Analisis Kesesuaian Buku Guru Dan Buku Siswa Tema Keluargaku Dengan Kurikulum 2013
Hastia/ 02. 17. 5128 - Personal Name
kripsi ini membahas tentang Analisis Kesesuain Buku Guru dan Siswa
Tema Keluargaku dengan Kurikulum 2013. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui Kesesuain Buku Guru dan Siswa Tema Keluargaku dengan Kurikulum
2013.
Untuk mencapai tujuan tersebut, dan memudahkankan penelitian ini
digunakan jenis penelitian pustaka (Library Research) dengan menggunakan
pendekatan kualitatif. Penelitian ini tergolong penelitian kualitatif deskriktif atau
penelitian kepustakaan. Adapun data dikumpulkan dengan cara mengumpulkan dan
mengutip data-data kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Kompetensi inti terdiri dari empat
aspek yaitu: aspek spritual/keagamaan, aspek sosial,pengetahuan dan keterampilan.
Kompetensi yang berkenaan dengan sikap spritual/keagamaan dan sosial
dikembangkan secara tidak langsung yaitu pada saat peserta didik belajar tentang
pengetahuan dan penerapan pengetahuan atau keterampilan. Dalam Buku guru telah
memuat kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan aspek keterampilan dalam setiap
pembelajaran dalam Buku guru. 2) Materi pokok dalam buku siswa terdiri dari 4 Sub
Tema dan setiap Sub Tema terdiri dari 6 pembelajaran. Sub Tema 1 Anggota
Keluargaku, pembelajaran 1 sampai 6. Sub Tema 2 Kegiatan Keluargaku,
pembelajaran 1 sampai 6. Sub Tema 3 Keluargaku besarku, pembelajaran 1 sampai
6. Sub Tema 4 Kebersamaan dama keluarga, pembelajaran 1 sampai 6. Berdasarkan
kesesuaian buku siswa dengan kurikulum 2013 peneliti dapat menyimpulkan bahwa
secara keseluruhan ke empat subtema yang tercantum dalam kurikulum sudah sesuai
dengan buku siswa kelas 1 tema keluargaku. Dengan melihat empat subtema, setiap
sub tema yang tercantum dalam kurikulum sudah dijabarkan di dalam buku siswa.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian pada bab pembahasan maka penulis dapat mengemukakan
simpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan yaitu:
1) Kompetensi inti terdiri dari empat aspek yaitu: aspek spritual/keagamaan,
aspek sosial,pengetahuan dan keterampilan. Kompetensi yang berkenaan
dengan sikap spritual/keagamaan dan sosial dikembangkan secara tidak
langsung yaitu pada saat peserta didik belajar tentang pengetahuan dan
penerapan pengetahuan atau keterampilan. Dalam Buku guru telah memuat
kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan aspek keterampilan dalam setiap
pembelajaran dalam Buku guru.
2) Materi pokok dalam buku siswa terdiri dari 4 Sub Tema dan setiap Sub Tema
terdiri dari 6 pembelajaran. Sub Tema 1 Anggota Keluargaku, pembelajaran 1
sampai 6. Sub Tema 2 Kegiatan Keluargaku, pembelajaran 1 sampai 6. Sub
Tema 3 Keluargaku besarku, pembelajaran 1 sampai 6. Sub Tema 4
Kebersamaan dama keluarga, pembelajaran 1 sampai 6. Berdasarkan
kesesuaian buku siswa dengan kurikulum 2013 peneliti dapat menyimpulkan
bahwa secara keseluruhan ke empat subtema yang tercantum dalam kurikulum
sudah sesuai dengan buku siswa kelas 1 tema keluargaku. Dengan melihat
empat subtema, setiap sub tema yang tercantum dalam kurikulum sudah
dijabarkan di dalam buku siswa.
B. Saran
1. Sebagai guru yang akan melaksanakan pembelajaran, seharusnya
menganalisis terlebih dahulu segala jenis sumber belajar dan menyesuaikan
tingkat perkembangan serta pola berpikir peserta didik.
