Analisis Gaya Belajar Siswa Model Honey Mumford Dan Implikasinya Dalam Proses Belajar Mengajar Di Mi Amir Al- Jannah Tippulue Kabupaten Bone

No image available for this title
Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui gambaran gaya belajar siswa
berdasarkan teori honey mumford, implikasi gaya belajar honey mumford terhadap
matode pengajaran yang diterapkan oleh guru dan kendala guru dalam mengkomodir
siswa pada pengajaran honey mumford. Adapun jenis penelitian yang digunakan
adalah penelitian mix method. Data dikumpulkan melalui angket, wawancara dan
dokumentasi. Dengan melakukan pendekatan paedagogis dan psikologis. Data yang
diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptik kualitatif dengan tiga
tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan
Hasil penelitian menunjukkan bahwa gambaran belajar teori model honey
mumford, yaitu memiliki keempat gaya belajar honey mumford: gaya belajar activis,
reflector, theorist dan pragmagtist. Implikasi gaya belajar honey mumford siswa kelas
IV di MI Amir Al-Jannah Tippulue, sangat condong pada gaya belajar pragmatist
dimana siswa lebih suka melibatkan pembelajaran yang berbentuk konkret, menyukai
hal-hal yang praktis, serta belajar dalam laboratorium. Maka dari itu guru kelas IV
berusaha menyusun perencanaan sesuai gaya belajar siswa pada kelas IV MI Amir
Al-Jannah Tippulue. Sedangkan untuk kendala guru dalam mengakomodir gaya
belajar siswa model honey mumford pada metode pengajaran, yaitu kurangnya
interaksi guru dan siswa, meskipun dengan menyusun perencanaan pembelajaran,
guru harus memperhatikan gaya belajar siswa, tetapi siswa tidak memperhatikan
pembelajaran dikerenakan siswa masih tergolong anak-anak yang masih pada usia
bermain dan juga kurangnya sarana dan prasaran di sekolah yang membantu guru
dalam menjalankan proses pembelajaran.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat disimpulkan
sebagai berikut :
1. Gambaran gaya belajar siswa berdasarkan teori model honey mumford di kelas IV
MI Amir Al-Jannah Tippulue, yaitu terbagi menjadi 4 yaitu gaya belajar activis,
gaya belajar aktivis cenderung memiliki pemikiran yang lebih terbuka dan suka
mencari pengalaman baru., Gaya belajar reflector lebih suka mengamati dan
menganalisis sebelum mereka mengambil keputusan atau kesimpulan. Gaya
belajar theoritis adalah gaya belajar berdasarkan pada teori dengan model siswa
senang membaca buku. Gaya belajar pragmatis lebih suka dengan soal-soal
berupa problem soulving atau studi kasus. Implikasi gaya belajar honey mumford
terhadap metode pembelajaran yang diterapkan oleh guru
Berdasarkan hasil analisis gaya belajar bahwa siswa MI Amir Al- Jannah
Tippulue memiliki gaya belajar pragmatist. Maka dari itu guru dituntut untuk
membuat perencanaan pembelajaran yang mengarah pada gaya belajar pragmatist
dimana guru menyiapkan pembelajaran yang siswanya lebih banyak diberikan
problem soulving atau studi kasus.
2. Implikasi gaya belajar model honey mumford terhadap metode pembelajaran yang
diterapkan oleh guru. Berdasarkan hasil analisis gaya belajar bahwa siswa MI
Amir Al- Jannah Tippulue cencerung memiliki gaya belajar pragmatist. Maka
dari itu guru dituntut untuk membuat perencanaan pembelajaran yang mengarah
pada gaya belajar pragmatist dimana guru menyiapkan pembelajaran yang
siswanya lebih banyak belajar dalam laboratorium atau pada luar kelas, mengajak
siswa untuk belajar dengan pembelajaran yang konkret, dengan menggunakan
gaya belajar pragmatis siswa bukan hanya belajar berdialog dan praktek namun
siswa juga dapat berpartisipasi aktif dalam pembelajaran
3. Kendala guru dalam mengakomodir gaya belajar siswa model honey mumford
pada metode pengajaran, yaitu kurangnya interaksi guru dan siswa, meskipun
dengan menyusun perencanaan pembelajaran, guru memperhatikan gaya belajar
siswa. Tetapi, siswa tidak memperhatikan pembelajaran dikarenakan siswa masih
tergolong anak-anak yang masih pada usia bermain dan juga kurangnya sarana dan
prasarana di sekolah yang membantu guru dalam menjalankan proses
pembelajaran.
B. Implikasi
Implikasi merupakan suatu konsekuensi atau akibat langsung dari penemuan
suatu penelitian ini, maka berikut akan di sampaikan beberapa saran yang kiranya
dapat bermanfaat bagi sekolah MI Amir Al- Jannah Tippulue, maupun mahasiswa
lain akan yang berkaitan dengan Gaya Belajar Siswa Model Honey Mumford dan
Implikasinya Dalam Proses Belajar Mengajar. adapun saran-saran yang dapat
diberikan peneliti sebagai berikut:
1. Dengan menggunakan gaya belajar honey mumford guru dapat meningkatkan
motivasi belajar siswa dan minat belajar siswa. Sehingga keberhasilan dalam
mencapai tujuan penddikan dapat dicapai secara maksimal
2. Diharapkan penelitian ini dapat bermanfaat dan memberikan konstribusi yang
baik khususnya bagi tenaga pendidik dan bagi penulis sendiri.
3. Gaya belajar model honey mumford mampu memberikan kegiatan belajar yang
mudah serta membantu guru dan siswa dalam mengajar dan belajar di
lingkungan sekolah.
Ketersediaan
STAR20220102102/2022Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

102/2022

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top