Penerapan Metode Karya Wisata Dalam Mengembangkan Kecerdasan Linguistik Pada Anak Usia Dini Di Tk Tenrisanna Kec. Tanete Riattang Barat Kab. Bone
Ririn Novita/ 02.17.6005 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang Penerapan Metode Karya Wisata Dalam
Mengembangkan Kecerdasan Linguistik Pada Anak Usia Dini Di Tk Tenrisanna
Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone. Pokok masalah pada penelitian
ini adalah Penerapan Metode Karya Wisata Dalam Mengembangkan Kecerdasan
Linguistik Pada Anak Usia Dini Di TK Tenrisanna Kecamatan Tanete Riattang Barat
Kabupaten Bone, Mengembangkan Kecerdasan Linguistik Pada Anak Usia Dini Di
TK Tenrisanna Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone.
Metode penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan desain
penelitiannya adalah kuantitatif korelasional dan teknik pengambilan sampel yang di
gunakan peneliti adalah non rondom sampling di mana peneliti ini menentukan
pengambilan sampel dengan cara menetapkan keseluruhan jumlah populasi yang di
jadikan sebagai sample yang berjumlah (20) populasi dan 10 sampel. Teknik
pengumpulan data menggunakan teknik observasi, angket dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Metode Karya Wisata Dalam
Mengembangkan Kecerdasan Linguistik Pada Anak Usia Dini Di TK Tenrisanna
Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone pertama di peroleh rata-rata
85,03%. Rata-rata yang di peroleh mean sebesar 0,08. (2) Hasil belajar Metode Karya
Wisata di TK Tenrisanna Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone
dikategorikan tinggi yaitu sebesar 97,06%. Rata-rata yang di peroleh mean 97,06%.
Hal ini di katakan bahwa metode karya wisata berkembang baik di TK
Tenrisanna Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone, namun belum di
terapkan oleh guru yang bersangkutan krna adaya covid 19. Dalam penulisan skripsi
ini di harapkan memberikan metode krya wisata dalam mengembangkan kecerdasan
linguistik anak usia dini karna sangat bermanfaat dalam perkembangan anak.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan pada bab III, maka dapat di Tarik
kesimpulan sebagai berikut:
Hasil analisis angket metode karya wisata (Variabel X) dapat di pahami
bahwa rata-rata untuk variabel angket metode karya wisata (Variabel X)
adalah 98,76. Angka 98,76 berada pada kategori sangat penting. Jadi dapat di
buktikan bahwa metode karya wisata di TK Tenrisanna Kecamatan Tanete
Riattang Barat Kabupaten Bone pentik untuk di miliki. Dan kecerdasan
linguistik di TK Tenrisanna Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten
Bone dapat di pahami bahwa rata-rata untuk variabel angket linguistik siswa
(Variabel Y) adalah 97,06. Angka 97,06 berada pada kategori sangat baik.
Jadi dapat di buktikan bahwa metode karya wisata dalam mengembangkan
kecerdasan linguistik pada anak usia dini di TK Tenrisanna Kecamatan Tanete
Riattang Barat Kabupaten Bone dalam kondisi sangat baik.
B. Implikasi
Berdasarkan kesimpulan diatas maka dapat disarankan sebagai berikut:
1. Kepada pimpinan sekolah di harapkan agar senantiasa menjalankan tugas dan
tanggung jawab dengan baik, dan tetap menjalani kerja sama yang baik
dengan bawahan agar mampu mencapai tujuan Pendidikan dengan baik.
2. Kepada para pendidik agar senantiasa meningkatkan kompetensinya agar
mampu memberikan pengajaran yang baik kepada peserta didik sehingga
mampu menjadikan mereka sebagai generasi yang cerdas dan berakhlak
mulia.
Mengembangkan Kecerdasan Linguistik Pada Anak Usia Dini Di Tk Tenrisanna
Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone. Pokok masalah pada penelitian
ini adalah Penerapan Metode Karya Wisata Dalam Mengembangkan Kecerdasan
Linguistik Pada Anak Usia Dini Di TK Tenrisanna Kecamatan Tanete Riattang Barat
Kabupaten Bone, Mengembangkan Kecerdasan Linguistik Pada Anak Usia Dini Di
TK Tenrisanna Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone.
Metode penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan desain
penelitiannya adalah kuantitatif korelasional dan teknik pengambilan sampel yang di
gunakan peneliti adalah non rondom sampling di mana peneliti ini menentukan
pengambilan sampel dengan cara menetapkan keseluruhan jumlah populasi yang di
jadikan sebagai sample yang berjumlah (20) populasi dan 10 sampel. Teknik
pengumpulan data menggunakan teknik observasi, angket dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Metode Karya Wisata Dalam
Mengembangkan Kecerdasan Linguistik Pada Anak Usia Dini Di TK Tenrisanna
Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone pertama di peroleh rata-rata
85,03%. Rata-rata yang di peroleh mean sebesar 0,08. (2) Hasil belajar Metode Karya
Wisata di TK Tenrisanna Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone
dikategorikan tinggi yaitu sebesar 97,06%. Rata-rata yang di peroleh mean 97,06%.
Hal ini di katakan bahwa metode karya wisata berkembang baik di TK
Tenrisanna Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone, namun belum di
terapkan oleh guru yang bersangkutan krna adaya covid 19. Dalam penulisan skripsi
ini di harapkan memberikan metode krya wisata dalam mengembangkan kecerdasan
linguistik anak usia dini karna sangat bermanfaat dalam perkembangan anak.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan pada bab III, maka dapat di Tarik
kesimpulan sebagai berikut:
Hasil analisis angket metode karya wisata (Variabel X) dapat di pahami
bahwa rata-rata untuk variabel angket metode karya wisata (Variabel X)
adalah 98,76. Angka 98,76 berada pada kategori sangat penting. Jadi dapat di
buktikan bahwa metode karya wisata di TK Tenrisanna Kecamatan Tanete
Riattang Barat Kabupaten Bone pentik untuk di miliki. Dan kecerdasan
linguistik di TK Tenrisanna Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten
Bone dapat di pahami bahwa rata-rata untuk variabel angket linguistik siswa
(Variabel Y) adalah 97,06. Angka 97,06 berada pada kategori sangat baik.
Jadi dapat di buktikan bahwa metode karya wisata dalam mengembangkan
kecerdasan linguistik pada anak usia dini di TK Tenrisanna Kecamatan Tanete
Riattang Barat Kabupaten Bone dalam kondisi sangat baik.
B. Implikasi
Berdasarkan kesimpulan diatas maka dapat disarankan sebagai berikut:
1. Kepada pimpinan sekolah di harapkan agar senantiasa menjalankan tugas dan
tanggung jawab dengan baik, dan tetap menjalani kerja sama yang baik
dengan bawahan agar mampu mencapai tujuan Pendidikan dengan baik.
2. Kepada para pendidik agar senantiasa meningkatkan kompetensinya agar
mampu memberikan pengajaran yang baik kepada peserta didik sehingga
mampu menjadikan mereka sebagai generasi yang cerdas dan berakhlak
mulia.
Ketersediaan
| STAR20210242 | 242/2021 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
242/2021
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2021
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
