Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Inovatif Kreatif Efektif Menyenangkan (Paikem) Dalam Meningkatkan Minat Belajar Akidah Akhlak Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah (Mi) Nurul Hidayah Panyula Kabupaten Bone
Novi Ardani/02.17.5018 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang pengaruh srategi pembelajaran PAIKEM dalam
meningkatkan minat belajar akidah akhlak siswa di MI Nurul Hidayah Panyula
Kabupaten Bone. Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah Terdapat
Pengaruh strategi pembelajaran PAIKEM terhadap minat belajar akidah akhlak.
Adapun metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif.
Populasi dalam penelitian ini yaitu sebanyak 79 orang. Sampel yaitu seluruh siswa
kelas IV dengan jumlah 14 siswa. Instrumen penelitian menggunakan Angket,
observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik
analisis uji Normalitas data, uji dan Homogeitas.
Hasil analisis diperoleh nilai rata-rata nilai post-test 36,5 dan dari data yang
didapat maka dilakukan uji normalitas terhadap nilai posttest. Hasil uji normalitas
data X diperoleh Lhitung 0,097 ˂ Ltabel 0,227 berdistribusi normal. Hasil uji normalitas
data Y diperoleh Lhitung 0,146 ˂ Ltabel 0,227 berdistribusi normal. Dari hasil uji data
pretest dan posttest maka di lanjutkan dengan uji homogenis kedua data tersebut
menunjukkan populasi berasal dari varians yang homogen maka dapat dilakukan uji
signifikan perbedaan rata-rata dan uji t dan hasilnya diperoleh 18,5.
A. Simpulan
Simpulan merupakan sebuah gagasan yang tercapai pada akhir
pembicaraan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat
diperoleh beberapa Simpulan. Simpulan dalam bab ini merupakan
jawaban atas semua rumusan masalah. Adapun simpulan-simpulan
tersebut adalah sebagai berikut:
1. Dari hasil analisis uji normalitas data X memiliki nilai dari Lo
adalah 0,097 sedangkan nilai Ltabel sebesar 0,227. Maka dari hasil
tersebut menunjukan bahwa data distribusi tersebut normal.
2. Dari tabel 1.6 di peroleh Lhitung = 0,146. Dengan jumlah sampel (n)
= 14 dan pada taraf nyata ɑ = 0,05 diperoleh Ltabel = 0.227. dengan
demikian tampak bahwa Lhitung ˂ Ltabel. Hal ini berarti data Y
berdistribusi normal. Artinya penelitian berlaku untuk seluruh
populasi
3. Dari perhitungan pada tabel 1.7 diperoleh nilai Fhitung = 1,21 dan
Ftabel = 2, 57, dengan dk pembilang = 1 dan dk penyebut = n – 1 =
13 sehingga terlihat bahwa Fhitung ˂ Ftabel ( 1,21 ˂ 2,57 ) =
homogen. Hal ini populasi berasal dari varians yang homogen.
4. Pada perhitungan hasil standar deviasi menghasilkan nilai thitung
dengan nilai ttabel dengan tingkat yang dipilih yaitu 0,05 yaitu 1,76.
Hal ini menunjukan bahwa hipotesis di terima karena Fhitung ˃ Ftabel
Berarti terdapat peningkatan pada pembelajaran akidah akhlaq
dengan menggunakan strategi PAIKEM.
B.Implikasi
Implikasi merupakan suatu konsekuensi atau akibat langsung dari
hasil penemuan suatu penelitian ilmiah. Berdasarkan temuan dari penelitian
ini, maka berikut akan disampaikan beberapa saran yang kiranya dapat
bermanfaat bagi sekolah MI nurul hidayah panyula Kab. Bone maupun
mahasiswa lain yang meneliti dan berkaitan dengan pengaruh strategi
pembelajaran PAIKEM Adapun saran-saran yang dapat diberikan peneliti
sebagai berikut:
1. Diharapkan kepada kepala sekolah, guru, diharapkan dapat memberikan
pembelajaran dapat mengaktifkan siswa, dapat menarik perhatian siswa serta
menyenangkan yang dapat membugarkan kesehatan siswa melalui senam
jasmani di MI nurul hidayah panyula Kab.Bone.