2. Bagi peneliti ini diharapkan dapat dijadikan acuan bagi sekolah untuk
meningkatkan kualitas pembelajaran.
Tema Keluargaku dengan Kurikulum 2013. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui Kesesuain Buku Guru dan Siswa Tema Keluargaku dengan Kurikulum
2013.
Untuk mencapai tujuan tersebut, dan memudahkankan penelitian ini
digunakan jenis penelitian pustaka (Library Research) dengan menggunakan
pendekatan kualitatif. Penelitian ini tergolong penelitian kualitatif deskriktif atau
penelitian kepustakaan. Adapun data dikumpulkan dengan cara mengumpulkan dan
mengutip data-data kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Kompetensi inti terdiri dari empat
aspek yaitu: aspek spritual/keagamaan, aspek sosial,pengetahuan dan keterampilan.
Kompetensi yang berkenaan dengan sikap spritual/keagamaan dan sosial
dikembangkan secara tidak langsung yaitu pada saat peserta didik belajar tentang
pengetahuan dan penerapan pengetahuan atau keterampilan. Dalam Buku guru telah
memuat kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan aspek keterampilan dalam setiap
pembelajaran dalam Buku guru. 2) Materi pokok dalam buku siswa terdiri dari 4 Sub
Tema dan setiap Sub Tema terdiri dari 6 pembelajaran. Sub Tema 1 Anggota
Keluargaku, pembelajaran 1 sampai 6. Sub Tema 2 Kegiatan Keluargaku,
pembelajaran 1 sampai 6. Sub Tema 3 Keluargaku besarku, pembelajaran 1 sampai
6. Sub Tema 4 Kebersamaan dama keluarga, pembelajaran 1 sampai 6. Berdasarkan
kesesuaian buku siswa dengan kurikulum 2013 peneliti dapat menyimpulkan bahwa
secara keseluruhan ke empat subtema yang tercantum dalam kurikulum sudah sesuai
dengan buku siswa kelas 1 tema keluargaku. Dengan melihat empat subtema, setiap
sub tema yang tercantum dalam kurikulum sudah dijabarkan di dalam buku siswa.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian pada bab pembahasan maka penulis dapat mengemukakan
simpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan yaitu:
1) Kompetensi inti terdiri dari empat aspek yaitu: aspek spritual/keagamaan,
aspek sosial,pengetahuan dan keterampilan. Kompetensi yang berkenaan
dengan sikap spritual/keagamaan dan sosial dikembangkan secara tidak
langsung yaitu pada saat peserta didik belajar tentang pengetahuan dan
penerapan pengetahuan atau keterampilan. Dalam Buku guru telah memuat
kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan aspek keterampilan dalam setiap
pembelajaran dalam Buku guru.
2) Materi pokok dalam buku siswa terdiri dari 4 Sub Tema dan setiap Sub Tema
terdiri dari 6 pembelajaran. Sub Tema 1 Anggota Keluargaku, pembelajaran 1
sampai 6. Sub Tema 2 Kegiatan Keluargaku, pembelajaran 1 sampai 6. Sub
Tema 3 Keluargaku besarku, pembelajaran 1 sampai 6. Sub Tema 4
Kebersamaan dama keluarga, pembelajaran 1 sampai 6. Berdasarkan
kesesuaian buku siswa dengan kurikulum 2013 peneliti dapat menyimpulkan
bahwa secara keseluruhan ke empat subtema yang tercantum dalam kurikulum
sudah sesuai dengan buku siswa kelas 1 tema keluargaku. Dengan melihat
empat subtema, setiap sub tema yang tercantum dalam kurikulum sudah
dijabarkan di dalam buku siswa.
B. Saran
1. Sebagai guru yang akan melaksanakan pembelajaran, seharusnya
menganalisis terlebih dahulu segala jenis sumber belajar dan menyesuaikan
tingkat perkembangan serta pola berpikir peserta didik.
2. Bagi peneliti ini diharapkan dapat dijadikan acuan bagi sekolah untuk
meningkatkan kualitas pembelajaran.
Ketersediaan
| STAR20220248 | 248/2022 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
248/2022
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2022
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skrips Tarbiiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
