nalisis Kompetensi Guru dalam Perencanaan Pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah (MI)
Winda/ 02.17.5116 - Personal Name
Skripsi ini membahas Analisis Kompetensi Guru dalam Perencanaan
Pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah (MI). Adapun yang menjadi masalah dalam
skripsi ini adalah bagaimana analisis kompetensi guru di Madrasah Ibtidaiyah (MI),
bagaimana perencanaan pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah (MI) yang bertujuan
untuk mengetahui analisis kompetensi guru di Madrasah Ibtidaiyah (MI), untuk
mengetahui perencanaan pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah (MI).
Untuk memudahkan penelitian ini digunakan jenis penelitian pustaka (Library
Research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data
yang digunakan yaitu teknik dokumentasi dan pengutipan, baik kutipan langsung
maupun tidak langsung.
Adapun hasil dari penelitian ini. Pertama, analisis kompetensi merupakan
kemampuan untuk melaksanakan suatu tugas/pekerjaan yang didasari atas
pengetahuan, keterampilan dan sikap sesuai dengan unjuk kerja yang dipersyaratkan
dalam kompetensi guru di Madrasah Ibtidaiyah (MI), kompetensi guru di Madrasah
Ibtidaiyah (MI) sangat penting dalam pendidikan terutama dalam pembelajaran
karena kompetensi guru bisa meningkatkan potensi, kreativitas dan motivasi belajar
siswa di Madrasah Ibtidaiyah (MI). Kedua, perencanaan pembelajaran adalah proses
pengambilan keputusan oleh pembuat rencana yang berangkat dari hasil berpikir
secara rasional tentang sasaran dan tujuan pembelajaran tertentu yang berupa
perubahan tingkah laku serta rangkaian kegiatan yang harus dilakukan dan sebagai
upaya dari pencapaian tujuan tersebut adalah tersusunnya dokumen yang dapat
dijadikan acuan atau pedoman dalam melaksanakan proses pembelajaran di Madrasah
Ibtidaiyah (MI), perencanaan pembelajaran sebagai bentuk petunjuk arah kegiatan
dalam mencapai tujuan, sebagai pedoman kerja bagi setiap unsur, baik unsur guru
maupun unsur murid. Sebagai alat ukur efektif tidaknya suatu pekerjaan, sehingga
setiap saat diketahui ketepatan dan kelambatan kerja, untuk bahan penyusunan data
agar terjadi keseimbangan kerja.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian pada bab pembahasan maka penulis dapat
mengemukakan simpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan yaitu:
1. Analisis kompetensi guru di Madrasah Ibtidaiyah (MI) sangat berpengaruh
khususnya di bidang pendidikan pada lingkungan sekolah, tenaga pendidikan
utamanya guru tentu harus memiliki kompetensi yang sesuai dengan bidang
dan tanggung jawabnya agar proses pembelajaran mencapai tujuan yang
diinginkan.
2. Perencanaan pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah (MI) merupakan
pengambilan keputusan untuk kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan
karakteristik dan potensi peserta didik agar pelaksanaan pembelajaran sesuai
dengan kompetensi dasar. Berkualitas tidaknya suatu perencanaan
pembelajaran yang dibuat sangat ditentukan oleh standar kualifikasi dan
pengalaman yang dimiliki oleh guru yang bersangkutan.
B. Saran
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka di bawah ini
peneliti akan uraikan saran-saran. Adapun saran-saran penulis dalam pembahasan
skripsi ini adalah sebagai berikut:
1. Guru tentu harus memiliki kompetensi sesuai dengan bidang dan tanggung
jawabnya agar proses pembelajaran mencapai tujuan yang diinginkan dan
harus dijadikan acuan untuk lebih meningkatkan kualitas pengajaran.
2. Untuk lebih meningkatkan proses pembelajaran dalam menerapkan
perencanaan pembelajaran, guna mencetak guru-guru yang profesional
khususnya dalam bidang ilmu pengetahuan.
Pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah (MI). Adapun yang menjadi masalah dalam
skripsi ini adalah bagaimana analisis kompetensi guru di Madrasah Ibtidaiyah (MI),
bagaimana perencanaan pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah (MI) yang bertujuan
untuk mengetahui analisis kompetensi guru di Madrasah Ibtidaiyah (MI), untuk
mengetahui perencanaan pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah (MI).
Untuk memudahkan penelitian ini digunakan jenis penelitian pustaka (Library
Research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data
yang digunakan yaitu teknik dokumentasi dan pengutipan, baik kutipan langsung
maupun tidak langsung.
Adapun hasil dari penelitian ini. Pertama, analisis kompetensi merupakan
kemampuan untuk melaksanakan suatu tugas/pekerjaan yang didasari atas
pengetahuan, keterampilan dan sikap sesuai dengan unjuk kerja yang dipersyaratkan
dalam kompetensi guru di Madrasah Ibtidaiyah (MI), kompetensi guru di Madrasah
Ibtidaiyah (MI) sangat penting dalam pendidikan terutama dalam pembelajaran
karena kompetensi guru bisa meningkatkan potensi, kreativitas dan motivasi belajar
siswa di Madrasah Ibtidaiyah (MI). Kedua, perencanaan pembelajaran adalah proses
pengambilan keputusan oleh pembuat rencana yang berangkat dari hasil berpikir
secara rasional tentang sasaran dan tujuan pembelajaran tertentu yang berupa
perubahan tingkah laku serta rangkaian kegiatan yang harus dilakukan dan sebagai
upaya dari pencapaian tujuan tersebut adalah tersusunnya dokumen yang dapat
dijadikan acuan atau pedoman dalam melaksanakan proses pembelajaran di Madrasah
Ibtidaiyah (MI), perencanaan pembelajaran sebagai bentuk petunjuk arah kegiatan
dalam mencapai tujuan, sebagai pedoman kerja bagi setiap unsur, baik unsur guru
maupun unsur murid. Sebagai alat ukur efektif tidaknya suatu pekerjaan, sehingga
setiap saat diketahui ketepatan dan kelambatan kerja, untuk bahan penyusunan data
agar terjadi keseimbangan kerja.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian pada bab pembahasan maka penulis dapat
mengemukakan simpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan yaitu:
1. Analisis kompetensi guru di Madrasah Ibtidaiyah (MI) sangat berpengaruh
khususnya di bidang pendidikan pada lingkungan sekolah, tenaga pendidikan
utamanya guru tentu harus memiliki kompetensi yang sesuai dengan bidang
dan tanggung jawabnya agar proses pembelajaran mencapai tujuan yang
diinginkan.
2. Perencanaan pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah (MI) merupakan
pengambilan keputusan untuk kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan
karakteristik dan potensi peserta didik agar pelaksanaan pembelajaran sesuai
dengan kompetensi dasar. Berkualitas tidaknya suatu perencanaan
pembelajaran yang dibuat sangat ditentukan oleh standar kualifikasi dan
pengalaman yang dimiliki oleh guru yang bersangkutan.
B. Saran
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka di bawah ini
peneliti akan uraikan saran-saran. Adapun saran-saran penulis dalam pembahasan
skripsi ini adalah sebagai berikut:
1. Guru tentu harus memiliki kompetensi sesuai dengan bidang dan tanggung
jawabnya agar proses pembelajaran mencapai tujuan yang diinginkan dan
harus dijadikan acuan untuk lebih meningkatkan kualitas pengajaran.
2. Untuk lebih meningkatkan proses pembelajaran dalam menerapkan
perencanaan pembelajaran, guna mencetak guru-guru yang profesional
khususnya dalam bidang ilmu pengetahuan.
Ketersediaan
| STAR20210214 | 214/2021 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
214/2021
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2021
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