2. Setelah penulisan skripsi ini diharapkan mampu memberikan kontribusi
di dunia pendidikan formal, non formal, maupun informal.
meningkatkan minat belajar akidah akhlak siswa di MI Nurul Hidayah Panyula
Kabupaten Bone. Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah Terdapat
Pengaruh strategi pembelajaran PAIKEM terhadap minat belajar akidah akhlak.
Adapun metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif.
Populasi dalam penelitian ini yaitu sebanyak 79 orang. Sampel yaitu seluruh siswa
kelas IV dengan jumlah 14 siswa. Instrumen penelitian menggunakan Angket,
observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik
analisis uji Normalitas data, uji dan Homogeitas.
Hasil analisis diperoleh nilai rata-rata nilai post-test 36,5 dan dari data yang
didapat maka dilakukan uji normalitas terhadap nilai posttest. Hasil uji normalitas
data X diperoleh Lhitung 0,097 ˂ Ltabel 0,227 berdistribusi normal. Hasil uji normalitas
data Y diperoleh Lhitung 0,146 ˂ Ltabel 0,227 berdistribusi normal. Dari hasil uji data
pretest dan posttest maka di lanjutkan dengan uji homogenis kedua data tersebut
menunjukkan populasi berasal dari varians yang homogen maka dapat dilakukan uji
signifikan perbedaan rata-rata dan uji t dan hasilnya diperoleh 18,5.
A. Simpulan
Simpulan merupakan sebuah gagasan yang tercapai pada akhir
pembicaraan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat
diperoleh beberapa Simpulan. Simpulan dalam bab ini merupakan
jawaban atas semua rumusan masalah. Adapun simpulan-simpulan
tersebut adalah sebagai berikut:
1. Dari hasil analisis uji normalitas data X memiliki nilai dari Lo
adalah 0,097 sedangkan nilai Ltabel sebesar 0,227. Maka dari hasil
tersebut menunjukan bahwa data distribusi tersebut normal.
2. Dari tabel 1.6 di peroleh Lhitung = 0,146. Dengan jumlah sampel (n)
= 14 dan pada taraf nyata ɑ = 0,05 diperoleh Ltabel = 0.227. dengan
demikian tampak bahwa Lhitung ˂ Ltabel. Hal ini berarti data Y
berdistribusi normal. Artinya penelitian berlaku untuk seluruh
populasi
3. Dari perhitungan pada tabel 1.7 diperoleh nilai Fhitung = 1,21 dan
Ftabel = 2, 57, dengan dk pembilang = 1 dan dk penyebut = n – 1 =
13 sehingga terlihat bahwa Fhitung ˂ Ftabel ( 1,21 ˂ 2,57 ) =
homogen. Hal ini populasi berasal dari varians yang homogen.
4. Pada perhitungan hasil standar deviasi menghasilkan nilai thitung
dengan nilai ttabel dengan tingkat yang dipilih yaitu 0,05 yaitu 1,76.
Hal ini menunjukan bahwa hipotesis di terima karena Fhitung ˃ Ftabel
Berarti terdapat peningkatan pada pembelajaran akidah akhlaq
dengan menggunakan strategi PAIKEM.
B.Implikasi
Implikasi merupakan suatu konsekuensi atau akibat langsung dari
hasil penemuan suatu penelitian ilmiah. Berdasarkan temuan dari penelitian
ini, maka berikut akan disampaikan beberapa saran yang kiranya dapat
bermanfaat bagi sekolah MI nurul hidayah panyula Kab. Bone maupun
mahasiswa lain yang meneliti dan berkaitan dengan pengaruh strategi
pembelajaran PAIKEM Adapun saran-saran yang dapat diberikan peneliti
sebagai berikut:
1. Diharapkan kepada kepala sekolah, guru, diharapkan dapat memberikan
pembelajaran dapat mengaktifkan siswa, dapat menarik perhatian siswa serta
menyenangkan yang dapat membugarkan kesehatan siswa melalui senam
jasmani di MI nurul hidayah panyula Kab.Bone.
2. Setelah penulisan skripsi ini diharapkan mampu memberikan kontribusi
di dunia pendidikan formal, non formal, maupun informal.
Ketersediaan
| STAR20220148 | 148/2022 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
148/2022
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2022
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
