinya serta
guru-guru bekerja sesuai dengan tufoksinya masing sehingga dapat
berkembang secara sistemtis, terstruktur kontruksitif.
2. Diharapkan kepada pihak madrasah untuk tetap menjaga hubungan baik
dengan kepala seoklah dan guru serta masyarakat karena dengan adanya
hubungan kerjasama yang baik akan berdampak baik pula untuk kemajuan
madrasah.
3. Diharapkan kepada seluruh personil SMP Amir Islam Panyula Kab. Bone
dapat berpartisipasi secara aktif dan bekerja secara bersama-sama.
Kinerja Guru Dan Staf Di SMP Amir Islam Panyula Kec. Tanete Riattang Timur
Kab. Bone. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) Untuk mengetahui bentuk
komitmen kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas SMP Amir Islam Panyula
Kec. Tanete Riattang Timur Kab. Bone. 2) Untuk mengetahui peran komitmen kepala
sekolah dalam meningkatkan kinerja guru dan staf di SMP Amir Islam Panyula Kec.
Tanete Riattang Timur Kab. Bone.
Untuk memudahkan mencapai tujuan tersebut di atas, digunakan metode
penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan teknik antara lain
observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh diolah dengan metode
kualitatif, selanjutnya dianalisis dengan menggunakan metode analisis kualitatif yaitu
dengan penyajian data, reduksi data, penarikan kesimpulan dan verifikasi.
Berdasarkan hasil penelitian di lokasi dapat di ketahui bahwa bentuk
komitmen kepala sekolah telah mampu meningkatan kinerja guru dan staf. Dengan
ini dapat dilihat dari komitmen afektif yaitu telah melakukan sosialisasi, baik lingkup
sekolah maupun luar lingkup sekolah sehingga dapat meningkatkan kinerja organisasi
serta mampu memberikan kepuasan kepada peserta didiknya terutama dalam proses
pembelajaran. Komitmen normatif berjalan dengan baik karena guru-guru mampu
membedakan karakteristik pekerjaan yang telah ditentukan oleh kepala sekolah, serta
telah mempunyai pengalaman kerja yang baik, sehingga kepala sekolah dan guru
serta staf telah mengatahui peranya sebagai pendidik. Komitmen lanjutan telah
berjalan dengan baik karena guru dan staf mampu bekerja secara maksimal untuk
menciptakan sebuah gagasan maupun sesuatu hal yang baru agar dapat menunjang
proses pembelajaran. Sehingga dapat menciptakan sekolah yang berkualitas. Adapun
peeran komitmen kepala sekolah telah mampu meningklatkan kinerja guru dan staf
dii lihat dari proses peningkatan masa depan sekolah karena perencanaan,
pengelolaan, pengkoordinasian yang tinggi yang dilkakukan oleh guru dan staf baik
lingkup sekolah dan luar lingkup sekolah yang ada SMP Amir Islam Panyula
mampu menjalankan dengan baik walapun sumber daya manusia yang yang tidak
banyak dapat juga terlakanasa dengan baik dengan beberapa permaslahan yang
timbul dan dipikul oleh kepala sekolah akan tetapi tidak mengurangi daya semangat
yang tinggi untuk meningkatkan sekolah tersebut agar dapat menghasilkan peserta
didik yang berkualitas.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian pada bab pembahasan maka penulis dapat mengemukakan
simpulan dari hasil penelitian yaitu:
1. Bentuk Komitmen kepala sekolah telah mampu meningkatan kualitas di SMP
Amir Islam Panyula, dengan ini dapat dilihat dari:
a. Komitmen afektif yaitu telah melakukan sosialisasi, baik lingkup sekolah
maupun luar lingkup sekolah sehingga dapat meningkatkan kinerja
organisasi serta mampu memberikan kepuasan kepada peserta didiknya
terutama dalam proses pembelajaran.
b. Komitmen normatif berjalan dengan baik karena guru-guru mampu
membedakan karakteristik pekerjaan yang telah ditentukan oleh kepala
sekolah, serta telah mempunyai pengalaman kerja yang baik, sehingga
kepala sekolah dan guru serta staf telah mengatahui peranya sebagai
pendidik.
c. Komitmen lanjutan telah berjalan dengan baik karena guru dan staf
mampu bekerja secara maksimal untuk menciptakan sebuah gagasan
maupun sesuatu hal yang baru agar dapat menunjang proses pembelajaran.
Sehingga dapat menciptakan sekolah yang berkualitas.
2 Peran komitmen kepala sekolah telah mampu meningklatkan kinerja guru
dan staf dii lihat dari proses peningkatan masa depan sekolah karena
perencanaan, pengelolaan, pengkoordinasian yang tinggi yang dilkakukan
oleh guru dan staf baik lingkup sekolah dan luar lingkup sekolah yang
ada SMP Amir Islam Panyula mampu menjalankan dengan baik walapun
sumber daya manusia yang yang tidak banyak dapat juga terlakanasa
dengan baik dengan beberapa permaslahan yang timbul dan dipikul oleh
kepala sekolah akan tetapi tidak mengurangi daya semangat yang tinggi
untuk meningkatkan sekolah tersebut agar dapat menghasilkan peserta
didik yang berkualitas.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka dibawah ini akan
diuraikan saran-saran. Adapun saran-saran penulis dalam pembahasan skripsi ini
adalah sebagai berikut:
1. Diharapkan kepada kepala sekolah agar lebih memaksimalkan perannya
sebagai pemimpin, dan komitmen afektif, normatif dan lanjutan yang dimiliki
oleh kepala sekolah mampu berjalan dengan baik sebagaimana mestinya serta
guru-guru bekerja sesuai dengan tufoksinya masing sehingga dapat
berkembang secara sistemtis, terstruktur kontruksitif.
2. Diharapkan kepada pihak madrasah untuk tetap menjaga hubungan baik
dengan kepala seoklah dan guru serta masyarakat karena dengan adanya
hubungan kerjasama yang baik akan berdampak baik pula untuk kemajuan
madrasah.
3. Diharapkan kepada seluruh personil SMP Amir Islam Panyula Kab. Bone
dapat berpartisipasi secara aktif dan bekerja secara bersama-sama.
Ketersediaan
| STAR20190209 | 209/2019 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
209/2019
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2019
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyahh
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
